Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
172
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be3aa6b1cbfaa0f4f8b4567/bisakah-sang-garuda-juara
Timnas Indonesia akan kembali berjuang untuk merebut gelar Piala AFF untuk pertama kalinya.
Lapor Hansip
08-11-2018 10:15

Bisakah Sang Garuda Juara?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Bisakah Sang Garuda Juara?

Quote:
Jumat, 9 November 2018 Tim Nasional Indonesia akan mengawali langkahnya di turnamen sepakbola negara-negara Asia Tenggara. Mampukah skuad Garudamemenuhi target menjadi juara? Indonesia sendiri masuk di grup B yang tergolong berat bersama Thailand, Singapura, Filipina dan Timor Leste.


Untuk lolos ke fase selanjutnya, Indonesia minimal harus menjadi peringkat dua grup B. Melihat rival yang dihadapi, Indonesia perlu bekerja keras untuk mewujudkannya. Hadangan pertama datang dari Singapura besok. Anak asuh Fandi Ahmad sudah beberapa kali menjadi juara di ajang ini. Sesuatu yang belum bisa diraih skuad merah putih. Selanjutnya berturut-turut Fachrudin Wahyudi Aryanto dkk, akan bertarung melawan Timor Leste, Thailand dan Filipina di laga pamungkas.

Format AFF tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana turnamen digelar setengah kompetisi, masing-masing 2 home dan 2 away. Untuk mengamankan posisi, 2 laga home lawan Filipina dan Timor Leste wajib hukumnya untuk dimenangkan. Sedang 2 laga away melawan Singapura dan Thailand, minimal harus bisa mencuri poin. Minimal seri, atau syukur-syukur bisa menang. Pertanyaan besarnya bisakah? Di tengah carut marut kompetisi Liga Indonesia?

Bisakah Sang Garuda Juara?

Di saat negara peserta AFF 2018 sudah menyelesaikan Liga masing-masing pada bulan Oktober, Liga 1 sebagai kompetisi sepakbola tertinggi di Indonesia masih berjalan. Bahkan persaingan untuk menjadi juara dan lolos dari zona degradasi sedang seru-serunya. Apa impact-nya untuk Tim Nasional? Tentu persiapan Timnas menjadi tidak fokus. Pemain juga terbelah fokusnya. Di satu sisi, sebagai pemain profesional, ingin membawa klub nya juara. Tapi sebagai anak bangsa juga ingin mengharumkan nama Indonesia.

Bagi staff kepelatihan, makin puyeng lagi. Pelatih tidak bisa memanggil nama-nama terbaik yang diinginkan untuk masuk skuad merah putih. Misalnya, dalam satu klub ada 6 orang pemain yang layak masuk Timnas, kemudian 6 pemain itu dipanggil tim nasional, apa tidak timpang skuad klub itu? Padahal klub sedang berjuang di papan atas klasmen. Makanya muncul kebijakan, tiap klub menyumbangkan maximal dua pemain ke tim Nasional.

Bisakah Sang Garuda Juara?

Bagas Adi mungkin adalah contoh mumetnya staff pelatih memilih pemain. Di Arema saja susah menjadi pemain inti kok, malah masuk Tim Nasional. Mengapa bukan Hamka Hamzah yang mendapat jam reguler di Arema. Atau Victor Igbonefo yang terbukti kokoh mengawal lini belakang Persib. Contoh lain adalah, tidak dipanggilnya Wawan "Spiderwan" Hendrawan masuk ke tim nasional. Padahal semua tahu kualitas Wawan di bawah mistar Bali United seperti apa. Catatan 63 penyelamatan yang dia buat adalah yang paling tinggi di antara semua kiper yang bermain di Liga 1.

Sayangnya Bali United sudah menyumbang 2 nama, Fano Lilipaly dan Ricky Fajrin, hingga Spiderwan harus menepi. Mau lagi? Ardi Idrus. Bek kiri Persib ini tercatat tampil impresif di sisi kiri Persib Bandung. Mau tahu jumlah tekel bersihnya? 51 kali dan itu jadi yang tertinggi di Liga 1. Dia juga terpental dari Tim Nasional. Nama lain banyak, Samsul Arief Munip, striker lokal paling subur juga tidak masuk skuad. Mirisnya lagi, tidak ada pemain Papua di skuad hari ini. Padahal nama-nama macam Ruben Sanadi, Osvaldo Haay, atau bek tengah Perseru Dony Harold Monim sangat layak masuk skuad.

Bisakah Sang Garuda Juara?

PSSI apa kabar? Seperti biasa, pura-pura sehat. Apakah Jadwal AFF cup baru dirilis 2 hari lalu hingga mereka tidak mampu menyusun jadwal dengan baik? Agar tidak bertabrakan dengan jadwal kompetisi? Rasanya tidak. Federasi lain, nyatanya bisa tuh, kenapa PSSI tidak bisa? Belum habis kontroversi Luis Milla, sekarang muncul lagi yang seperti ini. Yang kayak gini berani masang cita-cita jadi juara?

Last, apapun bentuknya, siapapun pemainnya, saya tetap ada dan mendukung Garuda. Meski skuad yang tampil, seadanya dan bukan tim nasional terkuat yang Indonesia punya, saya berharap kita bisa jadi juara. Semoga mental pemain yang dipanggil jadi agak gila dan bermain spartan untuk mengamankan poin demi poin. Mari kita dukung Tim Nasional Indonesia. Salam Damai.


Merdeka!


Sumber Referensi : sini, sini, sini
Sumber Gambar : sini, sini, sini, sini
10
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 9
Bisakah Sang Garuda Juara?
11-11-2018 13:12
Quote:Original Posted By londo.046
TV berbayar om... Ah si om mah pura-pura ga tau... emoticon-Big Grin


Thrill, NatGeo Wild, History Channel, Fox Soccer, Fox News, BBC WILD, PlayboyTV, Penthouse TV, Fashion TV
1 0
1
Bisakah Sang Garuda Juara?
11-11-2018 13:41
Quote:Original Posted By durexz
Thrill, NatGeo Wild, History Channel, Fox Soccer, Fox News, BBC WILD, PlayboyTV, Penthouse TV, Fashion TV

Lha itu tahu om... emoticon-Hammer2
1 0
1
Bisakah Sang Garuda Juara?
Lapor Hansip
11-11-2018 15:17
Balasan post spidcom_2000
Quote:Original Posted By spidcom_2000
Tidak menutup kemungkinan gan, tim garuda bisa menjadi juara. Namun sayang hasil yang kemarin tidak seperti yang diharapkan. Singapura memiliki jumlah penduduk yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan bangsa indonesia, harusnya dengan kekuatan yang dimiliki ini indonesia bisa menjadi juara.


menurut ane bukan masalah penduduknya gan tapi masalahnya federasinya ud bobrok emoticon-Hammer2 ketum nya rangkap jabatan pula emoticon-Hammer2
1 0
1
Bisakah Sang Garuda Juara?
11-11-2018 17:41
Quote:Original Posted By londo.046
Lha itu tahu om... emoticon-Hammer2


kok ane bisa tau ya emoticon-Hammer2
1 0
1
Bisakah Sang Garuda Juara?
11-11-2018 22:52
yg junior dah bisa.. gatau nih yg senior

runner up mulu emoticon-Mewek
1 0
1
Bisakah Sang Garuda Juara?
15-11-2018 04:46
Quote:Original Posted By londo.046
Sama om, saya juga yakin kok... emoticon-Big Grin


mantap deh gan
1 0
1
Bisakah Sang Garuda Juara?
15-11-2018 04:59
Quote:Original Posted By pipipat
yg junior dah bisa.. gatau nih yg senior

runner up mulu emoticon-Mewek

Yang senior juga harus bisa... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By dhede23
mantap deh gan

Optimis akan menang lawan Thailand... emoticon-Big Grin
1 0
1
Bisakah Sang Garuda Juara?
18-11-2018 12:54
ngoahaha....mampus kan kalah sama taikland emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Bisakah Sang Garuda Juara?
18-11-2018 13:49
Napa kompetisinya kaga di liburin, biar pemain fokus ngebela klub n klub jg g ngerasa berat jalanin kompetisi tanpa pemain andalan nya

Inilah indah nya sepak bola indinesia
0 0
0
Bisakah Sang Garuda Juara?
18-11-2018 14:44
Quote:Original Posted By agandamai
ngoahaha....mampus kan kalah sama taikland emoticon-Wkwkwk

Jangan gitu om, gimana pun itu negara kita lho... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kangtogog
Napa kompetisinya kaga di liburin, biar pemain fokus ngebela klub n klub jg g ngerasa berat jalanin kompetisi tanpa pemain andalan nya

Inilah indah nya sepak bola indinesia

Coba tanya sama Edy... emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 1 balasan
Bisakah Sang Garuda Juara?
03-12-2018 09:28
bisa gan asalkan federasi nya udah bener emoticon-thumbsup
1 0
1
Bisakah Sang Garuda Juara?
Lapor Hansip
03-12-2018 12:01
Balasan post londo.046
Quote:Original Posted By londo.046

Jangan gitu om, gimana pun itu negara kita lho... emoticon-Big Grin

Coba tanya sama Edy... emoticon-Big Grin

Apa hak anda menanyakan itu? - Edy mode

emoticon-Ngakak

Federasi gak benar, liga gak benar, wasit gak benar, apa yang mau diharap?
Jadi ingat, dulu ada pihak yang sok-sokan mau mereformasi sepakbola, ngakunya mau 'reset kompetisi", gak tahunya sekedar mau naikin klub-klub kubu dia ke liga tertinggi. Alhasil kompetisi pecah dua dan bahkan sampai federasi pecah dua karena dua pihak mafia gak ada yang mau ngalah...
0 0
0
Halaman 9 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia