c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Matic Menjadi Idola Para Pengendara Masa Kini




Motor Matic !! Di Indonesia saat ini kendaraan roda dua menjadi primadona terlebih lagi motor matic, yah motor tanpa persneling gigi itu telah merubah citra dari yang tadinya motor untuk wanita menjadi motor untuk semua kalangan dari wanita, pria, emak-emak, hingga aki-aki bahkan anak kecil pun bisa, walau tentu saja kendaraan bermotor di wajibkan hanya untuk pengendara yang sudah punya SIM saja.



Dahulu ada pepatah dari para pengendara motor " Hari gini pakai matic seperti banci ". Namun zaman telah berubah, matic pun menjadi primadona bahkan tak hanya kendaraan roda dua saja namun sudah merambah ke kendaraan roda empat.

Hingga di zaman sekarang ada pepatah " Hari gini masih pakai gigi, cape tau !! " memang khasnya matic kendaraan tersebut tidak terlalu banyak gerakan dari tubuh, hanya tinggal gas saja kendaraan pun berjalan dengan sempurna.



Namun sebenarnya matic di awal tercipta berbentuk autoped, dimana sang pengendara berdiri dalam menjalankan kendaraannya. Hingga kendaraan bermesin otomatis ini diklaim mampu melaju dengan kecepatan maksimal 48 km/jam. Dari bentuknya motor ini mirip 'Otoped' yang biasa dimainkan oleh anak-anak.



Yang unik pada autoped ini adalah pada cara mengeremnya. Tidak seperti kendaraan pada umumnya yang menggunakan tuas rem, pengendara autoped hanya perlu menarik stang ke belakang untuk menahan laju skuter tersebut.

Yang menarik lainnya dari kendaraan ini adalah ban. Karena ban untuk kendaraan ini dibuat khusus oleh pabrikan asal Inggris, Empire Rubber & Tire Company, dengan warna merah dan terdapat tulisan 'Autoped Tire.



Hingga zaman pun berubah kemudian dibuatlah mesin otomatis dengan tempat duduk seperti yang kita lihat saat ini, siapa pencetus pertama motor matic ? Mungkin agan berfikiran pabrikan dari Jepang !! Salah total ya gan.



Karena menurut data yang akurat sebelum adanya Kymco dan Yamaha Nouvo yang ketika itu diperkenalkan di Asia Tenggara pada 2002. Sebenarnya pelopor motor skuter matic di dunia adalah Vespa PK 125. Seperti yang kita tahu Vespa yang lebih dikenal dengan nama Corsa ini diperkenalkan pada 1984 di negara asalnya, Italia. Pastinya kekuatan dari mesin vespa tidak usah diragukan lagi, hingga kini komunitas vespa pun masih banyak di negeri ini dengan vespa model jadulnya. Namun untuk pemasarannya di Indonesia, vespa dengan mesin matic ini diperkenalkan pada 1991 melalui Agen Tunggal Pemegang Merek (ATMP) PT Dan Motor Vespa Indonesia, yang mendapat lisensi penuh dari Piaggio Italia.



Hingga saat ini matic pun menjadi idola terutama di kota besar yang penuh dengan kemacetan, dengan adanya matic yang menjadi idola pasti perang antara kubu Yamaha dan Honda di Indonesia tak terelakkan di segment ini, mereka berusaha menelurkan matic yang lebih besar dan sporty seperti keluarga Maxi dan juga PCX. Bahkan matic gagah seperti Aerox dan Vario pun dikeluarkan, namun tak lupa matic untuk ukuran 110-125cc tetap menjadi primadona.



Hingga kini motor matic pun dikembangkan dengan mesin tenaga listrik, bahkan teknologi hybrid sudah ditanamkan pada PCX Hybrid. Jadi apakah juragan tetap setia dengan motor berpseneling atau sudah pindah ke generasi matic ?

Monggo seruupuutt dolo

emoticon-coffee


referensi






Diubah oleh c4punk1950... 22-10-2018 12:30
provocator3301
provocator3301 memberi reputasi
7
12K
155
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.