Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
190
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd41d1ad44f9f414b8b4571/menguasai-huruf-sambung-masihkah-diperlukan-di-era-digital-ini
Berawal dari keponakan saya yang masih sekolah taman kanak-kanak mengajukan keberatan alias mogok belajar karena kemarin siang harus belajar menulis huruf sambung atau latin. Berbagai rayuan dilancarkan oleh ibunya tapi sang anak tetap berkata 'tidak mau'. Apa ada yang salah dengan huruf sambung ini? Kenapa anak-anak cenderung tidak sabaran ketika dihadapkan menulis huruf sambung?
Lapor Hansip
27-10-2018 15:08

Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?

[ HT# 375 ]

Berawal dari keponakan saya yang masih sekolah taman kanak-kanak mengajukan keberatan alias mogok belajar karena kemarin siang harus belajar menulis huruf sambung atau latin. Berbagai rayuan dilancarkan oleh ibunya tapi sang anak tetap berkata 'tidak mau'. Apa ada yang salah dengan huruf sambung ini? Kenapa anak-anak cenderung tidak sabaran ketika dihadapkan menulis huruf sambung?


Sikap yang dilakukan oleh keponakan saya ini mengingatkan kembali pemikiran saya waktu lampau. Pertanyaan saya sejak dulu yang belum terjawab pada akhirnya muncul kembali yang kurang lebih sama mengenai huruf sambung kenapa harus ada, kenapa, karena dulu saya juga kurang menyukainya, hehe. Namun kini pada akhirnya terjawab sudah ke ke-poan saya.

Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?


Menguasai Huruf Sambung
Masihkah Perlu?


Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?

Dulu, alasan kenapa saya kurang begitu suka dengan huruf sambung selain karena tidak bisa menulis sambung dengan baik dan benar saya berfikir karena dalam kehidupan nyata sehari-hari tidak pernah di pakai, jadi waktu itu semakin tidak menyukailah saya dengan pelajaran huruf sambung.

Meski mungkin kita bisa menulis sambung hasilnya cukup indah, tapi di zaman seperti sekarang ini yang serba digital, segalanya serba cepat apa masih diperlukan? Saya justeru menyarankan sekarang ini lebih baik mempelajari bagaimana menulis huruf cetak dengan baik dan benar saja, hehe. Dan di zaman digital ini kita sangat tahu kita sehari-hari berkutat dengan yang namanya tombol keyboard, touch screen, bahkan boleh dibilang kosentrasi menulis manualpun sepertinya mulai jarang dilakukan. Meski kita sekarang seperti robot tapi itulah kemajuan zaman, mau tidak mau kita meski ikuti. Dulu kita menulis surat secara manual, sekarang cukup sms atau chat via sosial aplikasi dan banyak contoh lainnya bisa diterima dalam hitungan detik saja.

Menurut saya tuntutan menulis sambung harus bagus dan ahli lebih cocok disematkan kepada mereka yang berkutat dengan dunia seni, seni menulis indah, kaligrafi, penulisan dokumen, yang artinya hanya orang tertentu saja yang perlu menguasainya, tapi mengapa kita diharuskan mempelajarinya, dan kalau mendapat nilai jelek sepertinya kita merasa terpojokkan, padahal keahlian menulis sambung tidak harus dikuasai oleh semua orang, kan?

Namun setelah dewasa saat ini saya baru mengerti kenapa kita khususnya bagi anak-anak tumbuh kembang diharuskan mengenal dan mempelajari huruf sambung. Dan alasanya cukup membuat saya mengerti dan menerima kenapa hingga saat ini pengenalan huruf sambung masih harus di pertahankan. Berkat bertanya ke guru, oom gugle, saya mendapat jawaban yang cukup memuaskan, yakni:

Anak siswa akan dilatih kemampuan motoriknya, mengenalkan ragam jenis tulisan, mengidentifikasi perbedaan huruf kepada siswa, melatih kosentrasi, melatih siswa dalam mengontrol emosinya, melatih kesabaran, meningkatkan kemampuan mengeja kata, dan dalam pembelajaran akan mempercepat proses bisa menulis.

Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?

Jadi kesimpulannya menurut saya mempelajari huruf sambung ternyata memang masih diperlukan terutama bagi anak-anak di usia dini agar cepat bisa baca dan tulis. Sifat menolak keponakan yang saya tulis di paragraf awal karena memang sifat anak-anak yang cenderung tidak sabaran inilah yang membuatnya menolak untuk tekun mempelajari huruf sambung.

Kontradiksi lainnya adalah setelah kita dewasa pemakaian huruf sambung bisa dikatakan sangat jarang bahkan hampir tak dipakai lagi, tapi kenyataannya melatih kita untuk membuka jendela dunia dengan cara membaca, mengontrol emosi, melatih kesabaran, mempercepat proses eksekusi dalam menganalisa sesuatu. Dan buat teman yang mungkin sedang dalam keadaan emosi mungkin dengan mencoba menulis kertas dengan banyak huruf sambung secara tidak langsung bisa mengontrol emosi dan mungkin akan memberikan jalan keluar permasalahan yang sedang dialami.

Menulis sambung ibarat sebuah batu loncatan atau mungkin pahlawan yang di lupakan, setelah kita bisa cepat membaca dan menulis kemudian kita lupakan begitu saja, apalagi di era digital ini. Benar atau tidak inilah opini saya, jika ada benar dari Tuhan dan jika ada salah datang dari saya pribadi, mohon masukan dan sarannya. Terimakasih. Salam Iskrim, gan.


===============================================================



Mampu menulis sambung juga mempermudah kita dalam memperdalam seni Kaligrafi
===============================================================

Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?

emoticon-Hai

Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?

Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?

█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌║││█║▌││█

Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: opini, oom gugel | Image : Koleksi pribadi | Sotoshop : iskrim




Diubah oleh iskrim
9
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 9
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:08
Tulisan resep dr dokter

Pusing ane bacanya wkwkwk
0 0
0
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:10
ane lebih sreg nulis sambung gan.
walau gak rapi, tapi ttp sambung.

Ada kesan tersendiri
0 1
-1
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:12
Quote:Original Posted By 3770372
penting, krn org jrg yg bisa
makanya bisa buat jualan

jualan tulisan bersambung indah untuk kartu ucapan emoticon-Big Grin


Pola fikir pengusaha nih emoticon-Big Grin
2 0
2
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:16
Wah thread ini sungguh sangat memantik pikiran ane gan, kayaknya huruf sambung sudah hampir dilupakan dikalangan anak kecil jaman sekarang emoticon-Cape d... (S)
1 0
1
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:17
Tanda tangan ane di KTP Sama SIM pake huruf sambung nama ane
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:19
Sebenarnya msh perlu, melatih fokus dan konsentrasi juga, kalau boleh jujur, inilah salah satu pelajaran yg bisa saya bawa bahkan selepas sekolah(setelah lulus). Bagi yg hobi kaligrafi, pelajaran tentu pelajaran ini msh perlu
1 0
1
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:19
kurang suka nulis
susah bacanya
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:20
Kalo kata ane, belajar nulis sambung untuk ngelatih motorik, sama kayak pas sekolah disuruh nggambar padahal gak semua siswa seneng dan punya bakat gambar...
Ane? Waktu pelajaran menulis halus, nilai ane nggak lebih dari 6. Pas udah dewasa, tulisan ane juga tetep jelek, tapi ada saatnya ane harus ngisi formulir resmi, ya ane usahain dibagis2in supaya ke baca sama orang laen...
1 0
1
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:21
Quote:Original Posted By iskrim


Nulis ginian apaan sih emoticon-Ngakak (S)


kagak kepake keknya bray,



btw,
ade font hurup sambung kagak bray ?
1 0
1
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:21
Sampai sekarang pun ane nggak bisa nulis sama huruf sambung emoticon-Ngakak
1 0
1
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:24
Perlu sih nggak karena ga akan di pakai juga
tapi keterampilangnya sih nice to have aja buat dikuasai...

ane sih merasa bersukut jadi anak generasi 90 yang pernah diajarin buat keterampilan ini.
1 0
1
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:26
Quote:Original Posted By payungpromo2012
waktu kecil tulisan sambung gw lebih bagus dari tulisan cetak, sekarang dua-duanya jelek. emoticon-Cape deeehh

by: www.payungpromo.com


Quote:Original Posted By F_U
Sebenarnya msh perlu, melatih fokus dan konsentrasi juga, kalau boleh jujur, inilah salah satu pelajaran yg bisa saya bawa bahkan selepas sekolah(setelah lulus). Bagi yg hobi kaligrafi, pelajaran tentu pelajaran ini msh perlu


Quote:Original Posted By joesilver
Kalo kata ane, belajar nulis sambung untuk ngelatih motorik, sama kayak pas sekolah disuruh nggambar padahal gak semua siswa seneng dan punya bakat gambar...
Ane? Waktu pelajaran menulis halus, nilai ane nggak lebih dari 6. Pas udah dewasa, tulisan ane juga tetep jelek, tapi ada saatnya ane harus ngisi formulir resmi, ya ane usahain dibagis2in supaya ke baca sama orang laen...


All cek kolor emoticon-Big Grin
0 0
0
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:26
Tulis sambung memang indah dipandang, tapi ketika berhadapan dengan realitas dalam kegiatan catat mencatat kita lebih cenderung ingin menulis dengan efektif dan efisien.

Ane rasa tulis sambung masih perlu dipelajari khususnya buat pecinta tipografi dan seni tulis.
2 0
2
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:27
tetap ga setuju.....
0 0
0
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:29
Penting kalo enye bisa nulis sambung kaya style copperplate, kan bisa dijual emoticon-Ngakak buat nulis puisi ke pasangan juga kayanya classic banget emoticon-Toast
1 0
1
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:30
Sampe skrg klo nulis (misal: notulen meeting) masih pake tulisan sambung emoticon-Cool
1 0
1
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:33

Wowowow

Quote:Original Posted By iskrim
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?

Berawal dari keponakan saya yang masih sekolah taman kanak-kanak mengajukan keberatan alias mogok belajar karena kemarin siang harus belajar menulis huruf sambung atau latin. Berbagai rayuan dilancarkan oleh ibunya tapi sang anak tetap berkata 'tidak mau'. Apa ada yang salah dengan huruf sambung ini? Kenapa anak-anak cenderung tidak sabaran ketika dihadapkan menulis huruf sambung?


Sikap yang dilakukan oleh keponakan saya ini mengingatkan kembali pemikiran saya waktu lampau. Pertanyaan saya sejak dulu yang belum terjawab pada akhirnya muncul kembali yang kurang lebih sama mengenai huruf sambung kenapa harus ada, kenapa, karena dulu saya juga kurang menyukainya, hehe. Namun kini pada akhirnya terjawab sudah ke ke-poan saya.

Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?


Menguasai Huruf Sambung
Masihkah Perlu?


Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?

Dulu, alasan kenapa saya kurang begitu suka dengan huruf sambung selain karena tidak bisa menulis sambung dengan baik dan benar saya berfikir karena dalam kehidupan nyata sehari-hari tidak pernah di pakai, jadi waktu itu semakin tidak menyukailah saya dengan pelajaran huruf sambung.

Meski mungkin kita bisa menulis sambung hasilnya cukup indah, tapi di zaman seperti sekarang ini yang serba digital, segalanya serba cepat apa masih diperlukan? Saya justeru menyarankan sekarang ini lebih baik mempelajari bagaimana menulis huruf cetak dengan baik dan benar saja, hehe. Dan di zaman digital ini kita sangat tahu kita sehari-hari berkutat dengan yang namanya tombol keyboard, touch screen, bahkan boleh dibilang kosentrasi menulis manualpun sepertinya mulai jarang dilakukan. Meski kita sekarang seperti robot tapi itulah kemajuan zaman, mau tidak mau kita meski ikuti. Dulu kita menulis surat secara manual, sekarang cukup sms atau chat via sosial aplikasi dan banyak contoh lainnya bisa diterima dalam hitungan detik saja.

Menurut saya tuntutan menulis sambung harus bagus dan ahli lebih cocok disematkan kepada mereka yang berkutat dengan dunia seni, seni menulis indah, kaligrafi, penulisan dokumen, yang artinya hanya orang tertentu saja yang perlu menguasainya, tapi mengapa kita diharuskan mempelajarinya, dan kalau mendapat nilai jelek sepertinya kita merasa terpojokkan, padahal keahlian menulis sambung tidak harus dikuasai oleh semua orang, kan?

Namun setelah dewasa saat ini saya baru mengerti kenapa kita khususnya bagi anak-anak tumbuh kembang diharuskan mengenal dan mempelajari huruf sambung. Dan alasanya cukup membuat saya mengerti dan menerima kenapa hingga saat ini pengenalan huruf sambung masih harus di pertahankan. Berkat bertanya ke guru, oom gugle, saya mendapat jawaban yang cukup memuaskan, yakni:

Anak siswa akan dilatih kemampuan motoriknya, mengenalkan ragam jenis tulisan, mengidentifikasi perbedaan huruf kepada siswa, melatih kosentrasi, melatih siswa dalam mengontrol emosinya, melatih kesabaran, meningkatkan kemampuan mengeja kata, dan dalam pembelajaran akan mempercepat proses bisa menulis.

Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?

Jadi kesimpulannya menurut saya mempelajari huruf sambung ternyata memang masih diperlukan terutama bagi anak-anak di usia dini agar cepat bisa baca dan tulis. Sifat menolak keponakan yang saya tulis di paragraf awal karena memang sifat anak-anak yang cenderung tidak sabaran inilah yang membuatnya menolak untuk tekun mempelajari huruf sambung.

Kontradiksi lainnya adalah setelah kita dewasa pemakaian huruf sambung bisa dikatakan sangat jarang bahkan hampir tak dipakai lagi, tapi kenyataannya melatih kita untuk membuka jendela dunia dengan cara membaca, mengontrol emosi, melatih kesabaran, mempercepat proses eksekusi dalam menganalisa sesuatu. Dan buat teman yang mungkin sedang dalam keadaan emosi mungkin dengan mencoba menulis kertas dengan banyak huruf sambung secara tidak langsung bisa mengontrol emosi dan mungkin akan memberikan jalan keluar permasalahan yang sedang dialami.

Menulis sambung ibarat sebuah batu loncatan atau mungkin pahlawan yang di lupakan, setelah kita bisa cepat membaca dan menulis kemudian kita lupakan begitu saja, apalagi di era digital ini. Benar atau tidak inilah opini saya, jika ada benar dari Tuhan dan jika ada salah datang dari saya pribadi, mohon masukan dan sarannya. Terimakasih. Salam Iskrim, gan.


===============================================================



Mampu menulis sambung juga mempermudah kita dalam memperdalam seni Kaligrafi
===============================================================

Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?

emoticon-Hai

Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?

Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?

█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌║││█║▌││█

Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: opini, oom gugel | Image : Koleksi pribadi | Sotoshop : iskrim






1 0
1
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:33
Ane termasuk generasi Z yang masih bisa nulis sambung/latinemoticon-Cool
1 0
1
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?
04-11-2018 19:33
Quote:Original Posted By urtin3
Sebagai org yg pernah diajarin cara nulis huruf sambung, ane ngerasa g gitu penting emoticon-Traveller


Sama gan
Bahkan hurup sambung ane termasuk bagus dulu
Jaman udah berubah gan
Diubah oleh doombringer2211
1 0
1
Halaman 4 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia