iskrim
TS
iskrim
Menguasai Huruf Sambung Masihkah Diperlukan Di Era Digital Ini?


[ HT# 375 ]

Berawal dari keponakan saya yang masih sekolah taman kanak-kanak mengajukan keberatan alias mogok belajar karena kemarin siang harus belajar menulis huruf sambung atau latin. Berbagai rayuan dilancarkan oleh ibunya tapi sang anak tetap berkata 'tidak mau'. Apa ada yang salah dengan huruf sambung ini? Kenapa anak-anak cenderung tidak sabaran ketika dihadapkan menulis huruf sambung?


Sikap yang dilakukan oleh keponakan saya ini mengingatkan kembali pemikiran saya waktu lampau. Pertanyaan saya sejak dulu yang belum terjawab pada akhirnya muncul kembali yang kurang lebih sama mengenai huruf sambung kenapa harus ada, kenapa, karena dulu saya juga kurang menyukainya, hehe. Namun kini pada akhirnya terjawab sudah ke ke-poan saya.




Menguasai Huruf Sambung
Masihkah Perlu?




Dulu, alasan kenapa saya kurang begitu suka dengan huruf sambung selain karena tidak bisa menulis sambung dengan baik dan benar saya berfikir karena dalam kehidupan nyata sehari-hari tidak pernah di pakai, jadi waktu itu semakin tidak menyukailah saya dengan pelajaran huruf sambung.

Meski mungkin kita bisa menulis sambung hasilnya cukup indah, tapi di zaman seperti sekarang ini yang serba digital, segalanya serba cepat apa masih diperlukan? Saya justeru menyarankan sekarang ini lebih baik mempelajari bagaimana menulis huruf cetak dengan baik dan benar saja, hehe. Dan di zaman digital ini kita sangat tahu kita sehari-hari berkutat dengan yang namanya tombol keyboard, touch screen, bahkan boleh dibilang kosentrasi menulis manualpun sepertinya mulai jarang dilakukan. Meski kita sekarang seperti robot tapi itulah kemajuan zaman, mau tidak mau kita meski ikuti. Dulu kita menulis surat secara manual, sekarang cukup sms atau chat via sosial aplikasi dan banyak contoh lainnya bisa diterima dalam hitungan detik saja.

Menurut saya tuntutan menulis sambung harus bagus dan ahli lebih cocok disematkan kepada mereka yang berkutat dengan dunia seni, seni menulis indah, kaligrafi, penulisan dokumen, yang artinya hanya orang tertentu saja yang perlu menguasainya, tapi mengapa kita diharuskan mempelajarinya, dan kalau mendapat nilai jelek sepertinya kita merasa terpojokkan, padahal keahlian menulis sambung tidak harus dikuasai oleh semua orang, kan?

Namun setelah dewasa saat ini saya baru mengerti kenapa kita khususnya bagi anak-anak tumbuh kembang diharuskan mengenal dan mempelajari huruf sambung. Dan alasanya cukup membuat saya mengerti dan menerima kenapa hingga saat ini pengenalan huruf sambung masih harus di pertahankan. Berkat bertanya ke guru, oom gugle, saya mendapat jawaban yang cukup memuaskan, yakni:

Anak siswa akan dilatih kemampuan motoriknya, mengenalkan ragam jenis tulisan, mengidentifikasi perbedaan huruf kepada siswa, melatih kosentrasi, melatih siswa dalam mengontrol emosinya, melatih kesabaran, meningkatkan kemampuan mengeja kata, dan dalam pembelajaran akan mempercepat proses bisa menulis.



Jadi kesimpulannya menurut saya mempelajari huruf sambung ternyata memang masih diperlukan terutama bagi anak-anak di usia dini agar cepat bisa baca dan tulis. Sifat menolak keponakan yang saya tulis di paragraf awal karena memang sifat anak-anak yang cenderung tidak sabaran inilah yang membuatnya menolak untuk tekun mempelajari huruf sambung.

Kontradiksi lainnya adalah setelah kita dewasa pemakaian huruf sambung bisa dikatakan sangat jarang bahkan hampir tak dipakai lagi, tapi kenyataannya melatih kita untuk membuka jendela dunia dengan cara membaca, mengontrol emosi, melatih kesabaran, mempercepat proses eksekusi dalam menganalisa sesuatu. Dan buat teman yang mungkin sedang dalam keadaan emosi mungkin dengan mencoba menulis kertas dengan banyak huruf sambung secara tidak langsung bisa mengontrol emosi dan mungkin akan memberikan jalan keluar permasalahan yang sedang dialami.

Menulis sambung ibarat sebuah batu loncatan atau mungkin pahlawan yang di lupakan, setelah kita bisa cepat membaca dan menulis kemudian kita lupakan begitu saja, apalagi di era digital ini. Benar atau tidak inilah opini saya, jika ada benar dari Tuhan dan jika ada salah datang dari saya pribadi, mohon masukan dan sarannya. Terimakasih. Salam Iskrim, gan.


===============================================================



Mampu menulis sambung juga mempermudah kita dalam memperdalam seni Kaligrafi
===============================================================



emoticon-Hai





█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌║││█║▌││█

Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: opini, oom gugel | Image : Koleksi pribadi | Sotoshop : iskrim




Diubah oleh iskrim 05-11-2018 11:36
9
14.5K
190
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.