• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Akankah Motor Sport Di Indonesia Di Lengkapi Fitur Anti Maling ?

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Akankah Motor Sport Di Indonesia Di Lengkapi Fitur Anti Maling ?


Motor Sport !! Motor ini memang punya kelebihan baik dari cc nya yang gede hingga bodynya yang keren, entah itu dengan penutup fairing atau street bike.



Tentu saja dengan harga yang mewah di kantong rakyat yang serba susah, motor ini pun banyak menjadi incaran begal di jalan raya. Dengan maraknya pencurian kendaraan bermotor, maka pabrikan motor di tanah air pun memfasilitasi motor tersebut dengan berbagai teknologi anti maling. Tapi berbeda dengan motor sport yang belum melengkapi teknologi yang dinamakan smart key.



Pabrikan besar Yamaha dan Honda masih menggunakan fitur anak kunci hingga para pesaingnya di kelas motor sport pun berani lebih memperhatikan hal ini, Kawasaki dan Suzuki pun berinovasi lewat smart key.



Pasukan ninja pun kini dilengkapi smart key yang disebut Kawasaki’s Intelligent Proximity Activation Start System (KIPASS). Fitur tersebut memungkinkan pengendara untuk tidak lagi menggunakan anak kunci saat hendak menghidupkan mesin.

Hal yang sudah lebih dulu dilakukan oleh pabrikan Suzuki, fitur keyless yang disematkan pada GSX-R150 juga mengandalkan remote untuk memancarkan sinyal pada switch On/Off.



Pabrikan Honda dan Yamaha memasukkan sistem smart key hanya pada matic kelas atas mereka saja, sisanya masih dengan memakai anak kunci. Padahal sistem ini sangat dibutuhkan bagi pengendara di masa sekarang sebab kunci T merajalela. Sudah banyak korban maling motor dan kecepatan mereka ketika operasi pun hanya hitungan detik.



Bagaimana kerja sistem smart key ??

Sistem smart key memang praktis dengan sebuah remote yang bekerja dengan baterai serupa baterai pada jam tangan, jadi lebih mudah di ganti bila sewaktu-waktu baterai remote habis.

Untuk melakukan start engine, pertama yang harus agan lakukan, kantungi remote dan pastikan jaraknya tak sampai lebih dari 1 meter dari motor. "Kalau lebih dari 1 meter, switch tak akan merespon jika diputar. Selain itu, kalau diputar paksa pun, putarannya akan kosong, tidak akan merusak rumah switch tapi hanya kepala saja yang terus berputar. Dan posisi ini bisa dibetulkan jika remote ada di dekat motor," jadi pastikan remote berada dalam jangkauan untuk memutar switch.



Kemudian, untuk menghidupkan mesinnya, tekan dulu switch saat posisi OFF hingga lampu pada sisi rumah kunci menyala selama 2 detik. Kemudian baru switch bisa diputar ke Acc, teruskan hingga ke posisi ON tinggal tekan tombol Engine Starter di sisi kanan setang. Nah, mesin pun akan menyala.



Dengan sistem ini dapat dipastikan akan mengurangi tingkat kejahatan pada kendaraan bermotor, walau efeknya para pembegal biasanya akan melakukan trik lain dengan cara mencelakakan si pengendara di jalan untuk itu hindarilah wilayah yang rawan kejahatan. Seruupuutt dolo ahhh...

emoticon-coffee

c4punk@2018

referensi





Diubah oleh c4punk1950... 01-11-2018 01:33
2
7.6K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.