silents.Avatar border
TS
silents.
PKS: Penghapusan Pajak Sepeda Motor dan Pemberlakuan SIM Seumur Hidup Janji Konkret
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Departemen Politik Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS, Pipin Sopian, menuturkan dua program yang akan diperjuangkan oleh partainya ketika terpilih di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, bukan sekadar janji manis belaka.

Dua program yang dimaksud adalah Rancangan Undang-Undang (RUU) Penghapusan Pajak Sepeda Motor dan pemberlakuan SIM seumur hidup.

"Saya kira nanti masyarakat yang akan menilai, yang penting kita ikhtiar, sebagai partai politik tentu kita menawarkan gagasan kampanye, yang bukan sekadar pencitraan, tapi ini adalah janji konkret," ujarnya saat ditemui di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis (22/11/2018).


Ia menjelaskan, melalui kebijakan tersebut, PKS ingin memberikan keadilan bagi masyarakat, terutama masyarakat kecil.

PKS ingin mengurangi beban hidup rakyat dengan menghapus kewajiban membayar pajak, maupun biaya pembuatan SIM.

Selain itu, PKS ingin memberikan insentif kepada pemilik sepeda motor, yang sebagian besar berasal dari kalangan menengah ke bawah.

"Kita melihat bahwa 105 juta pemilik kendaraan beroda dua, yang mayoritas adalah kalangan menengah ke bawah, seharusnya mendapatkan insentif yang wajar, yang bisa mengurangi beban hidup mereka," ungkap Pipin.

"Dan saya kira roda empat mereka punya fasilitas, ada jalan tol kemudian fasilitas-fasilitas lain. Jadi intinya adalah keadilan sosial bagi mereka dan tentu ini adalah kampanye gagasan bagi kita," terang dia.

Pipin mengungkapkan bahwa ia telah berkoordinasi dengan beberapa kadernya yang menjadi kepala daerah terkait kebijakan tersebut.

Ia pun optimistis dua kebijakan tersebut dapat terealisasikan nantinya.

"Kita sudah kaji, sudah kita diskusi dengan para kepala daerah yang kita miliki dan ini Insya allah bisa realitas untuk kita wujudkan," terangnya.

Penghapusan pajak sepeda motor yang dimaksud, berlaku pada pajak kendaraan bermotor (PKB), pajak bea balik nama kendaraan bermotor (PBBNKB), Tarif Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, biaya administrasi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan biaya administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk sepeda motor ber-cc kecil.

Sementara itu, terkait program pemberlakuan SIM seumur hidup, PKS akan menerapkannya untuk SIM A, SIM B1, SIM B2, SIM C, dan SIM D.

https://nasional.kompas.com/read/2018/11/23/09215421/pks-penghapusan-pajak-sepeda-motor-dan-pemberlakuan-sim-seumur-hidup-adalah

Istilah apa lagi ini "janji konkret". Itu sama aja dg mengatakan "es teh panas". Selalu saja berusaha menipu rakyat dg retorika palsu.

Sim itu perlu diperbaharui, krn itu menyangkut kemampuan berkendara seseorang yg bisa hilang dan menjadikannya tidak layak mengemudi krn berbahaya bagi orang lain. Kok malah dijadikan seumur hidup. Dasar baik! Wahahaha


1
2.8K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.