alexa-tracking
Kembali ke Versi Lama
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5be3ebbad675d492758b4568/dokumen-boeing-beri-petunjuk-kerusakan-pesawat-lion-air-jt-610
08-11-2018 14:54
Dokumen Boeing Beri Petunjuk Kerusakan Pesawat Lion Air JT 610
Past Hot Thread
Dokumen Boeing Beri Petunjuk Kerusakan Pesawat Lion Air JT 610


Menyusul kecelakaan pesawat Boeing 737 MAX 8 Lion Air penerbangan JT 610, Boeing dan otoritas penerbangan AS, Federal Aviation Administration (FAA), menerbitkan buletin keamanan untuk semua maskapai di dunia yang memakai pesawat sejenis. 

Rekomendasi keamanan ini bisa menjadi indikasi seperti apa kerusakan pesawat B737 MAX 8 Lion Air registrasi PK-LQP itu sebelum jatuh di perairan Tanjung Karawang, Senin (29/10/2018). 

Buletin panduan operasional untuk kru 737 MAX 8 ini diterbitkan oleh Boeing dan FAA, berdasarkan fakta awal yang ditemukan oleh KNKT dalam penyelidikan jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. 

Menurut KNKT, Lion Air JT610 mengalami pembacaan data angle of attack (AoA) yang berubah-ubah (mengacau) sesaat sebelum jatuh. 

Dalam buletin bernomor TBC-19 tanggal 6 November 2018, Boeing menulis memberi judul Uncommanded Nose Down Stabilizer Trim Due to Erroneous Angle of Attack (AoA) During Manual Flight Only. 

Atau kalau diterjemahkan kurang lebih artinya, mekanisme stabilizer trim yang membuat hidung pesawat turun sendiri akibat pembacaan sensor Angle of Attack (AoA) yang kacau, hanya saat terbang manual. 

Secara sederhana, AoA adalah sudut yang dibentuk dari naik-turunnya bodi (moncong) pesawat dengan arah gerak pesawat. 

Misalnya saat fase mendarat, pesawat membutuhkan AoA tinggi, hidung naik ke atas sembari terbang menurunkan ketinggian. 

Data dari sensor yang membaca AoA ini salah satunya digunakan untuk mencegah pesawat masuk ke kondisi stall (kehilangan daya angkat). 

Jika sensor AoA membaca sudutnya terlalu besar, komputer di pesawat 737 MAX 8 akan memerintahkan stabilizer trim berputar sehingga hidung pesawat menjadi turun, mengurangi AoA, sehingga airspeed akan bertambah dan pesawat keluar dari kondisi stall. 

Stabilizer trim bisa digunakan untuk membuat horizontal stabilizer pesawat (sayap kecil di ekor) berputar. Arah perputaran horizontal stabilizer ini (naik atau turun) bisa mengubah hidung pesawat naik atau turun. 

Menurut temuan awal KNKT, berdasarkan catatan kerusakan di pesawat 737 MAX 8 PK-LQP sebelum-sebelumnya, sensor yang tidak bekerja sebagaimana mestinya ini menyebabkan sejumlah indikator kerusakan pesawat di kokpit menyala. 

Jenis indikator kerusakan yang bisa menyala, menurut buletin dari Boeing, antara lain indikator kecepatan yang berbeda-beda (IAS DISAGREE), ketinggian yang berbeda (ALT DISAGREE), dan tekanan diferensial hidrolik yang berlebihan di komputer elevator (FEEL DIFF PRESS).

Dokumen Boeing Beri Petunjuk Kerusakan Pesawat Lion Air JT 610

Karena temuan itu, Boeing merilis buletin operasi manual 737 MAX 8 tentang cara mengatasi situasi jika hidung pesawat tiba-tiba turun dengan sendirinya karena kesalahan data dari sensor AoA. 

Menurut Boeing, kesalahan input data dari sensor AoA ini bisa membuat sistem komputer pesawat memutar horizontal stabilizer secara perlahan selama 10 detik sehingga hidung pesawat turun.

Pergerakan trim stabilizer yang membuat hidung pesawat turun itu bisa dihentikan dan dibalik arahnya menggunakan kenop stabilizer trim elektrik yang ada di yoke (alat kemudi) pesawat.

Kejadian trim stabilizer berputar pelan 10 detik yang membuat hidung pesawat turun ini akan berulang dalam 5 detik setelah kenop stabilizer trim elektrik di yoke dilepas. 

Siklus hidung pesawat turun tanpa diperintah ini (runaway stabilizer) akan terus berulang, kecuali sistem stabilizer trim dinon-aktifkan lewat kedua switch STAB TRIM CUTOUT yang ada di pedestal pesawat. 

Kru pesawat yang menerbangkan B737 MAX diminta untuk melakukan nonnormal checklist (NNC) tentang runaway stabilizer dan memastikan bahwa switch STAB TRIM CUTOUT disetel pada posisi CUTOUT dan tetap dalam kondisi itu selama penerbangan.

Dokumen Boeing Beri Petunjuk Kerusakan Pesawat Lion Air JT 610

Rekomendasi yang dikeluarkan oleh FAA kurang lebih juga sama. Jika mengalami runaway stabilizer saat terbang manual, pilot diminta mengontrol sudut pesawat dengan yoke dan menggunakan trim elektrik jika dibutuhkan. 

Jika melepas yoke pesawat membuat stabilizer trim bergerak sendiri (membuat hidung turun),  maka pasang switch stabilizer trim ke posisi CUTOUT.

Apabila peristiwa runaway terus berlanjut, tahan roda trim stabilizer yang ada di samping throttle pesawat, dan putar secara manual (menggunakan engkol). 

Dokumen imbauan keamanan dari FAA bisa diunduh melalui tautan berikut ini. 

Perlu diingat, rekomendasi yang dikeluarkan Boeing dan FAA ini hanya menunjukan indikasi masalah yang dialami oleh PK-LQP dalam penerbangan JT 610, dan tidak bisa disebut sebagai penyebab jatuhnya pesawat. 

Investigasi oleh KNKT masih berlangsung. Masih ada data yang belum ditemukan, seperti cockpit voice recorder (CVR) yang bisa membantu menyingkap tabir kelam penerbangan JT610.


Diubah oleh monbebemx
7
Kutip
Balas
Tampilkan isi Thread
Urutan
Terlama
Halaman 4 dari 6
09-11-2018 02:04
Balasan post maulinho13
Quote:Original Posted By maulinho13




Lebih ke pilot yang gagap kalo menurut ane. Di bulletin boeing kata2nya remind pilot, artinya sebenarnya petunjuk penanganan situasi ini udah ada, pilot/kopilot tinggal buka buku manual ikuti instruksi. Mungkin pilot di 3 penerbangan si max8 sebelumnya ngikutin instruksi manual makanya gak kenapa2, pas dapet si pilot india apes. Yang jadi pertanyaan sekarang, berapa lama waktu dari mulai muncul masalah sampai pesawat crash, apa rentang waktu segitu sempat buat pilot buka manual? Kalo sebenarnya cukup waktu tapi pilot gak ngikuti instruksi manual, berarti pilot error dan Lion harus follow up entah dengan nambah waktu minimum simulasi pilot atau training pilot lebih ketat. Kalo ternyata memang rentang waktunya mepet banget buat pilot ngambil keputusan, berarti desain flaw dan boeing yang harus follow up entah software patch ato apa. Cmiiw just my 2 cents.


Jangan lupa..
setiap ada jenis pesawat yg dibeli ada simulatornya serta pelatihan buat pilotnya..
kalau yh agan bilang pilotnya gagap..

Pertanyaan lanjutannya
apakah pilot sudah cukup pelatihan? Walau tidak menjamin cukup pelatihan pasti bs ngatasi..
yg jelas penyelidikan knkt indonesia n Usa lg di tunggu dunia..

Sementara ane menganggap boing hanya keluarin buku putih pembelaan diri.. yg menentukan hasil penyelidikan knkt indonesia n usa..
0
Kutip
Balas
09-11-2018 02:17
MAU CARI BANDAR TOGEL ONLINE YANG BISA BAYAR BERAPAPUN JEPE ANDA ?


YUKK.. MARI DAFTAR DI RAJA12SHIO ! CABANG DARI 12SHIOGROUP !
BANDAR TOGEL ONLINE AMAN & TERPERCAYA ! RAJA12SHIO !

-------->>>>>>>>>>> RAJA12SHIO <<<<<<<<<<<--------

KAMI MEMILIKI 10 PASARAN POPULER !


KAMI JUGA MEMILIKI :
- PROGRAM MEGAJACKPOT RP.300.000.000
- LOYALTY POIN BERUPA :
*SALDO RP.150.000
*EMAS
*AC (AIR CONDITIONER)
*HADIAH MOBIL !
- BONUS REFERRAL 1% S/D 3%



LINK PENDAFTARAN :
https://bit,ly/2LYo8Dn


WA :+855975478987
LINE : raja12shio
BBM : 12SHIO3


Dokumen Boeing Beri Petunjuk Kerusakan Pesawat Lion Air JT 610

BO AMAN & TERPERCAYA , JEPE BERAPAPUN TETAP DI BAYAR LUNAS !
RAJA12SHIO , MEMBERIKAN BUKTI ! BUKAN JANJI !?
-4
Kutip
Balas
09-11-2018 02:31
semakin canggih semakin rumit emoticon-Big Grin
0
Kutip
Balas
09-11-2018 02:37
Gue. Nggak nyangkut nih bahasa penerbangan
0
Kutip
Balas
09-11-2018 04:48
Emm mohon djelaskan dg pnjelasan yg lebih sederhana emoticon-Malu
0
Kutip
Balas
09-11-2018 04:55
jadi gitu bre
0
Kutip
Balas
09-11-2018 05:25
Quote:Original Posted By beburubabi




Tul bray


kaga usah di quote biar ga panjang bego
0
Kutip
Balas
09-11-2018 06:34
Yg sudah y sudah
0
Kutip
Balas
09-11-2018 08:07
0
Kutip
Balas
09-11-2018 08:14
kalo diliat dari data altitude yang berubah ubah di penerbangan sebelumnya
kayaknya memang benar demikian seperti berita ini



menarik sih ini, berarti cacad produk ya, apa pihak boeing gak ada peranan tanggungjawab, berhubung pesawat itu baru 2 bulan
0
Kutip
Balas
09-11-2018 08:25
Jadi intinya adalah emoticon-Thinking
0
Kutip
Balas
09-11-2018 09:16
intinya semua sudah jalan dan kuasa Tuhan emoticon-Turut Berduka
0
Kutip
Balas
09-11-2018 09:18
udah jelas produksi gagal,,,, sebelum keluar panduan ini pilot pasti ketar ketir bagaimana cara mengatasinya, sedangkan ketinggian pesawat saja sudah ngaco, cuma butuh 5 detik buat nyungsep, pilot bisa apa, lapor MaYDAY saja ga keburu
0
Kutip
Balas
09-11-2018 09:33
semoga segera terungkap ya
0
Kutip
Balas
09-11-2018 09:53
Quote:Original Posted By noctural
wowwww

gak mudeng gan emoticon-Mewek


sama.. pusing sy bahasanya
0
Kutip
Balas
09-11-2018 10:04
bisa diterjemahkan ke bahawa orang awam gak gan..?
kesimpulannya apa yang rusak? dan apa yang menyebabkan pesawat jatuh? itu aja gan.
0
Kutip
Balas
09-11-2018 10:50
Balasan post kingoftki
Quote:Original Posted By kingoftki
apapun penyebab kesalahan, segala tuntutan hukum hanya akan berhenti pada penuntutan gantikerugian dan itupun hanya menjadi domain dari insurance boeing (Lloyd's of london) dan tidak akan mungkin bikin boeing bangkrut atau siapapun masuk penjara.

saya sudah kenyang urus beginian.

klo ditemukan pelanggaran SOP Maintenance pesawat ttep ga ada yg dipenjara?

0
Kutip
Balas
09-11-2018 11:07
Boeing Versi Beta makanya NgeBug
0
Kutip
Balas
09-11-2018 11:09
Quote:Original Posted By febyafriwan
faktor kemungkinan sabotase selalu ada. mari kita sama sama membuka hati terhadap kemungkinan pihak yang zalim.
dan tetap mendoakan mereka yang menjadi korban, agar keluarga selalu diberi kekuatan dan diberi penglihatan di balik semua kejadian ini....


Ente sudah minum air kencing onta bray ?
0
Kutip
Balas
09-11-2018 11:11
ga paham pol emoticon-No Hope
0
Kutip
Balas
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 Kaskus – The Largest Indonesian Community