EsTehTawarDuaAvatar border
TS
EsTehTawarDua
Pakai Zat Aditif di Bahan Bakar, Perhatikan Ini Gan


Halo gan ketemu lagi di thread ane yang ngebahas soal otomotif.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Gan adakah diantara agan-agan yang kerap menambahkan zat aditif ke bahan bakar kendaraan agan?

 

Lantas apa saja sih jenisnya? 


Nih gan. Buat jenis peningkatan mutu bahan bakar biasanya penambahan aditifnya jenis oranometlic, oksigenat dan komponen blending. Buat tahu aditif tersebut bermutu baik atau tidak, pastikan penambahan aditif tidak merubah sifat karakteristik dan spesifikasi bensin lainnya.


Bingung gan? Gini. Contoh jika aditif dilakukan untuk meningkatkan oktan (biasa disebut oktan booster) maka peningkatan angka oktan tidak merubah sifat lainnya seperti berat jenis atau titik didih. Kalau yang laen berubah itu artinya aditif tersebut tidak baik.


Aditif buat bahan bakar juga beragam jenisnya. Ada yang buat anti knocking buat penambah oktan. Ada juga Aditif combustion deposit modifier untuk mencegah akumulasi deposti alias kerak di mesin.


Jenis lainnya adalah aditif inhibitor oksidasi untuk mencegah oksidasi dan pembentukan getah. Aditif inhibitor karat untuk menghindari pembentukan karat. Aditif demulsifier untuk mencega emulsi akibat kandungan air pada bahan bakar.


Nah lanjut soal peran aditif alias tugasnya. Bisa digolongkan dalam empat peran mulai dari peningkatan performa sampai perawatan.


Oktan booster meningkatkan nilai oktan bahan bakar pasti ke performa. Gas treatmen untuk bahan bakar lebih bersih dan berkualitas. Fuel system cleaner untuk membersihkan bagian pembakaran. Injector cleaner untuk membersihkan injeksi mesin.


Bentuknya juga beragam gan. Misal ada yang tablet dan cair. Pemakaiannya cukup dengan memasukkan ke tangki bahan bakar.


Itu dia tadi kenalan dengan zat aditif kendaraan gan. Nah pemakaian zat aditif ini tidak selalu buruk tapi juga tidak selalu baik. Intinya pemakaian aditif akan membuat mesin bekerja lebih daripada normal. Jadi jangan sering-sering gan.


 

0
2.3K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.