apaadanyacintaAvatar border
TS
apaadanyacinta
Wah Ternyata Samsung & Apple Sengaja Bikin Lemot, Begini Penjelasannya!
Pengguna Samsung, Apple, dan Merek Lainnya Wajib Ngumpul Di sini

emoticon-Matabelo

Lah.. emang ada apaan Gan?Weisss.. tenang aja gan. Soalnya ada kabar yang bisa bikin kita tercengang Nih. Ane aja baru tau setelah baca artikel di Vice.com, dimana di situ ngasih pencerahan tentang Samsung dan Apple yang kena denda. Ooohhh.. cuman itu? Ga gan, karena ada hal lain yang pastinya juga bakal bikin kaget!.

Agan agan yang ngerasa apple fans boy pasti pernah dong ngerasain smartphone yang lemot gegara abis update OS, atau mungkin agan yang fans berat Samsung juga ngerasain hal yang sama, dimana handphone berasa lemot setelah dipake beberapa bulan? Mungkin awalnya agan mikir kalo ini cuma sekedar mitos kita aja kali yak, ternyata fakta ini ada benarnya juga loh Gan! Soalnya ane kan emang pernah pake ipin 5s, upgrade dikit ke ipin 6 plus, dan kemudian dua tahun beralih pake HP Samsung seri Galaxy.Emang bener sih penyakitnya si Samsung ini kalo yang ane rasain tuh kalo udah sekian lama dipake nantinya bakal kerasa lemot, ane pikir sih itu cuma rumor aja. Tapi ternyata setelah nyimak dari berita di atas, ehhh.. bener gan kalo itu bukan mitos tapi emang sengaja dari pabrikan smartphone itu.

emoticon-Wowemoticon-Hammer2 :




Samsung dan Apple yang jadi raksasa teknologi ini harus bayar denda masing-masing Rp. 171 miliar dan Rp. 65 miliar oleh lembaga Watchdog Antitrust Italia yang berhasil membuktikan bahwa kedua pabrikan smartphone ini terlibat dalam “praktek komersil yang tidak jujur,” seperti dikutip surat kabar The Guardian, yang beritanya bisa disimak lewat link ini.

Autorità Garante della Concorrenza e del Mercato (AGCM)-lembaga pengawas persaingan usaha yang bertugas memastikan undang-undang perlindungan konsumen Uni Eropa berlaku di Italia - memulai penyelidikan kasus ini sejak Januari 2018. AGCM mengumumkan temuan yang sebenarnya sudah kita curigai selama ini: "jika kita tak menggunakan perangkat ponsel terbaru, ada kemungkinan software yang harus diinstall pengguna justru menggangu fungsi ponsel."

Dalam paparan AGCM, update yang diberikan kedua perusahaan ini "menyebabkan malfungsi dan mengurangi performa secara signifikan hingga memicu pemilik lekas mengganti ponselnya." Strategi dagang macam ini dikenal dengan teknik “planned obsolescence.” Praktiknya kira-kira seperti ini: seorang pemilik iPhone6 dipaksa menginstall software yang sejatinya didesain untuk hardware iPhone8. Imbasnya, kinerja ponsel jadi menurun dan memaksa mereka membeli iPhone terbaru. Nah, hasil investigasi AGCM menyimpulkan bahwa baik Samsung atau Apple sengaja melakukan ini. 



Hmmm... ternyata gitu gan penjelasannya dari selama ini yang ane rasakan... emoticon-Cool. Kalau versi ane sih gan, namanya kita sebagai pengguna yang penting sih smartphone lancar dan ga lemot, jadi kadang manut aja sih kalo disuruh update atau install software yang direkomendasikan sama mereknya, ya nggak sih? Agan pun pasti pada setuju kan, kalo yang namanya update itu demi pengalaman pake smartphone lebih baik, bukan berarti malah tambah lemot dan dituntun untuk beli yang baru. Kalau kayak gitu terus yang ada dompet ane bisa jebol gan buat upgrade handphone terus-terusan,  ane jadi bisa telat bayar semester atau telat bayar kos emoticon-Cape d....Tapi mungkin inilah jadi salah satu kekurangan hp merek besar kayak Samsung gan, ga berani kasih spek jor-joran jadinya ngaruh ke performa yang lelet.

"Kedua perusahaan ini terbukti memaksa konsumennya - melalui permintaan menggunduh software yang terus menerus muncul dan lewat perbedaan informasi dari apa yang disediakan pabrik ponsel Apple dan Samsung - menginstal update pada gawai yang sebenarnya tak mendukung update tersebut tanpa menyediakan informasi atau cara merestore gawai ke fungsi dasarya," demikian keterangan AGCM, yang kalau agan mau baca paparan lengkap dari AGCM bisa meluncur nih gan buat nyimak melalui link ini, kalo gagal paham bisa gunakan google translate Gan.. emoticon-Ngakak.


Akhirnya keinget gan, pengalaman pake Samsung Galaxy Series, tuh udah beraneka ragam cara ane cobain buat ngatasi lemot, mulai dari nonaktifin aplikasi bawaan pabrik, pindahkan aplikasi ke memori eksternal, hapus cache, sampe saking nggak sabarnya ane sampe hard reset dari pada nungguin lama emoticon-Hammer2

Kalau agan sendiri pengguna Samsung, pernah ga ente ngerasain yang kayak gitu gan? Komeng yak..

16
28.4K
223
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.