alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be3ebbad675d492758b4568/dokumen-boeing-beri-petunjuk-kerusakan-pesawat-lion-air-jt-610
Lapor Hansip
08-11-2018 14:54
Dokumen Boeing Beri Petunjuk Kerusakan Pesawat Lion Air JT 610
Past Hot Thread
Dokumen Boeing Beri Petunjuk Kerusakan Pesawat Lion Air JT 610


Menyusul kecelakaan pesawat Boeing 737 MAX 8 Lion Air penerbangan JT 610, Boeing dan otoritas penerbangan AS, Federal Aviation Administration (FAA), menerbitkan buletin keamanan untuk semua maskapai di dunia yang memakai pesawat sejenis. 

Rekomendasi keamanan ini bisa menjadi indikasi seperti apa kerusakan pesawat B737 MAX 8 Lion Air registrasi PK-LQP itu sebelum jatuh di perairan Tanjung Karawang, Senin (29/10/2018). 

Buletin panduan operasional untuk kru 737 MAX 8 ini diterbitkan oleh Boeing dan FAA, berdasarkan fakta awal yang ditemukan oleh KNKT dalam penyelidikan jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. 

Menurut KNKT, Lion Air JT610 mengalami pembacaan data angle of attack (AoA) yang berubah-ubah (mengacau) sesaat sebelum jatuh. 

Dalam buletin bernomor TBC-19 tanggal 6 November 2018, Boeing menulis memberi judul Uncommanded Nose Down Stabilizer Trim Due to Erroneous Angle of Attack (AoA) During Manual Flight Only. 

Atau kalau diterjemahkan kurang lebih artinya, mekanisme stabilizer trim yang membuat hidung pesawat turun sendiri akibat pembacaan sensor Angle of Attack (AoA) yang kacau, hanya saat terbang manual. 

Secara sederhana, AoA adalah sudut yang dibentuk dari naik-turunnya bodi (moncong) pesawat dengan arah gerak pesawat. 

Misalnya saat fase mendarat, pesawat membutuhkan AoA tinggi, hidung naik ke atas sembari terbang menurunkan ketinggian. 

Data dari sensor yang membaca AoA ini salah satunya digunakan untuk mencegah pesawat masuk ke kondisi stall (kehilangan daya angkat). 

Jika sensor AoA membaca sudutnya terlalu besar, komputer di pesawat 737 MAX 8 akan memerintahkan stabilizer trim berputar sehingga hidung pesawat menjadi turun, mengurangi AoA, sehingga airspeed akan bertambah dan pesawat keluar dari kondisi stall. 

Stabilizer trim bisa digunakan untuk membuat horizontal stabilizer pesawat (sayap kecil di ekor) berputar. Arah perputaran horizontal stabilizer ini (naik atau turun) bisa mengubah hidung pesawat naik atau turun. 

Menurut temuan awal KNKT, berdasarkan catatan kerusakan di pesawat 737 MAX 8 PK-LQP sebelum-sebelumnya, sensor yang tidak bekerja sebagaimana mestinya ini menyebabkan sejumlah indikator kerusakan pesawat di kokpit menyala. 

Jenis indikator kerusakan yang bisa menyala, menurut buletin dari Boeing, antara lain indikator kecepatan yang berbeda-beda (IAS DISAGREE), ketinggian yang berbeda (ALT DISAGREE), dan tekanan diferensial hidrolik yang berlebihan di komputer elevator (FEEL DIFF PRESS).

Dokumen Boeing Beri Petunjuk Kerusakan Pesawat Lion Air JT 610

Karena temuan itu, Boeing merilis buletin operasi manual 737 MAX 8 tentang cara mengatasi situasi jika hidung pesawat tiba-tiba turun dengan sendirinya karena kesalahan data dari sensor AoA. 

Menurut Boeing, kesalahan input data dari sensor AoA ini bisa membuat sistem komputer pesawat memutar horizontal stabilizer secara perlahan selama 10 detik sehingga hidung pesawat turun.

Pergerakan trim stabilizer yang membuat hidung pesawat turun itu bisa dihentikan dan dibalik arahnya menggunakan kenop stabilizer trim elektrik yang ada di yoke (alat kemudi) pesawat.

Kejadian trim stabilizer berputar pelan 10 detik yang membuat hidung pesawat turun ini akan berulang dalam 5 detik setelah kenop stabilizer trim elektrik di yoke dilepas. 

Siklus hidung pesawat turun tanpa diperintah ini (runaway stabilizer) akan terus berulang, kecuali sistem stabilizer trim dinon-aktifkan lewat kedua switch STAB TRIM CUTOUT yang ada di pedestal pesawat. 

Kru pesawat yang menerbangkan B737 MAX diminta untuk melakukan nonnormal checklist (NNC) tentang runaway stabilizer dan memastikan bahwa switch STAB TRIM CUTOUT disetel pada posisi CUTOUT dan tetap dalam kondisi itu selama penerbangan.

Dokumen Boeing Beri Petunjuk Kerusakan Pesawat Lion Air JT 610

Rekomendasi yang dikeluarkan oleh FAA kurang lebih juga sama. Jika mengalami runaway stabilizer saat terbang manual, pilot diminta mengontrol sudut pesawat dengan yoke dan menggunakan trim elektrik jika dibutuhkan. 

Jika melepas yoke pesawat membuat stabilizer trim bergerak sendiri (membuat hidung turun),  maka pasang switch stabilizer trim ke posisi CUTOUT.

Apabila peristiwa runaway terus berlanjut, tahan roda trim stabilizer yang ada di samping throttle pesawat, dan putar secara manual (menggunakan engkol). 

Dokumen imbauan keamanan dari FAA bisa diunduh melalui tautan berikut ini. 

Perlu diingat, rekomendasi yang dikeluarkan Boeing dan FAA ini hanya menunjukan indikasi masalah yang dialami oleh PK-LQP dalam penerbangan JT 610, dan tidak bisa disebut sebagai penyebab jatuhnya pesawat. 

Investigasi oleh KNKT masih berlangsung. Masih ada data yang belum ditemukan, seperti cockpit voice recorder (CVR) yang bisa membantu menyingkap tabir kelam penerbangan JT610.


Diubah oleh monbebemx
7
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
09-11-2018 11:41
Berarti ada kesalahan dari pihak produsen pesawat terbangnya, mereka juga harus tanggung jawab dan sementara pesawat yg berjenis sama di grounded n di recall buat diperbaiki.
1
Lapor Hansip
09-11-2018 12:30
Balasan post kingoftki
ane ngertinya gini :

1. Pesawat cacat / ada kerusakan..
2. Di benerin teknisi sampai terbang 4x penerbangan terakhir..
3. Ga bener2 juga..
4. Tetep maksa terbang..
bener begini gan?..

yg bolehin/Ok in/ maksa terbang dengan pesawat PK-LQP itu siapakah?..
- teknisi
- pilot
- atasan teknisi dan pilot
- penumpang
emoticon-Bingung

katanya juga pesawat yg dinaiki presenter itu ada keanehan, meskipun bukan PK-LQP..
berarti ada 1 pesawat lagi yg terbang meskipun ada kerusakan?..
emoticon-Bingung
0
09-11-2018 12:44
buletin utk hal ini baru dikeluarkan? lah saat test-flight seri ini gmn tuh? ga test semua kemungkinan? yoke oh yoke...ngeri bener boeing ini.
Diubah oleh abank.abie
0
09-11-2018 12:44
airbrush apa josbus naik itu aja amad
0
09-11-2018 13:29
Produk cacad, baru rilis udah dibeli...beli type pesawat yg udah teruji klinis aja mangkanya, ga usah gegayaan biar dibilang armadanya serba baru...kelinci percobaankan akhirnya
0
Lihat 1 balasan
09-11-2018 14:37
Quote:Original Posted By kingoftki
apapun penyebab kesalahan, segala tuntutan hukum hanya akan berhenti pada penuntutan gantikerugian dan itupun hanya menjadi domain dari insurance boeing (Lloyd's of london) dan tidak akan mungkin bikin boeing bangkrut atau siapapun masuk penjara.

saya sudah kenyang urus beginian.


Kalau maskapainya yg dituntut gimna gan?
-1
09-11-2018 15:09
maskapai / air operator dalam tiap urusan bgini akan selalu sebagai third party defendant. dan kalau mereka yang kena tuntut maka hakim (presiding judge) akan mengeluarkan 2 prosedur secara bersamaan yaitu order-to-leave (untuk mereka) dan order-to-enter (untuk pembuat pesawat) serta selanjutnya mereka (air operator) akan masuk sebagai third party defendant dengan voluntary-entrance / voluntary-to-enter-as-thirdpartydefendant.
Diubah oleh kingoftki
0
Lapor Hansip
09-11-2018 15:09
Balasan post TridentzMaximum
Quote:Original Posted By TridentzMaximum
Produk cacad, baru rilis udah dibeli...beli type pesawat yg udah teruji klinis aja mangkanya, ga usah gegayaan biar dibilang armadanya serba baru...kelinci percobaankan akhirnya


ngeri gan kalo jadi kelinci percobaan mana nyawa orang emoticon-doctor
0
Lapor Hansip
09-11-2018 15:15
Balasan post erdewe
kagak ada karena SOP maintenance (yg kau sebut) bukan hukum public. tidak ada manusia yang dipidana selama tidak melanggar hukum public. aturan yang diberlakukan secara internal tidak dapat membuat siapapun dihukum pidana.
0
Lapor Hansip
09-11-2018 15:27
Balasan post kingoftki
Quote:Original Posted By kingoftki
kagak ada karena SOP maintenance (yg kau sebut) bukan hukum public. tidak ada manusia yang dipidana selama tidak melanggar hukum public. aturan yang diberlakukan secara internal tidak dapat membuat siapapun dihukum pidana.


waktu dulu kecelakaan kereta bintaro ada petugas KAI yg dipenjara. kan sama2 kelalaian yg menyebabkan hilangnya nyawa orang lain tuh.
0
Lapor Hansip
09-11-2018 15:30
Balasan post erdewe
itukan hukum indonesia. yang pesawat inikan kita bicara penuntutan ke yurisdiksi diluar indonesia.
0
09-11-2018 17:49
Gagal paham
0
09-11-2018 18:17
Pertanyaannya, kenapa bisa terjadi itu kerusakan? Apakah perawatannya berkalanya tidak memenuhi standar atau bagaimana?
0
10-11-2018 00:55
Quote:Original Posted By maulinho13
Lebih ke pilot yang gagap kalo menurut ane. Di bulletin boeing kata2nya remind pilot, artinya sebenarnya petunjuk penanganan situasi ini udah ada, pilot/kopilot tinggal buka buku manual ikuti instruksi. Mungkin pilot di 3 penerbangan si max8 sebelumnya ngikutin instruksi manual makanya gak kenapa2, pas dapet si pilot india apes. Yang jadi pertanyaan sekarang, berapa lama waktu dari mulai muncul masalah sampai pesawat crash, apa rentang waktu segitu sempat buat pilot buka manual? Kalo sebenarnya cukup waktu tapi pilot gak ngikuti instruksi manual, berarti pilot error dan Lion harus follow up entah dengan nambah waktu minimum simulasi pilot atau training pilot lebih ketat. Kalo ternyata memang rentang waktunya mepet banget buat pilot ngambil keputusan, berarti desain flaw dan boeing yang harus follow up entah software patch ato apa. Cmiiw just my 2 cents.


Yes yes
Ane setuju sih
Ini kayanya pilotnya yg gagap atau panik ketika lampu indicator nyala
Tp dilain pihak, desain boeing ini agak aneh malah lebih mirip bug
0
10-11-2018 00:58
Quote:Original Posted By maleo.pejuang
Pertanyaannya, kenapa bisa terjadi itu kerusakan? Apakah perawatannya berkalanya tidak memenuhi standar atau bagaimana?


Ane sih liat dr berita, sensornya yg bermasalah
Jd bikin si idung pesawat suka kebawah sendiri
Dan pihak boeing aware dengan masalah ini, makanya ada buku manual buat atasin masalah ini
Dan sepertinya pas kejadian si pilot terlambat buat implementasi yg ada dibuku manual
Makanya crash
0
10-11-2018 04:37
Quote:Original Posted By nyongnyongan
intinya boing yang bermasalah! setidaknya itu yang ane pahami dari pengetahuan ane yang awam


Betul ganemoticon-Jempol
0
10-11-2018 04:39
Quote:Original Posted By kingoftki
itukan hukum indonesia. yang pesawat inikan kita bicara penuntutan ke yurisdiksi diluar indonesia.


High bahasa agan nihemoticon-Baby Boy 1
0
10-11-2018 10:26
Sayah ya gk mudeng jugah..
0
10-11-2018 19:53
Quote:Original Posted By kingoftki
apapun penyebab kesalahan, segala tuntutan hukum hanya akan berhenti pada penuntutan gantikerugian dan itupun hanya menjadi domain dari insurance boeing (Lloyd's of london) dan tidak akan mungkin bikin boeing bangkrut atau siapapun masuk penjara.

saya sudah kenyang urus beginian.


Malah Llyodnya yang vangkrut mungkin gan emoticon-Ngakak.

Boeing rugi nama baik sih tetep dari kasus ini emoticon-Malu (S)
0
Lihat 1 balasan
10-11-2018 19:56
Quote:Original Posted By abank.abie
buletin utk hal ini baru dikeluarkan? lah saat test-flight seri ini gmn tuh? ga test semua kemungkinan? yoke oh yoke...ngeri bener boeing ini.


Quote:Original Posted By TridentzMaximum
Produk cacad, baru rilis udah dibeli...beli type pesawat yg udah teruji klinis aja mangkanya, ga usah gegayaan biar dibilang armadanya serba baru...kelinci percobaankan akhirnya


Ga 100% salah maskapai sih kalo beli pesawatnya. Secara ini Boeing lho. Kalo mereka ngaco-ngacoan ya nama baik mereka dipertaruhkan emoticon-Thinking.

Salahnya maskapai ya maintenisnya ngaco-ngacoan. Udah tau ada masalah mbok ya diperbaiki. Kalo teknisinya ga ngerti ya mbok telpon teknisinya Boeing. Masak ga punya pulsa buat nelpon emoticon-Malu (S)?
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.