Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
231
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be3bb99a09a39b6588b4578/wahai-anak-muda-janganlah-minta-saran
Lagi-lagi soal sederhana. Soal minta saran, minta petuah, minta masukan, minta nasehat atau apalah itu namanya. Tolong hentikan itu. Tahukah kamu, pemberi saran terbaik adalah diri mu sendiri.
Lapor Hansip
08-11-2018 11:29

Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!

Quote:
Lagi-lagi soal sederhana. Soal minta saran, minta petuah, minta masukan, minta nasehat atau apalah itu namanya. Tolong hentikan itu. Tahukah kamu, pemberi saran terbaik adalah diri mu sendiri.


Mengapa sih, meminta saran itu "haram" bagi saya? Pertama, saya percaya kebenaran hakiki yang paling benar itu dari Tuhan. Yang Atheis silahkan simpulkan sendiri kebenarannya dari mana. Manusia itu intinya mencari yang mendekati kebenaran. Kamu melangkah, siapa sih yang paling paham dengan diri kamu? Kamu sendiri kan? Yang paham kebenaran atas diri mu siapa? Yang paham apa yang kamu rasakan siapa? Kamu!

Lalu apa alasan kamu minta saran pada orang yang tidak lebih paham dari diri kamu? Karena dia pengalaman. Karena kamu takut salah langkah. Karena kamu takut sakit karena terjatuh. Kalau seperti itu terus, kapan kamu akan menemukan kebenaran yang original atas diri mu sendiri? Semua yang mewarnai hidup mu karena tuntunan dan saran orang lain. Hehe.. Sampai di sini mumet? Atau sudah paham? Ini bukan sombong ya. Sombong itu ketika berhenti belajar dan mengklaim paling. Bisa paling benar, paling hebat, pokoknya merasa di atas semuanya.

Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!

Alasan kedua jangan meminta saran adalah, keadaan berubah dengan cepat. Kamu lulus SMA tahun depan, lalu bertanya pada Bapak mu yang lulus SMA tahun 1998, tentang profesi yang bisa dikerjakan sambil kuliah, saya yakin tidak akan nyambung. Orang jaman dulu, mengisi waktu kuliah untuk dapat duit, paling banter jadi pengantar makanan. Membantu mengajar anak SMP-SMA, atau buka rental komputer dan mengerjakan pengetikan mahasiwa malas.

OK Bapak mu mungkin akan jawab pekerjaan masa kini, tapi apa Bapak mu paham seluk beluk anak muda hari ini? Saya saja baru tahu kalau mantul itu artinya mantab betul beberapa hari lalu. Lihat betapa cepat dunia bergerak. Saya sendiri kalau ditanya saran soal masa depan orang, harus gimana, sangat takut untuk menjawabnya. Bukan karena saya sombong tidak mau menjawab, tapi takut menjerumuskan ke hal-hal yang salah. Dunia bergerak dengan cepat lho. Jangan-janga saran dari saya sudah usang dan tidak bisa dipakai lagi.

Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!

Alasan ketiga adalah, semakin banyak kamu meminta saran, semakin kamu tidak kenal dengan diri mu sendiri. Lha gimana mau kenal, kalau diri sendiri tidak dilibatkan dalam pengambilan keputusan. Yang diutamakan saran dari orang lain. Mau kuliah, minta saran ah ke sana. Mau beli baju, minta rekomendasi ah ke anu. Lha fungsi otak, fungsi hati, fungsi mata mu kamu pakai untuk apa? Untuk menilai saran orang lain? Lalu di mana kemerdekaan diri mu?

Jadi pribadi merdeka saja tidak bisa, ya jangan berharap memerdekakan yang lain termasuk finansial. Kunci sukses kan paham diri. Tahu potensi yang dimiliki diri, tahu kelebihan diri, tahu batas diri. Dengan tahu itu semua, baru menentukan apa profesi dan pekerjaan yang cocok. Lha kalau pekerjaan saja berdasarkan saran, terpaksa suka karena penilaian dari motivator, apa akan bahagia jiwa mu? Hehe.

Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!

Ayo anak muda, jadilah pribadi yang bebas dan merdeka! Merdeka dari saran-saran yang mempengaruhi jiwa mu. Karena hidup mu, ya kamu sendiri yang menentukan. Karena masa depan mu, kamu lah yang paling tahu. Bukan Ayah-Bunda mu, bukan pakar psikologi, apalagi motivator yang tidak jelas apa prestasinya. Salam Damai.


Merdeka!


Sumber Referensi : Pemikiran Pribadi
Sumber Gambar : sini, sini, sini, sini
6
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 11
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
08-11-2018 18:52
Quote:Original Posted By bulus111
hahaha ane cuma bisa ketawa liat pertanyaan kek gini, maaf ane coba ke google ketik "saran kbbi" nah abis itu coba liat maksud nya kalau anda masih ga mau juga ya wajar aja, mungkin umur anda sepantaran ane cuma pemikiran anda se umur akun ane haha
manusia merdeka atau engga??, coba spesifikan lagi kalau secara fisik manusia tidak merdeka karena banyak peraturan mengikat kalau secara hati dan pemikiran manusia itu merdeka karena kenapa tidak ada yang bisa tahu pemikiran dan hati manusia kecuali dia sendiri kecuali anda orang gila emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk

Saran itu bentuknya fisik atau pemikiran???
Quote:Original Posted By wolfzmus
Penasaran kalau mislakan TS tersesat di sebuah desa yang TS gak tau sama sekali bilang aja TS nyasar deh.. Terus bingung cara baliknya. Apa yang TS lakukan??
Kalau TS jawab terus mencaribyah silakan aja sich cuman yang ada habisin wakut walaupun akhirnya ketemu tapi kapan ketemunya?? Itu lho pertanyaannya. Mandiri soch boleh2 aja asal tau sitkon deh.
Apalagi di dunia kerja, kalau misalkan TS gak ngerti kerjaannya terus situ nyari sendiri dan solusinya pastinya yamg ada makan waktu lama apalagi pekerjaannya butih segera. Yang ada bisa2 di pecat (kemungkinan).
Kalau TS berpikir kalau nanya pas orang lagi sobuk sich yah sama aja boong itu nyusahi orang.
Coba sekali-kali minta saran atau butuh bantuan tapi lihat sitkon dulu lah.

Kalau agan tersesat di hutan hanya ada babi dan jika agan ga makan agan mati, agan makan ga??? Konteks thread dibaca pelan tanpa emosi ya??? emoticon-Big Grin
0 1
-1
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
08-11-2018 18:56
BAYANGKAN KALAU KATA ANAK MUDA, GW GANTI DENGAN MANUSIA??? APA GA MAKIN GEGER??? emoticon-Big Grin
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
08-11-2018 21:56
Quote:Original Posted By londo.046


Kalau agan tersesat di hutan hanya ada babi dan jika agan ga makan agan mati, agan makan ga??? Konteks thread dibaca pelan tanpa emosi ya??? emoticon-Big Grin


Lah koq nanya balik? Dah gitu napa jadi nyasar ke hutan?? Dibaca gak sich pertanyaan saya?? Konteksnya kan sama aja?? Pie toh?? Aneh deh... emoticon-No Hope
0 0
0
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
08-11-2018 21:58
Wah, aliran sesat nih. emoticon-Leh Uga

Ga boleh tanya? Nanti sesat di jalan dong. emoticon-Leh Uga

Mungkin maksud ts, sebelum bertanya cari dulu sampe mentok. Kalo ga ketemu juga, baru nanya. Jangan dikit2 nanya, padahal masih bisa nyari jawaban sendiri. Di mbah gugel misalnya.
Diubah oleh greengeckoijo1
0 0
0
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
08-11-2018 22:02
Waaah iya bang ndo, fakta di lapangan juga ternyata org yg biasa eksperimen & merasakan kesalahannya sendirilah yg nantinya bermentalkan bos besar.. slh satu contohnya ini dokter tirta. Jasa pembersih sepatu pertama di indo.. sebelumnya mana ada jasa ginian di indonesia kalo ga ada yg mau nyoba" kaya dr. Tirta ini..Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
1 0
1
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
08-11-2018 22:09
e err gw ga ngerti om


ini maksud kesimpulan pengen menuju ke arah abstrak diksi pointnya (arah filsafat, perenungan mungkin)

atau

sekedar ga boleh tanya siapa" ketika nyasar dihutan? kwwkwk
0 0
0
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
08-11-2018 22:17
Quote:Original Posted By londo.046
BAYANGKAN KALAU KATA ANAK MUDA, GW GANTI DENGAN MANUSIA??? APA GA MAKIN GEGER??? emoticon-Big Grin


Jiahahaha semangat om emoticon-Leh Uga
Trit ente bagus2 kok
0 0
0
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
08-11-2018 22:27
jangan takut dan khawatir akan bayangan orang lain
0 0
0
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
08-11-2018 22:33
minta duit ae dah klo gituemoticon-Embarrassment
0 0
0
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
08-11-2018 23:13
Karena kalau kebanyakan minta saran hanya akan disetir orang lain.Kalau disetir orang lain berarti level kita dibawah orang tersebut.Kalau level dibawah orang lain, analogi yang cocok diri sendiri karyawan orang lain bosnya.Kalau seluruh pemuda Indonesia terus-terusan minta saran ke orang lain dan akhirnya jadi disetir oleh orang pemberi saran,maka lupakanlah mimpi menjadi Macan Asia.
Diubah oleh brainymale
1 0
1
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
09-11-2018 00:12
ane minta nikah aja kalo ga boleh minta saran.
0 0
0
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
09-11-2018 00:27
Orang yang selalu meminta saran: ga berkembang.
Orang yang ga meminta saran: nyasar.

emoticon-Ngakak

Disaat yakin, lanjut.
Disaat udah mentok, minta saran.

Orang yg sukses itu adalah orang yang tahu kapan harus yakin diri sendiri dan kapan harus meminta saran.

Hidup itu jangan dipandang "hitam vs putih"

Enjoy ajaaa...

emoticon-Kaskus Radio
Diubah oleh samudra6969
4 3
1
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
09-11-2018 01:48
minta duit
0 0
0
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
09-11-2018 02:01
emoticon-Hansip

Saran apa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
utsunomiya dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
09-11-2018 05:16
Quote:Original Posted By greengeckoijo1
Wah, aliran sesat nih. emoticon-Leh Uga

Ga boleh tanya? Nanti sesat di jalan dong. emoticon-Leh Uga

Mungkin maksud ts, sebelum bertanya cari dulu sampe mentok. Kalo ga ketemu juga, baru nanya. Jangan dikit2 nanya, padahal masih bisa nyari jawaban sendiri. Di mbah gugel misalnya.

Mbah Gugel dah pensi...
Quote:Original Posted By terpaksapasrah2
e err gw ga ngerti om


ini maksud kesimpulan pengen menuju ke arah abstrak diksi pointnya (arah filsafat, perenungan mungkin)

atau

sekedar ga boleh tanya siapa" ketika nyasar dihutan? kwwkwk

Jangan minta saran terlalu sering... Bikin neg... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By edoha
Jiahahaha semangat om emoticon-Leh Uga
Trit ente bagus2 kok

Santai om...
Quote:Original Posted By brainymale
Karena kalau kebanyakan minta saran hanya akan disetir orang lain.Kalau disetir orang lain berarti level kita dibawah orang tersebut.Kalau level dibawah orang lain, analogi yang cocok diri sendiri karyawan orang lain bosnya.Kalau seluruh pemuda Indonesia terus-terusan minta saran ke orang lain dan akhirnya jadi disetir oleh orang pemberi saran,maka lupakanlah mimpi menjadi Macan Asia.

Nah... Ada yang paham juga...
Quote:Original Posted By ZallJunky
ane minta nikah aja kalo ga boleh minta saran.

Sok atuh om udah ada calon atau masih jomblo??? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By samudra6969
Orang yang selalu meminta saran: ga berkembang.
Orang yang ga meminta saran: nyasar.

emoticon-Ngakak

Disaat yakin, lanjut.
Disaat udah mentok, minta saran.

Orang yg sukses itu adalah orang yang tahu kapan harus yakin diri sendiri dan kapan harus meminta saran.

Hidup itu jangan dipandang "hitam vs putih"

Enjoy ajaaa...

emoticon-Kaskus Radio

Disaat mentok kita belajar dari orang lain... Kita baca literasi yang sudah ada, kita lihat perjalanan mereka tanpa harus bertanya... Lalu kita putuskan, Ok kita jebol tembok yang membatasi ini dan kita akan jadi juara... emoticon-Cool
Quote:Original Posted By admin7
Udah cukup om . Judul kaya gini pun msh banyak yg gagal paham emoticon-Big Grin

Biarlah om... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By khtanks
minta duit

Kerja... Kerja... Jangan hanya minta... emoticon-Big Grin
0 1
-1
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
09-11-2018 07:56
manusia itu makhluk sosial, untuk minta saran dari orang lain perlu juga untuk memilih keputusan terbaik

Emang bener kata ts nya "Karena hidup mu, ya kamu sendiri yang menentukan" goongnya kan kamu sendiri yg harus memilih hidupmu
1 0
1
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
09-11-2018 08:00
Quote:Original Posted By kaduruk
manusia itu makhluk sosial, untuk minta saran dari orang lain perlu juga untuk memilih keputusan terbaik

Emang bener kata ts nya "Karena hidup mu, ya kamu sendiri yang menentukan" goongnya kan kamu sendiri yg harus memilih hidupmu

Tapi selagi masih muda, carilah pengalaman dengan mandiri bukan dengan minta-minta... emoticon-Big Grin
1 1
0
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
09-11-2018 11:39
Mending minta saran dong gan.
Daripada mencoba sendiri lalu tersesat.
Dikira semua bisa diatasi sendirian.

Itu makanya manusia disebut makhluk sosial.
Butuh bantuan orang lain juga.

Pengusaha sukses pun juga dulunya diberi saran dari orang tuanya sehingga bisa sampai segitu.
Kalau sendirian, nggak bakal sesukses itu.
Hanya bakal sampai tengah jalan saja.

emoticon-Shakehand2
Diubah oleh northvidelia
2 1
1
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
09-11-2018 12:55
Quote:Original Posted By northvidelia
Mending minta saran dong gan.
Daripada mencoba sendiri lalu tersesat.
Dikira semua bisa diatasi sendirian.

Itu makanya manusia disebut makhluk sosial.
Butuh bantuan orang lain juga.

Pengusaha sukses pun juga dulunya diberi saran dari orang tuanya sehingga bisa sampai segitu.
Kalau sendirian, nggak bakal sesukses itu.
Hanya bakal sampai tengah jalan saja.

emoticon-Shakehand2

Ketika saya bertanya kepada orang tua, sebaik nya saya kerja apa, Papa saya menjawab... Lakukan yang kamu suka, jangan banyak bertanya... Batasnya hukum negara, agama dan norma... Semakin kamu minta saran, semakin bodoh kamu... Itu jawaban orang tua saya... emoticon-Big Grin
2 1
1
Wahai Anak Muda, Janganlah Minta Saran!
10-11-2018 11:43
gw setuju sama elu gan. .elu melihat dari sudut yg berbeda dari orang lain lihat. .lanjutkan gan
"terkadang kita butuh orang2 yg selalu mengejek kita agar hidup kita penuh tawa"wkwkwkwk
0 0
0
Halaman 3 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia