londo.046
TS
londo.046
Bonek (Yang Semakin) Istimewa


Quote:



Song for Pride


Saya tidak akan lelah membahas suporter satu ini. Perjuangan mereka dari pelenyapan yang disengajaoleh issd adalah gambaran bagaimana seharusnya manusia hidup. Iya, bonek mengajarkan saya untuk hidup dengan kejujuran. Jujur bahwa Persebaya yang asli adalah Persebaya yang lahir 1927, bukan Persikubar yang dipoles menjadi Persebaya oleh rezim busuk issd. Kegigihan mereka melawan, akhirnya membuat issd menyerah dan Persikubar pun lari dari Surabaya berubah jadi Bhayangkara FC.

Jika dibandingkan dengan sang Rival, Arema. Bonek jelas lebih berkarakter. Coba lihat, ada berapa Arema sekarang? Mengapa bisa seperti itu? Karena mereka tidak mau jujur. Mereka tidak peduli asli atau palsu, pokoknya asal bisa joget ya didukung. Lucu kan? Klub kok ada dua, sama-sama pakai nama Arema. Andai Aremania menolak tunduk dan bersikap melawan seperti Bonek, tentu dualisme tidak akan terjadi. Tapi sudahlah, ini kan soal nyali. Haha.



Bonek semakin istimewa setelah membuktikan jika mereka bukanlah biang rusuh. Lihat stadion yang selalu penuh, ternyata berbanding lurus dengan pemasukan yang juga tinggi. Apa artinya? Bonek bukan seperti yang dikoar-koarkan oleh orang di luar Persebaya sebagai gembel yang masuk stadion tanpa tiket. Pemasukan tiket mereka dari laga home sudah mematahkan anggapan itu.



Silahkan simak data di atas. Itu untuk kategori rata-rata ya, alias fans yang harga tiketnya 50.000. Yang kategori Super fans dengan harga 250.000 tidak dicantumkan. Padahal seperti saat lawan Arema, persija, Persib tiket super fans sudah raib sejak H-1!Kok saya tahu? Karena saya berburu juga untuk laga lawan Persija dan sialnya, tidak kebagian tiket! Jadi masih mau bilang bonek gembel dan tidak modal uang alias cuma modeal nekad?



Cukup? Belum! Sebagai tim profesional, Persebaya juga membuka Persebaya Store yang menjual Jersey original Persebaya, kaos dan kemeja official serta segala pernak-pernik tentang Persebaya. Laku kah? Laku! Hal itu saya kira sudah cukup menjadi bukti sahih betapa Bonek sudah jauh berbeda dari Bonek di masa lalu. Bonek sekarang sudah istimewa dan bertransformasi menjadi suporter yang patut ditiru oleh kelompok suporter lainnya.

Bonek memang tidak pernah meng-klaim sebagai suporter yang ter- ter-, namun mereka terus menunjukkan eksistensi dan perubahan besar. Sayang, tidak banyak media yang mau meliput. Sepertinya, Good News dari bonek adalah Bad News bagi media. Sebaliknya, Bad News nya Bonek adalah Good News nya media. Coba saja cari berita soal psy war berkelas mereka atas anak papa (ups Persija) maksudnya. Tidak akan ada. Tapi kalau denda karena aksara jawa, ADA!!



Jujur saya saja tidak berfikir untuk melakukan psy war dengan tulisan aksara Jawa macam itu. Saya juga yakin, tidak banyak yang tahu apa makna tulisan itu. Tapi namanya anak Papa, haram dong disinggung. Mungkin issd rela membeli Pepak Bahasa Jawauntuk membaca psy warnya Bonek untuk anak Papa. Haha. Jujur ini psy war yang cerdas (di luar Via Vallen) dan teriakan puluhan ribu Bonek di GBT.



Well, saya masih menunggu aksi-aksi lain dari Bonek untuk laga ke depan. Apalagi laga terakhir nanti, Persebaya akan bertanding dengan tim favorit saya PSIS Semarang. Semoga, hari itu ada sesuatu yang baru. Ada psy war berkelas selama 90 menit. Rival sih sah saja selama 90 menit, karena kita ke stadion untuk menikmati sepakbola, bukan memperkaya mafia dan kroni-kroni bandar judinya. Sehat terus Bonek, ajari saya hidup di tengah dunia yang semakin sontoloyo ini. Salam Satu Nyali! WANI!


Merdeka!

Sumber Referensi : sini
Sumber Gambar : sini, sini, sini, sini, sini
Sumber Video : sini
deniRock
deniRock memberi reputasi
12
11.7K
93
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.8KThread10.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.