riandyoga
TS
riandyoga
Setelah Dihapus Dari Tatasurya, Begini Keadaan Pluto Sekarang
Quote:


Hai Agan dan Sista, selamat datang di thread pertama saya. Juga baru-baru ini bikin akun Kaskus. Semoga gak mengecewakan ya..

Rencana di forum Kaskus ini saya ingin fokus nulis sama hal-hal yang berbau luar angkasa dan sains. Semoga aja begitu ya.

Seperti di thread kali ini tentang planet Pluto. Eh maksudnya mantan planet. Peristiwanya sudah 12 tahun yang lalu sejak status ke-planet-an Pluto dicabut.

Barangkali sebagian diantara Agan dan Sista dulu sewaktu sekolah masih "didoktrin" bahwa Pluto adalah planet ke-9 di Tatasurya.

Namun keberadaan Pluto di sistem Tatasurya berubah sejak tahun 2006. Tepatnya sejak sekelompok orang mengubah kriteria benda langit yang layak disebut planet.

Pada 2006, International Astronomical Union (IAU) sempat mengklaim kalau kriteria sebuah planet itu harus berbentuk bulat dan besar, mengorbit pada Matahari, dan juga memiliki jalur orbit yang jelas.

Dengan klasifikasi yang baru ini, sejak saat itu juga Pluto harus "terdegradasi" dari anggota tatasurya. Pluto tidak lagi disebut planet.

Dari segi ukuran, Pluto jelas tidak memenuhi syarat untuk menjadi planet. Karena Pluto memiliki ukuran yang kerdil atau katai. Meski Pluto masih mengorbit pada Matahari. Namun fakta tersebut belum cukup menjadikan Pluto sebagai planet. Karena jalur Pluto berbeda dengan jalur kedelapan planet lainnya di Tatasurya.

Dan kini, setelah dilengserkan dari status sebagai planet. Bagaimana keadaan Pluto sekarang?

Buat Agan dan Sista penggemar Pluto yang 'mungil dan imut' di angkasa ini, ada kabar baik untuk kamu. Meski belum pasti, namun ada secerca harapan untuk Pluto diakui kembali menjadi sebuah planet.

Quote:


Peluang Pluto untuk menjadi planet kembali

Studi terbaru mengungkap kalau Pluto  kemungkinan besar bakal kembali dinobatkan menjadi planet.

Studi ini dipublikasikan oleh Philip Metzger, seorang astronom dari Universitas Central Florida, Amerika Serikat (AS).

Dalam studi yang disampaikan laman Phys tersebut, standar klasifikasi sebuah planet yang ditetapkan International Astronomical Union kala itu ternyata tidak mendukung riset para astronom. Definisi planet bahkan bisa terus berubah dari waktu ke waktu.

Menurut studi itu, dari waktu ke waktu juga muncul banyak istilah untuk menamakan benda-benda langit lain dan memasukkannya dalam kategori planet, seperti planet minor, planet terresterial, planet jovia, planet kerdil, dan lain-lain.

Waduh, makin pusing kan membaca istilah-istilah astronomi ini. Oke, sederhananya aja nih. Penentuan benda langit layak disebut planet atau tidaknya tergantung dari klasifikasi yang ditentukan oleh para ahli dengan metode tertentu.

Maka tidak menutup kemungkinan, kedepannya akan muncul istilah-istilah baru dalam dunia astronomi. Dan siapa tahu, Pluto nantinya akan kembali dilabeli sebagai planet meskipun kasta secara ukuran tidak sama dengan Bumi, Mars atau Jupiter sekalipun.

Yaaa, kita lihat saja entar..

Mencari pengganti Pluto

Duh, maaf nih ya Pluto. Nampaknya bila nanti Pluto gak bisa dimasukkan kembali ke daftar planet Tatasurya. Maka status planet ke-9 yang sebelumnya milik Pluto akan digantikan oleh planet lainnya.

2017, sekitar 11 tahun setelah Pluto dihapus dari 'Genk Tatasurya'. Astronom dilaporkan tengah mengamati 4 objek asing yang salah satunya digadang sebagai planet baru di Tatasurya. Penemuan ini didapat setelah melakukan perjalanan 5 miliar kilometer, New Horizons berhasil mendekati Pluto dan mengirimkan citra planet terjauh dari tata surya.

Quote:


Quote:


Setelahnya, para astronom akan melakukan pengamatan untuk memastikan empat obyek asing itu merupakan planet baru, planet kerdil, atau asteroid dengan memanfaatkan teleskop di Siding Spring, Australia, dan seluruh dunia.

Planet yang digadang sebagai planet ke-9 ini disebut juga 'Super Earth'. Memiliki massa sepuluh kali dan 4 kali lebih besar daripada Bumi. Jaraknya juga diperkirakan 800 kali lebih jauh dibanding jarak Bumi ke Matahari. Selain itu planet ini memiliki suhu yang sangat dingin.

Informasi terkait planet ke-9 pengganti Pluto di Tatasurya. Awalnya digagas oleh astronom dari Caltech University, Mike Brown dan Konstantin Batygin pada 2016.

Namun temuan ini bertentangan dengan pernyataan NASA bahwa tidak ada ditemukan planet baru yang diduga ada disekitar Pluto.

Meskipun demikian, NASA juga tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada objek baru di luar angkasa.

Yaa namanya juga ilmu pengetahuan, tentu akan terus berkembang. Apalagi terkait dunia astronomi yang diduga masih menyimpan banyak misteri alam semesta.

Kesimpulannya, Pluto yang pernah disebut planet, lalu dihapus dari sistem Tatasurya, ada peluang masuk Tatasurya kembali dan kemudian 'diancam' diganti oleh planet lainnya. Begitulah nasibmu kini Pluto..

Ditulis oleh Rianda Prayoga

Baca juga thread lainnya:
Quote:


Sumber:
Liputan6.com
Diubah oleh riandyoga 28-11-2018 03:51
aantirta
aantirta memberi reputasi
21
27K
139
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.