powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
Kymco dan Fenomena Motor Matik di Indonesia

Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Matik, salah satu varian sepeda motor yang kini cukup populer di Indonesia. Masih ingatkah siapa yang menjadi pelopornya? Mungkin sebagian dari kita masih ada yang ingat dengan sepeda motor merek Kymco? Iya, motor inilah yang dulunya merupakan pelopor dan jadi satu - satunya merek motor di Indonesia yang memperkenalkan varian motor jenis matik dimana pada saat itu ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) besar lain sedang gencar - gencarnya mengeluarkan jenis varian bebek.

Sebelum membahas lebih lanjut, meski terdapat penyebutan merek dalam thread ini tapi tidak dimaksudkan untuk promosi terhadap merek tersebut. Kembali lagi ke topik, meski Kymco merupakan pelopor motor matik di Indonesia tapi bukan berarti merek ini benar - benar jadi motor matik pertama yang masuk dan dijual di Indonesia. Sebelumnya, pada tahun 1984 sepeda motor dengan merek Vespa Corsa sudah lebih dulu ada. Hanya saja bedanya, pengoperasian motor ini berbeda dengan jenis matik era modern, yang bisa langsung di gas setelah mesin dinyalakan. Pada Vespa Corsa, masih terdapat gigi yang mengharuskan kita memindahnya dari netral agar bisa "lari" saat gasnya dipuntir.


Jadi kehadiran Kymco di tahun 2000 - an merupakan kehadiran motor matik diera modern yang menjadi triggermotor - motor matik lain. Pada saat itu kehadiran motor matik masih dianggap sebelah mata, karena desainnya yang seolah hanya cocok digunakan oleh kalangan biker perempuan saja. Meski nyatanya, sejak pabrikan sepeda motor besar mulai ikut memproduksi jenis motor ini, matik menjadi primadona dan digunakan baik oleh kalangan laki - laki maupun perempuan.

Lalu pertanyaannya sekarang, sebagai pelopor motor matik modern di Indonesia, kemana matik Kymco saat ini? Berdasar data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang dikutip dari Detik.co.id, ternyata jenis matik dari Kymco yang saat itu berada di bawah bendera PT Kymco Lippo Motor Indonesia sudah sempat menghentikan proses produksinya sejak bulan November 2008. Masih berdasar pada data tersebut, saat itu total penjualan motor jenis ini hanya menyentuh angka 5.106 unit saja.


Saat ini, merek Kymco yang merupakan kependekan dari Kwang Yang Motor Co, Ltd kembali lagi ke pasar persaingan motor matik di Indonesia sejak tahun 2017 yang lalu. Namun bedanya, kali ini melalui bendera yang berbeda, yakni PT. Smart Motor Indonesia. Meski sudah memasuki tahun kedua sejak comeback namun gaung dari merek yang satu ini masih kalah jika dibandingkan dengan merek - merek besar yang sudah kadung mendominasi penjualan jenis motor matik di Indonesia. Lalu, akankah Kymco mampu kembali bersaing setelah sekian lama tertinggal oleh pesaing - pesaingnya?







Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini dan Ini
Sumur Gambar : Om Google






swiitdebby
swiitdebby memberi reputasi
4
10.9K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.