BowoSanAvatar border
TS
BowoSan
Kini Markas 'The Avengers' Pindah Ke Merauke

:merdeka:merdeka:merdeka
Siapa yang tak tahu markas The Avengers, pastinya jika mantengin film ini dan selalu update pasti tau dong markas salah satu film paling keren bikinan Marvel Studio, tapi kali ini kita gak bahas filmnya, melainkan melihat sebuah markas The Avengers ada di Indonesia tepatnya di Marauke.

Quote:


:semangat:semangat:semangat

Quote:


Kemarin Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Marauke, Papua salah satunya Pakde sapaan akrabnya bersama istri, para mentri, ajudan bersama tokoh adat, masyarakat papua dan anak-anak kecil asal papua menggunakan pakaian adat bersama sama menuliskan sebuah pesan doa dan harapan yang nantinya akan dimasukan dalam kapsul waktu. Tentu harapanya dapat dibuka 70 tahun kemudian, inilah yang akan mengingatkan kita ketika sebuah pembangunan awal akan dikenang 70 tahun mendatang.

:tepuktangan:tepuktangan:tepuktangan
Quote:


Pembangunan Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua, telah rampung dan siap diresmikan Presiden Joko Widodo. Desainnya, yang mirip markas The Avengers, monumen diarsiteki Yori Antar.

:monggo:monggo:monggo
Quote:


Dibangunnya kapsul waktu ini di atas lahan seluas 2,5 hektare menyimpan Impian Indonesia 2015-2085. Lokasinya tidak jauh dari Bandara Mopah membuatnya dapat dilihat penumpang pesawat yang hendak mendarat.

Quote:


Pekerjaan pondasi monumen pada 2016 menelan biaya Rp 7 miliar. Sedangkan pembangunan fisiknya sejak Juli 2017 hingga November 2018 membutuhkan biaya konstruksi sebesar Rp 82,9 miliar.


Makna Monumen

Quote:

:ayoindonesia:ayoindonesia:ayoindonesia
Meski bentuknya menyerupai markas Avengers, namun Yori Antar Awal justru mendapatkan inspirasinya dari unsur budaya Papua. Kapsul Waktu di atas monumen terinspirasi menara perang Suku Dani, dengan lima akses masuk bangunan yang merepresentasikan lima suku asli Merauke (Malind, Muyu, Mandobo, Mappi dan Auyu) sebagai penjaganya.

Dimensi bangunannya adalah lebar 17 meter, tinggi 8 meter dan panjanganya 45 meter. Tentu kita tahu apa sumber inspirasinya dan demikian juga makna simbolisnya. Interior monumen dihiasi relief mengenai perjalanan kemerdekaan Republik Indonesia, Pancasila, serta kebudayaan Papua.

Lahan sekitar monumen digunakan sebagai ruang terbuka publik dan lokasi wisata bagi masyarakat Merauke. Kegiatan ekonomi warga di sekitar Monumen Kapsul Waktu diharapkan akan membangkitkan pertumbuhan ekonomi lokal.

Gagasan pembangunan monumen ini merupakan bagian dari Gerakan Ayo Kerja yang diinisiasi oleh Abdi Negara sebagai bagian dari civil society, serta disetujui oleh Presiden Jokowi untuk menjadi gerakan bangsa mewujudkan mimpi dan harapan generasi muda menuju Indonesia Maju.


:goyang

Quote:


Quote:


Quote:




Diubah oleh BowoSan 16-11-2018 23:14
3
11.5K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.