News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
121
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfca9f65a5163a0468b4568/prabowo-bilang-ui-cuma-punya-1-profesor-fisika-ini-datanya
Jakarta - Dalam pidatonya pada perhelatan Indonesia Economic Forum belum lama ini, Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengungkapkan minimnya jumlah pakar setingkat profesor bidang fisika yang ada di RI. Bahkan ia mengaku pernah mendapat 'bisikan' bahwa jumlah profesor bidang fisika di Universitas Indonesia (UI) hanya satu. Hal itu menurutnya, menjadi biang keladi masih tertinggalnya pe
Lapor Hansip
27-11-2018 09:20

Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya

Jakarta - Dalam pidatonya pada perhelatan Indonesia Economic Forum belum lama ini, Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengungkapkan minimnya jumlah pakar setingkat profesor bidang fisika yang ada di RI.

Bahkan ia mengaku pernah mendapat 'bisikan' bahwa jumlah profesor bidang fisika di Universitas Indonesia (UI) hanya satu.

Hal itu menurutnya, menjadi biang keladi masih tertinggalnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di Indonesia.

Begini cerita lengkapnya yang dirangkum detikFinance, Jakarta, Selasa (27/11/2018). (dna/ara)

1. Pidato Prabowo: Profesor Fisika di UI Hanya Satu

Berikut kutipan lengkap Prabowo Subianto soal jumlah profesor fisika di UI yang disampaikan dalam perhelatan Indonesia Economic Forum:

"...Lulusan dari bidang sains, teknologi, teknik (engineering), matematika, berjumlah 300.000 per tahun. Di Tiongkok 1,3 juta lulusan per tahunnya. Empat (4) kali lebih banyak dari Amerika Serikat (AS) yang lulus di bidang sains, teknologi, dan matematika. Di Indonesia? Saya agak sedikit ragu mengenai jumlahnya, tapi saya berasumsi jumlahnya sangat menyedihkan.

Saya pernah berbincang dengan seorang Fisikawan peraih Nobel dari Amerika Serikat saat dia berkunjung ke Indonesia. Dia bercerita mengenai kunjungannya ke Departemen Fisika, Universitas Indonesia, salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Setelah berkunjung kesana, malamnya kami bertemu dan dia bercerita.

Seperti Anda semua tahu bagaimana para ilmuwan itu, mereka bukan diplomat, mereka bukan politisi, mereka berkata apa yang mereka pikirkan (apa adanya, blak-blakan). Dan dia bercerita kepada saya, "Dengan hormat Pak, bagaimana bisa negara anda, negara dengan penduduk terbanyak ke-empat di dunia, dan di perguruan terbaik anda hanya ada satu profesor fisika? Satu?

Saya menceritakan ini saat saya memberikan ceramah di Fakultas Ekonomi beberapa bulan lalu, Pak Dino juga hadir di sana.

Ketika saya menceritakan ini di Universitas Indonesia, di sana hadir Wakil Rektor, dan dia pertama yang protes "Tidak benar itu! Tidak benar kalau kita hanya punya satu Ph.D (Doktor) Fisika!".

Lalu saya berkata "Baik Pak, bolehkah saya bertanya berapa yang Anda (UI) punya?" Lalu dia menjawab "Kami akan cek." Bisa Anda bayangkan, seorang Wakil Rektor tidak mengetahui berapa banyak Ph.D (Doktor) yang dia miliki? Sangat sedih.

Abad ke-21 adalah abad tentang sains, tentang teknologi dan teknik. Bagaimana kita bisa bersaing tanpa sains."

2. Benarkah Profesor Fisika di UI Hanya 1?

detikFinance pun langsung melakukan penelusuran. Mengutip laman resmi staff.ui.ac.id, ditemukan ada lebih dari satu profesor bidang fisika yang mengajar di FMIPA UI.

Sosok pertama adalah Prof. Dr. Drs. Terry Mart. Pria kelahiran Palembang, 3 Maret 1965 ini mengemban tanggung jawab sebagai kepala grup pengembangan teori nuklir dan partikel fisika.

Terry menyelesaikan pendidikan sarjananya di UI pada tahun 1988 dengan predikat cumlaude. Hingga tahun 2009, ia telah menerbitkan sedikitnya 100 artikel ilmiah yang dituangkan dalam sejumlah jurnal dan berbagai forum konferensi fisika tingkat dunia.

Sosok lainnya adalah Prof. Dr. A Harsono Soepardjo, M.Eng. Pria kelahiran Solo 7 Juli 1951 ini juga aktif mengajar di FMIPA UI. Salah satu hasil penelitiannya adalah sistem pengering ikan tenaga matahari dengan penerapan efek trapezoidal greenhouse di tahun 2005.

Termasuk Prof Harsono dan Terry Mart, seluruhnya ada 5 orang penyandang Profesor bidang Fisika di UI. Berikut daftarnya:

Prof. Dr. A. Harsono
Prof. Dr. Anto Sulaksono
Prof. Dr. Djarwani S.Soejoko
Prof. Dr. Rosari Saleh
Prof. Dr. Terry Mart


3. Kiprah Para Profeosor Fisika UI

Mengutip laman resmi staff.ui.ac.id, UI ternyata punya lebih dari satu profesor bidang fisika. Prestasinya pun terbilang cukup membanggakan karena tak hanya jago kandang, tapi juga telah dikenal hingga ke manca negara.

Sebut saja Prof. Dr. Drs. Terry Mart. Pria 53 tahun tersebut kini mengabdikan diri sebagai dosen dan guru besar di FMIPA Universitas Indonesia.

Di kancah internasional, Sarjana fisika dengan predikat cum laude itu sering terlibat dalam sejumlah penelitian di luar negeri.

Dalam rentang 1997-2000, ia aktif melakukan penelitian di Departemen Fisika Universitas Indonesia, Universitas George Washington, Washington DC, Amerka Serikat.
Ia juga pernah terlibat dalam penelitian di Okayama University of Sciences Jepang hingga Institut Kernphysik, University of Mainz, Jerman.

Penelitian yang dilakukan oleh Terry Mart sebagian besar mengenai elektromagnetik dari keanehan pada nukleon dan inti atom, sifat resonansi nukleon, produksi hypertriton dan hypernuclei, dan sifat dari materi bintang neutron.

Kiprah lengkap profesor lainnya bisa dibaca di sini.

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4318738/prabowo-bilang-ui-cuma-punya-1-profesor-fisika-ini-datanya?tag_from=wp_nhl_judul_15&_ga=2.12480628.1130387785.1543195864-1003649547.1519096890

Waduh, praboker bacod sembarangan lagi. Nggak tahu juga, peraih nobel mana yg bisikin praboker bahwa profesor fisika di UI cuma sebiji. Gw sih yakin itu hanya cerita karangan bualan praboker saja.

Klo gw boleh menduga duga, yg bisikin praboker bahwa hanya ada satu profesor fisika di UI bisa jadi orang ini:

Profesor Rocky Garong

Wahahahahaha
Diubah oleh silents.
15
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 6
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 09:51
Quote:Original Posted By silents.
Jakarta - Dalam pidatonya pada perhelatan Indonesia Economic Forum belum lama ini, Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengungkapkan minimnya jumlah pakar setingkat profesor bidang fisika yang ada di RI.

Bahkan ia mengaku pernah mendapat 'bisikan' bahwa jumlah profesor bidang fisika di Universitas Indonesia (UI) hanya satu.

Hal itu menurutnya, menjadi biang keladi masih tertinggalnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di Indonesia.

Begini cerita lengkapnya yang dirangkum detikFinance, Jakarta, Selasa (27/11/2018). (dna/ara)

1. Pidato Prabowo: Profesor Fisika di UI Hanya Satu

Berikut kutipan lengkap Prabowo Subianto soal jumlah profesor fisika di UI yang disampaikan dalam perhelatan Indonesia Economic Forum:

"...Lulusan dari bidang sains, teknologi, teknik (engineering), matematika, berjumlah 300.000 per tahun. Di Tiongkok 1,3 juta lulusan per tahunnya. Empat (4) kali lebih banyak dari Amerika Serikat (AS) yang lulus di bidang sains, teknologi, dan matematika. Di Indonesia? Saya agak sedikit ragu mengenai jumlahnya, tapi saya berasumsi jumlahnya sangat menyedihkan.

Saya pernah berbincang dengan seorang Fisikawan peraih Nobel dari Amerika Serikat saat dia berkunjung ke Indonesia. Dia bercerita mengenai kunjungannya ke Departemen Fisika, Universitas Indonesia, salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Setelah berkunjung kesana, malamnya kami bertemu dan dia bercerita.

Seperti Anda semua tahu bagaimana para ilmuwan itu, mereka bukan diplomat, mereka bukan politisi, mereka berkata apa yang mereka pikirkan (apa adanya, blak-blakan). Dan dia bercerita kepada saya, "Dengan hormat Pak, bagaimana bisa negara anda, negara dengan penduduk terbanyak ke-empat di dunia, dan di perguruan terbaik anda hanya ada satu profesor fisika? Satu?

Saya menceritakan ini saat saya memberikan ceramah di Fakultas Ekonomi beberapa bulan lalu, Pak Dino juga hadir di sana.

Ketika saya menceritakan ini di Universitas Indonesia, di sana hadir Wakil Rektor, dan dia pertama yang protes "Tidak benar itu! Tidak benar kalau kita hanya punya satu Ph.D (Doktor) Fisika!".

Lalu saya berkata "Baik Pak, bolehkah saya bertanya berapa yang Anda (UI) punya?" Lalu dia menjawab "Kami akan cek." Bisa Anda bayangkan, seorang Wakil Rektor tidak mengetahui berapa banyak Ph.D (Doktor) yang dia miliki? Sangat sedih.

Abad ke-21 adalah abad tentang sains, tentang teknologi dan teknik. Bagaimana kita bisa bersaing tanpa sains."

2. Benarkah Profesor Fisika di UI Hanya 1?

detikFinance pun langsung melakukan penelusuran. Mengutip laman resmi staff.ui.ac.id, ditemukan ada lebih dari satu profesor bidang fisika yang mengajar di FMIPA UI.

Sosok pertama adalah Prof. Dr. Drs. Terry Mart. Pria kelahiran Palembang, 3 Maret 1965 ini mengemban tanggung jawab sebagai kepala grup pengembangan teori nuklir dan partikel fisika.

Terry menyelesaikan pendidikan sarjananya di UI pada tahun 1988 dengan predikat cumlaude. Hingga tahun 2009, ia telah menerbitkan sedikitnya 100 artikel ilmiah yang dituangkan dalam sejumlah jurnal dan berbagai forum konferensi fisika tingkat dunia.

Sosok lainnya adalah Prof. Dr. A Harsono Soepardjo, M.Eng. Pria kelahiran Solo 7 Juli 1951 ini juga aktif mengajar di FMIPA UI. Salah satu hasil penelitiannya adalah sistem pengering ikan tenaga matahari dengan penerapan efek trapezoidal greenhouse di tahun 2005.

Termasuk Prof Harsono dan Terry Mart, seluruhnya ada 5 orang penyandang Profesor bidang Fisika di UI. Berikut daftarnya:

Prof. Dr. A. Harsono
Prof. Dr. Anto Sulaksono
Prof. Dr. Djarwani S.Soejoko
Prof. Dr. Rosari Saleh
Prof. Dr. Terry Mart


3. Kiprah Para Profeosor Fisika UI

Mengutip laman resmi staff.ui.ac.id, UI ternyata punya lebih dari satu profesor bidang fisika. Prestasinya pun terbilang cukup membanggakan karena tak hanya jago kandang, tapi juga telah dikenal hingga ke manca negara.

Sebut saja Prof. Dr. Drs. Terry Mart. Pria 53 tahun tersebut kini mengabdikan diri sebagai dosen dan guru besar di FMIPA Universitas Indonesia.

Di kancah internasional, Sarjana fisika dengan predikat cum laude itu sering terlibat dalam sejumlah penelitian di luar negeri.

Dalam rentang 1997-2000, ia aktif melakukan penelitian di Departemen Fisika Universitas Indonesia, Universitas George Washington, Washington DC, Amerka Serikat.
Ia juga pernah terlibat dalam penelitian di Okayama University of Sciences Jepang hingga Institut Kernphysik, University of Mainz, Jerman.

Penelitian yang dilakukan oleh Terry Mart sebagian besar mengenai elektromagnetik dari keanehan pada nukleon dan inti atom, sifat resonansi nukleon, produksi hypertriton dan hypernuclei, dan sifat dari materi bintang neutron.

Kiprah lengkap profesor lainnya bisa dibaca di sini.

https://finance.detik.com/berita-eko...547.1519096890

Waduh, praboker bacod sembarangan lagi. Nggak tahu juga, peraih nobel mana yg bisikin praboker bahwa profesor fisika di UI cuma sebiji. Gw sih yakin itu hanya cerita karangan bualan praboker saja.

Klo gw boleh menduga duga, yg bisikin praboker bahwa hanya ada satu profesor fisika di UI bisa jadi orang ini:

Profesor Rocky Garong

Wahahahahaha


Beneran eneg gue. Coba dah itu Prabowo dikontrol bacotannya untuk SATU HARI SAJA.

Kalo bacotannya bener mah gak masalah, bisa jadi bahan diskusi. Lah ini? Blunder dan konyol. emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 09:52
Si Wowo sih taunya cuma Prof Gerung doang
1 0
1
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 09:56
memang pusat litbang dan data pada masing2 tim pemenangan capres harus jeli dan teliti agar tidak salah dalam menyampaikan data dan informasi
0 0
0
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 09:59
Blunder terussemoticon-Hammer (S)
0 0
0
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 10:00
ntar kira kira bakal kejadian lagi ngga yg model model blitar bergetar
0 0
0
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 10:08
nunggu timsesnya klarifikasi ...emoticon-Wakaka
1 0
1
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 10:13
itu dibisikin peraih nobel apa tukang nGobel ? emoticon-Leh Uga
Diubah oleh dwibi
0 0
0
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 10:15
Saya rasa emang di sengaja bikin blunder gini dah
Biar makin dpt fans fanatik yg bodoh

Cuma yang paling keliatan bodoh nya adalah soal pinjaman di bank indonesia

Tolong nasbung bantu klarifikasi
Wowo bilang DI BANK INDONESIA
TKN bilang BANK DI INDONESIA

sama kaya ahok bilang
DI BOHONGI PAKAI AYAT
DI BOHONGIN AYAT

Summon nasbung koq pada ga ada yang komentar ksh jawaban ya..
1 0
1
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 10:16
gua sih positive thinking saja,,mungkin maksud Prabowo profesor yang diakui internasional,,mengingat pendidikan Indonesia itu kayak kacang goreng yang murahan
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 10:18
Kampret dan oposisi itu isinya ya
~hoax
~fitnah
~bakar sekolahanemoticon-Big Grin
0 0
0
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 10:19
Pilpres dagelan emoticon-Leh Uga
0 0
0
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 10:19
Kalo bener pake jasa tim kampanye trump
Apa trump maren sampe setolol ini ngeluarin stastmen emoticon-Cape d...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 10:21
sebentar lagi akan ada timses nya yg sibuk ngelap muntahan wowok di media2 emoticon-Hansip
0 0
0
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 10:24
sama aja si wowok kaya sebelah.
ngomong asal, seperti bilang bung karno lahir di blora atau ekonomi nomer 3, padahal sdm punya, kuasa punya.
hadeh.
0 1
-1
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 10:33
Blunder mulu emoticon-Cape d... (S)
1 0
1
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 10:34
nasbung idiot bener2 parah ngebisikin wowo yg kaga bener
1 0
1
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 10:36
Bodoh sih sah sah aja wo...

Tp ya ora diumbar" terus.. emoticon-Embarrassment
0 0
0
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 10:36
Quote:Original Posted By pocong.212
rocky gerung itu profesor serba bisa emoticon-Ultah


Bisa apa aja gan? emoticon-Big Grin prof tuh setau gue 1 bidang tp penguasaannya dalam dan sangat ahli dibidangnya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 10:38
Quote:Original Posted By PneumonoCyclone


Bisa apa aja gan? emoticon-Big Grin prof tuh setau gue 1 bidang tp penguasaannya dalam dan sangat ahli dibidangnya


dia S1 ahli denial gan emoticon-Leh Uga
1 0
1
Prabowo Bilang UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika, Ini Datanya
27-11-2018 10:39
0 0
0
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia