alexa-tracking
Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
8545
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/595a732496bde6bb038b4581/sonne-mond-und-stern
Cerita ini tak lagi sama.Meski hatimu selalu di sini.Mengertilah bahwa ku tak berubah Lihat aku dari sisi yang lain.Bersandar padaku, rasakan hatiku bersandar padaku Dan diriku bukanlah aku tanpa kamu tuk memelukku Kau melengkapiku, kau sempurnakan aku Waktu yang telah kita lalui Buatmu jadi lebih berarti Luluhkan kerasnya dinding hati Engkaulah satu yang
Lapor Hansip
03-07-2017 23:39

Sonne Mond und Stern

Past Hot Thread
die SONNE der MOND und der STERN




Cerita ini tak lagi sama
Meski hatimu selalu di sini
Mengertilah bahwa ku tak berubah
Lihat aku dari sisi yang lain
Bersandar padaku, rasakan hatiku
Bersandar padaku


Dan diriku bukanlah aku tanpa kamu tuk memelukku
Kau melengkapiku, kau sempurnakan aku

Waktu yang telah kita lalui
Buatmu jadi lebih berarti
Luluhkan kerasnya dinding hati
Engkaulah satu yang aku cari
Bersandar padaku, rasakan hatiku
Bersandar padaku


Dan diriku bukanlah aku tanpa kamu tuk memelukku
Kau melengkapiku, kau sempurnakan aku

Dan diriku bukanlah aku tanpa kamu menemaniku
Kau menenangkanku, Kau melegakan aku.


Tak Lagi Sama - Noah


Cover Stories


JAGALAH SOPAN-SANTUN ANDA DALAM BERKOMENTAR, KARENA 95% TOKOH DISINI IKUT MEMBACA


Masa ini adalah lanjutan dari sebuah Masa yang Paling Indahdan lanjutan dari sebuah cerita Love in Elegy yang pernah Gua tulis di Forum ini.


Quote:Catatan:
1. Mengacu pada aturan main forum H2H dan SFTH
2. 95% Semua tokoh/karakter di cerita ini sudah memberikan izin
3. Sikapi dengan bijak apa yang tertuang disini
4. Jangan meminta lebih dari apa yang sudah diberikan
5. Sopanlah dalam berkomentar
6. Saling menghargai TS, penulis dan sesama kaskuser disini


Versi PDF Dua Thread Sebelumnya :

Masa yang Paling Indah
Credit thanks to Agan njum26

Love in Elegy
Credit thanks to Agan redmoon97


Sonne Mond und Stern
*mulustrasi karakter dalam cerita ini


Quote:

BAB I & BAB II

BAB III & BAB IV

***

Tralala_Trilili

PROLOG

BAB V

PART 1
PART 2
PART 3
PART 4
PART 5
PART 6
PART 7
PART 8
PART 9
PART 10
PART 11
PART 12
PART 13
PART 14
PART 15 - continues
PART 16
PART 17
PART 18
PART 19
PART 20

***

SEBELUM CAHAYA

PART I
PART II
PART III - The Ghost of You
PART IV
PART V
PART VI
PART VII
PART VIII
Cooling Down
PART IX
PART X - continues
PART XI
PART XII
PART XIII
PART XIV
PART XV
PART XVI
PART XVII A
PART XVII B
PART XVIII
PART XIX - continues
PART XX
PART XXI
PART XXII
PART XXIII
PART XXIV
PART XXV
PART XXVI
PART XXVII
PART XXVIII
PART XXIX
PART XXX
PART XXXI
PART XXXII
PART XXXIII
PART XXXIV
PART XXXV
PART XXXVI - continues
PART XXXVII
PART XXXVIII
PART XXXIX
Vor dem Licht XL - Das Ende

***

BAB V

PART 21
PART 22
Tentang Rasa
PART 23
PART 24
PART 25
PART 26
PART 27

Von Hier Wegfliegen

Teils Eins - Vorstellen
Teils Zwei - Anfang
Teils Drei - Der Erbarmer
Teils Vier - Von Hier Wegfliegen

Lembayung Senja

Bagian Satu
Bagian Dua
Bagian Tiga
Bagian Empat
Bagian Lima - continues
Bagian Enam
Bagian Tujuh
Bagian Delapan
Bagian Sembilan
Bagian Sepuluh - continues

Breaking Dawn

One Step Closer
Ascension

Throwback Stories

Life is Not Always Fair
Dusk till Dawn
Awal Semula
Untuk Masa Depan
Terimakasih
Omong Kosong
Kepingan Cerita
Menyerah
Restoe
Rasanya - Rasain
Pengorbanan
Menuju Senja
Kenyataan
Wiedersehen
Cobalah untuk Mengerti
Pengorbanan *New Updates

SIDE STORY

VFA
Daily Life I
Daily Life II

Tentang MyPI

*thanks to my brother in law yang bantu index dan update selama gua mudik
Polling

Poll ini sudah ditutup - 239 Suara

Siapakah pendamping Eza sebenarnya ?  
54.81%
Sherlin Putri Levanya
17.15%
Franziska Luna Katrina
28.03%
Giovanna Almira
Diubah oleh glitch.7
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dany.agus dan 62 lainnya memberi reputasi
57
Tampilkan isi Thread
Halaman 418 dari 437
Sonne Mond und Stern
29-11-2018 06:40
ya ampun.. udah ada 2 bini masih tepe tepe aja...
3 1
2
Sonne Mond und Stern
29-11-2018 07:12
nyonya udah bisa jalan ya bang oda?
profile-picture
bokergaspul memberi reputasi
1 3
-2
Sonne Mond und Stern
29-11-2018 07:26
tante awul kepanjangan dari a'a wulan wkwk za zaaa masih aja
profile-picture
dodolgarut134 memberi reputasi
3 0
3
Sonne Mond und Stern
29-11-2018 09:09
Quote:Original Posted By manjerkawury220
Maturnuwun mas Oda sampun update...
Kulo maos critanipun njenengan niki,dados mesam mesem piyambak lho mas....
Hihihi
Salam dumateng Nyonya,Bunbun,kalian putro putrinipun njenengan,mugi mugi tansah keparingan sehat rahayu wilujeng....


Sami-sami. Atur nuhun tos maca sareung komen didieu. Aamiin kana du'a na. Mugi-mugi urang sarerea dibere nikmat ku Gusti Allah Subhanahu wa Ta'ala. Aamiin.

Lieur lieur lah sakalian make basa sunda jeung jawa nya. Hehehehe emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By rrasyi
Mungkin mama ukhti mau nganterin si ayah ke drg tante awul jg buat cabut gigi (-gigi)?? emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Shutup


Woaaah sembarangan ini si Raras! emoticon-Nohope
Mending cabut hati ku aja... emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By wija1009
Jadi skrg nyonya (maaf) dah sembuh yaa kang oda? Alhamdulillah sneng dngernya.. salam yaa bwt nyonya, bunbun dan orenz


Alhamdulilah sudah lama sembuhnya Gan emoticon-Blue Guy Peace

Oke insya Allah disalamin. Tararengkyu emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By kemble182
bisa aja nih KK blaem.. apa lg ya yg blm di ceritain sm si oda.. hahahaha..

baby shark doo doo dooo baby shark.. uhuy..

paling bisa emang dah si KK blaem..


Gak ada yg gak diceritain lg udah.. Hehehee emoticon-Big Grinemoticon-Wink

Quote:Original Posted By devarendra
Ga jujur agak pusing nih sama nama nama tokoh yg berubah2 dari MYPI. Anastasya n Fatimah Azahra itu satu orang apakah adiknya Luna dulu, mhn dijelaskan ya ga


Anastasya Helena = Fatimah Azzahra. Adeknya Luna (Yuna) iya. Nanti diakhir cerita Ane buat nama2 si A, B, C itu siapa kok... emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By masbawor
ya ampun.. udah ada 2 bini masih tepe tepe aja...


Woah mana adaaaa.. Enak aja tepe2! emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By khomarudinyusuf
nyonya udah bisa jalan ya bang oda?


Alhamdulilah udah lama sembuh kok Bro emoticon-Smilie

Nanti diceritain tenang aja emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By intan.ai
tante awul kepanjangan dari a'a wulan wkwk za zaaa masih aja


Bisa ajeeee.. Kagak woy... Hahahaha emoticon-Big Grin

Gak ada apa2 gw ama Bu dokter Gigi... Beneran deh... emoticon-Belo
profile-picture
dodolgarut134 memberi reputasi
9 1
8
Lihat 1 balasan
Sonne Mond und Stern
29-11-2018 09:18
akhirnya bg oda update
kalau baca part si kecil orenz
berasa cadel 😂
gemesin ya


bunbun suka vespa jg ternyata
vespa yg terbaru apa old version bg?
mantul dah

emoticon-Cendol Gan
profile-picture
dodolgarut134 memberi reputasi
3 0
3
Sonne Mond und Stern
29-11-2018 11:00
Quote:Original Posted By glitch.7

Woaaah sembarangan ini si Raras! emoticon-Nohope
Mending cabut hati ku aja... emoticon-Leh Uga

Kali aja bang.. biar dipegang2 gt sma bu dokter emoticon-Shutup
Haduhh... Cabut gimana tuh? emoticon-Confused

Makasih buat yg kasih cendol, yg kasih bata jg makasih *salah apa dibatain emoticon-Bingung (S)
profile-picture
dodolgarut134 memberi reputasi
10 0
10
Sonne Mond und Stern
29-11-2018 12:20
Post #8261 sengaja buat apdetan trhowback stories ya bang Oda?
Ini bagian yg sblm menikai Nyonya ke Wulan ane beneran dah lupa dah emoticon-Nohope
profile-picture
dodolgarut134 memberi reputasi
4 0
4
Sonne Mond und Stern
29-11-2018 12:57
wkwkwk akhir nya keluar deh part-nya si kk geulis ..suka suka suka baca nya ..
kk orenz geulis pinter iihh mancing2 si ayah nya biar kena marah sama mamah ukhti 😀😀😀 lope lah buat kk orenz ..😘😘😘
Bahagia deh liat keluarga ini yg akur terus
Kirain td bunbun yg mau update
Ditunggu ya bun update nya ..
profile-picture
dodolgarut134 memberi reputasi
5 0
5
Sonne Mond und Stern
29-11-2018 16:35
Abis baca apdetan terbaru : Mau Dosa, Takut Ketawa emoticon-Ngakak (S)

Udah ah ntar ane malah offside komen nya...kan keinget obrolan Jojo ama Eza di MyPI...apalagi momen snare jebol emoticon-Shutupemoticon-Cape d... (S)emoticon-Ngacir
Diubah oleh rahmahidayat
profile-picture
profile-picture
tadaoyokoshima dan dodolgarut134 memberi reputasi
7 0
7
Sonne Mond und Stern
29-11-2018 16:35
trnyta lagu shark itu lejen jg yaa.. ahahaha... ini krucil2 jg ngerti aj lg liat di utube, pdhl mah sengaja gk dicariin.. bisaan aj ktmu sndri.. emoticon-Big Grin
untung gk ngajak ayah ny skalian joged2 nemenin teh orenz.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
dodolgarut134 memberi reputasi
5 0
5
Sonne Mond und Stern
29-11-2018 17:54
Quote:Original Posted By papagenit69
akhirnya bg oda update
kalau baca part si kecil orenz
berasa cadel 😂
gemesin ya


bunbun suka vespa jg ternyata
vespa yg terbaru apa old version bg?
mantul dah

emoticon-Cendol Gan


Gw juga tadinya mw nulis R jadi L pas bagian si Kakak ngomong, tapi lupa... emoticon-Cape d... (S)emoticon-Hammer (S)

Perlu masukin cerita gak kenapa Bunbun beli Vespa ? Masa lupa atau gak inget apa hubungan Bunbun dengan Vespa di jaman MyPI dulu... emoticon-Malu (S)

Btw Vespa Bunbun yg Matic... Vespa sprint 150 tahun 2016.

Quote:Original Posted By rrasyi
Kali aja bang.. biar dipegang2 gt sma bu dokter emoticon-Shutup
Haduhh... Cabut gimana tuh? emoticon-Confused

Makasih buat yg kasih cendol, yg kasih bata jg makasih *salah apa dibatain emoticon-Bingung (S)


Udah puas dulu dipegang2 jama sekolah ama Bu drg... emoticon-Shutup

Quote:Original Posted By emzehd26
Post #8261 sengaja buat apdetan trhowback stories ya bang Oda?
Ini bagian yg sblm menikai Nyonya ke Wulan ane beneran dah lupa dah emoticon-Nohope


Iya betul itu khusus buat Update Bab Throwback Stories. emoticon-Smilie

Kalo gak salah di Part L.i.E waktu itu gw maen ke rumah Wulan mw nanyain obat yg di konsumsi Luna. Ya udah bertamu gitu kan... Si... dokter gigi ngajak maen dokter2an... Haaallaaahhh.. Jadi aja jujur gw! emoticon-Nohope

Yg bikin marah Nyonya baru tau pas baca part itu dulu di LiE... emoticon-Frown

Quote:Original Posted By dewinaraza
wkwkwk akhir nya keluar deh part-nya si kk geulis ..suka suka suka baca nya ..
kk orenz geulis pinter iihh mancing2 si ayah nya biar kena marah sama mamah ukhti 😀😀😀 lope lah buat kk orenz ..😘😘😘
Bahagia deh liat keluarga ini yg akur terus
Kirain td bunbun yg mau update
Ditunggu ya bun update nya ..


Pinter keceplosan itu anak. Padahal da di sogok ama Kinder Joy sepuluh biji sebelumya biar gak nyebut2 Tante Awul di depan Nyonya emoticon-Nohope

Makasih do'a nya yak. Semoga kita semua selalu dalam Lindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Aamiin Yaa Rabbal'alamiin. emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By rahmahidayat
Abis baca apdetan terbaru : Mau Dosa, Takut Ketawa emoticon-Ngakak (S)

Udah ah ntar ane malah offside komen nya...kan keinget obrolan Jojo ama Eza di MyPI...apalagi momen snare jebol emoticon-Shutupemoticon-Cape d... (S)emoticon-Ngacir


Om Bang Engkong Master Legendado Mister Rohmat Didayat... emoticon-Belo
Apa kabar Om Bang ? Kirain da lupe ma Ane.

Tapi ini kok... Rese yak... emoticon-Nohope

Masih inget aja soal Offside lah... Snare Jebol pula!! emoticon-Busa

Ampun lah Kong OmBang! Jangan kau ingat2 lagi jaman Jahiliyah ituuu... emoticon-Frown

Btw gimana proses Ta'aruf sama The Violet Neighbours Kong ? emoticon-kisssing
Lancar ? Apa perlu gw kasih tips & trick biar dapet tuh Izin Nyonya Rohmat tanpa merajuk ? emoticon-Peace

Quote:Original Posted By rosemary911
trnyta lagu shark itu lejen jg yaa.. ahahaha... ini krucil2 jg ngerti aj lg liat di utube, pdhl mah sengaja gk dicariin.. bisaan aj ktmu sndri.. emoticon-Big Grin
untung gk ngajak ayah ny skalian joged2 nemenin teh orenz.. emoticon-Ngakak (S)


Anak mu demen juga ? emoticon-Ngakak (S)
Kata siapa gak suka ngajak joged ? Sering sebenarnya waktu lagi booming2nya tuh video... emoticon-Najis (S)

Sekarang dia suka godain adeknya malah... emoticon-Cape d... (S)
8 0
8
Sonne Mond und Stern
29-11-2018 18:23
Quote:Original Posted By glitch.7

Anak mu demen juga ? emoticon-Ngakak (S)
Kata siapa gak suka ngajak joged ? Sering sebenarnya waktu lagi booming2nya tuh video... emoticon-Najis (S)

Sekarang dia suka godain adeknya malah... emoticon-Cape d... (S)

hooh.. dah jd lagu kebangsaan kyany..emoticon-Ngakak (S)
bs jd mreka mgkn lbh update dr sya.. emoticon-Nohope

gk papa kang ikutan joged, sesekali nyenengin nak gadis,, skalian lenturin bdan biar gk kaku2.. emoticon-Big Grin

msh aman kang,, drpd godain anak tetangga.. emoticon-Hammer (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
dodolgarut134 memberi reputasi
4 0
4
Sonne Mond und Stern
29-11-2018 19:33
Om kalo nganterin ane priksa gigi ditempat dokter awul juga mau gak om? emoticon-Betty
2 0
2
Sonne Mond und Stern
29-11-2018 19:40

Throwback Stories

PENGORBANAN



Timeline

"Ini pertama kalinya kamu ke sini?".

Dia mengangguk sambil tersenyum memandangi salah satu situs warisan dunia yang ada dihadapan kami.

"Rasanya beda ya kalo ngeliat langsung. Kalo dipikir hampir gak percaya karena imajinasi manusia bisa terwujud dengan segala keterbatasan teknologi di jaman itu", ucap Helen dengan mata yang begitu takjub.

Gua berjalan mendekatinya. Lalu berdiri tepat di sampingnya sambil memandang kearah Stupa yang sama dengannya.

"Man Jadda WaJada...", timpal gua sambil melipat kedua tangan didepan dada.

Helen menengok. "Apa ?", tanyanya pelan.

"Barang siapa yang bersungguh-sungguh, ia pasti mendapatkannya", jawab gua sambil balik menengok kepadanya. "Ya seperti yang kita lihat sekarang. Aku yakin imajinasi yang terlintas kata kamu itu akhirnya terwujud karena mereka bersungguh-sungguh. Dan memang seharusnya seperti itu", lanjut gua tanpa berpaling menatap matanya.

Helen tersenyum tipis. Lalu memiringkan wajahnya sedikit ke kanan. Semilir angin sore itu membuat beberapa helaian rambutnya yang hitam sedikit kemerahan berayun indah.

"Dan kamu... Enggak sunguh-sungguh untuk mendapatkan Kak Gendis", timpalnya kali ini dengan senyuman yang lebar. Menampakkan deretan giginya yang putih tertata rapih.

Gua tersenyum. Tapi bukan karena ucapannya. Melainkan karena senyumannya yang indah itu. Dan gua yakin dia salah mengartikan senyuman ini.

"Aku gak pernah berniat untuk menikahi Gendis setelah apa yang terjadi sama istriku", jawab gua. Lalu memasukkan kedua tangan ke saku jaket. "By the way aku udah cerita semua ke kamu dua hari lalu waktu di pesawat loch, Ay. Tujuan ku kesini bukan untuk minta izin Papahnya. Jadi tolong gak usah ngegodain aku soal masalah itu lagi", tandas gua sambil tetap tersenyum.

"Well... Aku rasa kamu memang layak jadi seorang suami yang ideal, Kak. Diminta menikah lagi tapi menolak. Beruntungnya Kak Ve' bisa mendapatkan kamu", ucapnya lalu berjalan kearah tangga di sisi kanan kami.

"Ay...".

Helen berhenti sebelum menuruni tangga didepannya.

"Aku yang beruntung bisa menjadikan dia istriku. Gak ada wanita setangguh dia", lanjut gua.

Helen sudah berbalik berdiri menghadap kearah gua. Kemudian dia memasukkan kedua tangannya kedalam saku jaket yang ia kenakan. Sama seperti yang sedang gua lakukan sebelumnya.

"Andaikan bukan Kak Gendis yang diminta untuk jadi istri kedua kamu. Apa kamu akan tetap pada pendirian kamu?", tanyanya.

Gua menyunggingkan sedikit senyuman kepadanya lalu menutup mata sekilas sambil mengangguk pelan lalu kembali membuka mata untuk meyakinkannya.

"Sekalipun wanita itu Kak Luna?", kali ini dia tersenyum lebar dengan pertanyaannya itu.

"Hahahahaha... Pertanyaan mu itu, Ay..", gua tergelak, benar-benar tidak menyangka dia akan menyebutkan nama sang Kakak.

Gua masih sedikit tertawa ketika sebagian wajahnya tertutupi rambutnya yang tertiup angin.

"Kok gak dijawab sih?", cecarnya dengan nada yang meledek dan menahan tawa.

Gua berjalan mendekatinya. Berhenti tepat dihadapannya saat jarak kami kurang dari satu meter. Lalu gua menarik nafas dalam-dalam. Seolah jawaban yang akan gua berikan adalah hal terakhir yang bisa membuatnya mengerti soal keputusan gua ini.

"Kamu tau persis dia seperti apa. Dia adalah seorang Katolik yang ta'at. Aku menghormati apa yang dia yakini sebagai seorang manusia yang toleran. Dan kita sama-sama tau. Kalo dalam kamus hidupnya enggak ada yang namanya berbagi suami", jawab gua penuh penekanan.

"Hey! Ayolah Kak.. Kamu tau kita lagi berandai-andai. Coba kamu pikirin lagi andai dia gak menikah dengan Eric dan masih sendiri seperti aku saat ini...".

Sepertinya Helen tidak ingin membiarkan gua 'lari' dari jebakannya. Gua terkekeh lalu mulai berjalan kesampingnya.

"Pilihan terbaiknya adalah aku lebih memilih kamu yang jelas-jelas sudah menjadi Mualaf tadi siang, Ay", jawab gua sambil melewatinya dan mulai menuruni anak tangga.

Gua bisa merasakan langkahnya terburu-buru mengejar gua dari belakang.

"Kak Aghaaaa! Rese ya kamu! Awas aja!", teriaknya yang terdengar cukup nyaring dimana suasana tempat wisata ini sudah mulai sepi.

Sore itu matahari mulai menguning keemasan. Sore itu angin bertiup pelan. Sore itu di Candi Borobudur sudah Senja.

Dan sore itu aku tidak tau. Bahwa di kemudian hari, Senja ku terganti...

Terimakasih Lembayung Senja ku Gendisa, yang telah menunjukkan arah kepada Sang Bintang hidupku.



Stupa Borobudur ~ 2012.




*
*
*




Quote:
~ PoV Fatimah Azzahra ~


Tiga bulan kemudian ~ Tahun 2013.


"Kamu yakin Mas Agha udah ngomong baik-baik sama Papahnya tiga bulan lalu ?".

Pertanyaan itu sudah Aku dengar untuk ketiga kalinya di minggu sore ini. Entah Aku yang tidak pandai menjelaskan atau memang keinginannya begitu kuat sehingga membuatnya tidak puas dengan jawabanku.

Kedatanganku kemari karena Kak Agha memberitahu istrinya ini kalau Aku sudah pulang dari Jogja tiga hari yang lalu. Entah kenapa dia masih tidak percaya dengan kejadian tiga bulan kebelakang saat Aku dan suaminya itu telah menemui keluarga Kak Gendis sekaligus bersilaturahmi dengan cara yang baik.

"Bener, Kak. Aku harus jelasin dan cerita gimana lagi ? Dia baik-baik ngomong ke keluarganya dan ga' ada keributan sama sekali. Kak Ve' bisa tanya Kak Gendis kalo masih ga' yakin sama Aku".

Istri Kak Agha itu menyapukan pandangan dalam kamar pribadi mereka. Kemudian pandangannya terhenti pada sebuah foto yang terpajang di dinding dekat meja rias.

Cukup lama Ia menatap foto pernikahan mereka berdua. Sampai akhirnya Ia kembali menatapku.

"Kamu masih heran kenapa Aku begitu bersikeras untuk meminta Suamiku menikahi Mba Gendis ?".

Aku langsung mengangguk. Apa yang Ia katakan memang benar. Kenapa bisa wanita ini sebegitu kuat keinginannya agar Kak Agha yang sangat mencintainya itu menikah lagi.

"Mba Gendis adalah salah satu wanita yang cukup lama mengenal suamiku. Dia sangat baik, mungkin sebaik Aku mengenal karakter suamiku itu. Tapi...".
Kak Ve' menatap dengan senyuman yang aneh menurutku. "Baik Mba Gendis, atau mungkin diriku sekarang ini tidak akan sebaik sang Ratu Hatinya Mas Agha. Dia adalah satu-satunya pengecualian, Ay".

Kak Ve' mengingatkanku bahwa ada wanita yang lebih patut dihormati lebih dari setiap wanita yang pernah dekat dengan Kak Agha. Siapa lagi selain Alm. Elsa Ferossa.

"Dari semenjak SMP, Mba Gendis dan suamiku sudah saling kenal. Dan Aku yakin Kamu juga tahu kalo mereka sempat berpacaran. Tapi ini bukan soal cerita cinta mereka. Ini soal pengorbanan yang pernah mereka lakukan".

"Pengorbanan ? Siapa yang berkorban untuk siapa ?".

"Keduanya. Di waktu yang berbeda tentunya. Yang jelas dengan semua cerita yang sudah mereka lalui membuat Aku sadar. Walaupun Mba Gendis pernah menikah dengan lelaki lain, dan Mas Agha sekarang bersamaku. Itu semua ga' akan menghilangkan perasaan di dalam hati mereka...".

Cukup lama kami terdiam. Sampai akhirnya aku menyadari apa yang dimaksud dari ucapannya tersebut.

"Kak Ve'!". Aku terkejut dengan apa yang aku terka dalam pikiranku sendiri. Dan berharap apa yang terlintas tadi hanyalah prasangka Ku yang salah.

Tapi wanita berbalut jilbab violet dihadapanku itu tersenyum dengan mata yang sudah berkaca-kaca. Seolah-olah dia bisa membaca pikiranku.

"Aku tahu ini salah dan ga' seharusnya berpikir sejauh itu, Ay. Tapi...". Airmatanya mulai mengalir. Refleks Aku menggenggam tangannya. "Tapi ketakutanku ini terlalu besar.... Hiks... Hiks.. Ya Allah! Ampuni hamba! Hiks.. Hiks.. Hiks..".

Sebagai sesama wanita yang lebih mengutamakan perasaan ketimbang logika, Aku pun akhirnya paham kenapa rasa takutnya itu begitu besar dan sangat khawatir di kemudian hari bisa saja menjadi kenyataan yang dapat menghancurkan rumah tangganya dengan Kak Agha.

Setelah Kak Ve' bisa menguasai emosinya, Ia kembali tersenyum. Airmatanya sudah terhenti. Sekarang giliran dia yang menggenggam tanganku.

"Aku akui memang sudah su'udzon terhadap Mas Agha. Aku tahu ini salah sekalipun alasanku sangat berdasar". Lembut tarikan nafasnya malah membuatku merasa sedih dengan apa yang Ia khawatirkan. "Ay. Kamu harus tahu. Untuk menjadi seorang istri yang sekedar baik tidaklah cukup jika ga' dapat memenuhi kewajiban yang satu itu".

Aku yakin wajahku sudah memerah karena ucapannya barusan. Bagaimanapun rasanya sungkan mendengar 'persoalan ranjang' mereka. Apalagi Aku belum menikah.

"Aduh Kak... Aku malu dengernyaaa". Aku menundukkan wajah untuk menutupi rasa malu ini.

"Hahahaha... Maaf, Ay. Maaf.. Aduh Kamu ini polos banget ya. Lucu juga liat wajah Kamu yang merah gitu... Hihihihi..".

Ah Kak Veeeee... Teriakku dalam hati...

"Tapi, Kak. Masa sih Kak Agha bakal setega itu ? Lagi pula memangnya... Mmm.. Maaf... Kakak bener-bener ga' bisa menuhin kewajiban itu ? Karena apa ?". Akhirnya Aku sendiri malah penasaran. Ah! what a stupid question!

Tawanya terhenti. Tapi Ia masih tersenyum.

"Ay, kamu liat kondisiku seperti ini. Aku memang bukan sepenuhnya ga' bisa melakukan kewajiban yang satu itu sebagai seorang istri. Tapi sesuatu yang ga' dikerjakan dengan maksimal, hasilnya pun ga' akan sebaik apa yang seharusnya kita dapatkan. Apalagi ini menyangkut pasangan hidup kita. Dan yang paling penting sebenernya karena Aku udah ga' bisa memiliki Anak".

"Dan karena alasan itu semua Kak Ve' sangat khawatir Mas Agha akan selingkuh ?".

"Aku ga' pernah tahu sampai kapan Mas Agha akan sabar menghadapi kondisiku, Ay. Aku cuma ga' bisa terima kalau sampai dia melakukan dosa besar seperti itu dikemudian hari". Apa yang Aku lihat dari wajahnya menunjukkan kekhawatiran seorang istri yang begitu besar terhadap suami yang Ia cintai.
"Dan pilihan yang terbaik adalah memberikannya izin untuk mendapatkan semua hak atas sebuah pernikahan dari seorang wanita yang sah sebagai istrinya diatas hukum agama dan juga negara".

Sungguh ucapannya itu akan teringat sampai kapanpun. Sulit dipercaya tapi inilah kenyatannya.

Aku sadar pada akhirnya Kak Ve' bukan sekedar mengorbankan perasaannya semata. Tetapi karena keputusan yang sangat berat itulah yang insya Allah akan menuntunnya kepada jalan menuju surga-Nya.

Dan semuanya menjadi jelas karena rasa ikhlaslah yang menjadi kunci atas keputusan besarnya itu.


***


"Ay, Aku ikut bahagia mendengar apa yang terjadi sama Kamu".

Aku tersenyum.

"Mas Agha cerita semua yang udah dilalui Kamu selama ini. Dari mulai kamu di Jerman, sampai akhirnya kemarin di Jogja menjadi satu moment terpenting dalam hidupmu".

"Iya, Kak. Alhamdulillah. Bantu Aku ya Kak agar Aku bisa Istiqomah untuk menjadi seorang Muslimah yang ta'at".

"Tentu, apapun yang bisa Aku bantu pasti Aku bantu. Dan jangan malu untuk menanyakan apapun tentang Islam dan juga Al-Qur'an".

Aku mengangguk tersenyum senang mendengar jawabannya. Lalu ketika Aku sudah mau melangkah keluar rumahnya, Kak Ve' membuatku bingung dengan apa yang Ia ucapkan.

"Ay..".

"Ya, Kak ?".

"Kamu tau ga' waktu Mas Agha menceritakan semua tentang Kamu ke Aku kemarin. Dia terlihat berbeda. Sangat berbeda, Ay".

"Berbeda gimana ?".

"Beda aja. Keliatan banget kok kalo dia itu seneng banget dan sangat antusias ketika menceritakan sosok perempuan yang memiliki nama baru Fatimah Azzahra".

Aku mengerenyitkan kening. "Maksud Kak Ve' ?".

Kak' Vena hanya tersenyum dengan pandangan matanya yang terlihat sangat berbeda kepadaku. Entah apa hanya perasaanku saja atau memang dia sedang mengharapkan sesuatu dari Aku saat itu.
Diubah oleh glitch.7
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tulusfajri dan 39 lainnya memberi reputasi
39 1
38
Sonne Mond und Stern
Lapor Hansip
29-11-2018 20:31
Balasan post glitch.7
[QUOTE=glitch.7;5bff4a6cddd77057098b458a]

Sami-sami. Atur nuhun tos maca sareung komen didieu. Aamiin kana du'a na. Mugi-mugi urang sarerea dibere nikmat ku Gusti Allah Subhanahu wa Ta'ala. Aamiin.

[SIZE=1][I]Lieur lieur lah sakalian make basa sunda jeung jawa nya. Hehehehe




Wkwkwk......
Lieur lieur sirahe kulo mas oda,,,,
Bingung juga d bls bahasa sunda....
Hehehe.....

Sekalian pamit,post terakhir hemat page,kembali jadi SR bang....

Salam buat keluarga ya bang....

profile-picture
dodolgarut134 memberi reputasi
4 0
4
Sonne Mond und Stern
29-11-2018 22:18
Quote:Original Posted By glitch.7

Perlu masukin cerita gak kenapa Bunbun beli Vespa ? Masa lupa atau gak inget apa hubungan Bunbun dengan Vespa di jaman MyPI dulu... emoticon-Malu (S)


Kangen bandot ya pakemoticon-Malu (S)
Diubah oleh callipso21
profile-picture
dodolgarut134 memberi reputasi
4 1
3
Sonne Mond und Stern
29-11-2018 23:28
[quote=glitch.7;5bffc552a2c06ef8368b4573]Gw juga tadinya mw nulis R jadi L pas bagian si Kakak ngomong, tapi lupa... emoticon-Cape d... (S)emoticon-Hammer (S)

Perlu masukin cerita gak kenapa Bunbun beli Vespa ? Masa lupa atau gak inget apa hubungan Bunbun dengan Vespa di jaman MyPI dulu... emoticon-Malu (S)

Btw Vespa Bunbun yg Matic... Vespa sprint 150 tahun 2016.


Hahaha ketularan cadel

Btw lupa atau gak inget itu beda ya? 🤔
Gini om, gw gak sengaja melupakan 😁


Vespa sprint, khusus buat emak² emang pas 😁
🙊emoticon-Cendol Gan
profile-picture
dodolgarut134 memberi reputasi
3 0
3
Sonne Mond und Stern
30-11-2018 11:19
Quote:Original Posted By callipso21
Kangen bandot ya pakemoticon-Malu (S)


Perjuangan demi Olla dan Indra dapat bersatu ... Kangen kiddo juga emoticon-Ngacir
profile-picture
dodolgarut134 memberi reputasi
5 0
5
Sonne Mond und Stern
30-11-2018 12:22
oh iya dulu bunbun diantar si kadal pake vespa pulang..
btw paling 2 kali ya dal ente anter bunbun plus dapat nasi kuning yak
profile-picture
dodolgarut134 memberi reputasi
4 0
4
Sonne Mond und Stern
30-11-2018 12:45
belum tamat? emoticon-Cape d...
4 0
4
Halaman 418 dari 437
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
gelora-sma
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.