shahrani2019
TS
shahrani2019
Anggota DPR Desak Tes CPNS 2018 Diulang
Anggota DPR Desak Tes CPNS 2018 Diulang

Senin, 12 November 2018 – 00:32 WIB




jpnn.com, PALANGKARAYA - Anggota DPR Rahmat Nasution Hamka mendesak Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar tes ulang seleksi CPNS di Kalimantan Tengah (Kalteng). Pasalnya, banyak peserta yang gugur karena nilainya tak memenuhi passing grade yang ditentukan.


”Seleksi penerimaan CPNS di Kalteng perlu diulang. Sebab, berdasarkan hasil tes, yang lulus dapat dihitung dengan jari. 


Seperti di Barito Utara, dari ribuan pelamar, hanya 22 orang yang lulus memenuhi passing grade. Di Palangka Raya, selama dua hari pelaksanaan, hanya 4 orang yang lulus,” kata Rahmat Nasution Hamka seperti diberitakan Radar Sampit (Jawa Pos Group).

Rahmat menuturkan, apabila dalam tes di Palangka Raya saja banyak yang tidak lulus, daerah lain kemungkinan besar akan sama. Menurutnya, sistem penerimaan sudah bagus. Namun, yang harus menjadi perhatian adalah passing grade yang terlampau tinggi. Harusnya passing grade dibedakan antara kota besar dengan wilayah Kalimantan, seperti Kalteng.


”Jangan semua disamaratakan passing grade ini. Fasilitas sarana dan prasarana di wilayah kota besar dengan di daerah jauh berbeda. Di kota besar akses informasi dan sistem belajar mudah dan cepat, sedangkan di daerah masih terbatas. Ini juga harus jadi pertimbangan BKN dan Menpan-RB dalam rekrutmen CPNS,” kata politikus dari PDI Perjuangan itu.


Rahmat menegaskan, daerah lebih mengetahui kebutuhan CPNS. Apabila sistem rekrutmen mempersulit daerah, seharusnya diserahkan saja kembali kepada daerah untuk pelaksanaannya.


”Kami minta sistem ini dievaluasi. Daerah sangat mengetahui kebutuhan pegawainya. Namun, jika dengan rekrutmen ini tidak sesuai harapan, tentu akan membuang-buang biaya. Sebab, biaya yang dikeluarkan tidak sedikit untuk rekrutmen CPNS ini, sementara hasilnya tidak sesuai yang diharapkan,” katanya.


Pelaksanaan tes CPNS mensyaratkan peserta lolos jika nilainya memenuhi passing grade, yakni tes wawasan kebangsaan (TWK) bernilai 75, tes intelegensi umum (TIU) bernilai 80, dan tes karakteristik pribadi (TKP) bernilai 143 poin. Batas nilai itu lebih tinggi dibanding sebelumnya, yakni TWK 65, TIU 70, dan TKP 126 poin

https://www.jpnn.com/news/anggota-dp...s-2018-diulang



Hanya 8 Persen Peserta Lolos Passing Grade Tes CPNS
Sabtu 10 Nov 2018 20:31 WIB


Sejumlah peserta mengikuti ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2018 di Aula Gedung Universitas Abulyatama Desa Lampoh Keude, Aceh Besar, Aceh, Senin (5/11/2018).
Foto: Antara/Syifa Yulinnas


Jika berpedoman pada nilai passing grade, akan banyak formasi CPNS yang kosong.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Sekretaris Badan Kepegawaian Negara (BKN) Supranawa Yusuf menyebutkan, kemungkinan akan dilakukan perubahan kebijakan mengenai sistem penilaian hasil tes seleksi CPNS tahun 2018. Hal ini menyusul sangat sedikitnya jumlah peserta tes SKD (Seleksi Kemampuan Dasar) yang lolos passing grade.

"Hingga hari ke-12 dan 13 pelaksanaan tes SKD di seluruh Indonesia, ada sekitar 7 juta peserta yang mengikuti tes SKD. Dari jumlah itu, yang lolos passing grade hanya sekitar 8 persen," kata  Supranowo, saat meninjau pelaksaan tes CPNS di Purwokerto, Sabtu (10/11).

Bila hanya berpedoman pada nilai passing grade, dia menyebutkan, akan banyak formasi CPNS yang kosong. "Tentu pemerintah akan merasa rugi, karena biaya yang telah dikeluarkan, tidak seimbang dengan hasil yang diperoleh," kata dia.

Dia juga menampik kemungkinan dilaksanakannya tes ulang CPNS. Hal ini karena untuk pelaksanaan tes ulang akan membutuhkan persiapan waktu yang cukup lama, dan juga biaya yang besar. Untuk mengatasi minimnya jumlah peserta tes SKD, Supratawa menyatakan, pemerintah yang terdiri dari BKN, Kemenpan RB, BPKP, dan pihak kepolisian, akan melakukan evaluasi secara menyeluruh hasil tes yang sudah dilaksanakan.

Namun dia memastikan, kebijakan yang diambil tidak dengan cara menurunkan ambang batas nilai atau passing grade yang sudah ditetapkan. ''Dalam hal penetapan passing grade, kita memutuskannya berdasarkan data pelaksanaan tes tahun sebelumnya. Materi soal juga sudah kita uji. Jadi tidak mungkin passing grade diturunkan, karena akan menurunkan kualitas CPNS yang akan kita rekrut,'' kata dia.

Kebijakan yang diambil, menurut Suprastawa, dengan melihat peringkat nilai dari mereka yang peserta tes yang tidak memenuhi passing grade dari salah satu materi ujian SKD. ''Ini yang mungkin kita kaji ulang. Dengan demikian, kualitas CPNS tidak akan diturunkan,'' ucapnya.

Bila opsi ini yang diambil, Supratawa mengaku masih belum bisa memperkirakan berapa jumlah peserta tes kemungkinan lolos SKD. ''Mungkin bisa lebih dari 50 persen. Tapi kalau dengan cara seperti ini masih kosong, ya apa boleh buat," kata dia.

https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/18/11/10/phzc7y368-hanya-8-persen-peserta-lolos-passing-grade-tes-cpns

Dosen UIN Sebut Jokowi pun Belum Tentu Lulus Tes SKD 
Usai Banyak Peserta Tes CPNS 2018 Gagal

Senin, 5 November 2018 21:44

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ribuan calon peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang sebelumnya lolos di seleksi administrasi CPNS 2018 via sscn.bkn.go.id di Aceh akhirnya harus menelan pil pahit karena tidak lulus seleksi kompetensi dasar (SKD).

Bahkan sebagiannya diliputi perasaan dilematis karena sudah berusaha keras belajar sungguh-sungguh, ternyata juga belum berhasil lolos tes SKD atau gagal di tes CPNS 2018 sesuai dengan passing grade yang ditentukan.


Biang atas kegagalan para peserta tes SKD tersebut ada pada batas minimum passing grade yang ditetapkan pemerintah. Dosen UIN sebut Jokowi pun tak akan lulus.

Membuat banyak peserta yang jatuh dan gagal melanjutkan tes berikutnya. Fenomena banyak peserta tes CPNS yang tidak lulus ini dikritik berbagai pihak.

Sebagiannya menuding pemerintah membuat kebijakan keterlaluan dengan menetapkan passing grade kelulusan yang 'kejam' tanpa memperhatikan kondisi psikologis dan geografis daerah peserta.


"Kalaulah untuk menjadi calon presiden harus ikut tes seperti model CAT SKD CPNS tahun 2018 ini dengan soal yang sama, maka Jokowi dan Prabowo, bisa saja keduanya juga tidak lulus," ujar Dosen UIN Ar Raniry Budi Azhari MPd seperti dikutip Serambinews.com dari laman facebooknya, Senin (5/11/2018).


Menurut Budi untuk dapat lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tersebut peserta harus memenuhi passing grade. Yakni untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 143, Tes Intelegensia Umum (TIU) 80 dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75. 
Jika salah satu tidak memenuhi, maka peserta dinyatakan gagal.

"Bisa saja, walaupun Jokowi cukup nilai TKP dan TWK tapi gagal di tes Intelegensia Umum. Sedangkan Prabowo tinggi nilai TIU dan TKW tapi tidak cukup nilai tes Karakteristik Pribadi, atau sebaliknya," sebutnya. 
Karena itu, sebut Budi, bagi peserta yang belum beruntung dan tidak lewat tes SKD CPNS diharapkan jangan bersedih.
http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/11/05/dosen-uin-sebut-jokowi-pun-belum-tentu-lulus-tes-skd-usai-banyak-peserta-tes-cpns-2018-gagal

Dianggap Terlalu Sulit, BKN Buka-bukaan Soal Tes SKD CPNS, Ini Penjelasannya!
10 November 2018




Jakarta, PANRITA.News – Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) kepada peserta CPNS 2018 masih berlangsung disejumlah instansi. Adapun hasil dari pelaksanaan tes disejumlah instansi, menunjukkan besarnya jumlah peserta yang tidak lulus karena soal yang dianggap cukup sulit.


Bahkan, banyak formasi yang tidak terpenuhi karena kurangnya jumlah peserta yang lulus dalam tersebut.
Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan soal yang diberikan dalam tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) kepada peserta CPNS 2018 cukup mengecoh. Karena soal yang diberikan jadi terlihat sulit.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan bahwa standar soal yang digunakan dalam tes CPNS 2018 masih sama dengan tahun sebelumnya. Hanya saja, kata dia, bentuk soal dibuat lebih mengecoh para peserta.


“Yang pasti, sekarang yang kelihatan susah itu ada jawaban pengecoh. Jadi jawabannya mengecohkan, sehingga kesannya susah. Padahal standardnya yang dipakai sama,” kata Ridwan, Jakarta, Sabtu (10/11/2018).


Ridwan menjelaskan, sejatinya soal-soal tersebut dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Asosiasi Perguruan Tinggi Negeri. Mereka ditugaskan oleh Kementerian PAN-RB untuk membuat soal tes CPNS sejak 2014.


Jenis soal yang mengecoh itu, kata Ridwan, sebagai bentuk evolusi dari soal yang diberikan dalam setiap pembukaan lowongan CPNS. Semua itu bertujuan agar bisa mendapat hasil peserta yang lebih baik.


“Yang jelas soal itu, soal berevolusi, kalau nggak kan nggak maju. Sama dengan UN, sama dengan SNMPTN, kalau kita nggak mengevolusi soal ya nanti sama saja, malah makin tinggi saja dapetnya (lebih gampang jadi CPNS)” terangnya.


Sedangkan untuk sistem passing grade yang digunakan tahun ini, tambah Ridwan, masih sama seperti yang digunakan saat pembukaan lowongan CPNS pada 2017 lalu. Tingkat passing grade tak ada yang berbeda.


“Passing grade-nya berbeda memang di tahun 2014, tapi di tahun 2017 formula 75 untuk TWK, 80 untu TIU, dan 143 TKP itu masih sama persis,” tuturnya.

https://panrita.news/2018/11/10/dian...penjelasannya/

----------------------



Inilah contoh sebuah kebijakan Pemerintah yang justru bisa menimbulkan keresahan dan kekecewaan baru pada pemerintahan Jokowi-JK, terutama di kalangan muda atau generasi milenial yang melamar untuk bisa diterima sebagai CPNS/ASN. Kalau mau terus terang gua katakan, kebijakan Jokowi mau menerima CPNS di tahun politik ini, justru akan menjadi blunder sendiri bagi rezimnya untuk bisa terpilih kedua kalinya di Pilpres 2019 yad.

Kok bisa begitu?
Eyalah! Sekian lama nggak pernah ada penerimaan CPNS (sedari awal sejak Jokowi berniat mau jadi Presiden dulu, sebenarnya sih emang dia nggak ada niatan untuk menerima CPNS selama dia berkuasa 5 tahun ini), tapi tiba-tiba saja di tahun politik ini (padahal di saat keuangan negara pun sedang krisis),  dia malahan mengumumkan penerimaan CPNS baru.

Pendaftarannya pun langsung meledak! Bisa dimaklumi hal itu sebagai akibat tingginya pengangguran di tanah air pada masa kini, terutama pengangguran di kalangan anak muda dari kalangan terdidik. Tercatat pendaftar CPNS itu mencapai 4 juta lebih. Tapi yang diterima hanya sekitar 220 ribuan saja (sekitar 5%).

Nah, disinilah blundernya Jokowi. Bersumber kesenjagan yang diterima dan yang gagal masuk CPNS itu. Kalau yang diterima hanya sekitar 220 ribuan saja, berarti selebihnya (sekitar 3,8 juta pelamar) akan merasa kecewa sekali. Apalagi mereka menuduh Pemerintah sengaja mempersulit mereka untuk diterima dengan membuat soal test yang mengada-ada atau sangat-sangat sulit. Dan lucunya pihak  BKN pun mengakui hal itu, bahwa soal sengaja dibuat sulit dengan cara mengecoh peserta test calon punggawa negara itu. 

Peserta test CPNS yang kecewa itu, diduga sangat berpotensi akan ''balas dendam'' pada pemerintah (rezim Jokowi) di saat Pemilu dan Pilpres tahun depan. Bisa ditebak pada sikap pilihan mereka di Pilpres 2019 yad, dimana mereka diduga kuat akan memilih golput atau malahan melarikan pilihannya ke Prabowo Subianto, sambil berharap siapa tahu kelak ada perubahan dibawah kepemimpinan Prabowo bila jadi presiden. 

Akan halnya pilihan ke Jokowi, maksimal hanya ada tambahan sekitar 200-an ribu suara saja dari CPNS yang lolos dan diterima tahun 2018 ini. Itu pun belum tentu semuanya. Jadi kesimpulannya, kalau pemerintahan Jokowi berniat melakukan pencitraan dengan penerimaan CPNS di tahun politik ini, justru hasilnya lebih banyak mudhoratnya untuk pendulangan suara yang diberikan kepadanya kelak di Pilpres 2019. Mudah-mudahan tidak demikian!



emoticon-Sorry

1
5K
61
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
668.8KThread39.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.