• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gak Butuh Ribuan Tahun, Plastik Ini Cuma Butuh 2 Tahun Buat Terurai !

futurehuman001Avatar border
TS
futurehuman001
Gak Butuh Ribuan Tahun, Plastik Ini Cuma Butuh 2 Tahun Buat Terurai !
:nulisahEDUCATION THREAD:nulisah

Holla... selamat datang di thread ane gan sis yang terhormat. Pada hari senin yg cerah dan melelahkan kali ini ane bakalan bahas masalah sampah PLASTIK. Ya, masalah umum yang gak ada habis - habisnya. Ok, daripada basa - basi panjang lebar mending kita langsung cabut aja ke TKP.




Plastik, sebagaimana banyak orang tau merupakan salah satu materi yang sulit sekali terurai. Selama ini, penggunaan plastik konvensional telah memicu masalah lingkungan karena penguraiannya sangat lambat. Plastik konvensional ngebutuhin waktu hingga ratusan bahkan ribuan tahun untuk bisa terurai. "Kalo gitu dibakar aja masgan, mudah kan?" . Mudah sih mudah, tapi efeknya ke udara itu yang gak mudah.




Saat ini, telah ditemukan plastik yang mudah terurai untuk mengatasi permasalahan tersebut. Plastik mudah terurai ini dibagi jadi dua jenis, yaitu plastik biodegradable dan oxo-degradable. Plastik biodegradable itu berbahan dasar material terbarukan seperti jagung dan singkong nih. Plastik biodegradable hanya butuhin waktu dua hingga tiga tahun berkat bantuan mikroorganisme alamiah.




Yang kedua, ada yang namanya plastik oxo-degradable. Plastik itu terbuat dari bahan dasar petroleum seperti plastik konvensional tetapi diberi tambahan zat aditif. Plastik itu mengalami penguraian karena disebabkan oleh kondisi lingkungan, sinar matahari, udara, oksidasi akibat panas, dan kelembapan.

Karena faktor - faktor tersebut, plastik ini cuma butuhin waktu kurang lebih dua tahun. Dan, plastik ini lebih murah ketimbang plastik biodegradable, bahkan lebih murah ketimbang plastik konvensional.




Gak perlu waktu ribuan tahun, cuma dua sampai tiga tahun plastik - plastik tersebut sudah dapat terurai dengan baik. Semoga hal tersebut dapat mengganti solusi akan plastik di dunia ini. Plastik - plastik seperti itu sudah dapat ditemukan saat kita membeli barang di supermarket. Tetapi, cukup jarang digunakan pada pasar tradisional maupun toko pada umumnya. Mereka masih menggunakan plastik konvensional.




Sekian thread dari ane, semoga dapat menambah wawasan kalian semua, dan semoga dunia ini segera tersadar tentang pentingnya menjaga alam ini demi generasi mendatang umat manusia. Terima kasih udah mampir...




[URL=https://www.naturbag.com/case-studyS E N S O Rpostable-vs-oxo-degradable]Source[/URL]
Diubah oleh futurehuman001 26-11-2018 03:15
3
6.5K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.