Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
390
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd040c2ddd770e2498b4567/bendera-bukan-berhala-bermusyawarahlah
Polemik soal bendera yang dibakar dengan kalimat tauhid masih ramai menuai pro kontra di sosial media. Alasan pembakaran terjadi karena bendera tersebut adalah bendera ormas terlarang yang sudah dibubarkan pemerintah. Quote:Quote:"Berdasarkan hasil pemeriksaan bahwa bendera yang diambil dan dibakar itu bendera HTI," ujar Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto. detikcom Terlepas dari soa
Lapor Hansip
24-10-2018 16:52

Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Polemik soal bendera yang dibakar dengan kalimat tauhid masih ramai menuai pro kontra di sosial media. Alasan pembakaran terjadi karena bendera tersebut adalah bendera ormas terlarang yang sudah dibubarkan pemerintah.
Quote:
Quote:"Berdasarkan hasil pemeriksaan bahwa bendera yang diambil dan dibakar itu bendera HTI," ujar Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto. detikcom

Terlepas dari soal bendera apa itu dan apa tulisan yang ada didalamnya, dua poin berikut seringkali membingungkan kita.


Quote:1. Anti menghormati bendera

Dalam kelompok ormas yang sudah dibubarkan pemerintah, sudah banyak berita yang menyebutkan bahwa mereka anti terhadap memberhalakan suatu benda. Bendera contohnya. Bahkan ada yang rela, anaknya dikeluarkan dari sekolah, hanya karena alasan tak boleh hormat kepada bendera merah putih. Padahal hormat dengan menyembah itu berbeda. Ini suatu polemik berdasarkan kepercayaan masing masing individu dan kelompok.

Namun, karena kita hidup dalam suatu negara yang sudah punya aturan, sudah seharusnya aturan itu diikuti. Karena aturan ini juga tidak bertentangan dengan ajaran agama yang dianut.


2. Bendera seakan sangat dihormati

Hal yang berbeda terjadi saat ini. Saat polemik viralnya bendera dibakar pada saat acara upacara Hari Santri Nasional, yang sudah ditetapkan atau di sahkan oleh pemerintah. Seakan akan bendera dan tulisan adalah segalanya. Padahal, jelas dalam agama, menjadikan suatu benda, menjadi lebih mulia dengan tulisan atau rajah atau pun kalimat tertentu itu tidak dianjurkan atau bahkan ada pendapat yang mengatakan itu diharamkan (jimat contohnya).


Kedua poin tadi menjadi persoalan yang terus menerus menuai pro dan kontra. Setiap kita ditarik kepentingan tertentu dalam polemik pro dan kontra, hanya dalam masalah benda. Dalam kebiasaan dan tradisi serta kepercayaan masyarakat kita, tak bisa dipungkiri, masih banyak orang yang percaya benda benda yang bertuliskan kalimat tertentu ( biasanya dalam bahasa Arab ) dianggap mulia, bahkan ada yang dijadikan sebagai jimat. Kebanyakan itu dikeramatkan dan tanpa disadari perlahan lahan mungkin disembah. Ini sebetulnya yang perlu ditakutkan.

Serupa dengan kasus soal bendera bertuliskan kalimat yang sedang menjadi perbincangan hangat saat ini. Begitu ramai sekali yang dengan semangat berapi api, mengatakan bela kalimat tauhid. Namun cenderung mengarah kepada ajakan yang bisa menimbulkan perselisihan.

Dari sisi agama, dalil dan aturan secara Islam, TS sebenarnya tidak menguasai penuh mengenai persoalan ini. Termasuk asal mula bendera dibakar, bendera apa itu, jika betul kalimat tauhid, betulkah penulisan kalimat tauhid yang dibakar itu, dan apa tujuan dari kemunculan bendera tersebut di acara upacara, serta hal lain yang menimbulkan polemik viral, ada baiknya persoalan ini dibicarakan dengan kepala dingin.
Quote:
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
Sunber gambar dari Twitter

Kita ini manusia
Kita ini bukan batu
Kita ini bukan api
Kita ini bukan malaikat


Kita ini hanya manusia, yang selalu tak pernah mampu terlepas penuh, dari dosa dan nista. Jadi, sebaiknya kedua kelompok, yang protes terhadap pembakaran bendera dan kelompok yang melakukan pembakaran bendera berdiskusi dengan kepala dingin secara baik baik.


Jika memang pihak yang sedang terlibat perselisihan pendapat ini, memang benar benar mencari jalan terbaik, pasti Allah akan berikan jalan itu. Namun, bila salah satu atau semua pihak memang hanya ingin menuai polemik dan selalu merasa benar sendiri. Maka kehancuran kita, ada didepan mata. Jadi sebaiknya mari semua berpikir jernih, untuk bisa saling mengingatkan demi kebaikan.

Jangan sampai kita terkena bujuk rayunya setan, yang bersembunyi dengan rapih dibalik seruan membela agama, namun tujuannya adalah menciptakan angkara murka sesama manusia.


Sebagai penutup TS mohon ampun kepada Allah dan meminta maaf kepada para pembaca, dikarenakan tulisan ini dapat menimbulkan rasa yang kurang berkenan di hati bagi saudara saudari, tuan dan nyonya yang membaca nya.
:terimakasih
Diubah oleh arbib
21
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 11 dari 13
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 14:29
Udah damai aja bro susu bendera lo masih enak
1 0
1
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 14:47
banyak kesulut sama isi thread TS. 😂😂😂 pada ga baca atau memang benar adanya julukan sumbu pendek?
1 0
1
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 14:54
yah negeri ini kembali diadu domba sama kambing. sadarlah umat islam. anak bangsa, wahai manusia
saya yakin agama itu bukan bendera, bukan juga kitab suci, apalagi cuman selembar kain bergambar. tapi jiwa dan kehidupan yang berlandaskan agama itu.

agan TS makasih udah menyadarkan warga kaskus.
Diubah oleh TuanLi
1 0
1
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 15:04
Quote:Original Posted By arbib
Yang memberikan berkah bukan kalimatnya, tapi ALLAH, Awas terpeleset saudaraku :terimakasih
saudaraku, ,,, Kebenaran sejatinya hanya milik ALLAH, kita ini hanya manusia biasa, cuma setitik debupun mungkin tak sampai jika disamakan dengan alam semesta ini. Jadi saya pribadi, termasuk dalam tulisan di thread kali ini, juga banyak salahnya, dan saya mohon ampunan kepada ALLAH serta meminta maaf kepada anda.


kalimah tauhid membawa berkah.. dia adalah wasilah pembawa keberkahan itu sendiri.. bilà ada yang takut dengannya sungguh wajib kita waspada pada diri diri kita..
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 15:07
Quote:Original Posted By didit.d
yang jelas negara sudah gagal dalama hal membendung intoleransi beragama seharusnya pelaku nya di adili untuk efek jera jika tidak kasus serupa yakin akan terulang


setuju inilah akal sehat yang paling benar..
1 0
1
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 15:07
Quote:Original Posted By tagnol88
coba mana surat atau hadist mana yg bilang itu adalah panji2 rasullulah? ga ada kok, yg ngeklaim itu cuma HTI.

coba mana surat atau hadist yg melarang bakar bendera HTI? ada kagaaaaa...

gw muslim, buat gw mau lu bakar bendera kek mau bakar alquran kek ga ada ngaruhnya ama gw, toh buat gw agama gw sempurna ga mungkin ternista dengan hal hal sepele kyk gini.

udah tutup debatnya ayuk pulang...


Ayuk gan..
Mari pulang.. Marilah pulang
1 0
1
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 15:20
Khm luqman yang di Twitter nulis: Seorang Kiai tanam kepala kerbau di bawah jembatan. Akhirnya jembatan bisa dirobohkan yg semula sulit sekali walau pakai alat berat. Musyrik? "Tidak. Itu cara politis terhadap Jin penunggu jembatan yg minta tumbal nyawa manusia. Dg diplomasi canggihnya cukup dg kepala kerbau."
Diubah oleh rajaoking
1 0
1
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 15:45
ntah kapan kita ikutan berangkat k bulan emoticon-Leh Uga
1 0
1
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 16:05
AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH:
GOLONGAN YANG SELAMAT
(al Firqah an-Najiyah)

قَالَ رَسُوْلَ اللهِ صَل اللهُ عَلَيْــهِ وَسَلمَ وَاِن هَذِهِ الْمِلّةَ ستَفْتَرِقُ عَلَى ثَلَاثٍ وَسَبْعِيْنَ تِثْنَانِ وَسَبْعُوْنَ فِى النارٍ وَوَاحِدَةُ فِى الْجَنةِ وَهِيَ الْجَمَاعَةُ (رواه أبو داود(

Maknanya: “…dan sesungguhnya ummat ini akan terpecah menjadi 73 golongan, 72 diantaranya di neraka dan hanya satu yang di surga yaitu al-Jama’ah”. (H.R. Abu Dawud)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Perihal al-Jama’ah dan pengertiannya sebagai mayoritas umat Muhammad yang tidak lain adalah Ahlussunnah Wal Jama’ah tersebut dijelaskan oleh Rasulullah dalam sabdanya :

أُوْ سِيْكُمْ بِأَصْحَابِيْ ثُم الذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ، وَفِيْهِ عَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ وَأِياكُمْ وَالْفُرْقة فَأِن الشيْطَانَ مَعَ الْوَا حِدِ وَهُوَ مِنَ الْأِثْنَيْنِ اَبْعَدُ فَمَنْ اَرَادَ بُحْبُوْحَة الْجَنةَ فَلْيَلْزَمِ الْجَمَاعَة (رواه التِرْمذِي وَقَال حَسَنُ صَحِيْحٌ وَصَححَهُ الحَاكِمُ)

Maknanya: “Aku berwasiat kepada kalian untuk mengikuti sahabat-sahabatku, kemudian mengikuti orang-orang yang datang setelah mereka, kemudian mengikuti yang datang
setelah mereka“. Dan termasuk rangkaian hadits ini: “Tetaplah bersama al-Jama’ah dan jauhi perpecahan karena syaitan akan menyertai orang yang sendiri. Dia (syaitan) dari dua orang akan lebih jauh, maka barang siapa menginginkan tempat lapang di surga hendaklah ia berpegang teguh pada (keyakinan) al-Jama’ah”. (H.R. at-Turmudzi, ia berkata hadits ini
Hasan Shahih juga hadits ini dishahihkan oleh al-Hakim).

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pertanyaan :

Terjadi pertengkaran antara saya dengan saudara saya, dimana kami tidak berbicara, namun kami masih saling mengucapkan salam saja. Apakah hal itu termasuk ‘pertengkaran’? Tidak ada dalam hati saya rasa benci kepadanya. Akan tetapi, dia tidak ingin berbicara kepada saya. Apa hukumnya perkara ini? Apakah artinya (karena hal ini) amal kami tidak diangkat?

Syaikh Khalid bin Ali Musyaiqih menjawab:

Dalam Shahih Muslim terdapat hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallaahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تفتح أبواب الجنة يوم الاثنين ويوم الخميس فيغفر لكل عبد لا يشرك بالله شيئا إلا رجلا كانت بينه وبين أخيه شحناء فيقال: أنظروا هذين حتى يصطلحا، أنظروا هذين حتى يصطلحا، أنظروا هذين حتى يصطلحا

“Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka akan diampuni semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatupun, kecuali dua orang laki-laki yang terdapat permusuhan antara dia dengan saudaranya. Maka dikatakan: ‘Tangguhkan oleh kalian kedua orang ini, sampai keduanya berdamai. Tangguhkan oleh kalian kedua orang ini, sampai keduanya berdamai. Tangguhkan oleh kalian kedua orang ini, sampai keduanya berdamai.’”


APAKAH RELA, AMALAN YANG TELAH DIKUMPUMPULKAN DAN SEHARUSNYA MENGANTARKAN KALIAN KE SURGA MEJADI SIA-SIA SEBAB KARENA PERTENGKARAN SESAMA MUSLIM? BUKANKAH SUDAH SANGAT JELAS DENGAN DITURUNKANNYA SURAT AL-ASHR?

1. DEMI MASA.
2. SESUNGGUHNYA MANUSIA BERADA DALAM KERUGIAN
3. KECUALI ORANG-ORANG YANG BERIMAN DAN MENGERJAKAN KEBAJIKAN SERTA SALING MENASIHATI UNTUK KEBENARAN DAN SALING MENASIHATI UNTUK KESABARAN

JADI APAKAH DENGAN PERISTIWA PEMBAKARAN INI UMAT ISLAM MENJADI TIDAK SALING MENASIHATI DAN TIDAK BERSABAR LAGI?
1 0
1
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 16:07
apakah kalimat tauhid yg terkandung didalam nya akan ikut terbakar apabila bendera nya dibakar?
Atau hanya emosi manusia nya yg terbakar?
Diubah oleh primcor1put
1 0
1
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 16:54
Ulah si gendut itu sih
1 0
1
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 17:10
Quote:Original Posted By arbib
Coba bantu ane gan, adakah tulisan ane (dalam thread serta komentar 2) yang membenarkan tindakan pembakaran yang terjadi dan ramai dalam berita ? .,... Jika ada mohon tunjukan supaya saya bisa hapus


bukan, bukan begitu maksudnya,ane kan cuma bilang ini topik yg sensitif,seperti yg sudah sudah, tidak akan mudah menemukan titik temu, inti dari komen ane yg sebelumnya ,biar mereka yg berurusan yg menyelesaikan karena yg melatarbelakangi konflik itu simpang siur, bukan berarti komem ane melarang ber opini gan emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 18:39
Quote:Original Posted By lantis0749
nah,,kalo gitu,,coba deh bakar itu bendera di saudi,,berani gak??

ya emang ga ada yg menjadikan bendera sebagai berhala kok,,ada gitu yg menyembah bendera??

yang terbakar bukan kainnya,,tapi VALUE nya..


ngapain juga mau bakar disana...bawa aja tuh bendera hitam HTI kesana bisa kena masalah...gak, percaya coba aja gan...ada kalimat Tauhidnya loh gan..mirip bendera Saudi yg negara Tauhid gitu...emoticon-Betty


tuh..yg anggap bendera kemeran yg dibakar ada 'VALUE ' dan mereka murka gak jelas...
seolah olah tuh bendera hitam HTI representasi dari simbol Islam gitu...kadarnya dikit lagi nyembah tuh bendera dgn pembenaran bendera Nabi..bla..bla..bla

judul.trit ente...bendera bukan berhala..bermusyawaralah..?
ngapain juga harus mau bermusyawarah..
wong HTI dan antribut bendera hitamnya dah terlarang dimari kok..emoticon-I Love Indonesia
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 18:46
Setuju dgn om gan...
Semoga cepeta terselesaikan dgn baik.
Aamiin
1 0
1
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 19:05
Quote:Original Posted By ganjabang
Haha sering dibawa doang kan? Gw sering bawa dollar,apakah dollar tsb mata uang negara gw?


maaf di sini bicara soal bendera, kok malah dollar. pye tho!
1 0
1
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 19:34
Quote:Original Posted By jimmyjun
maaf di sini bicara soal bendera, kok malah dollar. pye tho!


Itu pengandaian wahai org cerdas emoticon-Wkwkwk
1 1
0
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 20:02
Quote:Original Posted By ZallJunky
emang harus di bakar ya bendera nya? bar bar sekali emoticon-Ngakak


Komen yang enjoy sekali..emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak sampe ngakak ane bacanya..istri sampe tanya ada apa sih?😁
1 0
1
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 20:05
Quote:Original Posted By devagni
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
itu poster nya kok ada tagar #savebenderahti ? emoticon-Leh Uga berarti bener ya yg dibakar kmaren bendera HTI? emoticon-Leh Uga


Inilagi gawe ngakak bae...Hailihh kinthiil ya tuh gan emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 20:43
Quote:Original Posted By andymastara
Iya deh gan dan terus hari ini demo bela siapa ?

Dulu selalu tampil acungkan 1 jari kok sekarang berubah jadi salam dua jari emoticon-Leh Uga


salam jari L alias Loser emoticon-Leh Uga
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bendera bukan berhala, bermusyawarahlah
26-10-2018 20:54
mudah dihasut. mudah di adu domba
1 0
1
Halaman 11 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia