Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
86
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd44501d675d4753c8b4569/mau-tahu-hitungan-untung-rugi-produser-film-ini-hitung---hitungannya
Sejak mati suri akibat hadirnya film - film horor amis beberapa tahun yang lalu, saat ini perfilman Indonesia mulai kembali menggeliat. Berbagai genre film kembali menghiasi layar bioskop tanah air. Mulai dari genre drama percintaan, keluarga, anak - anak
Lapor Hansip
27-10-2018 17:59

Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - HitungannyaMau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya

Sejak mati suri akibat hadirnya film - film horor amis beberapa tahun yang lalu, saat ini perfilman Indonesia mulai kembali menggeliat. Berbagai genre film kembali menghiasi layar bioskop tanah air. Mulai dari genre drama percintaan, keluarga, anak - anak, bahkan hingga film horor yang membuat bulu kuduk berdiri pun ada. Bedanya, film - film horor di era sekarang jauh berbeda dengan film horor beberapa tahun lalu yang selalu di bumbui dengan adegan buka - bukaan. Film sekarang lebih mengutamakan jalan cerita dan jualan ketakutan para penontonnya.

Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - HitungannyaMau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
Menggeliatnya industri perfilman tanah air ditandai dengan banyaknya jumlah penonton yang menyaksikan film lokal ke bioskop. Hingga kuartal ketiga 2018, sebagaimana dikutip dari filmindonesia.or.id terdapat 11 film Indonesia yang penjualan tiketnya melampau jumlah 1 juta penonton per filmnya selama kurun waktu 2018. Dari jumlah tersebut, film Dilan 1990 berada di puncak dengan perolehan 6,3 juta penonton. Lalu, dengan jumlah penonton sebanyak itu, kira - kira berapa pendapatan yang diterima oleh produser pembuat film?

Mungkin diantara kita masih banyak yang belum tahu dan bertanya - tanya bagaimana perhitungan pembagian penjualan tiket sebuah film ketika tayang di bioskop. Apakah menggunakan bagi hasil atas penjualan tiketnya, atau bioskop yang membeli hak siar dari film yang ingin ditayangkannya? Lalu bagaimana kalau ternyata film tersebut sepi penonton Dari pada penasaran yuk simak penjelasannya.

Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - HitungannyaMau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
Menurut sumber yang dikutip dari tabloidbintang, tiket bioskop yang kita beli ternyata dibagi menjadi 3 pos. Dua puluh persen untuk pajak tontonan, sisanya masing - masing 40 persen di peruntukkan untuk bioskop dan produser film. Anggap saja harga tiket 30 ribu, maka 6 ribunya masuk kas pajak, sedang pihak bioskop dan produser masing - masing mendapat bagian 12 ribu rupiah dari setiap tiket yang dijual. Untuk film Dilan yang jumlah penontonnya hingga 6 juta orang, penghasilan yang didapat produser dari penjualan tiket saja mencapai 72 miliar rupiah. Tentu saja perhitungan ini hanyalah estimasi saja, karena harga tiket bioskop bervariasi tergantung lokasi, jam tayang, serta jenis bioskop yang menayangkannya.

Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - HitungannyaMau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
Penghasilan ini belum termasuk dari penjualan hak siar ke pihak televisi dan penjualan DVD/VCD. Dari informasi yang didapat, biasanya produser sudah mulai bergerilya menjual filmya ke pihak televisi bahkan sejak film belum tayang di bioskop. Dari penjualan hak siar ini, mereka bisa mendapat pemasukan hingga Rp. 1 miliar. Itu berlaku untuk film yang berpotensi booming, untuk film lain yang kurang booming bisa kurang dari itu.

Angka itu bisa jadi tidak semua berwujud uang, 30 persennya bisa dalam bentuk barter iklan. Loh? Selama film sedang tayang di bioskop, stasiun televisi akan memutar trailer dan iklan dari film tersebut yang jika diuangkan senilai dengan 30 persen dari hak siar yang pihak televisi beli tadi.

Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - HitungannyaMau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
Nah jadi sekarang sudah tahu kan bagaimana perhitungan pendapatan seorang produser film, meski perhitungan tersebut hanya perhitungan kasar saja. Tapi dari perhitungan tersebut kita jadi tahu, agar bisa mendapat keuntungan, seorang produser yang membuat film dengan biaya Rp. 2 miliar setidaknya harus mendapat jumlah penonton lebih dari 200 ribu orang. Jika kurang dari itu, maka produser akan menderita kerugian.

Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya

Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya

Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini dan Ini
Sumur Gambar : Om Google




Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya

2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 08:09
biasanya klo bintang film besar n terkenal kyk robert downey kabarnya jg dapet brp persen dr pndapatan filmnya klo kyk gini ni diambil dr bag produsernya gan?
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 08:27
wah jagoan ane si doel, d posisi 3... emoticon-Big Grin
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 08:40
baru tahu ane sekarang
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 08:41
Nice thread Bro,,,

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah,,,
1. Gimana kalo itu film masuk ke festival kaya Toronto Movie Festival atau semacamnya? keuntungannya adakah?
2. Apresiasi berupa penghargaan yang didapat apakah juga ada nilai nominalnya atau sekedar penghargaan buat nambah value film tsb?

emoticon-Cool
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 09:37
Ohh gitu gan emoticon-thumbsup
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 09:53
yang niat bikin cerita dan tekhnik pengambilan gambar, emang gak bisa bohong kualitasnya
salut buat para film maker Indonesia atas kerja kerasnya
emoticon-2 Jempol emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh yanda506
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 10:01
males bre kalo ke bioskop cuman buat nonton film drama/dialog
orang tuh ke bioskop buat liat efek cgi
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 10:05
wahh ane baru tahu gan
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 12:11
Quote:Original Posted By yanda506
yang niat bikin cerita dan tekhnik pengambilan gambar, emang gak bisa bohong kualitasnya
salut buat para film maker Indonesia atas kerja kerasnya
emoticon-2 Jempol emoticon-I Love Indonesia


Mantab..

emoticon-Ayo Indonesia
Quote:Original Posted By Mr.Sibolotsatu
males bre kalo ke bioskop cuman buat nonton film drama/dialog
orang tuh ke bioskop buat liat efek cgi


Nggal selalu juga sih Gan..
Tergantung selera..
Ada juga yg suka film yg bikin mewek di bioskop, karena feelnya lebih dapet..

Quote:Original Posted By dhede23
wahh ane baru tahu gan


Senang berbagi Gan..

emoticon-Wagelaseh
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 13:00
Lumayan juga potongannya ya gan
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 13:25
Ane penggemar torrent...

Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 13:34
Ini kalau bujet filem-nya puluhan sampai ratusan M, apa ngga ngeri-ngeri sedap ya produsernya?emoticon-Bingung
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 16:56
Ane pengennya jadi aktor Gan
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 17:00
Banyak ya dapet untungnya emoticon-Wow
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 17:19
gitu ya gan

nice info
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 18:46
Semoga yg nonton beneran orang, bukan pocong.

Btw, kalo filmnya iklan di kaskus buat hot movie walau udah gak tayang lagi, gimana bayarnya tuh?
Diubah oleh novembermann
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 19:03
Genrenya muter disitu2 aja bosenin, ga ada niatan bikin film mafia2 gitu apa ya? emoticon-Bingung
Diubah oleh CrixalixX
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 19:35
Kaya banget ya klo di pikir2 menjadi pidi baiq emoticon-Wow
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 19:36
ane tinggal di kota kecil bre jadi nggak ada bioskop terpaksa nonton versi pak tani
0 0
0
Mau Tahu Hitungan Untung Rugi Produser Film? Ini Hitung - Hitungannya
30-10-2018 20:39
Quote:Original Posted By CrixalixX
Genrenya muter disitu2 aja bosenin, ga ada niatan bikin film mafia2 gitu apa ya? emoticon-Bingung


Bikinlah bro, ane pen liat ente bikin film, ntar kl udh jadi, film ente ane tonton di indoxxi aja yah
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia