speedpartsrusAvatar border
TS
speedpartsrus
7 Bahaya Sering Bongkar Karburator Motor | Speedpartsrus
emoticon-SelamatWelcome to my trit emoticon-Selamat

emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir



Agan masih punya motor karbu? Pasti paham gimana gregetnya bisa bongkar pasang motor yang satu ini. Sebab motor keluaran sebelum injeksi ini setelah dipakai sekian lama banyak mengalami masalah. Kini dalam perkembangannya motor karbu mulai ditinggalkan dan diganti dengan motor injeksi atau yang biasa dikenal sebagai teknologi EFI (Electric Fuel Injection) yang artinya bahan bakar bisa langsung terkomputerisasi. Keren! emoticon-Big Grin

Balik lagi to the topic, asik emoticon-Big Grin Agan yang suka iseng bongkar pasang karburator motor perlu paham bahwa akan ada konsekuensi yang ditimbulkan. Apalagi jika kurang berpengalaman dan hanya terima bongkar terima kasih hehe emoticon-Big Grin motor karbu yang sering agan bongkar akan mengalami beberapa masalah. Bahkan bisa-bisa akan berbahaya saat digunakan nantinya. Karburator sendiri adalah alat yang berfungsi sebagai pengatur percampuran udara dan bahan bakar dalam proses pembakaran dalam mesin kendaraan karena alat ini sangatlah vital.

Lalu pertanyaan agan, “lah kalau di bengkel juga dibongkar kan?” emoticon-Bingung Yap betul! Sekalipun agan pergi ke bengkel-bengkel pinggir jalan di Eropa pasti bakal dibongkar emoticon-Big Grin Para teknisi membongkar pasang karburator mereka saat sedang melakukan service rutin. Bahkan teknisi-teknisi dulu selalu menyarankan untuk bongkar karburator supaya alat vital motor ini jangan bermasalah.

Minimal saat kita service dan ganti oli setiap 2.000 – 3.000 km atau sebulan sekali, karburator motor kita wajib diservis. Katanya agar motor nggak berebet akibat karburator kemasukan benda asing atau kotoran dari bahan bakar yang dikonsumsi motor. Kerak sisa pembakaran inilah yang kemudian mewajibkan motor perlu dibersihkan karburatornya.

Ternyata, sering mengutak-atik kaburator motor tak selalu bersifat positif, bahkan ada kalanya kebiasaan untuk bongkar pasang kaburator dapat membawa bencana pada motor agan. Sebenarnya komponen satu ini tak perlu terus-menerus untuk dibongkar pasang, sebab sebaiknya kita hanya membongkar karburator jika jalur bensin mampet dan tidak bisa dibersihkan dari luar. Selebihnya ya cukup menyetel settingan angin karburator motor kita saja.

Apa sih akibatnya kalau kita sering bongkar pasang karburator? Berikut ini adalah beberapa efek negatif jika kita terlalu sering bongkar pasang karburator.

Jangan lupa emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star dong emoticon-Wowcantik


Quote:




Quote:




Quote:




Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Itulah 7 bahaya sering membongkar karburator yang bisa agan alami sewaktu-waktu. Karena itu daripada membongkar karburator motor sendiri lebih baik bongkar rahasia teman agan, lho salah emoticon-Ngakak (S) Carilah orang yang berpengalaman, dalam hal ini tentu saja mekanik di bengkel yang terpercaya. Apalagi sekarang sudah ada teknologi terbaru servis motor tanpa bongkar pasang motornya. Cukup dengan cairan auto clean up dan auto tune up yang bisa membersihkan saluran bahan bakar karburator sampai tuntas. Lagi pula, jaman udah berubah dan semakin canggih, semua dapat diatasi dengan sistem komputerisasi. Termasuk dalam servis motor. Jadi, daripada bikin susah hidup agan sendiri membongkar pasang karburator motor dengan risiko tinggi, lebih baik servis motor agan di tangan yang sudah ahli. Semoga bermanfaat!

Ingat selalu tinggalkan jejak sebelum angin menghapus jejakmu emoticon-Malu

GIME GIME GIME
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Sumur: 7 Bahaya Sering Bongkar Karburator Motor


Baca juga:
Rawat Ban Motor Matic Lebih Awet
Cerdas Beli Spare Part Motor Bekas, Ini Tipsnya Gan! [HT]
3
12.5K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.