codename.isalAvatar border
TS
codename.isal
Begini Jadinya Kalo Mie Instan Dimasak Bareng Nasi



Lagi dan lagi ide 'absurd' datang dari negeri sakura Jepang, dari seorang pria bernama Mr. Sato. Berawal saat Mr. Sato yang lagi makan sebungkus mie goreng instan, sambil menikmati makannya dia lalu berpikir: "Walaupun rasanya lezat... Ini disebut mie goreng, tapi kenapa masaknya tidak digoreng?"

Dia emang benar sih. Kalian juga pasti pernah mikir dan bertanya-tanya, walaupun disebut "mie goreng" tapi kenapa cara masaknya tidak digoreng? Malah direndam ke air panas beberapa menit, kalo gitu sama saja seperti mie instan lain yang butuh air saat memasaknya.





Lalu Mr. Sato mulai berpikir liar dan mencoba memahami arti pentingnya korelasi ini. Hingga pada akhirnya dia berpendapat, mie instan dan nasi itu cara masaknya hampir mirip, jika beras dimasak dengan air jadi nasi enak, mie instan yang dimasak dengan air juga lezat, mungkinkah nasi dan mie instan yang dimasak barengan bisa jadi lebih maknyus?

Entah dapat 'wahyu' dari mana, tanpa pikir panjang Mr. Sato langsung merumuskan resep dan mulai bereksperimen. Lalu membagikan hasil temuannya ini kepada kita yang mungkin juga penasaran.
emoticon-cystg




Pertama-tama kita siapkan beras secukupnya, serta mie instan (disini yang dipakai Yakisoba, mie goreng khas Jepang), lalu kita masukan ke dalam rice cooker bersama dengan air, taruh mie instan di bagian atas.





Jangan lupa tambahkan topping saus dan bumbunya. Biasanya, saus dan bumbu ditambahkan setelah mie matang, tetapi pada kasus ini saus dan bumbu akan ikut dimasak juga. Alasannya, supaya saus dan bumbu meresap ke nasinya.





Yang sangat diperhatikan Mr. Sato adalah menyeimbangkan jumlah airnya. Terlalu banyak air akan mengencerkan saus dan bumbu sehingga membuat rasa menjadi hambar. Terlalu sedikit air juga nasi tidak akan matang dengan sempurna.

Mr. Sato memutuskan untuk mengambil jalan tengah. Jadi dia menakar air supaya hanya menenggelamkan nasinya saja, tidak sampai menenggelamkan mie. Setelah itu tutup, dan mulailah memasak layaknya kita sedang memasak nasi di rice cooker.






Idealnya, mie instan akan matang sekitar 3 menit jika kita merendamnya ke dalam air panas. Tapi karena kita memasak barengan dengan nasi, maka butuh waktu kurang-lebih sekitar 30 menit supaya nasi juga ikut matang, jadi mohon bersabar.

"Lalu, setelah 30 menit masak apa yang terjadi?"






Inilah penampakan nasi dan mie instan yang dimasak bersamaan di rice cooker. Walaupun nasinya matang dengan sempurna, sepertinya bagian atas mie tidak matang sama sekali (ya iyalah). Meskipun eksperimen ini sepertinya gagal tapi Mr. Sato masih ingin meneruskannya.





Dia mengambil sampel campuran nasi dan mie goreng tersebut ke dalam mangkuk untuk mencicipinya. Karena mie goreng tidak matang dengan sempurna, tekstur mie jadi renyah tapi rasa mie sangat pas dengan nasinya (karena bumbu mie instan telah terserap ke nasi), tapi walaupun rasanya lumayan tetap saja masih ada terasa sedikit hambar.





Tentu saja Mr. Sato sudah memprediksi keadaan ini dan sudah menyiapkan kartu as. Dia sudah menyiapkan saus khusus yang memang ia simpan untuk meningkatkan rasa mie instan atau menambahkan rasa unik pada makanan lainnya. Dan setelah Mr. Sato menambahkan saus ini pada hasil eksperimennya, rasa makanan ini jadi benar-benar maknyus!





Belajar dari kesalahannya, setelah eksperimen ini Mr. Sato mengambil kesimpulan bahwa siapa pun yang mau melakukan ini (masak mie instan bareng nasi) harus mempertimbangkan jumlah airnya. Kurang air membuat mie atau nasi jadi tidak matang sempurna, terlalu banyak air juga berisiko menenggelamkan semua rasanya. Ujung-ujungnya kita harus menyiapkan bumbu atau saus tambahan sebagai kompensasi untuk mencapai rasa masakan yang kuat.





Pendapat TS:

Menurut ane kesalahan Mr. Sato disini adalah ikut masukin bumbu dan sausnya ke dalam air rendaman mie dan nasi yang akan dimasak. Ane memang belum pernah coba masak mie instan barengan nasi, tapi ane pernah ceroboh masak mie goreng instan yang bumbu dan sausnya gak sengaja ane masukin ke air masaknya (ane masak sambil ngelamun). emoticon-Ngakak (S)

Karena di buang mubazir yah terpaksa ane lanjutin sampai matang. Terus hasilnya? Ya sudah pasti HAMBAR! Waktu itu ane nambahin penyedap rasa dari dapur emak ane supaya mie gorengnya lebih berasa, walaupun rasanya malah jadi aneh. Melihat eksperimen di atas kalo mie dan nasinya dimasak dulu barengan sampai matang, setelah itu baru kasih bumbu dan sausnya, lalu diaduk, mungkin rasanya lebih nolong.

Tapi ingat yah, makan mie instan campur nasi itu sangat tidak dianjurkan. Karena dua makanan ini sama-sama mengandung karbo tinggi. Sudah banyak artikel kesehatan yang menjelaskan bahaya mie instan dan nasi kalo dimakan bersamaan...
emoticon-cystg


Referensi: SoraNews24
Diubah oleh codename.isal 19-11-2018 14:59
tien212700
tien212700 memberi reputasi
3
38.9K
170
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.