mx667Avatar border
TS
mx667
15+ Film Buat Kamu Calon Wartawan


Wartawan, apa yang terlintas di pikiranmu ketika berurusan dengan pekerjaan sejenis itu? Mungkin kamu akan terbayang dengan kamera yang sering mereka bawa, buku catatan kecil berada di genggaman, atau mungkin mesin ketik tua dengan suaranya yang khas. Bertemu banyak orang, berkenalan dan berkeliling ke tempat-tempat baru, itulah yang biasa dilakukan jurnalis, wartawan, dan reporter. Tak jarang, kisah mereka memang unik untuk diangkat menjadi sebuah film. Di industri perfilman, sudah banyak cerita yang mengangkat tema ini, bahkan beberapa ada yang berdasarkan kisah nyata. Apa saja filmnya? Selamat membaca.





1. Spotlight (2015)
Rating: 8.1/10 - ‎341,399 votes



Tim Spotlight adalah sebuah tim jurnalis dari The Boston Globe yang bekerja khusus untuk menyelidiki kasus-kasus besar. Tak jarang, pekerjaan mereka itu memakan waktu yang sangat lama. Kasus di film ini berawal dari sebuah pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang pendeta Katolik. Masalahnya, nampaknya pihak gereja yaitu Kardinal Law dari Uskup Besar Boston mendiamkan hal itu bahkan menutup-nutupinya. Dari situ investigasi berlanjut hingga menghasilkan puluhan nama tersangka. Semua anggota tim jurnalis itu sebenarnya dibesarkan dalam keluarga Katolik, bahkan ada di antara mereka yang sangat taat beribadah.

Kalau bicara soal iman, kasus inilah yang menjadi titik balik dan berdampak besar pada beberapa karakter di dalamnya. Film ini benar-benar bisa menggambarkan sepak-terjang di dunia jurnalistik yang dituntut untuk berani mengungkap kebenaran, apapun itu. Berdasarkan kisah nyata.






2. Truth (2015)
Rating: 6.8/10 - ‎16,391 votes



Salah satu acara berita di Amerika yang bernama CBS 60 Minutes sedang membahas tentang salah seorang presiden saat itu yaitu George W. Bush yang menjadi kontroversi pada pemilihan presiden kala itu. Acara tersebut secara mengejutkan memberitakan aib tersembunyi dari Bush dan disitu Bush juga dituduh kalau dirinya sama sekali tak pantas memimpin suatu negara. Mary Mapes salah seorang tim investigasi yang handal akhirnya berhasil mengungkap kasus itu. Dan Rather sebagai pembawa acara tersebut membuat seluruh Amerika menjadi gempar, namun hal ini bisa diatasi Bush dengan kepandaiannya berpolitik.

Alhasil Mary Mapes menjadi sasaran utama lantaran omongannya diputarbalikkan oleh Bush bahwa apa yang diungkapkan Mary Mapes adalah suatu kebohongan. Diangkat dari kisah nyata.






3. True Story (2015)
Rating: 6.3/10 - ‎47,125 votes



Seorang wartawan bernama Michael Finkel baru saja dipecat oleh The New York Times dan sekarang dituduh telah melakukan pembunuhan. Pembunuhan tersebut sebenarnya dilakukan oleh Christian Longo yang mengatasnamakan dirinya sebagai Michael karena dia menggemari tulisan Michael pada beberapa media cetak. Michael pun berusaha untuk menghubungi Christian melalui telpon dan surat hingga akhirnya mereka bisa bertemu di sel tahanan. Anehnya, meskipun telah dicecar sedemikian rupa, Christian tidak pernah mengakui perbuatannya di depan Michael, hingga suatu ketika Michael menerbitkan sebuah buku mencengangkan pada tahun 2005.






4. The Pirates of Somalia (2017)
Rating: 6.8/10 - ‎5,995 votes



Jay Bahadur adalah seorang jurnalis muda penuh ambisi yang berasal dari Kanada. Ia melakukan perjalanan berbahaya dan yang belum pernah ada sebelumnya, yaitu meliput tentang perompak Somalia. Dengan rencana yang amburadul dan pengalaman yang masih sedikit, ia tetap nekat pergi bersama para perompak itu. Pada akhirnya Jay sukses mengambil foto pertama mereka untuk memberitakan kepada dunia tentang kondisi sebenarnya dari perompak Somalia, tentang siapa saja mereka, bagaimana mereka hidup, dan apa alasan yang mendasari mereka melakukan semua tindakan itu. Berdasarkan kisah nyata.






5. The Post (2017)
Rating: 7.2/10 - ‎92,359 votes



The Washington Post dibuat geger. Surat kabar saingan mereka, The New York Times, menulis berita spektakuler mengenai kebohongan pemerintah Amerika Serikat mengenai Perang Vietnam.

Seorang peneliti militer bernama Daniel Ellsberg yang telah mengungkap kebohongan ini. Dirinya meng-copy dokumen yang bersifat sangat rahasia itu kemudian memotong bagian dimana tulisan “sangat rahasia” berada. Dokumen inilah yang kemudian dinamakan sebagai "Pentagon Papers". Itu dicetak pada halaman depan The New York Times dan menimbulkan kehebohan ditengah maraknya pemberitaan pernikahan putri presiden Richard Nixon. Rival perusahannya, The Washington Post merasa kalah saing dan berusaha mencari cara untuk menerbitkan hal serupa. Perjalanan dalam mencari kebebasan pers dimulai. Diangkat dari kisah nyata.






6. Kill The Messenger (2014)
Rating: 7/10 - ‎39,568 votes



Berdasarkan kisah nyata seorang wartawan bernama Gary Webb. Film ini berlatar pada pertengahan 1990-an, ketika Webb mengungkap peran CIA yang mengimpor kokain dalam jumlah besar ke AS yang dijual secara agresif ke seluruh negeri demi mengumpulkan uang bagi tentara pemberontak Contras di Nikaragua. Meskipun dihadapkan dengan tekanan luar biasa, Webb memilih untuk tetap mengejar cerita dan go public dengan bukti-bukti lalu mencapai puncaknya saat penerbitan seri "Dark Alliance". Akibatnya, ia mengalami kampanye kotor yang dipicu oleh CIA. Sekarang hidup Webb dipertaruhkan, ia harus membela integritas, dan juga keluarganya.






7. Shattered Glass (2003)
Rating: 7.2/10 - ‎31,187 votes



Stephen Glass (Hayden Christensen) adalah seorang jurnalis muda handal yang telah menerbitkan banyak tulisan menarik di koran tempatnya bekerja. Karirnya yang cemerlang itu mulai mengalami masalah saat ia dituduh telah menyudutkan suatu pihak, tapi ternyata masalahnya lebih besar dari itu. Glass dituduh telah berbohong kepada publik dengan menuliskan berita yang dikarang-karang alias sengaja dibuat-buat. Sebenarnya Glass tidak berbohong, ia memang memberitakan kebenaran, hingga suatu kesalahan terjadi. Berdasarkan kisah nyata.

Stephen Glass kini menjadi seorang penulis novel dengan salah buku karangannya berjudul "The Fabulist". Ia menceritakan pengalamannya sendiri sebagai seorang jurnalis yang sempat menulis suatu kebohongan demi popularitas. Kesalahan itulah yang membuat karirnya yang awalnya baik-baik saja, tiba-tiba kandas dan seluruh dunianya hancur berantakan. Lewat pengalaman nyata inilah kita dapat memetik pelajaran bahwa, seorang jurnalis harus selalu menyampaikan kebenaran.






8. The Insider (1999)
Rating: 7.9/10 - ‎146,676 votes



Kita semua tahu kalau rokok tidak baik untuk tubuh kita, itu bisa diketahui karena penelitian yang diadakan. Namun sebelum penelitian itu terjadi, kita belum tahu fakta sebenarnya dibalik nikotin itu. Siapa yang mengadakan penelitian itu? Siapa yang telah menyuarakan kalau rokok tidak baik untuk kesehatan fisik kita? Diangkat dari kisah nyata.

Film ini akan menceritakan tentang perjuangan seorang peneliti bernama Jeff Wigand dan rekannya dalam mengungkap rahasia pabrik rokok kala itu. Ternyata, pabrik rokok saat itu sengaja menambah kadar nikotin pada rokok mereka supaya membuat orang kecanduan dan rokok mereka semakin laris. Kita bisa melihat bagaimana intervensi sebuah pabrik rokok di Amerika yang bisa menggagalkan acara interview 60 Minutes CBS terhadap Jeff yang merupakan mantan peneliti di pabrik rokok tersebut. Wawancara ini sempat tidak lolos untuk disiarkan karena petinggi CBS takut jika perusahaan rokok tersebut akan menuntut mereka dengan uang yang sangat besar.






9. The Bang Bang Club (2010)
Rating: 7/10 - ‎9,389 votes



Berlari, sembunyi, uji nyali di antara desingan peluru, itu tidak hanya dirasakan oleh para tentara dan prajurit garis depan, ternyata itu juga dirasakan oleh para wartawan yang mencoba menyampaikan kebenaran di daerah konflik. Bercerita tentang kisah nyata empat fotografer muda yang berada pada hari-hari terakhir apartheid di Afrika Selatan era 90-an. Kamera menjadi senjata mereka, nyawa dijadikan taruhan untuk memberitahu dunia tentang kebrutalan perang ras dan kekerasan terkait pemilu bebas kala itu. Siapa sangka, satu foto dapat mengubah dunia.






10. Citizenfour (2014)
Rating: 8.1/10 - ‎46,569 votes



Snowden adalah mantan kontraktor teknik AS dan karyawan CIA yang menjadi kontraktor NSA sebelum membocorkan informasi program mata-mata rahasia NSA kepada pers. Ini merupakan film yang mengungkap pengintaian ilegal yang dilakukan oleh NSA. Kenapa sampai ada pengintaian ilegal? Mungkin alasan awalnya adalah untuk mencegah terorisme. Tapi ternyata tidak hanya itu. Semua itu bisa digunakan untuk mengontrol ekonomi dan masalah sosial di seluruh dunia. Inilah pertemuan pertama dengan Snowden, yang mengungkap sejarah tersembunyi kepada dunia.






11. Blood Diamond (2006)
Rating: 8/10 - ‎451,192 votes



Berdasarkan kisah nyata tentang konflik perebutan tambang berlian yang ada di Afrika. Solomon adalah seorang pria yang kurang beruntung karena harus berpisah dengan istri dan ketiga anaknya dan diperbudak oleh para pemberontak di kota Sierra Leone. Secara mengejutkan, Solomon menemukan sebuah berlian besar saat ia sedang bekerja. Berlian itu akhirnya disembunyikan oleh Solomon karena pasti harganya sangatlah mahal dan ia ingin menikmatinya sendiri. Sialnya, bos besar pemberontak RUF (Revolutionary United Front) mengetahui hal itu dan Solomon dijebloskan ke penjara.

Di penjara, Solomon bertemu dengan Archer, seorang mantan prajurit yang sekarang jadi tentara bayaran. Archer meminta Solomon untuk memberinya petunjuk tentang keberadaan berlian itu dengan imbalan keluarga Solomon akan diselamatkan. Di sisi lain, ada seorang wartawati bernama Maddy yang menjadikan Archer sebagai sumber beritanya karena Archer tahu banyak tentang perdagangan ilegal berlian yang dilakukan pengusaha besar Van Der Kaap.






12. Nightcrawler (2014)
Rating: 7.9/10 - ‎384,081 votes



Louis Bloom adalah seorang pengangguran yang sedang luntang-luntung gak jelas mencari pekerjaan. Memangnya siapa yang mau mempekerjakan seorang pencuri? Ya benar, Louis adalah seorang pencuri handal. Suatu malam, ia menyaksikan sebuah kecelakaan mobil dan beberapa orang yang merekam kejadian itu untuk dijadikan berita. Dari situ, Louis tertarik untuk mencicipi pekerjaan itu. Berbekal kamera sederhana yang dibelinya dari hasil mencuri sepeda, Louis beraksi dibantu dengan mobil dan scanner polisi. Perjalanan karirnya menjadi semakin menegangkan karena Louis menghalalkan segala cara untuk memperoleh berita berdarah.

Ia mulai terjun ke dalam dunia jurnalistik di tengah kota Los Angeles yang gelap dan penuh kriminalitas. Seberapa jauh Lou akan masuk ke dalam kegelapan?






13. The Girl with the Dragon Tattoo (2011)
Rating: 7.8/10 - ‎376,029 votes



Bercerita tentang seorang jurnalis bernama Mikael yang mendapat tawaran untuk menyelidiki sebuah kasus pembunuhan berantai yang telah ditutup 40 tahun yang lalu. Tidak ada mayat, tidak ada saksi, tidak ada bukti, tapi kasus ini selalu saja membuat paman Harriet penasaran seumur hidupnya. Di tempat lain, ada juga seorang cewek punk bernama Lisbeth Salander yang ansos dan punya banyak tato. Lisbeth adalah sosok yang pintar dan handal dalam menyelesaikan setiap pekerjaannya. Lebih uniknya lagi, dibalik tampilannya yang berantakan itu, dia adalah seorang hacker handal.






14. State of Play (2009)
Rating: 7.1/10 - ‎123,460 votes



Ketika seorang asisten kongres tewas karena dibunuh seorang wartawan bernama Cal McAffrey (Russel Crowe) dari Washington Globe memutuskan untuk menyelidiki kasus tersebut. Cal tidak sendiri, ia dibantu oleh seorang wartawan bernama Della Frye (Rachel McAdams) yang merupakan saingan Cal di Washington Globe. Sebenarnya, di tempat lain juga telah terjadi pembunuhan terhadap orang tak dikenal. Kedua pembunuhan yang nampaknya tidak berkaitan ini, ternyata menggiring Cal dan rekannya itu menuju sebuah teori konspirasi besar yang melibatkan perusahaan PointCorp.

Sensasi yang ditimbulkan film ini akan membuatmu tegang dan bingung hingga hampir sepertiga dari film. Namun semuanya itu akan nampak jelas di akhir cerita dimana semua konflik akan bersatu dan mengarah kepada satu kesimpulan. Tapi, apa mereka mau mempertaruhkan nyawa mereka demi sebuah berita?






15. The Rum Diary (2011)
Rating: 6.2/10 - ‎93,312 votes



Paul Kempt adalah seorang jurnalis Amerika yang baru saja menjadi pekerja lepas di Puerto Rico untuk menulis di koran lokal pada tahun 1960an. Disana ia menghadapi kesulitan dalam menemukan keseimbangan hidup antara pekerjaan dan kehidupan di pulau itu. Paul harus berhadapan dengan bos yang sangat perfeksionis dalam memantau kerjaan anak buahnya. Bosnya ini bisa dibilang sangat tidak suka dengan pegawai atau karyawan yang ketahuan mabuk atau punya hidup yang gak karuan. Ini bisa menjadi kendala bagi Paul karena dirinya hobi minum alkohol. Selain itu, Paul juga bertemu dengan seorang wanita cantik bernama Chenault, yang sempat ditemuinya ketika pesta waktu malam lalu. Diary pun dimulai.






16. The Whistleblower (2010)
Rating: 7.2/10 - ‎28,963 votes



Mungkin film ini memang bukan film tentang jurnalis atau wartawan, itu karena sang tokoh utama juga bukan seorang jurnalis, melainkan seorang polwan. Bisa dibilang film ini tidak terlalu terkenal dan memiliki votes yang sedikit, tapi kamu harus menontonnya. Kenapa? Soalnya film ini keren banget cuy, ada Doctor Strange juga di dalamnya.

Kathryn Bolkovac adalah seorang polisi Nebraska yang bertugas sebagai penjaga perdamaian di Bosnia pasca-perang dan keluar dari Amerika Serikat. Kathryn adalah seorang polisi baik-baik, jujur, dan bermimpi ingin membawa perubahan. Namun realita di pekerjaannya membuat semua impiannya itu harus terkubur sementara ketika ia mengetahui fakta tentang korupsi, perdagangan manusia, dan perbudakan seks yang ditutup-tutupi oleh pihak berwajib dan bahkan melibatkan PBB di dalamnya. Bagaimana cara ia membongkar kasus itu? Kepada siapa ia harus mengadu? Berdasarkan kisah nyata.








Baca juga rekomendasi film berikut ini :

5
13K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread17.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.