BowoSan
TS
BowoSan
Kebakaran Hutan di California, Puluhan Ribu Orang Mengungsi
Quote:



Quote:


Di Indonesia masalah pelik soal kebakaran lahan sering terjadi, pemberitaan masalah kabut asap merupakan persoalan baru, setelah ekosistem kita rusak, ya mungkin saja butuh waktu juga untuk memperbaiki kondisi hutan akibat terbakar , tetapi bahaya mengancam tidak hanya itu saja tapi juga masalah kesehatan dan juga jika tidak ditangani lebuh serius akan menjalar ke pemukiman.

Kali ini musibah terjadi di California Utara, Amerika Serikat Senin (09/10) waktu setempat. Setidaknya menewaskan sedikitnya 10 orang dan memaksa pemadam kebakaran bekerja cepat untuk mengevakuasi ribuan warga.
Quote:

Sebagian besar korban tewas berasal dari kawasan Sonoma, yang terletak di sebelah utara San Fransisco, sementara 20.000 warga yang mengungsi berasal dari daerah Napa dan Yuba, lokasi yang dilaporkan memiliki titik api terbanyak.

Apa yang terjadi di California utara?

Api 'Camp' yang melalap 8.100 hektar, dimulai pada Kamis dekat Camp Creek, telah menghancurkan kota Paradise. Kantor Sheriff di Butte County mengatakan lima korban terbakar hingga tewas di mobil mereka dan tidak dapat segera diidentifikasi.
Quote:

Api sedang mengarah ke barat dengan kecepatan angin 56 km/jam, kata pejabat pemadam kebakaran. Petugas pemadam kebakaran telah mengeluarkan pemberitahuan evakuasi untuk sebagian wilayah Chico, sebuah kota dengan populasi 93.000 orang di utara Sacramento.

Di kota Paradise, regu penyelamat menggunakan buldoser untuk mendorong mobil-mobil yang ditinggalkan agar dapat mencapai rumah sakit dan mngevakuasi para pasien saat api melalap bangunan itu, kata Pengawas Butte County, Doug Teeter.

Tercatat, sudah sembilan orang ditemukan meninggal dunia dalam peristiwa ini

Quote:

Associated Press melaporkan, pihak kepolisian menemukan sembilan jenazah selama proses evakuasi, empat diantaranya terbakar di dalam mobil saat berusaha keluar dari kobaran api yang mengepung rute evakuasi. Sejauh ini,total penduduk yang diperintahkan untuk mengungsi mencapai 250 ribu orang. Sementara itu, penyebab kebakaran masih belum diketahui karena pihak berwenang sedang fokus melakukan pemadaman api dan evakuasi.

Rumah Artis Hollywood Tak Luput di Terjangan Api

Dahsyat kobaran api (Api Woolsey) juga melanda California, menjalar hingga Malibu dan Calabasas, kawasan elite tepi pantai yang menjadi tempat tinggal para artis Hollywood. Sejumlah rumah terbakar, para penghuninya pun mengungsi ke tempat aman.
Quote:

Quote:

Salah satunya Kim Kardashian. "Baru mendarat pulang dan hanya punya waktu sejam untuk mengepak barang-barang dan mengosongkan rumah kami. Aku berharap semua orang selamat," kata selebritis tersebut seperti dikutip dari BBC, Sabtu 10 November 2018.
Quote:

Penyanyi Cher, yang sedang tampil di Las Vegas, mengetwit bahwa dia mengkhawatirkan rumahnya di Malibu.

Penyanyi Lady Gaga mengaku meninggalkan kediamannya di Malibu. Ia memosting sebuah foto di akun Instagram, yang menunjukkan asap tebal dan hitam mengepul di atas area di mana rumahnya berada.
Quote:

Sutradara pemenang Oscar, Guillermo del Toro, dalam akun Twitternya, mengungkapkan bahwa ia telah mengevakuasi diri dari rumahnya, meninggalkan koleksi memorabilia fantasi dan horor miliknya di "Bleak House".

Api Woolsey Menjalar Kemana?

Api menyebar dengan cepat dalam semalam dan naik ke Highway 101, jalan raya utama di barat Los Angeles. Pada Jumat siang hari waktu setempat, api melalap sekitar 5.665 hektar lahan.
Quote:

Kebakaran terjadi di dekat Thousand Oaks, sekitar 40 mil (64km) di barat dari pusat Los Angeles di mana seorang penyerang menewaskan 12 orang pada hari Rabu.

Kebakaran di Thousand Oaks ini membuat evakuasi 75.000 rumah. Ribuan warga lainnya kini telah diperintahkan untuk mengungsi dari beberapa kota di sebelah barat Thousand Oaks, termasuk Calabasas di selatan Highway 101 dan Malibu di pesisir pantai, serta dari ujung barat Los Angeles.

Seolah Armageddon

Menurut penuturan korban selamat Mike Turpen, 38, menceritakan saat ia berada di sebuah bar di kota Glen Ellen, kawasan bersejarah di Sonoma, seseorang yang menggunakan 'masker pelindung pernafasan' berlari sambil memerintahkan warga untuk segera menyelamatkan diri.
Quote:

Turpen menambahkan "seakan-akan seperti Armageddon sedang terjadi," ketika ia mengemudikan mobilnya melaju secepat mungkin ke rumahnya. "Seluruh dahan pada tiap pohon terbakar." Pria ini sempat memutuskan untuk berdiam di dalam rumahnya, namun ia akhirnya menyadari menjadi orang terakhir di permukiman tersebut, rumah dan pekarangan warga telah hangus terbakar dan jalanan pun kosong tanpa lalulintas.
Quote:

Warga lainnya, Jesus Torres kepada CBS menceritakan bahwa dia dan keluarganya "dapat melihat langit yang semakin memerah: kami tidak menyadari bahwa itu adalah kobaran api hingga detik terakhir karena tiba-tiba asap ada dimana-mana." Keluarganya tak sempat menyelamatkan barang milik apapun sebelum melarikan diri meninggalkan rumah mereka.

Darurat Kebakaran

Ganasnya kobaran api serta luasnya lahan yang terbakar mendesak petugas penyelamat sepenuhnya hanya berfokus untuk menyelamatkan warga, meski berarti upaya memadamkan api menjadi tersendat. Akibatnya jumlah rumah dan gedung di kawasan bisnis yang hangus terbakar mencapai lebih 1500 bangunan pada Senin petang (09/10).
Quote:

Gubernur California, Jerry Brown langsung menetapkan 8 lokasi di California Utara dalam kondisi darurat. Dalam pernyataan resminya, Brown menyebutkan bahwa kebakaran telah merusak infrastuktur penting dan mengancam permukiman warga, yang mengakibatkan ribuan penduduk harus dievakuasi. Dia pun meminta Presiden Trump untuk mengumumkan bencana besar.

"Ini benar-benar serius. Kobaran bergerak cepat. Panas, kurangnya kelembaban dan angin, semua menyebabkan situasi yang sangat berbahaya dan membuat kondisi semakin lebih buruk," kata gubernur pada sebuah konferensi seperti yang dikutip dari New York Times.

Layanan pemadam kebakaran California melaporkan Senin malam tercatat ribuan titik api pada lahan seluas sekitar 73.000 hektar yang membentang di wilayah sejauh 322 km dari utara Bay Area, dari Napa ke Redding.

Penyebab tidak diketahui

Pihak berwenang belum mengetahui penyebab kebakaran. Apalagi tidak biasanya kebakaran hutan dan semak terjadi di kawasan itu pada bulan Oktober. Petugas pemadam kebakaran California menyebutkan tidak biasanya banyak titik api yang muncul secara bersamaan. Kali ini berdasarkan laporan yang diterima terdapat 15 titik kebakaran di lokasi terpisah.
Quote:

Ken Pimlott, direktur Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran menyebutkan kebakaran kali ini terjadi dengan 'kecepatan tinggi'. Kobaran api menjalar secara cepat karena tiupan angin berkecepatan 80 km per jam.
Imbauan juga disuarakan Pemantau Cuaca Nasional AS yang memperingatkan warga di San Fransisco, dengan menyebutkan "kobaran api bisa jadi menyebar secara cepat".


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:




Diubah oleh BowoSan 11-11-2018 15:20
tien212700
tien212700 memberi reputasi
12
2.2K
15
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.