c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Pilih Mana Kanan, Kiri Atau Moderat ?


Ekstrim Kanan dan Kiri Atau Moderat ? Nah agan termasuk golongan yang mana nih ? Dalam kehidupan kali ini memang 3 unsur itu selalu saja kita temui. Entah sampai kapan mungkin saja hingga kiamat datang.



Banyak idiologi pun di sebut ekstrim kiri dan kanan, kiri itu identik dengan fasisme, marxisme dan komunisme nya
kalo kanan identik dengan kapitalisme dan liberalisme, serta agamis sedangkan pancasila disebut lebih moderat. Namun sayang di dalam perjalanannya pancasila bisa ditarik antara kiri dan kanan.

Disemua negara tidak semuanya penduduknya bermahzab yang sama, tentu saja ada perbedaan baik itu yang bersikap fanatik dan juga masa bodoh. Terkadang bila di dalam sebuah masyarakat ada yang fanatik buta dan keras dianggap ekstrem kanan sedangkan bila ada masyarakat yang menyikapi sesuatu dengan santai, tidak terlalu fanatik namun terlihat mengecilkan masalah disebut juga ekstrem kiri. Lalu ada penyeimbang diantara mereka tak fanatik buta tak juga menyepelekan masalah, semuanya di perhitungkan dengan bijak itulah yang disebut dengan moderat.

Banyak kasus - kasus di Indonesia sering di goreng hingga terpecah lah beberapa kelompok, dari yang menghina, menghujat, fitnah, hingga hoaks secara terus menerus seperti ada yang tak ingin kedamaian hadir di bumi pertiwi ini. Kelamnya hukum dalam bertindak adil ketika dijatuhkannya vonis hakim kepada banyak para pejabat yang hidupnya bergelimang kemewahan, membuat banyak orang saling tuduh menuduh ada permainan besar yang tak kasat mata.



Bahkan agama pun sudah meracuni perpolitikan Indonesia untuk mencari pengikut ketika musim kampanye tiba, ketika sang parpol berkata tak perlulah menjual politik agama, kita tak butuh suara dari agama mayoritas hasilnya menapaki tahun 2019 mereka menjilat ludahnya kembali, mendekati kiai yang sudah uzur dan dijadikan tameng untuk meraih suara. Dimana letak moderat yang ada dalam tubuh pancasila nampaknya sudah susah untuk dicari, kalau kamu tak ingin kanan harus pilih kiri...entahlah nampaknya saat ini menjadi seorang yang moderat memang susah. Bahkan isu-isu perbedaan kelompok yang ada tetap saja berkumandang yang satu bernaung di kanan dan yang lainnya dianggap kiri.

Setidaknya kini kita harus bangkitkan lagi sikap moderat dalam diri kita, sikap yang berusaha mengakomodir pandangan atau pendapat orang lain dan tidak bersikap terlalu memihak ke satu sisi atau cenderung netral. Sikap moderat ini tentunya akan membawa kita menjadi cenderung lebih kompromistis dan dekat dengan toleransi. Dalam menjalankan aksinya pun lebih kooperatif, tidak memilih antara kanan dan kiri, namun tujuannya untuk kedamaian bersama.



Adakalanya suatu masalah tak usahlah dianggap sepele namun juga tak harus berdarah darah, sikapilah dengan bijak dan berikanlah yang terbaik untuk negara ini, yang nampaknya sedang terbawa arus reformasi yang kebablasan.

Serupuutt dolo ahh...



referensi






Diubah oleh c4punk1950... 05-11-2018 10:31
1
17.1K
130
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.