abbecedeAvatar border
TS
abbecede
Kangen Main Dingdong? Yuk Bikin Dingdong Mini dari Gameboy Advance SP!
Siapa yang nggak kenal dengan dingdong? Arcade gameyang pernah bikin kita bolos sekolah ini, pernah menjadi bagian dari masa kecil kita semua, termasuk ane. Rasa rindu ingin bermain dingdong kembali menggebu saat ane mulai mengoleksi Gameboy. Tentunya, tanpa harus madol dari sekolah. Hehehe.

Rasa penasaran dengan Dingdong, membuat ane bertemu dengan salah satu pageyang memberikan tutorial membuat dingdong mini dari Gameboy. Dan Gameboy yang ‘mudah’ untuk dibikin menjadi dingdong mini adalah Gameboy Advance SP.


GBA SP atau bisa juga pakai cloningannya, PVP lipat.

Oh iya, kenapa Gameboy Advance SP mudah buat dijadikan Dingdong mini? Karena bentuknya sudah menekuk, jadi tidak perlu untuk bongkar pasang body dan layarnya. Ini salah satu trik untuk orang-orang kayak ane yang cupu alias nggak mau ribet.

Untuk bahan-bahan lainnya,untuk bartopnya Agan bisa memakai Duplex, lalu lem Fox 1 botol, Toggle Switch dari gitar listrik, dan peralatan kayak obeng, penggaris, pensil, kertas dan lain-lain. Buat Agan yang nggak mau ribet, Agan juga bisa nggak make toogle itu. Tapi nggak bakal terasa main dingdongnya.


Bahan-bahannya nih Gan!

CARA PERTAMAX,

Sebelum membuat body-nya, Agan kudu membuat polanya dulu. Biar keliatan kayak dingdong, ane bikin pola yang berdiri. Ini sih sesuka hatinya Agan aja mau bikin kayak gimana, yang penting ukurannya disesuaikan dengan ukuran GBA SP Agan. Kalo udah, pola tadi dibikin di duplex dan dipotong. Kemudian direkatkan dengan lem fox.


Body Bartop mininya udah jadi.

CARA KEDUAX,

Coba masukkan GBA SP agan ke body yang udah dibuat, apakah udah sesuai atau belum. Oh iya, jangan lupa untuk membuat lubang di kanan dan kiri bodyseukuran jari Agan untuk menekan tombol L dan R. Kalo udah sesuai semuanya, lanjut ke step berikutnya.


CARA KETIGAX,

Modifikasi D-pad GBA SP yang Agan punya dengan Toggle switch tersebut. Saat menjadikan satu, hati-hati ya Gan. Kecuali Agan punya stock dpad yang memadai untuk melakukan uji coba ini. Setelah jadi satu antara Dpad dan Toggle, Agan bisa coba dulu untuk bermain sebuah game, apakah nyaman atau tidak. Kalau sudah, lanjut ke cara terakhir.


CARA KEEMPAT,

Masukkan GBA SP yang sudah memakai joystick tadi ke dalam body. Jadilah dingdong mini dari Gameboy SP!


TARAAAAAA!!!

Note :

Ane udah mencoba membuat dingdong mini dari GBA SP ini sampai tahap terakhir sebenernya. Cuman ane selalu gagal di tahap ketigax, dimana membuat joystick-nya itu karena ane ngeri untuk membongkar si GBA SP. Kalo Agan ada yang bisa, komen ya di thread ini.

Buat Agan/Sista yang ingin membuat Dingdong mini dari GBA SP dengan model lainnya, Agan bisa cek di komentar pertamax. Silahkan berikan komentarnya! Terima kasih!


Diubah oleh abbecede 21-11-2018 10:51
3770372
dellesology
tata604
tata604 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
7.1K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Do It Yourself
Do It Yourself
icon
1.5KThread1.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.