maliamanisAvatar border
TS
maliamanis
SUARA MASJID TERTIB ATAU DITERTIBKAN, KENAPA TIDAK..???
Quote:


Quote:


Kesimpulan trit saya:

yang saya inginkan adalah:
1. suara pengeras untuk azan dari masjid harus nyaman di telinga warga sekitar masjid, muazin harus memiliki suara yang nyaman didengarkan, muazin adalah petugas azan, jadi anak anak, orang yang belum memiliki suara azan yang nyaman di dengar, atau masih belajar azan, silahkan minggir di pojokan, belajar saja dulu jangan gunakan pengeras suara.
2. jika suara azan masjid masih terdengar, azan dari musholla atau masjid yang berdekatan tidak perlu melalui pengeras suara.
3. selain azan, kegiatan lain atau ibadah lain tidak perlu melalui pengeras suara, misalnya rekaman kaset, pujian, wirid, istighosah, dziba', marawis, pengajian kelompok toriqot, pengajian ibu-ibu atau pengajian anak anak. itu semua sangat mengganggu. kecuali keadaan darurat misal pengumuman kematian atau bencana disekitar,

:: jika membutuhkan pengeras suara untuk keperluan selain azan, sebaiknya gunakan pengeras suara kedalam masjid, sehingga orang lain ga sampai terganggu::
Quote:




Di indonesia. masjid sangat banyak jumlahnya bahkan hampir di setiap lokasi ada masjid atau musholla.
Belakangan ini semakin banyak masjid yang menggunakan speaker secara berlebihan, dalam artian tidak hanya untuk azan saja, melainkan juga bacaan setelah azan(biasanya pujian atau shalawat), shalat, wirid, bahkan ngaji anak anak kecil. yg terbaru, rekaman kaset juga di siarkan melalui speaker.


Memang tidak semua begitu, sebaliknya hanya sebagian golongan muslim saja yg begitu, yang lain hanya menggunakan speaker untuk azan dengan baik.

pernah ga kaskuser juga mengalaminya barangkali malah rumahnya deket masjid, mau ditegur malah dituduh anti agama. ditempat tinggal saya malah ada 2, ada masjid dan ada musholla. dua duanya azan, di saat yg bersamaan, padahal suara azan masjid terdengar keras dari musholla, tp musholla nya masih pake speaker juga azannya. dan speaker keduanya menghadap rumah saya.

masalahnya kita sebagai warga yg terganggu mau lapor kemana, terganggu..??? pasti. mau bilang takmir masjid atau pemilik musholla sudah, tp dasar mereka ga pernah baca hadis toleransi, ya hasilnya malah saya yg dituduh anti agama, dan malah balik memusuhi saya. lapor polisi sudah, mereka angkat tangan karena itu masalah pribadi - katanya-, lapor pengurus NU malah di bilang itu benar karena mereka sedang syiar agama. hello...??? syiar apanya.. kita berisik terganggu, lagian dikomunitas muslim yg lain juga pake speaker teratur, paling ga cuma azan saja, untuk hal hal yg lain mereka pake speaker ke dalam masjid saja, jadi tetangga masjid ga perlu terganggu.

saya ga bermaksud menghentikan azan, tp jika sudah terdengar azan di salah satu masjid, yg lain ya ga perlu azan atau di kecilkan azan nya biar ga berantem suaranya. dan yg terpenting selain azan ga perlu di siarkan pake speaker, jelas akan sangat membantu.

dan masih saja tidak ada tempat bagi saya untuk melapor masalah ini.Indonesia,


Update:

setelah menyimak komen-komen dari kaskuser sampai halaman 3, berikut saya rangkum pertanyaan dan komennnya:

1. coba, diskusikan lagi, jangan ngeluh disini.
jawab: saya sudah mendiskusikan dengan berbagai pihak, takmir masjid, kyainya, pemilik mushola, ketua RT sampai polisi, dan mereka semua tidak bisa menyelesaikan masalah ini, kalo boleh menyimpulkan, maaf kalo salah, menyesuaikan pengeras suara sesuai kebutuhan atau secara kasar dibilang ikut campur soal pengeras suara masjid itu pamali. saya tidak tau lagi harus lapor kemana jika pihak 2 yg berkaitan sudah angkat tangan sementara gangguan yang ditimbulkan dari pengeras suara terus berlanjut. berharap menemukan solusi, jadi saya tulis disini.
2. biarin aja gan, azan kan memang wajib, mending pindah rumah aja di kawasan yg ga ada azannya,
jawab: sekali lagi saya ulang, saya tidak ingin menghentikan azan, saya hanya ingin suara yg dihasilkan dari tempat ibadah juga ditertibkan. tetaplah azan tapi harus yang baik, dan mushollah disekitarnya azan nya ga perlu di masukkan pengeras suara. dan selain azan, ga perlu dimasukin pengeras suara keluar, cukup pengeras suara kedalam masjid saja.
3. Ngak perlu ngurusi adzan/suara masjid deh.. mending urusin yang laen aja
jawab: kalau saja boleh berkata begitu terhadap semua masalah, maka tidak ada masalah yang terselesaikan.


demikian, semoga segera menemukan solusinya.


komen bermutu:

Quote:



Quote:



Quote:



Quote:


Quote:


Quote:



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



Diubah oleh maliamanis 24-12-2015 13:47
Mr.Sibolotsatu
Mr.Sibolotsatu memberi reputasi
1
56.6K
522
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.