pcjames
TS
pcjames
5 Pasang Negara Bertetangga Yang Memiliki Hubungan Kurang Baik
HT : #94






Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih gan, kali ini ane kembali menulis thread nih gan. Ane kali ini akan kembali menulis thread tentang topik kesukaan ane nih gan yaitu Negara Negara. Ane akan membahas tentang para negara yang letaknya berdekatan atau bisa disebut bertetangga. Meskipun letak kedua ini dekat dan bahkan berbatasan langsung, negara negara ini justru memiliki hubungan yang kurang baik dan sering bersitegang. Nah, maka dari itu berikut 5 Pasang Negara Bertetangga Namun Memiliki Hubungan Yang Kurang Baik.




1. Indonesia & Malaysia




Pasangan negara pada nomor pertama akan ane mulai dari negara kita sendiri, Indonesia dan juga tetangga kita Malaysia. Indonesia dan Malaysia merupakan dua negara yang saling bertetangga dan terletak di Asia Tenggara. Selain dekat secara geografis, orang Indonesia dan Malaysia memiliki kemiripan ciri fisik. Meskipun mereka bertetangga, hubungan kedua negara ini sering panas alias kurang harmonis. Permasalahan Indonesia dan Malaysia sudah dimulai dari era Soekarno. Saat itu negara kita bermasalah dengan Malaysia karena saat itu Malaysia disebut sebut sebagai antek antek kolonial dan saat itu lahirlah Ganyang Malaysia. Selain itu, Malaysia sering disebut mencaplok hak milik budaya maupun kuliner Indonesia yang membuat masyarakat kita marah besar. Malaysia pun beberapa kali sempat membuat masyarakat kita semakin memanas karena Malaysia telah mencuri pulau milik Indonesia serta memutar balik bendera Indonesia.


2. Amerika Serikat & Meksiko




Selanjutnya pasangan kedua di negara ini terletak di bagian barat bumi ini, Amerika Serikat dan Meksiko. Amerika Serikat dan Meksiko adalah dua negara yang terletak di Benua Amerika Utara. Amerika Serikat adalah negara adidaya yang memiliki kuasa yang sangat besar. Dilain sisi Meksiko yang masih berstatus sebagai negara berkembang ini merupakan negara pengedar narkoba terbesar di dunia. Sebenarnya konflik kedua negara ini sudah ada sejak 1846. Namun, konflik kedua negara ini kembali mencuat sejak tahun 2016 ketika Donald Trump menjadi Presiden AS. Trump saat itu membuat keputusan untuk membangun tembok besar di perbatan AS - Meksiko dan membuat banyak pihak memanas, termasuk kedua rakyat di negara tersebut. Trump membuat keputusan tersebut karena Mexico telah menjadi negara yang membuat AS semakin tidak aman dengan menyelundupkan imigran gelap serta perdagangan narkoba di daerah perbatasan. Gangster berbahaya yang ada di negara AS juga banyak berasal dari Mexico. Maka dari itu Trump seperti "memulai perang terhadap narkoba dan kriminalitas" dengan menutup diri dari Meksiko.


3. Israel & Palestina




Pada nomor tiga ada pasangan negara tetangga yang bisa dibilang memiliki konflik paling panas di dunia, Israel & Palestina. Israel dan Palestina adalah negara yang terletak di Timur Tengah. Konflik kedua negara ini telah dimulai sejak zaman dahulu dan telah berlangsung sangat lama. Konflik kedua negara ini juga menjadi perhatian dunia dan hampir seluruh negara di dunia ini. Ane sendiri gak terlalu paham dengan permasalahan kedua negara ini, maka dari itu ane gak bisa pro ke pihak mana pun. Konflik kedua negara ini kabarnya terjadi karena sejak dulu Israel kerap mencuri tanah milik Palestina dan kini mereka semakin sering membunuh warga warga Palestina. Ada yang bilang bahwa konflik negara ini tak pernah bisa berakhir dan bahkan konflik Israel dan Palestina berakhir, artinya kiamat akan segera terjadi.


4. Korea Utara & Korea Selatan




Selanjutnya ada konflik sepasang tetangga yang gak kalah panas, Korea Utara dan Korea Selatan. Korea Utara dan Korea Selatan merupakan dua negara yang terletak di Asia Timur. Selain berdekatan, orang Korea Selatan dan Korea Utara masih bisa dibilang sama / satu etnis. Konflik kedua negara ini terjadi karena perbedaan ideologi. Korea Utara yang dahulu menganut ideologi komunisme bergabung bersama barisan Uni Soviet dan Korea Selatan yang menganut ideologi demokratis bergabung bersama barisan Amerika Serikat. Kedua negara ini bahkan sempat berperang pada tahun 1950. Perang dingin antara kedua negara ini pun terjadi dalam waktu yang cukup lama. Bahkan kedua negara ini memiliki perbatasan yang paling terisolasi di dunia yang dijaga oleh pasukan militer dari kedua negara ini yang disebut DMZ. Namun kabarnya kedua negara ini telah sepakat untuk berdamai dan mengakhiri perang dingin pada tahun 2018. Tapi tetap saja Korea Utara menjadi negara yang masih sangat terisolasi dan sulit dimasuki.


5. Rusia & Ukraina




Dan di nomor terakhir ada konflik sepasang negara di timur benua Eropa, Rusia dan Ukraina. Rusia dan Ukraina adalah dua negara yang terletak di Eropa Timur. Mirip dengan kasus di nomor tiga, permasalahan yang membuat kedua negara ini berkonflik adalah karena sengketa wilayah. Wilayah yang disengketakan pada konflik dua negara ini adalah "Crimea". Awalnya, Crimea merupakan wilayah berpenduduk mayortias etnis Rusia. Namun ketika Rusia dan Ukraina pernah bersatu dalam USSR atau Uni Soviet, presiden Uni Soviet menghadiahkan Crimea pada Republik Sosialis Soviet Ukraina pada tahun 1954. Namun, ketika Uni Soviet pecah Rusia berusaha menarik kembali Crimea namun belum berhasil. Maka dari itu hubungan kedua negara ini semakin memanas sampai tahun 2014 karena perebutan wilayah Crimea. Hingga kini Crimea masih dianggap wilayah kekuasaan Ukraina secara Internasional, namun beberapa bagian dari Crimea dibaik dan diatur oleh pemerintahan Rusia.


Sumber : Wikipedia + Google


Kenalan Sama TS :







Some Of My Opinions And Arguments :













Diubah oleh pcjames 20-11-2018 10:03
7
16.6K
144
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.