adamyvonAvatar border
TS
adamyvon
Tagih Janji, Aksi Bela Tauhid Akan Kembali Digelar 2 November

Aksi bela tauhid jilid II akan digelar 2 November mendatang. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Jakarta, CNN Indonesia -- Aksi bela tauhid akan kembali digelar Jumat (2/10) mendatang. Aksi itu untuk menagih janji pemerintah agar anggota Banser Nahdlatul Ulama (NU) pembakar bendera tauhid di Garut, Jawa Barat beberapa waktu lalu diproses hukum.

Rencananya, massa yang diklaim jumlahnya akan lebih banyak itu akan berkumpul di Masjid Istiqlal. Kemudian bersama-sama bergerak menuju Istana Presiden.

"Tanggal 2 November. Kita kumpul di Istiqlal hari Jumat. Kita akan tagih janji dan langsung longmarch ke Istana," ujar salah satu orator kepada massa aksi di depan Kantor Kementerian Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (26/10).

Terkait ajakan aksi pada 2 November itu, massa aksi bela tauhid mengaku siap untuk ikut serta. Selain meminta pelaku pembakaran diproses hukum, massa aksi juga menuntut agar pemerintah memfasilitasi dialog.

Dialog tersebut diharapkan bisa mempertemukan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama dengan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj dan Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas untuk membicarakan masalah ini.

"Kita minta Menko Polhukam menggelar pertemuan, antara Said Aqil Siroj, Yaqut Cholil dan semua ulama di GNPF," kata orator tersebut.

Sebelumnya, salah satu perwakilan aksi bela tauhid, Yusuf Martak menyatakan pihaknya telah menemui Sesmenko Polhukam untuk menyampaikan sejumlah tuntutan massa.

Ketua GNPF Ulama itu sempat disoraki massa lantaran perwakilan itu tak langsung ditemui Menko Polhukam Wiranto.

"Ketiadaan itu bukan karena tidak mau menemui delegasi. Tapi sejak kemarin Pak Wiranto di Jakarta sedang menangani musibah bencana di Palu," ujar Yusuf yang disambut sorakan bohong dari massa.

Ia meminta massa aksi bersabar dan dapat memahami ketidakhadiran Wiranto. Yusuf memastikan seluruh tuntutan telah disampaikan pada Sekretaris Menko Polhukam.

Jika permintaan itu tak disampaikan langsung ke Wiranto, Yusuf menyatakan bakal menggelar aksi lanjutan kedua pada 2 November mendatang.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/20181026180403-20-341761/tagih-janji-aksi-bela-tauhid-akan-kembali-digelar-2-november

Akankah 212 akan kembali terulang???

Biar waktu yang menjawabnya emoticon-Cool
-1
4.7K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.