alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bde6b8cd9d770eb528b4568/tanggung-jawab-soeharto-dalam-penembakan-misterius
Lapor Hansip
04-11-2018 10:46
Tanggung Jawab Soeharto dalam Penembakan Misterius
Past Hot Thread
Tanggung Jawab Soeharto dalam Penembakan Misterius

APARAT keamanan memiliki standar operasional prosedur dalam menggunakan senjata api ketika akan meringkus penjahat. Peluru dilepaskan bila penjahat melawan atau melarikan diri. Sasarannya pun biasanya kaki, meski sering juga mengenai anggota tubuh lain yang membuatnya mati. Namun, pada 1983, rezim Orde Baru menerapkan kebijakan yang ditakuti para penjahat bahkan preman: tembak mati. Mereka bisa mati kapan saja oleh penembak misterius sehingga disebut petrus. Selama beroperasi, petrus telah menghabisi ribuan korban jiwa. Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) mendata puncak tertinggi korban petrus terjadi pada 1983 dengan 781 orang tewas. 

Kebijakan petrus ini atas restu Presiden Soeharto. Dalam otobiografinya, Pikiran, Ucapan dan Tindakan Saya, Soeharto beralasan bahwa petrus sebagai usaha mencegah kejahatan seefektif mungkin dengan harapan menimbulkan efek jera. “Dengan sendirinya kita harus mengadakan treatment, tindakan yang tegas. Tindakan tegas bagaimana? Ya, harus dengan kekerasan. Tetapi kekerasan itu bukan lantas dengan tembakan, dor! dor! begitu saja. Bukan! Tetapi yang melawan, ya, mau tidak mau harus ditembak. Karena melawan, maka mereka ditembak,” kata Soeharto.

Dalam kenyataannya, sebagaimana diberitakan media massa, bertato saja sudah cukup bagi mereka yang dianggap penjahat dihabisi oleh petrus. Di berbagai kota mayat-mayat tertembak peluru di dada atau kepala dalam keadaan tangan terikat atau dimasukan ke dalam karung, digeletakkan begitu saja di emperan toko, bantaran kali, dan di semak-semak. “Lalu mayatnya ditinggalkan begitu saja,” kata Soeharto. “Itu untuk shock therapy, terapi goncangan. Supaya orang banyak mengerti bahwa terhadap perbuatan jahat masih ada yang bisa bertindak dan mengatasinya.”

Para petinggi militer pun mengamini sang presiden. Mayjen TNI Yoga Sugomo, kepala Bakin (Badan Koordinasi Intelijen Negara), menyatakan tak perlu mempersoalkan para penjahat yang mati secara misterius. Yoga menilai pembunuhan terhadap preman “merupakan kepentingan yang lebih besar daripada mempersoalkan penjahat yang mati misterius, dan persoalan-persoalan asas yang dipermasalahkan.” Jenderal TNI Benny Moerdani, panglima ABRI merangkap Pangkopkamtib (Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban), yang disebut-sebut sebagai salah satu perancang operasi petrus, mengatakan kalau peristiwa itu dipicu oleh perang antargeng. Dia berdalih pembunuhan-pembunuhan itu tak melibatkan tangan ABRI.

Petrus menimbulkan protes dari para tokoh, salah satunya Adam Malik, mantan wakil presiden (1978-1983). Dia tak setuju dengan aksi petrus. “Jangan mentang-mentang penjahat kerah dekil langsung ditembak, bila perlu diadili hari ini langsung besoknya dieksekusi mati. Setiap usaha yang bertentangan dengan hukum akan membawa negara ini pada kehancuran,” kata Adam Malik. 

Pengganti Adam Malik, Jenderal (Purn.) TNI Umar Wirahadikusumah juga menanyakan langsung kepada Soeharto mengenai petrus. “Apakah tidak ada cara lain yang tidak usah menggunakan tindakan-tindakan drastis itu?” tanya Umar dalam Di Antara Para Sahabat: Pak Harto 70 Tahun.

Soeharto menjawab bahwa alasan petrus karena rakyat kecil telah dipersulit oleh sekelompok manusia jahat di beberapa daerah; mereka dirampok, diperkosa, dan lain-lain. Sementara polisi dan aparat keamanan lainnya boleh dikatakan tidak berdaya, sehingga suatu shock treatmentperlu diambil untuk menghilangkan atau paling tidak mengurangi kejahatan. “Ya, nanti biar saya yang bertanggung jawab kepada Tuhan,” kata Soeharto. Petrus dihentikan pada 1985 setelah ada tekanan dari dunia internasional.


Tambahan


sumber 1
sumber 2
sumber 3
sumber 4
sumber 5

* trnyata Presiden Soeharto mau juga mendengarkan desakan dunia internasional tuk menghentikan kebijakan PETRUS nya di tanah air pd awal 1980-an tsb ya, gan....  ??
Diubah oleh yoseful
8
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 13
10-11-2018 07:56
untung mata ane masih agak waras jadi keliatan semua... emoticon-Wink


0
10-11-2018 07:56
koruptor, begal, bandar narkoba harusnya di tembak mati di tempat
0
10-11-2018 07:58
Selama yg mati preman yg melukai rakyat,, silahkan.
0
10-11-2018 08:12
ngeri juga ya dulu petrus
1
10-11-2018 08:14
Ngeriii...toh juga Soeharto yg bertanggung jawab kpd Tuhan 👍👍
0
Lihat 1 balasan
10-11-2018 08:17
Quote:Original Posted By yoseful
Tanggung Jawab Soeharto dalam Penembakan Misterius



kalo ogut milih cara ini sebagai tindakan akhir, untuk hasil instan. ingat, hanya pemalas yang ingin kaya tapi gak mau lelah berusaha. jadi, biar kapok ya sekalian bikin petrus jilid 2 lah, buat geng motor, geng pemeras pedagang, preman berkedok organisasi dan kriminal kelas bawah lainnya yang memiliki efek langsung ke masyarakat.
selain itu, buat koruptor, petrus juga diperlukan untuk menguras harta mereka dan memasukkannya ke rekening negara.
jadi menurut ogut, petrus itu perlu.
3
10-11-2018 08:19
Kyknya perlu petrus reborn
1
10-11-2018 08:23
sialnya,,,bokap gue ga kena,,padahal dah jadi target
0
10-11-2018 08:32
kalo ane sih setuju petrus di idupin lagi, tp targetnya gak hanya penjahat kelas teri, tp koruptor tukang maling uang negara sama gembong narkoba juga di door..!!
1
10-11-2018 08:36
Kaya duterte sekarang ini
Jadinya peredaran narkoba dinegaranya jadi menurun.walau ditentang tapi tetep berjalan

Kalo menurut ane, buat koruptor kelas kakap cocok tuh ma preman yang sering bikin resah ma begal yang tiap malem ancem nyawa orang
2
10-11-2018 08:42
gara gara ham preman jadi merajalela
0
10-11-2018 08:45
Quote:Original Posted By keykartwood
Banyak preman nih sekarang


Perlu diterapkan lagi. Lumayan mengurangi jumlah penduduk
2
10-11-2018 08:50
setau gw dl yg punya tato lsg disikat.....temen ane smpe tato nya distrika sangking takut diburu...
0
Lapor Hansip
10-11-2018 08:50
Balasan post nyong.eq
Quote:Original Posted By nyong.eq
Ngeriii...toh juga Soeharto yg bertanggung jawab kpd Tuhan 👍👍


iya ,doi skarang dah menghadap ke maha kuasa menanggung jawab setiap perbuatannya
0
10-11-2018 08:55
Ham dan demokrasi menjadi hal yang semu dengan alasan " KEAMANAN " tnpa tahu bahwa AMAN dan Nyaman setipis benang dalam tekanan
0
Lapor Hansip
10-11-2018 08:57
Balasan post Uthe18
Quote:Original Posted By Uthe18


kalau kata keluarga bini gw yg pernah menjadi salah satu operator yg bertugas di wilayah Selatan Jakarta sampai Bogor Sukabumi sih, data d pasok dari kepolisian. Pokok nya tim saat merapat ke markas sudah dapat daftar2 orang yg kudu di bereskan.
masalah itu orang2 beneran apa salah ya kurang tau juga, karena namanya prajurit saat udah turun perintah ya cuma tau laksanakan aja emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Petrus ini sebenernya bagus ya. jadi kangen soeharto
0
10-11-2018 08:58
merem melek, font kecil bata ah
1
10-11-2018 09:03
Petrus sekarang dibutuhkan untuk membasmi para koruptor tanpa harus diadili terlebih dahulu
0
10-11-2018 09:05
ane cuma jd petrus di Pochinki aja gan 😳
-1
10-11-2018 09:05
suharto, yoga dan benny sekarang sedang mempertanggungjawabkan semua itu.
0
Halaman 4 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.