BowoSanAvatar border
TS
BowoSan
Tradisi Unik Turun-menurun Warga Madura, Tidur Beralaskan Pasir

©Liputan6



emoticon-Wagelasehemoticon-Wagelasehemoticon-Wagelaseh



Tidur adalah bagian kehidupan, dan kebutuhan wajib untuk mengembalikan energi saat kita selesai bekerja, karena merupakan kebutuhan pokok. Nah, kualitas tidur juga berpengaruh kepada kesehatan, tentunya tempat tidur wajib diperhatikan untuk kenyamanan dan meningkatkan kualitas tidur. Apa jadinya jika tempat tidur beralaskan pasir? Ini ada sebuah tradisi di Indonesia Loh!

Tradisi unik tidur dipasir yang ada di Madura ini, tepatnya di ujung Pulau Garam, Desa Legung Timur, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur merupakan sebuah tradisi turun-temurun.

Jika masyarakat modern memilih rumah dengan tempat tidur nyaman berlapiskan seprai yang bersih dan lembut, berbeda dengan masyarakat Desa Legung yang memilih kasur pegas untuk alas tidur. Desa ini lebih dikenal dengan nama kampung pasir yang memiliki tradisi tidur di atas pasir.


©Liputan6

Memang terdengar aneh, tetapi itulah yang sebenarnya terjadi dan sudah menjadi kebiasaan warga sekitar untuk tidur di atas pasir. Kegiatan unik itu memang sudah menjadi tradisi turun-temurun bagi warga setempat.

Tradisi yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu ini tentu membuat banyak anak Desa Legung dilahirkan di atas pasir. Jika masyarakat lainnya menganggap bahwa pasir adalah sesuatu yang kotor dan menyimpan banyak kuman serta penyakit, nyatanya anggapan tersebut tidak berlaku bagi masyarakat yang tinggal di kampung pasir.

Manfaat tidur di atas kasur pasir

© Liputan6

Kasur pasir dianggap memiliki banyak manfaat yang tidak mungkin dapat dirasakan masyarakat perkotaan. Kasur unik itu juga dapat memberi kehangatan bagi tubuh ketika cuaca sedang dingin, sebaliknya jika cuaca panas kasur pasir akan terasa lebih dingin. Bahkan, kasur ini juga baik bagi peregangan tubuh lo.


©Liputan6

Pasir yang digunakan sebagai alas tidur ini bukanlah sembarang pasir. Sebelum digunakan, warga memastikan betul bahwa pasir tidak menyimpan batu atau benda tajam dan benda berbahaya lainnya.

Pasir yang digunakan pun berasal dari sekitar Pantai Lombang dengan tekstur lembut, bersih, dan mengkilap. Bahkan bila pasir terkena tubuh dalam keadaan basah, pasir ini tidak akan lengket dan menempel pada bagian tubuh.

Setiap perumahan warga di Desa Legung ini pasti memiliki ruangan khusus untuk menempatkan kasur pasir di sana. Nah, apakah Gansis tertarik untuk mencoba tidur di atas kasur pasir?




Sumber : Link

Quote:


Quote:




Diubah oleh BowoSan 09-11-2018 19:34
15
2.4K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.