bear89800
TS
bear89800
Legenda Menyeramkan Putri Duyung


Putri Duyung, makhluk mitologi yang hidup di samudra ini memiliki banyak cerita di berbagai negara.

Tidak hanya di Indonesia, mereka juga muncul di banyak cerita rakyat.

Wujud mereka sering di gambarkan sebagai manusia setengah ikan dengan paras yang cantik dan menarik.


Di banyak film diceritakan bahwa putri duyung memiliki sifat yang baik dan sering terlibat hubungan romantisme dengan manusia padahal hampir semua cerita rakyat menggambarkan bahwa putri duyung adalah makhluk jahat yang sering mencelakai dan menewaskan banyak orang.

Mereka bisa mendatangkan badai, membuat kapal karam, menghipnotis manusia ketika mendengar nyanyian mereka dan memakan daging manusia.


Gimana cerita tentang putri duyung di negara lain ?


Putri Duyung Jepang memiliki taring dan menyerupai Ular.


Mitos tentang putri duyung Jepang di kenal dengan sebutan Nure Onna, memiliki wajah wanita tapi mata dan gigi mereka menyerupai ular.

Nure Onna memancing korbannya dengan cara duduk di pinggiran pantai sambil menggendong buntalan dan berpura2 bahwa dia adalah seorang wanita yang baru saja melahirkan anak dan membutuhkan pertolongan. Ketika seseorang mencoba menolongnya, Nure Onna akan menjepit mereka di bebatuan dan menghisap darahnya.

Di banyak dongeng juga di sebutkan bahwa rambut Nure Onna bisa mencekik korbannya.

Hmm.....


The Blue Men di Skotlandia.


Orang skotland juga punya cerita sendiri mengenai duyung. Di banyak negara di ceritakan gender si duyung adalah wanita, beda Blue Men yang memiliki gender laki-laki.

The Blue Men mendiami selat tertentu. Menurut legenda, mereka memancing mangsanya dengan cara berpura-pura bahwa mereka adalah penumpang kapal yang karam dan membutuhkan pertolongan.

Mereka berenang di laut dan hanya menunjukkan bagian atas tubuhnya saja lalu melambai2 ketika ada pelaut yang lewat.

Pelaut akan mikir bahwa mereka adalah orang yang membutuhkan pertolongan. Tapi ketika pelaut semakin mendekat, mereka akan menyadari bahwa warna kulit kebiruan yang tidak alami dari wajah the Blue Men. Tapi karena sudah terlalu dekat, pelaut tidak bisa melarikan diri, Blue Men akan menyeret pelaut ke dasar laut dan menyantap daging mereka.



Rusalki, Putri Duyung Rusia.


Dalam cerita rakyat Rusia, Rusalki adalah roh wanita yang bunuh diri atau di bunuh dengan cara di tenggelamkan karena hamil di luar nikah.

Jiwa mereka akan hidup selamanya dalam bentuk putri duyung dengan jiwa pendendam yang menyakiti manusia karena nasib yang mereka alami.

Rusalki memikat korbannya dengan wajah mereka yang cantik dan suara mereka yang menenangkan. Setelah Rusalki memegang korbannya, ia akan memeluk dan menenggelamkan mereka.

Tapi di banyak sumber juga di sebutkan bahwa mereka akan menggelitik korbannya sampai mati tertawa.



Selkie, Putri Duyung Irlandia.


Di Irlandia, putri duyung berwujud wanita anjing laut.

Ketika pergi ke darat, makhluk ini akan melepas kulit anjing laut mereka, berubah menjadi manusia lalu menyembunyikan kulitnya di balik bebatuan.

Suatu ketika, seorang pria mencuri kulit mereka, sehingga Selkie tidak bisa kembali ke laut. 

Hal ini membuat selkie menikah dengan manusia dan tinggal bersama. Walaupun demikian, selkie tidak pernah berhenti mencari kulitnya yang hilang. Hal ini membuat kisah cinta selkie selalu berujung tragis untuk suaami dan keluarga mereka, selkie akan kembali ke laut dan tidak pernah kembali ke keluarganya jika dia sudah menemukan kulitnya.



Melusine, Putri Duyung Perancis.


Melusine adalah putri duyung yang berasal dari cerita rakyat Perancis. Wujudnya berbeda dengan putri duyung lain karena Melusine memiliki Sayap. 

Orang tua melusine adalah peri dan manusia. Suatu ketika ayah Melusine mengkhianati ibunya, hal ini membuat Melusine sangat marah dan memenjarakan sang Ayah.

Mendengar hal itu, Ibunya sangat marah dan mengutuk Melusine. Karena kutukan itu, setiap hari Sabtu tubuh Melusine akan berubah menjadi setengah ular.

Melusine di kenal karena kecantikannya, suatu ketika dia menikah dengan seorang raja. Melusine meminta agar raja jangan mengintipnya pada hari Sabtu.

Tentu saja si Raja ingkar janji dan melihat penampilan Melusine yang mengerikan, karena itulah Melusine terbang dan menghilang meninggalkan raja.


Melusine juga di ceritakan dalam beberapa sumber dan wujudnya sedikit berubah tergantung pada sumber yang ada.

Di beberapa sumber di sebut bahwa dia memiliki tubuh bagian bawah ikan dengan beberapa ekor. Yup, mirip lambang starbucks.


Di sumber lainnya di sebut bahwa Melusine akan kembali ke wujud duyung ketika sedang mandi, maka dari itu dia selalu meminta agar laki-laki tidak mengintipnya ketika mandi.

Karena banyak pria yang selalu ingkar janji dan mengintipnya, maka Melusine sering berpindah dari satu laki-laki ke yang lainnya.


Ningyo, satu Lagi Legenda duyung dari Jepang.


Ningyo Jepang adalah jenis duyung yang benar2 berbeda.

Ningyo dan menyerupai beberapa bentuk, misalnya setengah ikan setengah monyet, seluruh tubuh ikan dengan wajah burung, reptil bahkan wajah manusia.

Makhluk ini tidak hanya mengerikan tapi di percaya memiliki kekuatan magis yang hebat.

Konon katanya daging Ningyo bisa memberikan umur yang sangat panjang bahkan abadi. Suatu cerita menyebut seorang gadis yang tidak sengaja memakan daging ningyo sehingga tubuhnya hampir tidak menua dan umurnya sangat panjang, mencapai 800 tahun.



Sumber : [url= [url]https://www.ranker.com/list/disturbing-mermaid-mythology/ella-talkin?ref=lzyrltdlstszerg_rr&pos=2&a=42<ype=l&l=2405618&g=2&li_source=LI&li_medium=desktop-popular-lists]sumber[/url][/url]



nona212
nona212 memberi reputasi
3
24.2K
54
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.