alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5beb8c3ddc06bdba4e8b4585/curhatan-baiq-nuril-ke-jokowi-pak-presiden-saya-di-sini-cuma-korban
Lapor Hansip
14-11-2018 09:45
Curhatan Baiq Nuril ke Jokowi: Pak Presiden, Saya Di Sini Cuma Korban
Past Hot Thread
Curhatan Baiq Nuril ke Jokowi: Pak Presiden, Saya Di Sini Cuma Korban

Jakarta, IDN Times - Baiq Nuril Maknun menangis ketika mengetahui ia kembali terancam segera dibui dan diwajibkan membayar denda sebesar Rp500 juta kepada negara. Ancaman itu merupakan putusan Mahkamah Agung yang diterima oleh koordinator kuasa hukum, Joko Jumadi bagi kliennya pada Jumat pekan lalu. 

Di tingkat kasasi, hakim MA menyatakan Nuril terbukti telah melakukan pelanggaran UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) nomor 19 tahun 2016. Ia terbukti telah menyebarluaskan materi pembicaraan asusila Kepala SMAN 7 Mataram yang bernama Muslim. Kepada Nuril, Muslim kerap menceritakan pengalamannya berhubungan badan dengan perempuan lain yang bukan istrinya. 

Untuk membuktikan kalau ia tidak memiliki hubungan gelap dengan Muslim, Nuril kemudian merekam pembicaraannya dengan si kepala sekolah. Di dalam persidangan tingkat pertama pun sudah terbukti, materi pembicaraan itu bisa bocor bukan karena perempuan berusia 37 tahun itu. 

Kini bui selama enam bulan sudah menghantui Nuril. Ia pun kemudian meminta keadilan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo. 

"Untuk Pak Presiden, saya di sini, saya cuma minta keadilan, karena saya di sini cuma korban," kata Nuril sambil menangis terisak-isak pada Senin (12/11) di rumahnya. 

Lalu, apa yang bisa dilakukan publik untuk meringankan beban Nuril? 


1. Baiq Nuril mempertanyakan putusan Mahkamah Agung yang menyatakannya bersalah
Curhatan Baiq Nuril ke Jokowi: Pak Presiden, Saya Di Sini Cuma Korban
Nuril sempat menghirup udara bebas pada 26 Juli 2017 lalu lantaran di pengadilan tingkat pertama dinyatakan tidak bersalah. Namun, putusan kasasi di tingkat Mahkamah Agung justru menyatakan hal yang sebaliknya. Majelis hakim justru menganulir putusan tidak bersalah itu. 

"Saya rasa ini betul-betul tidak adil bagi saya... dan denda lima ratus juta itu..."kata Nuril sambil menangis di rumahnya di area Lombok barat. 

Bekas pegawai honorer bagian Tata Usaha (TU) SMU 7 Mataram itu sudah tahu kalau jaksa mengajukan kasasi ke tingkat MA. Namun, tim kuasa hukum membesarkan hati dan menyebut tidak mungkin ada celah kasasi akan dikabulkan. 

"Karena semua saksi, termasuk saksi ahli menyatakan saya tidak bersalah. Ini betul-betul tidak adil bagi saya," kata dia. 

Sementara, Wakil Koordinator PAKU, Rudi mengatakan vonis enam bulan penjara adalah hukuman terberat yang dijalani korban penerapan UU ITE pasal 27 ayat 3. 


2. Nuril menegaskan ia merekam pembicaraan itu karena membela diri
Curhatan Baiq Nuril ke Jokowi: Pak Presiden, Saya Di Sini Cuma Korban
Nuril menegaskan alasan ia merekam pembicaraan teleponnya dengan mantan Kepala SMUN 7, Muslim, karena ingin membela diri. Ia sudah coba menghindar dan tidak mengangkat telepon dari Muslim, namun si kepala sekolah mengancam akan memecat Nuril seandainya tidak mendengarkan pembicaraan dengan isi asusila tersebut. 

"Apa saya salah, kalau saya mencoba membela diri saya dengan cara-cara saya sendiri?," tanya Nuril sambil berurai air mata. 


3. Publik melakukan penggalangan dana untuk membantu membayar denda Rp500 juta
Curhatan Baiq Nuril ke Jokowi: Pak Presiden, Saya Di Sini Cuma Korban
Ketidakadilan yang menimpa Nuril kemudian menggerakan publik untuk melakukan penggalangan dana agar ia bisa membayar denda sebesar Rp500 juta. Penggalangan dana diinisiasi oleh Anindya Joediono yang mengaku juga merupakan korban dari penerapan UU ITE pasal 27. 

"Ini adalah cerminan dari institusi hukum kita yang lagi-lagi gagal melindungi perempuan yang menjadi korban pelecehan seksual. Kami yang seharusnya dilindungi, melainkan malah dijadikan pelaku tindak kriminalitas," tulis Anindya. 

Hingga saat tulisan ini diturunkan, nominal donasi yang masuk telah menyentuh angka Rp12,1 juta. Nominal itu diprediksi akan terus bergerak hingga 90 hari ke depan. Anindya menargetkan akan mengumpulkan donasi hingga Rp550 juta. 


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Curhatan Baiq Nuril ke Jokowi: Pak Presiden, Saya Di Sini Cuma Korban Erick Thohir Optimistis Jokowi-Ma'ruf Menang di Jawa Barat

- Curhatan Baiq Nuril ke Jokowi: Pak Presiden, Saya Di Sini Cuma Korban Jokowi Sebut PSI Akan Menjadi Unicorn di Politik Indonesia

- Curhatan Baiq Nuril ke Jokowi: Pak Presiden, Saya Di Sini Cuma Korban Grace Natalie Panggil Jokowi "Bro" di Peringatan HUT PSI

2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 8
14-11-2018 11:58
Itu kepsek nyarinya kurang cantik, mana ud stw lagi.. Aneh
1
14-11-2018 12:02
Quote:Original Posted By mibmobz
itu kan subsider bukan wajib bayar, emang semwa orang punya 500jt bwat bayar denda begituan ? emoticon-Bingung


Jadi fungsinya apa donk klo gak dibayar ??mohon pencerahannya?? emoticon-Cool
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
14-11-2018 12:02
Balasan post BIKErs.LiFe
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Terlepas dari masalah hukum yg menjerat si ibu, ane berharap juga ada hukuman moral sosial kepada si kepsek. Kepala dinas pendidikan setempat harusnya bisalah bertindak. Bhkn klo perlu kementrian pendidikan yg turun. Kepsek melakukan perbuatan asusila kyk gitu, klo dia bs melenggang dgn bebas, ya keterlaluan namanya.
2
Lapor Hansip
14-11-2018 12:03
Balasan post itkgid
Quote:Original Posted By itkgid


kalo baca berita lengkapnya sih yg nyebarin bukan dia, tapi orang lain yg copy itu data rekaman. emoticon-Cool


Orang lain dapet darimana donk klo bukan dri dia?

Ane sih setuju klo ibu ini bersalah secara hukum..walopun tujuan dia melindungi diri,tapi salah langkah bukannya laporin polisi malah share ke orang lain

Semoga dapat jalan keluar terbaik

1
14-11-2018 12:05
Quote:Original Posted By namakuhiroko
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Terlepas dari masalah hukum yg menjerat si ibu, ane berharap juga ada hukuman moral sosial kepada si kepsek. Kepala dinas pendidikan setempat harusnya bisalah bertindak. Bhkn klo perlu kementrian pendidikan yg turun. Kepsek melakukan perbuatan asusila kyk gitu, klo dia bs melenggang dgn bebas, ya keterlaluan namanya.


setuju,
Kepsek model gt jgn dibiarin dong..
Dicopot aja dah ah

Quote:Original Posted By Leemazu
Orang lain dapet darimana donk klo bukan dri dia?

Ane sih setuju klo ibu ini bersalah secara hukum..walopun tujuan dia melindungi diri,tapi salah langkah bukannya laporin polisi malah share ke orang lain

Semoga dapat jalan keluar terbaik


ada benernya jg ini..
Salah langkah ya
1
14-11-2018 12:10
Quote:Original Posted By BIKErs.LiFe
setelah ane baca full beritanya... ane menyimpulkan emang si ibu ini bersalah...

kalo udah merekam bukti kebusukan orang lain itu seharusnya dilaporkan ke pihak terkait (polisi, suku dinas, dll)
bukan malah disebarluaskan meskipun alasannya bukan dia yg menyebarluaskan.

makanya kita harus hati2 kalo menyebarkan kejelekan orang lain, bisa2 kita sendiri malah yg jadi jelek


Yak tul betul
0
Lapor Hansip
14-11-2018 12:16
Balasan post eky2017
Quote:Original Posted By eky2017
Semoga keadilan bisa diwujudkan di Indonesia.

Dari pengalaman-pengalaman ini, Indonesia dapat mengevaluasi bagaimana hukum di Indonesia. Dan tentunya, hal ini demi terwujudnya Indonesia sebagai negara hukum.

emoticon-2 Jempol emoticon-Jempol emoticon-#MAR16ERAK


Hukum mah uda bener.yg ga bner itu uang.klo ada uang hukum bisa di beli.
0
Lapor Hansip
14-11-2018 12:18
Balasan post namakuhiroko
si kepsek udah kena hukuman sosial dan dari dinas pendidikan duluan gan setelah rekamannya viral, makanya si kepsek balas ngelaporin si ibu
0
Lapor Hansip
14-11-2018 12:21
Balasan post BIKErs.LiFe
betul gan. dan memang dalam uu sudah dilarang untuk penyadapan / rekam / apa aja sbutannya dan disebarin. itu memang ada hukumnya. trus kalo cek di google ternyata bukan cuma di indo, di luar negri jg ada uu yg spt ini.

diliat dr sisi hukum memang dia salah. n betul jg spt contoh ariel. memang ternyata walaupun yg nyebarin bkn dia tp tetep dia yg dihukum.

jd emang ini ada 2 sisi. sisi scara hukum yg dah mutlak salah. n sisi kemanusiaan yg dia emang sbenernya jadi korban krn yg sebarin itu bukan dia.
0
Lapor Hansip
14-11-2018 12:22
Balasan post jonioton
Quote:Original Posted By jonioton


Jadi fungsinya apa donk klo gak dibayar ??mohon pencerahannya?? emoticon-Cool


fungsi nya untuk emoticon-Bingung nambah gengsi
khan bergengsi klo denda ampe ratusan jt gt emoticon-Big Grin
padahal asli nya bayar 2jt aj tersungkur2 dya sambil termehek2 => emoticon-Mewek
Diubah oleh mibmobz
1
14-11-2018 12:36
semoga bang hotma mau lirik ini kasus.
0
14-11-2018 12:36
ada yg punya link rekamannya?
0
14-11-2018 12:38
ntahlah gan, ane gagal paham ama uu dinegri kita ini.
0
14-11-2018 12:39
Quote:Original Posted By BIKErs.LiFe
setelah ane baca full beritanya... ane menyimpulkan emang si ibu ini bersalah...

kalo udah merekam bukti kebusukan orang lain itu seharusnya dilaporkan ke pihak terkait (polisi, suku dinas, dll)
bukan malah disebarluaskan meskipun alasannya bukan dia yg menyebarluaskan.

makanya kita harus hati2 kalo menyebarkan kejelekan orang lain, bisa2 kita sendiri malah yg jadi jelek


tidak sepadan kalau cuma dilaporkan ke pihak terkait tanpa publik tahu, coba apa sanksi yang akan diterima jika tidak bocor ke publik dengan sistem hukum sekarang ini? sementara perempuan itu diancam dipecat dari kerjanya sebagai honorer tu oleh si kutu busuk itu kalau tidak mau melayani pembicaraan asusila dengan si kutu busuk, paling juga ditahan tiga bulan atau denda 500rebu perak, dan setelah hukuman itu diterima si kutu busuk apa yakin si perempuan itu tidak akan di pecat setelah nya?? itu akan merambat jadi soal harga diri dan balas dendam sudah dasarnya manusia
0
Lihat 2 balasan
14-11-2018 12:39
Udah dibungkus masih juga diperkosa...

Hijab ga bisa menahan syahwat pria
emoticon-Leh Uga
-1
14-11-2018 12:48
Parah tuch yg laporin
Trs yg ngelecehin kena sanksi apa neh? emoticon-No Hope
Ayo om owi mumpung masa masa pencitraan emoticon-Leh Uga
0
14-11-2018 12:48
Quote:Original Posted By tmate350
betul gan. dan memang dalam uu sudah dilarang untuk penyadapan / rekam / apa aja sbutannya dan disebarin. itu memang ada hukumnya. trus kalo cek di google ternyata bukan cuma di indo, di luar negri jg ada uu yg spt ini.

diliat dr sisi hukum memang dia salah. n betul jg spt contoh ariel. memang ternyata walaupun yg nyebarin bkn dia tp tetep dia yg dihukum.

jd emang ini ada 2 sisi. sisi scara hukum yg dah mutlak salah. n sisi kemanusiaan yg dia emang sbenernya jadi korban krn yg sebarin itu bukan dia.


maka itu aturan undang-undang soal penyadapan dan perekaman harus bahkan wajib diperbaiki, lalu itu bagaimana dengan kamera-kamera cctv yang terpasang dimana-mana bukankah itu penyadapan dan perekaman juga? sebaiknya penyadapan dan perekaman demi pembelaan diri dan perlindungan hukum adalah dibenarkan dan dibolehkan tanpa alasan apa pun, jika ada pihak-pihak menyatakan keberatan soal itu maka pihak tersebut patut dipertanyakan soal integritasnya di dunia hukum dan kemanusiaan
0
Lihat 4 balasan
14-11-2018 12:49
Setelah saya telaah dengan tepo sliroemoticon-Cendol Gan. Seharusnya mbak nuril jangan merekam. Toh gak ada untungnya . Lebih baik mbak nuril simpan saja. Anggap aja angin lalu
Diubah oleh aguspaet
0
14-11-2018 12:52
ini kaya kasusnya bang ariel.
si ibu mau jadi bahan gertakan eh malah kecolongan. jangka panjang si kepsek mau main sama ibu tu ini. secara hukum ya sudah pasti kena, namun sayang hukumannya maksimum. hakimnya sehobi kali sama kepsek? haha. tapi memang g bisa dilaporin balik mengenai pelecehan seksual? biar sama sama nyeburnya. semoga tabah buat si ibu, buat kepsek ati2 baiklo ilang
0
14-11-2018 12:58
si ibu juga salah... klo tujuannya merekam sbg bentuk bela diri harusnya lapor pihak berwajib..

yg nyebarin bukan si ibu, tp org lain.. si ibu jg salah krn tidak bs KEEP hal itu secara benar.

sm kasusnya kyk ariel kmrn, pdhl si ariel jg bukan penyebar, tp dia bersalah krn lalai menyimpan video tsb.

bagaimana dgn bapak kepsek,, ini juga salah lah.

jadi 2-2nya emang salah
0
Halaman 3 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.