C4lyps0Avatar border
TS
C4lyps0
Bendera Tauhid Berkibar Gantikan Merah Putih, Polisi: Pelakunya Anggota FPI


Anggota Front Pembela Islam (FPI) yang ikut dalam aksi bela tauhid pada Jumat (26/10) diduga mengibarkan bendera bertuliskan kalimat tauhid di DPRD Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng). Aksi ini tak berlangsung lama, setelah penanggung jawab aksi menegur si pengibar atas instruksi pihak kepolisian.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Dedy Prasetyo mengatakan, kejadian tersebut diketahui oleh Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto. Bogiek kata Dedy, lantas memerintahkan bendera bertuliskan Tauhid itu diturunkan.

"Hanya berlangsung sekian detik. Begitu Kapolres lihat itu, kemudian menegur penanggung jawab (aksi), dan penanggung jawab itu marah kepada anggotanya, langsung (bendera) diturunkan bersama-sama," kata kepada JawaPos.com, Sabtu (27/10).

Dari penyelidikan awal, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu mengatakan, pengibar bendera tauhid itu adalah kelompok FPI Poso yang turut menjadi peserta aksi bela Tauhid. Sebagaimana diketahui, sejumlah kelompok masyarakat menggelar aksi bela Tauhid di berbagai daerah, buntut kasus pembakaran bendera bertuliskan Tauhid oleh anggota Banser di Garut, Jawa Barat.
"(Pengibarnya, Red) dari kelompok FPI Poso yang melakukan unjuk rasa di Gedung DPRD Poso," sambungnya.

Sementara itu, terkait kemungkinan bendera itu merupakan identitas dari organisasi masyarakatan (ormas) terlarang, Dedy belum bisa memastikannya. Dia menegaskan, saat ini tim masih mendalami kejadian tersebut.

"Belum dapat penjelasannya (apakah di bendera itu ada simbol ormas tertentu atau tidak, Red). Bendera yang dikibarkan mau diambil juga," pungkasnya.

Kiblat.com


Ga heran ya akhi

emoticon-Purple Repostemoticon-Blue Repost
tien212700
tien212700 memberi reputasi
5
10.3K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.