c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
"Virall" Nenek-Nenek Pembuat Panel Surya


Tenaga Surya !! Sudah pasti tahu dong fungsinya untuk apa ? Ya menerangi bumi dengan pasokan listrik yang tersimpan lewat batere yang ditangkap oleh panel-panel tenaga surya.



Tenaga surya bukanlah hal baru dan saat ini terasa sudah menjadi barang umum, namun bagaimana dengan teknisinya yang bekerja adalah nenek-nenek ? Nampaknya itu baru luar biasa ya gan.



Hal ini terjadi di Madagascar, dengan banyaknya rumah penduduk yang belum teraliri listrik maka WWF mengadakan program untuk memperbaiki kehidupan disana. Mereka memberikan pendidikan para orang tua untuk berkarya menjadi teknisi untuk membuat rangkaian panel surya.

Jadi tentu saja hal itu sangat bermanfaat buat penduduk yang ada disana, dimana biasanya mereka hanya menggunakan penerangan dari hangatnya lilin, dan juga api obor serta rembulan di malam hari. Kini dengan adanya listrik kehidupan mereka di malam haripun lebih bercahaya, satu kata buat program ini adalah "amazing".



Memang panel surya yang dihasilkan hanya untuk menerangi satu desa saja, tapi hal ini sangat bermanfaat untuk mereka dimana banyak anak-anak bisa belajar di malam hari tanpa harus takut dengan gelap. Uniknya semua teknisi yang membuat panel surya tersebut adalah nenek-nenek , walau pemasangan di bantu kaum lelaki tapi tetap saja bila ada panel surya yang rusak maka mereka yang akan memperbaikinya.

Hal ini memberikan kita makna yang mendalam, tak perduli umur tak perduli juga gender, asal ada kemauan siapapun bisa berkarya. Bahkan sukses bukanlah milik orang yang berpendidikan tinggi saja, kesuksesan itu datang dari kemauan dalam diri kita sendiri. Ada kesempatan, kemauan, dan kerja keras sukses hanya tinggal waktu untuk mengiringi. Bahkan harusnya para pemuda itu malu, dimana mereka yang sudah tua mampu untuk berkarya, lalu anak muda sibuk mabok air rebusan pembalut ?



Begitu bodohnya pemuda kita, yang katanya pulau madagascar itu dihuni pertama kali oleh nenek moyang kita. Namun disana nenek-nenek saja bisa lebih berkarya di bandingkan negara ini yang banyak sekali hal yang lucu namun membuat masyarakat bingung dan tertawa geli.

Monggo yang mau coment yukklah ngupi dolo...

emoticon-coffee

c4punk@2018


Referensi

https://www.worldwildlife.org/storie...ble-revolution




7
6.9K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.