Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pelatkuning007Avatar border
TS
pelatkuning007
Sudah Tau Apa Itu Fitur “Anti-Mundur” pada Mobil?
Sudah Tau Apa Itu Fitur “Anti-Mundur” pada Mobil?

Sudah Tau Apa Itu Fitur “Anti-Mundur” pada Mobil?

Hore, balik lagi sama nubi nih gan. Izin ya para suhu, Nubi mau ngebahas soal fitur yang semakin marak tersedia di mobil-mobil baru, bahkan segmen menengah ke bawah, yakni hill start assist atau hill stop assist, keduanya berjuluk Fitur “anti-mundur”.

Nah, para suhu di sini pasti udah ada yang tau soal fitur ini. Tapi, buat yang belum tahu, boleh lah baca sampai abis biar enggak katro” banget.. hahahaha emoticon-Ngakak

Jadi, sederhananya kalau menurut nubi, ini fitur berguna pas kita jalan di tanjakan. Mobil jadi gak langsung turun (mundur ke belakang) begitu pedal rem dilepas dan hendak memindahkan pijakan kaki ke gas. Jadi, ada jeda atau nahan sekitar 3-5 detik, di mana posisi mobil tidak akan bergerak alias terkunci. Jadi risiko tabrak belakang tidak akan terjadi, apalagi kalau tanjakannya agak curam.

Sudah Tau Apa Itu Fitur “Anti-Mundur” pada Mobil?

Kalau yang baru belajar mobil, kopling (transmisi manual) lagi, ini sudah kayak presentasi makalah di depan dosen killer, bisa panas-dingin, Gan. Apalagi kalau sampai mundur dan nyundul mobil orang, amsyiong pasti...emoticon-Wakakaemoticon-Traveller

Jadi konsep antara hill start assist dan hill stop assist, sebenarnya sama. Intinya, bakal ada waktu yang cukup untuk menjaga momentum perpindahan pijakan kaki dari pedal rem ke gas. Baik dari posisi menghidupkan mesin atau lagi antre kemacetan, misalnya.

Kalau bahasa mekaniknya kira-kira gini gan:

Fungsi Start Asist adalah untuk mencegah kendaraan beregerak mundur (merosot) saat kendaraan mulai bergerak dijalan menanjak.emoticon-Cool

Adapun prinsip kerja nya adalah, saat pengemudi melepaskan rem tangan (rem parkir) atau pijakan pedal rem saat kendaraan berhenti ditanjakan, Komputer akan memerintahkan pengereman beberapa saat (± 5 detik) hingga pengemudi menginjak pedal gas untuk berakselerasi.

Jadi Fitur ini mengusir perasaan was-was pengemudi saat start di tanjakan atau seperti mengemudi normal pada umum nya. Nah kira-kira kaya gitu gan.

Sudah Tau Apa Itu Fitur “Anti-Mundur” pada Mobil?

(Seger ya gan... kayak abis mandi)

Sekian dulu informasi dari Nubi, semoga bermanfaat gan.

Salam Cendol,

emoticon-Blue Guy Cendol (L)



0
2.1K
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread15.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.