Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
82
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd3ed1831e2e69c1d8b4567/kenapa-pr-di-ciptakan-dan-apa-faedahnya
Hello, what news everybody? Selamat datang, dan selamat membaca:Yb Kenapa harus ada yang namanya PR di dunia ini? Siapakah penciptanya? Ada faedahnya dari adanya PR? Jika Agan seorang pelajar pasti Agan sudah tidak asing lagi dengan yang namanya PR alias Pekerjaan Rumah. Pekerjaan rumah sendiri memang selalu membuat Agan kesal sebab nampak begitu rumit dan terlalu banyak. Eits, tapi jangan
Lapor Hansip
27-10-2018 11:44

Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hello, what news everybody? Selamat datang, dan selamat membacaemoticon-Blue Guy Peace

Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?

Kenapa harus ada yang namanya PR di dunia ini? Siapakah penciptanya? Ada faedahnya dari adanya PR?

Jika Agan seorang pelajar pasti Agan sudah tidak asing lagi dengan yang namanya PR alias Pekerjaan Rumah. Pekerjaan rumah sendiri memang selalu membuat Agan kesal sebab nampak begitu rumit dan terlalu banyak. Eits, tapi jangan salah gan, ternyata PR ini punya sejarahnya sendiri loh. PR ternyata sudah sejak lama ada di dunia gan.

PR memang kerap menjadi andalan para guru ketika pelajaran sudah selesai, supaya murid-murid belajar lagi di rumah. Tetapi, itu cuma ada di masa kini gan. Zaman dulu, seorang guru membuat PR untuk menghukum para muridnya loh. Wah, kok bisa PR jadi sarana menghukum murid? Eh tapi jangan salah sangka dulu gan, ada cerita dibalik itu semua loh. Dimulai dari pencipta PR sendiri, orang tersebut adalah pria bernama "Roberto Nevilis".

Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?

Beliau membuat PR untuk menghukum para muridnya yang kurang mengerti akan pelajaran yang diajarkanya di sebuah sekolah di Venice, Italia pada tahun sekitar 1905. Sebetulnya, tujuan Roberto sendiri adalah agar murid-muridnya tersebut bisa lebih mengerti akan makna dari pelajaran yang sudah mereka dapatkan di sekolah. Nah oleh sebab itu, akhirnya PR tidak hanya diterapkan pada sekolah Robert saja, tetapi di seluruh dunia mulai mengikuti sistem dari belajar di rumah atau PR tersebut.

Walaupun begitu banyak pula manfaat dari diciptakannya PR. Jadi untuk Agan yang suka dengan adanya PR ini, Agan harus berterima kasih kepada guru bernama Roberto Nevilis gan. Faktanya, di masa tersebut PR juga diciptakan di waktu yang sama dengan sistem sekolah formal yang ada di sana. Pada masa tersebut, sekolah formal cuma tersedia untuk para penduduk tertentu.

Dan, Roberto pun ingin membantu para muridnya supaya lebih mengerti makna seutuhnya dari pelajaran yang sudah dipelajari. Tak hanya itu, karena PR diciptakan bebarengan dengan sistem pendidikan formal, PR pun dijadikan bagian dari sistem pendidikan di wilayah Eropa. Begitupun di Indonesia, PR sudah menyebar keseluruh sekolah di Indonesia, dan banyak membuat kepanikan kecil ketika guru memberikan PR ke murid mereka.

Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?

Manfaat dari PR itu, apasih?

1. Melatih Kemandirian

Kalau ada PR, setidaknya Agan bisa mencoba untuk mengerjakan PR tersebut secara individu terlebih dulu, kalau ada kesusahan, barulah Agan bisa bertanya kepada teman, orangtua, ataupun guru les Agan.

2. Membuat Lebih Rajin

Kenapa dengan mengerjakan PR bisa melatih untuk lebih rajin lagi? Sebab ketika Agan mengerjakan PR, tentu saja Agan akan memerlukan pengorbanan waktu serta juga usaha. Kalau Agan sudah terbiasa, pasti akan lebih mampu untuk menerima tugas-tugas yang memerlukan usaha saat mengerjakan.

3. Menambah Kreativitas

Memang PR bisa menambah kreativitas ya? Tentu, karena PR tak selalu dalam bentuk menghitung ataupun hafalan, ada juga PR yang mengajak Agan untuk menggunakan imajinasi, seperti misal mengarang, menggambar, menyalin, membuat kerajinan tangan serta masih banyak lagi yang lainnya.

4. Meningkatkan Keterampilan

Dengan mengejarkan sebuah PR, Agan akan bisa meningkatkan keterampilan dalam hal-hal seperti contohnya menulis, berhitung, menggambar, serta masih banyak lagi yang lainnya.

5. Adanya Interaksi Orangtua

Umumnya kalau Agan tidak dapat mengerjakan PR yang ada, Agan akan bertanya ke orang tua. Hal tersebut juga bisa meningkatkan kepedulian dari orangtua Agan kepada proses pembelajaran Agan di sekolah serta juga mengembangkan adanya interaksi antara orangtua dengan Agan.

Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?

Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?

Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
Diubah oleh junleon
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 09:39
Quote:Original Posted By kecatriatamvan
Menjadi rajin karena PR...
(Rajin kesekolah lebih pagi minjem PR punya temen emoticon-Ngakak (S))


True story:tepuktangan
Quote:Original Posted By j6bountyhunter
sampek sekarang msh ngerjain pr, pr adek. adeknya mah enak2 maen mobel lejen

tai emang

Wkwk kesiyan:goyang
0 0
0
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 09:49
PR itu mirip quest dalam game , pasti ada reward nya wkwk
0 0
0
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 11:00
lucunya pas jaman masih SMA, disuruh ngerjain PR matematik tapi gurunya sendiri gak pernah periksa buku kerjaan muridnya emoticon-Ngakak (S)
paling tunggu dipanggil kedepan kelas aja ngerjain soal, kalo gak bisa ya alamat dimarah2 in
0 0
0
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 12:10
PR itu sebenarnya adalah salah satu cara guru untuk mengetes hasil belajar seorang siswa di sekolah, kemudian pr juga sarana agar murid tersebut ingat terhadap pelajaran yang diajarkan, namun terlalu banyak pr terkadang membuat murid merasa jenuh terhadap sistem pendidikan yang ada
0 0
0
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 12:32
Pr diciptakan untuk orang gabut, ane selalu tidak buat pr gan emoticon-Cool
0 0
0
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 12:47
Quote:Original Posted By oryu
PR itu mirip quest dalam game , pasti ada reward nya wkwk


Double exp rewardnya emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By anoname15
lucunya pas jaman masih SMA, disuruh ngerjain PR matematik tapi gurunya sendiri gak pernah periksa buku kerjaan muridnya emoticon-Ngakak (S)
paling tunggu dipanggil kedepan kelas aja ngerjain soal, kalo gak bisa ya alamat dimarah2 in


Yaa, gitu dech. Metode guru beda2 om. Terkadang, guru pernah menjadi murid, tapi murid belum pernah menjadi guru. Betul gak om? Mungkin gurunya teringat metode guru matematikanya dulu.

Quote:Original Posted By ayosholat
PR itu sebenarnya adalah salah satu cara guru untuk mengetes hasil belajar seorang siswa di sekolah, kemudian pr juga sarana agar murid tersebut ingat terhadap pelajaran yang diajarkan, namun terlalu banyak pr terkadang membuat murid merasa jenuh terhadap sistem pendidikan yang ada


Murid merasa jenuh? Untuk apa bahasan "tenggang rasa" di PKN ( dulu PPKn/PMP) om?
Langsung dipraktekkan saja pelajarannya. Kayak film "Laskar Pelangi" tentang PKn Dan Fisika. emoticon-I Love Indonesia
Guru kayaknya lebih jenuh kalo tidak ada keunggulan anak didiknya.
0 0
0
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 12:56
untung udah gak ada tuh orang yg nyiptain PR, kalo masih idup mao ane tampolin bolak balik ampe goblog tuh. emoticon-Ngamuk
Bikin idup susah doang PR tuh....
Diubah oleh Yohbk
0 0
0
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 14:09
Pr bnyk manfaatnya. Murid2 bisa lebih mengerti tapi jangan terlalu bnyk soalnya ada pr dr pelajaran lain .
0 0
0
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 14:47
Quote:Original Posted By o.best
PR pekerjaan rumah yg dikerjakan disekolah emoticon-Ngakak
Boro2 ngrjain pr, 1 buku tulis aj buat semua pelajaran :goyang


Yg penting kan sekolah nya ada rumahnya kan gan ? emoticon-Ngakak
0 0
0
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 15:17
ane dari sd gapernah pr dibantuin orang tua gan, nanya aja engga.
ngerjain pr enaknya dikelas pas pulang sekolah atau pagi2 dikelas gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 15:25
Quote:Original Posted By junleon
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?

Quote of The Day
"PR akan terasa lebih mudah, ketika tidak dikerjakan"


ngakak ane gan, liat quote ente emoticon-Leh Uga

btw, nice post gan emoticon-Jempol

tolong dicendolin ya gan, terima kasih

emoticon-Nyepi

Quote:Original Posted By reza46
Pekerjaan rumah tapi terkadang jadi pekerjaan sekolah emoticon-Ngakak (S)


ane banget nih gan pas SMK wkwk..

emoticon-Cape d...
emoticon-Wkwkwk
1 0
1
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 15:42
Ane jarang banget ngerjain pr bre
0 0
0
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 16:45
Quote:Original Posted By mrkhan07
ngakak ane gan, liat quote ente emoticon-Leh Uga

btw, nice post gan emoticon-Jempol

tolong dicendolin ya gan, terima kasih

emoticon-Nyepi



ane banget nih gan pas SMK wkwk..

emoticon-Cape d...
emoticon-Wkwkwk


Sama gan..emoticon-Ngakak
0 0
0
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 17:51
Yang ada kalau terlalu susah buat anak malah bikin kerjaan ortu.
Di Jepang katanya di tingkat pendidikan dasar gak dikasih "PR" seperti di Indonesia, tapi disuruh bantu ortu/pekerjaan sehari2 di rumah/sekitar.
0 0
0
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 18:41
Biar agan belajar berkomitmen. Drpada nanti kalo udh kerja agan dikasih tugas tp tugasnya g dilaksanain sama sekali gara2 kebiasaan dasar bansgat emoticon-Mad
Diubah oleh urtin3
1 0
1
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 19:43
PR menjadi bukti sistem belajar mengajar kita kurang efektif. Terkadang PR yang diberikan hanya sebatas teori dan soal-soal mengenai materi yang sudah diajarkan di kelas.

Padahal alangkah lebih baik jika PR merupakan implementasi dari teori yang diajarkan di kelas. Siswa akan lebih berkembang jika dapat menerapkan apa yang ia pelajari di sekolah dalam kehidupan sehari-hari
1 0
1
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 21:11
Boro-boro gua ngerjain pr. Guru gak masuk, siswa dikasih tugas aja gua malah kabur pulang.
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
04-11-2018 21:23
tapi keseringan dikerjakan di sekolah gan dateng pagi# buat ngerjain
0 0
0
Kenapa PR di Ciptakan, dan Apa Faedahnya?
05-11-2018 07:27
dulu ane gk pernah ngerjakan PR
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia