News
Batal
KATEGORI
link has been copied
127
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bcc392d32e2e6755a8b4567/ternyata-sengkuni-tokoh-mahabharata-orang-afganistan-pakistan-gan
Siapa yang tak kenal sengkuni?....dalam pergaulan sehari-hari orang yang licik dan culas di sebut sebagai sengkuni.ternyata sengkuni itu orang yang berasal dari daerah yang bernama Afganistan/pakistan.sengkuni adalah seorang pangeran dari kerajaan Gandhara yang wilayah nya kini mencakup pakistan dan Afganistan timur(Gandhara masa islam di sebut sebagai kandahar).Dalam kitab Mahabharata
Lapor Hansip
21-10-2018 15:30

Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan

Past Hot Thread
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan



Siapa yang tak kenal sengkuni?....dalam pergaulan sehari-hari orang yang licik dan culas di sebut sebagai sengkuni.ternyata sengkuni itu orang yang berasal dari daerah yang bernama Afganistan/pakistan.sengkuni adalah seorang pangeran dari kerajaan Gandhara yang wilayah nya kini mencakup pakistan dan Afganistan timur(Gandhara masa islam di sebut sebagai kandahar).Dalam kitab Mahabharata disebutkan bahwa Sangkuni merupakan pangeran dari kerajaan Gandhara pada masa pemerintahan Subala.Sengkuni dalam Mahabrahata di gambar kan sebagai paman para Korawa dari pihak ibu.ia selalu menghasut para Korawa untuk memusuhi pandawa dengan cara-cara yang licik.ia berhasil merebut kerajaan Indraprastha melalui permainan dadu.ketika korawa berkuasa di hastinapura ia menjadi patih....dari adik nya sengkuni Gandari melahir kan para Korawa yang antara lain adalah Duryudhana.
Sengkuni tewas dalam pertempuran di Kurukshetra yang bernama perang Bharatayudha yang berlangsung selama 18 hari.Sengkuni tewas pada hari terakhir peperangan.menurut versi mahabrata sengkuni tewas oleh sadewa.Kisah versi India sedikit berbeda dengan KaKhawin Bharatayuddha yang ditulis pada zaman Kerajaan Kadiri tahun 1157. Menurut naskah berbahasa Jawa Kuno ini, Sangkuni bukan mati di tangan Sadewa, melainkan di tangan Bima, Pandawa yang kedua. Sangkuni dikisahkan mati remuk oleh pukulan gada Bima. Bima kemudian memotong-motong tubuh Sengkuni menjadi beberapa bagian.


Beberapa kota saya hubungkan ke link biru mengarah pada Google maps


KERAJAAN GANDHARA ASAL SENGKUNI

Gandhara





Gandhāra (bahasa Pashtun: ګندارا, bahasa Urdu: گندھارا‎, bahasa Sanskerta: गन्धार) adalah kerajaan kuno di wilayah India Barat, tepatnya di lembah sungai Swat dan Kabul serta Dataran Tinggi Pothohar, kini wilayah Pakistan utara dan Afganistan timur. Kota utamanya adalah Purushapura (kini Peshawar), secara harfiah bermakna "kota para manusia" dan Takshashila (kini Taxila).



Kerajaan Gandhara berlangsung sejak Periode Weda (sekitar 1500-500 SM) hingga abad ke-11 M. Kerajaan ini menjadi pusat seni rupa Buddha, yang mencapai puncaknya pada kurun abad pertama masehi sampai abad ke-5 M pada masa pemerintahan raja-raja Kushan. Sejarawan Al-Biruni menyebut kerajaan ini dalam nama Persianya "Shahi" untuk menyebutkan wangsa penguasa dari Kabul Shahi yang menguasai wilayah ini sebelum penaklukan Muslim pada abad ke-10 dan ke-11 M. Setelah ditaklukan oleh Mahmud dari Ghazni pada 1021 M, nama Gandhara lenyap. Pada masa pemerintahan Muslim, kawasan ini diperintah dari Lahore atau Kabul. Pada masa Mughal kawasan ini termasuk dalam provinsi Kabul.



Pada priode Weda Kerajaan Gandhara muncul dalam kisah epik Mahabharata dan juga Ramayana. Raja Gandhara, Sangkuni, merupakan akar dari segala konspirasi mengenai pertentangan antara Duryodana dan para Pandawa, yang berakibat meletusnya perang di Kurukshetra. Dalam Mahabharata, kerajaan ini turut berpartisipasi dalam perang di Kurukshetra dan memihak Duryodana. Adik Sangkuni merupakan istri Dretarastra, yang dikenal sebagai Gandari. Kerajaan Gandhara (Gandhara Barat) berada di wilayah provinsi Kandahar di Afganistan. Gandhara Timur berada di wilayah Pakistan. Puskalawati, Takshasila (Taxila) dan Purushapura (Peshawar) merupakan kota di Kerajaan Gandhara. Takshasila didirikan oleh adik Rama Ragawa — Barata. Kemudian keturunan Barata memimpin kerajaan tersebut. Selama zaman Mahabharata, Gandhara dipimpin oleh Subala (ayah Sangkuni), Sangkuni, dan putera Sangkuni. Arjuna mengalahkan putera Sangkuni.



KERAJAAN GANDHARA DALAM MAHABHARATA

Sengkuni


Suvala  adalah raja Gandhara selama periode Mahabrata . Anak-anaknya adalah Shakuni , Sauvala, Achala, Vrishaka, dan Vrihadvala . Semua dari mereka adalah pemimpin Gandhara. Shakuni tinggal di istana Kurus.Gaya, Gavaksha, Vrishava, Charmavat, Arjava, dan Suka disebut-sebut sebagai saudara dari Shakuni, semuanya adalah pejuang dalam Perang kurukshetra.Karna disebutkan telah menaklukkan Gandharas bersama dengan orang lain seperti Madrakas, Matsyas, Trigartas, Tanganas, Khasas, Pancalas, Videhas, Kulindas, Kasi-kosala, Suhmas, Angas, Nishadhas, Pundras, Kichaka, Vatsas, Kalingas, Taralas, Asmakas, dan Rishikas.

Gandharas adalah sekutu  Kaurava karena hubungan nya dengan Shakuni , teman dekat Duryodhana . Tentara Gandhara bersatu dengan tentara Kaurava bersama dengan para pemimpin Sakas, Kiratas, dan Yavanas, Sivis dan Vasatis .dalam kitab Mahabrata di gambar kan dalam perang Bharathyudha itu pemimpin Gandhara lain nya Vhrisak dan Acalla melawan Arjuna.sedang kan Abimanyu membunuh putra subala dalam pertempuran yang bernama kalikeya.Sengkuni dan putranya Uluka diikuti oleh banyak orang berkuda Gandhara yang tak kenal takut yang dipersenjatai dengan tombak.Shakuni membunuh raja Kulinda dari pihak pandawa.dalam kitab itu pula di cerita kan Arjuna melakukan ekspedisi militer ke kerajaan Gandhara hingga terjadi pertempuran sengit.

LETAK GANDHARA DI MASA MODERN


Sengkuni


Terlebih dahulu kita mengulik kota-kota penting dari kerajaan Gandhara....salah satu nya adalah kota Pushkhalavati....adalah ibu kota kerajaan  Gandhara .Reruntuhannya terletak di pinggiran kota modern Charsadda , di provinsi Khyber Pukhtunkhwa di pakistan.. Reruntuhannya terletak di tepi sungai swat , dekat persimpangan dengan sungai kabul . Pushkalavati adalah ibu kota kerajaan Gandhara kuno sebelum abad ke-6 SM, ketika itu menjadi ibukota daerah ke satrapan achaemenid(dinasty nya xerxes/Khshayarsha dalam film hollywood 300) , dan tetap menjadi kota penting sampai abad ke-2.....dari bahasan di atas sesungguh nya salah satu letak kerajaan gandhara berada di pakistan modern sekarang di propensi Khyber pakhtunkhwa tempat tinggal orang-orang Pashtun/Pashto Pakistan.

Salah satu kota kerajaan gandhara lain nya adalah Peshawar yang pada masa lalu di sebut sebagai Purushapura.kini menjadi ibukota dari provensi di pakistan utara yang bernama Khyber pakhtunkhwa pada masa modern tempat tinggal dari orang-orang pashtun/pashto pakistan.catatan sejarah Peshawar berawal sejak setidaknya 539 SM , menjadikannya kota tertua di Pakistan dan salah satu yang kota-kota tertua di dunia. Peshawar adalah ibu kota Ke Kaisaran Kushan kuno.

Salah satu lagi kota kerajaan Gandhra adalah Taxila.kini berada di distrik Rawalpindi ,punjab,pakistan.kota ini sudah ada sejak tahun 1000SM.dalam bahasa sangsekerta kota ini di sebut sebagai Takshashila.dalam kitab Ramayana kota ini di terjemahkan sebagai "Rock of Taksha " dinamai untuk menghormati putra Bharat dan penguasa pertama, Taksha.Dalam teks-teks Veda seperti Shataphata Brahmana , disebutkan bahwa filsuf Veda, Uddalaka Aruni(abad ke-7 SM) telah melakukan perjalanan ke wilayah fandhara . Dalam teks-teks Buddhis selanjutnya, Jataka , disebutkan bahwa Taxila adalah kota tempat Aruni dan putranya, setaketu masing-masing telah menerima pendidikan mereka.

Salah satu penyebutan Taxila yang paling awal adalah dalam Aṇādhyāyī Pāṇini  sebuah risalah tata bahasa Sansekerta yang bertanggal abad ke-4 SM.Pewaris Kerajaan Kuru , Parikesit (cucu dari Arjuna) dikatakan telah dinobatkan di Takshashila.

Ramayana menggambarkan Takshashila sebagai kota megah yang terkenal karena kekayaannya yang didirikan oleh Bharata, adik dari Rama . Bharata, yang juga mendirikan Puskhalavati , menempatkan kedua putranya, Taksha dan Pushkala, sebagai penguasa kedua kota.Taxila pada masa modern terletak di negara pakistan sekarang di bagian utara nya.


KESIMPULAN NYA adalah tokoh Sengkuni dalam Mahabharata sesungguh nya berasal dari negara antara pakistan dan Afganistan modern sekarang.dalam kata lain Sengkuni adalah salah satu tokoh yang berasal dari Afganistan dan pakistan modern masa kini.jika tokoh sengkuni itu nyata tetapi di bumbui kisah mitologi dalam Mahabharata maka mungkin keturunan nya masih ada di Afganistan dan pakistan sekarang....Who knows?

Para sepuh forsex tolong bantu TS apakah sengkuni ini itu tokoh nyata yang masuk cerita fiktif atau tokoh fiktif murni?Ts belum menemukan daftar Raja Gandhara era weda dan Mahabharata dan belum menemukan tahun memerintah Bapak nya sengkuni Raja subala dari gandhara.dan belum menemukan ibukota tempat ber tahta nya Subala bapak nya sengkuni.....silahkan share gan dan sepuh.....tudak menolak untuk cendol,rate dan share nya emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


 
DAFTAR PUSTAKA





Sumur


Diubah oleh semutloreng
7
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
03-11-2018 14:05
yaaahhh.... kirain org indonesia.....
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
03-11-2018 14:13
saya pikir kisah Mahabharata hanya di negara India aja om , mungkin kisah Mahabharata ada di setiap negara yah😁
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
03-11-2018 14:14
Quote:Original Posted By jagotorpedo

...setau gw Ekalaya dibuat cacat soalnya Durna udah sumpah cuma melatih ksatria² Hastina, tapi Ekalaya terus minta dilatih sampe bikin patung (dan nyembah) Durna. Durna gak mau disembah Ekalaya, akhirnya dibuatlah cacat...

...soal karma si Durna, Ekalaya masi bawa patung Durna sampe ke negrinya. nah lain waktu ada tarung Arjuna vs Ekalaya, Arjuna kalah. oleh Sri Kresna, Arjuna dihidupkan lagi. karena dendam keduanya belum surut, Kresna bikin taktik....
...Kresna pura² jadi patung Durna, dan nyuruh Ekalaya melepas jimatnya. saat itulah Arjuna diam² membunuh Ekalaya, dan dibuat seolah² bunuh diri....
..sebelum mati Ekalaya nyumpahin Durna biar mati dlm tipu muslihat (karena dia gak tau yg bunuh arjuna)

...lain cerita lain versi, emang kisah ini banyak versinya....


Padahal menyembah patung itu sudah kelaziman waktu itu
& ekalaya bukan menyembah patung durna, tapi patung itu dianggap sebagai pengawas virtual

Ketika arjuna & kawan2 (kurawa juga berburu celeng/rusa), panah arjuna mengenai sasaran ( jantung) dan celeng mati, terus dihampiri, tapi ada sosok lain yang menghampiri juga bersamaan, mengakui itu buruanya
Bertengkar ke-2 pemuda itu siapa yang berhak atas celeng itu, lagi diadakan pembuktian, dengan melihat panah yang mengenai celeng, panah arjuna kena jantung, tapi panah pemuda asing itu ada masuk ke dalam jantung celeng, karena terdesak panah arjuna, sehingga dapat disimpulkan, panah pemuda asing itu yang duluan mengenai celeng

Arjuna yang biasa disanjung karena kehebatan memanah, jadi sangat marah & malu krn dikalahkan orang asing berderajat rendah
Lalu mengadu pada gurunya, durna

Oleh durna ditemui pemuda itu & ternyata anak raja kecil, & bernama ekalaya
Lebih kagetnya durna, dia seorang fan basenya & membuat patungnya

Untuk menyenangkankan arjun, durna menyuruh memotong ruas ibu jari & telunjuk ekalaya sebagai bakti pada guru

Ekalaya tau, itu sama saja menghilangkan keahliannya memanah
Tapi
Sebagi murid, ekalaya menuruti

Setelah itu ekalaya mengutuk durna, mantan gurunya

Sekian
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
03-11-2018 14:16
kangen film mahabarata ? disini ada yang punya link download full ??
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
03-11-2018 16:14
Afganistan dan pakistan modern kali, klo dulu masih masuk wilayah india
____________________

Ada yg bahas cerita fiksi emoticon-Ngakak
Diubah oleh rickreckt
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
03-11-2018 16:46
Kirain sengkuni di indo emoticon-Ngakak
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
03-11-2018 18:21
nenda dulu gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
03-11-2018 19:28
Quote:Original Posted By bagabu
yaaahhh.... kirain org indonesia.....


...ada bre, kw tapi..
...lahir di solo...
...sekarang udah mbah-mbah...
...masih lantang provokasi
emoticon-Embarrassment
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
03-11-2018 19:38
hahahah bisa aja nih
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
03-11-2018 21:13
wow cuk
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
03-11-2018 23:06
kalo yg main di ANTV itu muka sengkuninya ngeselin gan
😅😅😅😅😅😅
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
03-11-2018 23:16
seng kuny
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
04-11-2018 00:22
sengkuni bukannya si mbah yg janji mau jalan gk jalan2 ya?
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
04-11-2018 06:31
generasi muda skrang kbnykan g mau tau kisah perwayangan..
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
04-11-2018 07:06
Kalo Tseries di yutup darimana gan?emoticon-Ngakak
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
04-11-2018 10:29
Pantesan wkwk
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
04-11-2018 11:53
ane tau nya sengkuni dari solo gan emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
04-11-2018 15:07
Kenapa kq di Jawa bisa ganti jd Plasajenar ya? Beda dg Shri Krishna dari Dvaraka yg di pewayangan Jawa jd Dwarawati.
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
04-11-2018 16:15
Njis thread ini kemasukan buser politik. Plis deh bahas sejarah atau xenologynya kale
0 0
0
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan
04-11-2018 17:13
lah baru tau? wilayah india kuno yang dijabarkan pada jaman itu meliputi negara india itu sendiri, nepal, pakistan, bangladesh, afganistan di jaman sekarang emang...
0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia