mohonsabar
TS
mohonsabar
FLASH SALE E-COMMERCE!!!! SEBUAH JEBAKAN ATAU KEBERUNTUNGAN ???


Siapa sih yang tidak tergiur dengan adanya Flash sale?
Siapa sih yang gregetan dengan adanya Flash sale?
Siapa sih yang tidak gembira pas dapet barang dari Flash sale?


Bohong banget kalau agan dan sista tidak tergiur dengan barang-barang Flash saleapalagi di E-Commerce. Flash sale, yang kita ketahui merupakan ajang belanja di momen tertentu dengan penawaran harga dengan diskon 'gila-gilaan' dengan jangka waktu yang telah di tentukan. Biasanya barang yang di tawarkan dalam Flash sale merupakan barang-barang yang dinikmati oleh para konsumen dan terbaik kualitasnya. Tujuannya jelas untuk meningkatkan penjualan produk, keuntungan, trafik web dan brand produk tertentu.

Biasanya E-Commerce dalam menyambut event Flash sale ini telah melakukan berbagai persiapan-persiapan yang matang, di antaranya :


1. PEMBATASAN DALAM PEMBELIAN ITEM FLASH SALE

Quote:


2. SELEKSI BRAND UNTUK MENDUKUNG PROGRAM FLASH SALE

Quote:


3. SISTEM PENDUKUNG AGAR FLASH SALE BERJALAN DENGAN LANCAR DAN BAIK

Quote:


Tetapi di lain sisi, masih ada saja masalah-masalah yang terjadi dalam praktek Flash Sale yang telah di terapkan masing-masing pihak E-commerce, di antaranya :

WARGANET INGGRIS 'TERTIPU'OLEH FLASH SALE XIAOMI


Masalah ini menjadi viral dan menjadi berita hangat yang di perbincangkan warganet Inggris baru-baru ini. Bagaimana tidak ? Xiaomi dengan beberapa produk andalannya di jual dengan harga hanya Rp 19.000 saja:
  • Xiaomi Mi8 Lite RAM 6 GB/128 GB
  • Xiaomi MiA2 RAM 6 GB/64 GB

Praktek Flash Sale ini sebetulnya ada kesalah pahaman dari peraturan yang di adakan pihak Xiaomi sendiri dan pihak Xiaomi pun telah mengklarifikasi atas kesalahpahaman dan meminta maaf melaui media sosial
Spoiler for sumber twitter:

Awalnya Xiaomi memberitahukan bahwa ada Flash Salemenyambut HARBOLNAS menanti dan mengajak semua calon pembeli dan Xiaomi Fans untuk stand by, tetapi ketika mendekati hari Flash sale, pihak Xiaomi tiba-tiba mengubah 'Syarat dan Ketentuan' tanpa pemberitahuan. Jadi Xiaomi hanya menjual 10 unit saja, sisanya di jual dengan harga normal. Hal ini langsung memancing reaksi dari warganet Inggris. Warganet Inggris menuding pihak Xiaomi telah 'menipu' para konsumennya karena ketika Flash sale dimulai hanya berselang 1 detik saja langsung Sold Out.
Spoiler for sumber twitter:


Pihak manajemen Xiaomi Inggris langsung bereaksi menanggapai hal tersebut, mereka membantah atas tuduhan atas modus 'clickbait'tersebut. Menurut mereka, program ini sistemnya seperti lotere, siapa cepat dia yang dapat. Jadi, jika pengunjung click secara bersamaan, sistem akan memilih secara acak user yang beruntung untuk memenangkan hot item Flash Sale ini. Butuh faktor keberuntungan yang sangat tinggi dalam hal ini.


SKANDAL TOPED YANG BERUJUNG KARYAWANNYA 'PHK' DINI


Di Indonesia sendiri telah terjadi hal yang menyakitkan bagi para pemburu diskon. Bagaimana tidak ? Di hari yang istimewa ini yang seharusnya adalah hari yang paling berbahagia untuk Toped karena ini adalah hari ulang tahunnya Toped dan Toped sendiri mengadakan pesta Flash Saledengan diskon besar-besaran untuk para konsumennya. Program yang di namakan "FLASH SALE SPESIAL 9" di adakan hanya 3 hari, mulai dari tanggal 15-17 Agustus 2018 dari jam 9 pagi-9 malam.

Yang di dapatkan oleh para konsumen bukan kebahagiaan, hanya kekecewaan berat yang di dapat dan segala macam komplain di tujukan kepada pihak TOPED. Ketika program Flash Sale di mulai, para konsumen berlomba-lomba mengklik hot item ke keranjang belanja dan tidak berselang sampai 1 menit, pada tahapan checkout, tiba-tiba barang tersebut langsung lenyap. Hal ini sontak menimbulkan kecurigaan konsumen terhadap Toped.

Setelah di telusuri oleh pihak manajemen Toped melalui audit internal, telah di temukannya berbagai kecurangan-kecurangan di dalam internalnya sendiri. Tanpa pikir panjang, pihak manajemen telah mengambil langkah untuk memecat puluhan karyawan Toped yang di duga telah melakukan aksi penipuan saat kampanye program berlangsung. Aksi fraud tersebut, membuat konsumen tidak dapat membeli barang Flash sale secara adil. Langkah ini pun di ambil, karena mereka telah menyalahgunakan wewenang dan gagal menjaga integritas.


Quote:


TERIMA KASIH
emoticon-Shakehand2



SUMBER REFERENSI
disiniI disini I disini
1
21.8K
384
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.