semutlorengAvatar border
TS
semutloreng
Ternyata sengkuni tokoh Mahabharata orang Afganistan/Pakistan gan



Siapa yang tak kenal sengkuni?....dalam pergaulan sehari-hari orang yang licik dan culas di sebut sebagai sengkuni.ternyata sengkuni itu orang yang berasal dari daerah yang bernama Afganistan/pakistan.sengkuni adalah seorang pangeran dari kerajaan Gandhara yang wilayah nya kini mencakup pakistan dan Afganistan timur(Gandhara masa islam di sebut sebagai kandahar).Dalam kitab Mahabharata disebutkan bahwa Sangkuni merupakan pangeran dari kerajaan Gandhara pada masa pemerintahan Subala.Sengkuni dalam Mahabrahata di gambar kan sebagai paman para Korawa dari pihak ibu.ia selalu menghasut para Korawa untuk memusuhi pandawa dengan cara-cara yang licik.ia berhasil merebut kerajaan Indraprastha melalui permainan dadu.ketika korawa berkuasa di hastinapuraia menjadi patih....dari adik nya sengkuni Gandari melahir kan para Korawa yang antara lain adalah Duryudhana.
Sengkuni tewas dalam pertempuran di Kurukshetra yang bernama perang Bharatayudha yang berlangsung selama 18 hari.Sengkuni tewas pada hari terakhir peperangan.menurut versi mahabrata sengkuni tewas oleh sadewa.Kisah versi India sedikit berbeda dengan KaKhawin Bharatayuddha yang ditulis pada zaman Kerajaan Kadiri tahun 1157. Menurut naskah berbahasa Jawa Kuno ini, Sangkuni bukan mati di tangan Sadewa, melainkan di tangan Bima, Pandawa yang kedua. Sangkuni dikisahkan mati remuk oleh pukulan gada Bima. Bima kemudian memotong-motong tubuh Sengkuni menjadi beberapa bagian.


Beberapa kota saya hubungkan ke link biru mengarah pada Google maps


KERAJAAN GANDHARA ASAL SENGKUNI

Spoiler for Gandhara:





Gandhāra (bahasa Pashtun: ګندارا, bahasa Urdu: گندھارا‎, bahasa Sanskerta: गन्धार) adalah kerajaan kuno di wilayah India Barat, tepatnya di lembah sungaiSwat dan Kabul serta Dataran Tinggi Pothohar, kini wilayah Pakistan utara dan Afganistan timur. Kota utamanya adalah Purushapura (kini Peshawar), secara harfiah bermakna "kota para manusia" dan Takshashila (kini Taxila).



Kerajaan Gandhara berlangsung sejak Periode Weda (sekitar 1500-500 SM) hingga abad ke-11 M. Kerajaan ini menjadi pusat seni rupa Buddha, yang mencapai puncaknya pada kurun abad pertama masehi sampai abad ke-5 M pada masa pemerintahan raja-raja Kushan. Sejarawan Al-Biruni menyebut kerajaan ini dalam nama Persianya "Shahi" untuk menyebutkan wangsa penguasa dari Kabul Shahi yang menguasai wilayah ini sebelum penaklukan Muslim pada abad ke-10 dan ke-11 M. Setelah ditaklukan oleh Mahmud dari Ghazni pada 1021 M, nama Gandhara lenyap. Pada masa pemerintahan Muslim, kawasan ini diperintah dari Lahore atau Kabul. Pada masa Mughal kawasan ini termasuk dalam provinsi Kabul.



Pada priode Weda Kerajaan Gandhara muncul dalam kisah epik Mahabharata dan juga Ramayana. Raja Gandhara, Sangkuni, merupakan akar dari segala konspirasi mengenai pertentangan antara Duryodana dan para Pandawa, yang berakibat meletusnya perang di Kurukshetra. Dalam Mahabharata, kerajaan ini turut berpartisipasi dalam perang di Kurukshetra dan memihak Duryodana. Adik Sangkuni merupakan istri Dretarastra, yang dikenal sebagai Gandari. Kerajaan Gandhara (Gandhara Barat) berada di wilayah provinsi Kandahar di Afganistan. Gandhara Timur berada di wilayah Pakistan. Puskalawati, Takshasila (Taxila) dan Purushapura (Peshawar) merupakan kota di Kerajaan Gandhara. Takshasila didirikan oleh adik Rama Ragawa — Barata. Kemudian keturunan Barata memimpin kerajaan tersebut. Selama zaman Mahabharata, Gandhara dipimpin oleh Subala (ayah Sangkuni), Sangkuni, dan putera Sangkuni. Arjuna mengalahkan putera Sangkuni.



KERAJAAN GANDHARA DALAM MAHABHARATA

Spoiler for Sengkuni:


Suvala  adalah raja Gandhara selama periode Mahabrata . Anak-anaknya adalah Shakuni , Sauvala, Achala, Vrishaka, dan Vrihadvala . Semua dari mereka adalah pemimpin Gandhara. Shakuni tinggal di istana Kurus.Gaya, Gavaksha, Vrishava, Charmavat, Arjava, dan Suka disebut-sebut sebagai saudara dari Shakuni, semuanya adalah pejuang dalam Perang kurukshetra.Karna disebutkan telah menaklukkan Gandharas bersama dengan orang lain seperti Madrakas, Matsyas, Trigartas, Tanganas, Khasas, Pancalas, Videhas, Kulindas, Kasi-kosala, Suhmas, Angas, Nishadhas, Pundras, Kichaka, Vatsas, Kalingas, Taralas, Asmakas, dan Rishikas.

Gandharas adalah sekutu  Kaurava karena hubungan nya dengan Shakuni , teman dekat Duryodhana . Tentara Gandhara bersatu dengan tentara Kaurava bersama dengan para pemimpin Sakas, Kiratas, dan Yavanas, Sivis dan Vasatis .dalam kitab Mahabrata di gambar kan dalam perang Bharathyudha itu pemimpin Gandhara lain nya Vhrisak dan Acalla melawan Arjuna.sedang kan Abimanyu membunuh putra subala dalam pertempuran yang bernama kalikeya.Sengkuni dan putranya Uluka diikuti oleh banyak orang berkuda Gandhara yang tak kenal takut yang dipersenjatai dengan tombak.Shakuni membunuh raja Kulinda dari pihak pandawa.dalam kitab itu pula di cerita kan Arjuna melakukan ekspedisi militer ke kerajaan Gandhara hingga terjadi pertempuran sengit.

LETAK GANDHARA DI MASA MODERN


Spoiler for Sengkuni:


Terlebih dahulu kita mengulik kota-kota penting dari kerajaan Gandhara....salah satu nya adalah kota Pushkhalavati....adalah ibu kota kerajaan  Gandhara .Reruntuhannya terletak di pinggiran kota modern Charsadda, di provinsi Khyber Pukhtunkhwa di pakistan.. Reruntuhannya terletak di tepi sungai swat , dekat persimpangan dengan sungai kabul . Pushkalavati adalah ibu kota kerajaan Gandhara kuno sebelum abad ke-6 SM, ketika itu menjadi ibukota daerah ke satrapan achaemenid(dinasty nya xerxes/Khshayarsha dalam film hollywood 300) , dan tetap menjadi kota penting sampai abad ke-2.....dari bahasan di atas sesungguh nya salah satu letak kerajaan gandhara berada di pakistan modern sekarang di propensi Khyber pakhtunkhwa tempat tinggal orang-orang Pashtun/Pashto Pakistan.

Salah satu kota kerajaan gandhara lain nya adalah Peshawar yang pada masa lalu di sebut sebagai Purushapura.kini menjadi ibukota dari provensi di pakistan utara yang bernama Khyber pakhtunkhwa pada masa modern tempat tinggal dari orang-orang pashtun/pashto pakistan.catatan sejarah Peshawar berawal sejak setidaknya 539 SM , menjadikannya kota tertua di Pakistan dan salah satu yang kota-kota tertua di dunia. Peshawar adalah ibu kota Ke Kaisaran Kushan kuno.

Salah satu lagi kota kerajaan Gandhra adalah Taxila.kini berada di distrik Rawalpindi ,punjab,pakistan.kota ini sudah ada sejak tahun 1000SM.dalam bahasa sangsekerta kota ini di sebut sebagai Takshashila.dalam kitab Ramayana kota ini di terjemahkan sebagai "Rock of Taksha " dinamai untuk menghormati putra Bharat dan penguasa pertama, Taksha.Dalam teks-teks Veda seperti Shataphata Brahmana , disebutkan bahwa filsuf Veda, Uddalaka Aruni(abad ke-7 SM) telah melakukan perjalanan ke wilayah fandhara . Dalam teks-teks Buddhis selanjutnya, Jataka , disebutkan bahwa Taxila adalah kota tempat Aruni dan putranya, setaketu masing-masing telah menerima pendidikan mereka.

Salah satu penyebutan Taxila yang paling awal adalah dalam Aṇādhyāyī Pāṇini  sebuah risalah tata bahasa Sansekerta yang bertanggal abad ke-4 SM.Pewaris Kerajaan Kuru , Parikesit (cucu dari Arjuna) dikatakan telah dinobatkan di Takshashila.

Ramayana menggambarkan Takshashila sebagai kota megah yang terkenal karena kekayaannya yang didirikan oleh Bharata, adik dari Rama . Bharata, yang juga mendirikan Puskhalavati , menempatkan kedua putranya, Taksha dan Pushkala, sebagai penguasa kedua kota.Taxila pada masa modern terletak di negara pakistan sekarang di bagian utara nya.


KESIMPULAN NYA adalah tokoh Sengkuni dalam Mahabharata sesungguh nya berasal dari negara antara pakistan dan Afganistan modern sekarang.dalam kata lain Sengkuni adalah salah satu tokoh yang berasal dari Afganistan dan pakistan modern masa kini.jika tokoh sengkuni itu nyata tetapi di bumbui kisah mitologi dalam Mahabharata maka mungkin keturunan nya masih ada di Afganistan dan pakistan sekarang....Who knows?

Para sepuh forsex tolong bantu TS apakah sengkuni ini itu tokoh nyata yang masuk cerita fiktif atau tokoh fiktif murni?Ts belum menemukan daftar Raja Gandhara era weda dan Mahabharata dan belum menemukan tahun memerintah Bapak nya sengkuni Raja subala dari gandhara.dan belum menemukan ibukota tempat ber tahta nya Subala bapak nya sengkuni.....silahkan share gan dan sepuh.....tudak menolak untuk cendol,rate dan share nya emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


 
DAFTAR PUSTAKA





Spoiler for Sumur:


Diubah oleh semutloreng 21-10-2018 12:46
pesulap.merah
pesulap.merah memberi reputasi
8
24.6K
129
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.