alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5beb8c3ddc06bdba4e8b4585/curhatan-baiq-nuril-ke-jokowi-pak-presiden-saya-di-sini-cuma-korban
Lapor Hansip
14-11-2018 09:45
Curhatan Baiq Nuril ke Jokowi: Pak Presiden, Saya Di Sini Cuma Korban
Past Hot Thread
Curhatan Baiq Nuril ke Jokowi: Pak Presiden, Saya Di Sini Cuma Korban

Jakarta, IDN Times - Baiq Nuril Maknun menangis ketika mengetahui ia kembali terancam segera dibui dan diwajibkan membayar denda sebesar Rp500 juta kepada negara. Ancaman itu merupakan putusan Mahkamah Agung yang diterima oleh koordinator kuasa hukum, Joko Jumadi bagi kliennya pada Jumat pekan lalu. 

Di tingkat kasasi, hakim MA menyatakan Nuril terbukti telah melakukan pelanggaran UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) nomor 19 tahun 2016. Ia terbukti telah menyebarluaskan materi pembicaraan asusila Kepala SMAN 7 Mataram yang bernama Muslim. Kepada Nuril, Muslim kerap menceritakan pengalamannya berhubungan badan dengan perempuan lain yang bukan istrinya. 

Untuk membuktikan kalau ia tidak memiliki hubungan gelap dengan Muslim, Nuril kemudian merekam pembicaraannya dengan si kepala sekolah. Di dalam persidangan tingkat pertama pun sudah terbukti, materi pembicaraan itu bisa bocor bukan karena perempuan berusia 37 tahun itu. 

Kini bui selama enam bulan sudah menghantui Nuril. Ia pun kemudian meminta keadilan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo. 

"Untuk Pak Presiden, saya di sini, saya cuma minta keadilan, karena saya di sini cuma korban," kata Nuril sambil menangis terisak-isak pada Senin (12/11) di rumahnya. 

Lalu, apa yang bisa dilakukan publik untuk meringankan beban Nuril? 


1. Baiq Nuril mempertanyakan putusan Mahkamah Agung yang menyatakannya bersalah
Curhatan Baiq Nuril ke Jokowi: Pak Presiden, Saya Di Sini Cuma Korban
Nuril sempat menghirup udara bebas pada 26 Juli 2017 lalu lantaran di pengadilan tingkat pertama dinyatakan tidak bersalah. Namun, putusan kasasi di tingkat Mahkamah Agung justru menyatakan hal yang sebaliknya. Majelis hakim justru menganulir putusan tidak bersalah itu. 

"Saya rasa ini betul-betul tidak adil bagi saya... dan denda lima ratus juta itu..."kata Nuril sambil menangis di rumahnya di area Lombok barat. 

Bekas pegawai honorer bagian Tata Usaha (TU) SMU 7 Mataram itu sudah tahu kalau jaksa mengajukan kasasi ke tingkat MA. Namun, tim kuasa hukum membesarkan hati dan menyebut tidak mungkin ada celah kasasi akan dikabulkan. 

"Karena semua saksi, termasuk saksi ahli menyatakan saya tidak bersalah. Ini betul-betul tidak adil bagi saya," kata dia. 

Sementara, Wakil Koordinator PAKU, Rudi mengatakan vonis enam bulan penjara adalah hukuman terberat yang dijalani korban penerapan UU ITE pasal 27 ayat 3. 


2. Nuril menegaskan ia merekam pembicaraan itu karena membela diri
Curhatan Baiq Nuril ke Jokowi: Pak Presiden, Saya Di Sini Cuma Korban
Nuril menegaskan alasan ia merekam pembicaraan teleponnya dengan mantan Kepala SMUN 7, Muslim, karena ingin membela diri. Ia sudah coba menghindar dan tidak mengangkat telepon dari Muslim, namun si kepala sekolah mengancam akan memecat Nuril seandainya tidak mendengarkan pembicaraan dengan isi asusila tersebut. 

"Apa saya salah, kalau saya mencoba membela diri saya dengan cara-cara saya sendiri?," tanya Nuril sambil berurai air mata. 


3. Publik melakukan penggalangan dana untuk membantu membayar denda Rp500 juta
Curhatan Baiq Nuril ke Jokowi: Pak Presiden, Saya Di Sini Cuma Korban
Ketidakadilan yang menimpa Nuril kemudian menggerakan publik untuk melakukan penggalangan dana agar ia bisa membayar denda sebesar Rp500 juta. Penggalangan dana diinisiasi oleh Anindya Joediono yang mengaku juga merupakan korban dari penerapan UU ITE pasal 27. 

"Ini adalah cerminan dari institusi hukum kita yang lagi-lagi gagal melindungi perempuan yang menjadi korban pelecehan seksual. Kami yang seharusnya dilindungi, melainkan malah dijadikan pelaku tindak kriminalitas," tulis Anindya. 

Hingga saat tulisan ini diturunkan, nominal donasi yang masuk telah menyentuh angka Rp12,1 juta. Nominal itu diprediksi akan terus bergerak hingga 90 hari ke depan. Anindya menargetkan akan mengumpulkan donasi hingga Rp550 juta. 


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Curhatan Baiq Nuril ke Jokowi: Pak Presiden, Saya Di Sini Cuma Korban Erick Thohir Optimistis Jokowi-Ma'ruf Menang di Jawa Barat

- Curhatan Baiq Nuril ke Jokowi: Pak Presiden, Saya Di Sini Cuma Korban Jokowi Sebut PSI Akan Menjadi Unicorn di Politik Indonesia

- Curhatan Baiq Nuril ke Jokowi: Pak Presiden, Saya Di Sini Cuma Korban Grace Natalie Panggil Jokowi "Bro" di Peringatan HUT PSI

2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 8
14-11-2018 16:55
Senjata makan tuaankan ini namanya? Harus lebih hati-hati mengguanakan media sekarang ini, apapun itu media nya kalau disalahgunakan malah akan merugikan diri sendiri. Yang jadi masalah kenapa rekamannya bisa bocor? 500jt ui taruhannya
0
14-11-2018 17:11
Quote:Original Posted By ss78
Salahnya dimana coba?

Sini kuberi sudut pandang berbeda
1. Kepsek bicara gak senonoh dan disertai ancaman bla bla bla = salah
2. Lawan bicara (ingat lawan bicara bukan orang lain ya) merasa perlu merekam sebagai bukti = apakah ini salah?
3. Rekaman tersebar... siapa yg nyebar?? kalo si ibu yg nyebar ok lah bisa dibilang ibu salah... tapi apakah terbukti di persidangan kalo ibu yang nyebar??

Lagian sebagai hakim jangan pake kacamata kuda putusin perkara, habisin duit aja sekolah tinggi-tinggi kalo ini hasilnya


Rata"kan siapa yang ngasi duit ke jaksa perkara bisa dilanjut bukan begitu mental orang"kita pak??
0
Lapor Hansip
14-11-2018 17:15
Balasan post BIKErs.LiFe
Quote:Original Posted By BIKErs.LiFe


justru gw udah baca full makanya gw jelas nyalahin si ibu...
1. kenapa setelah direkam tidak dilaporkan? apa mau buat bahan ancaman balik ke si kepsek?
2. tersebarnya rekaman mengakibatkan kerugian pada orang lain, ingat bukan cuma si kepsek yg kena getahnya tapi juga keluarganya


Karena dia bingung mau lapor sepertinya.. kepsek nya khan nyeritain soal dia ML.. kemungkinan tahap awal SSI.. kalo SSI terus berlanjut sampai tahap kelewatan atau ke fisik baru mungkin mau dilaporkan.. kalo tahap awal terus si kepsek misal ga kena hukuman dsb dia lapor balik pencemaran nama baik, itu mungkin jadi pertimbangan.. hukum kita khan masih kalo sampai jatuh korban baru bisa ditindak..
0
14-11-2018 18:07
No komen. Bukan pakar nya sih. Tapi ane menyakini, tak ada akibat jika tak ada sebab
0
14-11-2018 18:20
UU ITE ini hanya bermanfaat bagi sipemilik kekuasaan (uang). hapus sajalah.
0
14-11-2018 18:42
Quote:Original Posted By davecchio
Hukum oh hukum....

Pake knalpot after market ori, ga berisik, kena tilang....orang sekitar yang bolak-balik ga pakai helm, ga ditilang....


itu tandanya elu target yang berduit emoticon-Cool
1
Lihat 1 balasan
14-11-2018 19:05
gile...jaman jkw hukum asal bgt dah...
1
Lapor Hansip
14-11-2018 19:46
Balasan post ss78
Quote:Original Posted By ss78
Ingat bedakan antara perekaman dengan penyadapan. Ente kalau bicara sama saya terus ku rekam menurut ku gak masalah. Tapi kalo ente ngomong sama orang lain trus ku rekam diam-diam itu namanya penyadapan, itu yang dilarang.
Terus jangan samakan kasus ini dengan kasus Ariel gan. Ariel lebih condong ke pornografi nya bukan ITE nya.


" Ente kalau bicara sama saya terus ku rekam menurut ku gak masalah" ....... ente emang ga mslh, tp ane mempermasalahkan jika ente merekam pembicaran kta... hedehhhhhhh
sm saja, terjerat UU ITE jg.. cm krn pornografinya lbh menarik, makanya lbh terekspos
0
14-11-2018 19:48
minyak

emoticon-Ngacir
0
Lapor Hansip
14-11-2018 19:56
Balasan post tentaragagah
Quote:Original Posted By tentaragagah


cctv banyak yang dipasang di property milik pribadi gan, misalnya di dalam rumah dalam kamar di tanah kawasan pribadi bahkan bentuk cctv nya pun bisa berbentuk macam-macam bukan sekedar kamera bisa patung yang bagian matanya dipasangi kamera cctv atau jam dinding yang tengahnya ada kamera, bisa pesan sesuai keinginan, coba ente gogling saja soal cctv, intinya disini adalah bahwa cctv tidak hanya di pasang di tempat umum..
demi tujuan pembelaan diri dan perlindungan hukum sebaiknya penyadapan dan perekaman dibolehkan dan dibenarkan, kenapa ente keberatan dengan hal itu? bukan kah sudah ane sebutkan sebelumnya tentang pihak-pihak yang berkeberatan soal itu gan


ya cctv milik pribadi kan??? tdk bisa d sebar luaskan secara umumkan?? kecuali di minta petugas berwajib atau sang empunya sengaja menyebarkannya br bs tersebar... selama masih d kawasan privasi n kepentingan umum, petugas/pemilik cc jg berhak memiliki privasi dgn tidak menyebarkannya.
lu coba keliling dunia deh, tidak ad tuh istilah "penyadapan dan perekaman dibolehkan dan dibenarkan" semua itu ada ijinnya

https://www.hukumonline.com/berita/b...9c6/penyadapan

tuh baca aturan sadap menyadap,, jgn selalu kebawa sisi humanisme doang
Diubah oleh wolz
1
14-11-2018 20:06
Bukankah bisa dilaporkan balik dengan tuduhan pelecehan seksual? Biar si kepsek juga bisa ngerasain jeruji besi, dijamin mentok tuh karir. Malah bisa2 non job nantinya.
1
14-11-2018 20:13
Semakin lama semakin ngeri liat hukum di indonesia, yg berkuasa yg pny duid emoticon-Cape deeehh
1
14-11-2018 20:20

stw apaan gan ?
Quote:Original Posted By blueseno
Itu kepsek nyarinya kurang cantik, mana ud stw lagi.. Aneh


1
14-11-2018 20:54
Quote:Original Posted By BIKErs.LiFe
setelah ane baca full beritanya... ane menyimpulkan emang si ibu ini bersalah...

kalo udah merekam bukti kebusukan orang lain itu seharusnya dilaporkan ke pihak terkait (polisi, suku dinas, dll)
bukan malah disebarluaskan meskipun alasannya bukan dia yg menyebarluaskan.

makanya kita harus hati2 kalo menyebarkan kejelekan orang lain, bisa2 kita sendiri malah yg jadi jelek


yup ada benernya bray...emoticon-Shakehand2
1
14-11-2018 21:06
Sereemmm jg yaa
0
14-11-2018 21:25
Hukum indonesia bisa di beli dengan uang, dan denda nya pun termasuk murah meriah untuk orang kaya
0
14-11-2018 22:02
si Kepsek mesum itu pasti jumawa bgt skrg....gmane perasaan anak istrinya tuh...se-Indonesia tau klo tu kepsek ud indehoy sm sejumlah perempuan?
0
14-11-2018 22:12
yaaa tau sendiri lah hukum dijawan owii
0
14-11-2018 22:25
Quote:Original Posted By fedorarivialdo
stw apaan gan ?


Setengah tua
1
14-11-2018 23:12
Quote:Original Posted By juraganrecehan
Itulah akibatnya kalau kita tidak tau menahu mengenai hukum. Perlu dicatat bahwa menyebarkan aib orang juga merupakan tindakan kriminal. Apalagi disebarluaskan di internet.


Setau ane yg nyebarin pertama bukan si Ibu ini
0
Halaman 6 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.