Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
52
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc674d3c0d7705d258b4567/event-coc-tips-menanam-sembari-mengurangi-limbah-bahan-makanan-aslinyalo
Sebelumnya ane mau mengucapkan “Selamat Hari Pangan Sedunia”. Buat gansis yang belum tahu, jadi setiap tanggal 16 Oktober setiap tahunnya itu diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia. Ane gak akan bahas masalah itu (bisa cari info lengkapnya lewat om Google ya, hehe), tapi sebagai
Lapor Hansip
17-10-2018 06:31

[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo

Past Hot Thread
icon-verified-thread
ALOHA GAN SIS

WELCOME TO MY THREAD

emoticon-Selamatemoticon-Ultah



Cuap-cuap dulu


[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo

source: pixabay.com/Free-Photos


Gansis suka kegiatan bercocok tanam? Apa yang biasa gansis tanam? Sayur, buah atau tanaman hias? Pasti jawabannya sangat beragam ya, tergantung kesukaan gansis masing-masing. Lalu apa tujuannya? Mungkin mereka yang suka menanam sayuran atau buah-buahan ingin memanfaatkan hasilnya kelak dan mereka yang suka menanam tanaman hias ingin menjalankan kampanyeGo Green atau hanya sekedar hobi. Apapun tujuannya, ane yakin pasti tujuan yang baik, ane sendiri sebagai perempuan dan akrab sama bahan makanan di dapur pastinya lebih senang menanam sayur atau buah yang bisa dimanfaatkan hasil panennya.  


Tak hanya menanam untuk memanfaatkan hasil panennya, menanam sayuran juga bisa mengurangi limbah bahan makanan loh gansis. Kok bisa? Jadi, kita bisa memanfaatkan bagian sayuran yang tidak terpakai dan biasa dibuang sebagai bibit untuk tanaman baru. Penasaran sisa sayuran dan bahan makanan apa yang bisa kita tanam kembali? Lalu bagaimana caranya? Yuk langsung aja cekidot gan~

 

Quote:
1. Wortel

[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo

source: pixabay.com/klimkin

Sayuran pertama yang akan ane bahas adalah Wortel. Sayuran yang lekat dengan karakter Bugs Bunnyini pastinya sering sekali jadi beragam menu masakan baik tumis atau sup di rumah gansis kan?

Banyak yang mengira bahwa menanam wortel itu sulit, padahal nyatanya dari sisa potongan bonggolnya pun si wortel bisa tumbuh lagi loh. Bagaimana caranya?

Oke, hal pertama yang perlu gansis lakukan adalah menyisakan bonggol wortel kurang lebih sepanjang 5 cm. Kemudian rendam bagian bonggol tadi didalam wadah berisi air, oh iya cukup setengah bagiannya aja ya yang terendam. Letakkan rendaman wortel tersebut di tempat yang terkena sinar matahari agar tunas baru segera muncul. Oh iya, pastikan kamu mengganti air rendamannya setiap 2 atau 3 hari sekali ya. Jika tunasnya sudah muncul kamu bisa pindahkan tunas tersebut ke dalam pot dan siram secara berkala sampai tunasnya semakin bertumbuh dan membesar.



 

Quote:
2. Sawi & Selada

[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo

source: pixabay.com/Nayuta

Sayuran berikut ini juga pasti sering gansis olah sebagai menu masakan di rumah kan? Berhubung caranya hampir sama jadi ane satukan saja cara menanam sawi dan selada ini ya. Bagaimana caranya?

Potong bonggol sawi dan selada, ukurannya kira-kira 8-9 cm. Kemudian rendam bonggol tersebut dalam wadah berisi air seperti yang kita lakukan terhadap bonggol wortel, bedanya jangan menaruh rendaman bonggol sawi atau selada ini di bawah sinar matahari langsung. Taruh rendaman di tempat yang sejuk namun masih mendapat cahaya yang cukup. Tunas baru akan tumbuh beberapa hari kemudian. Agan bisa tetap menumbuhkannya dengan media air atau memindahkannya ke dalam pot. Jika memutuskan untuk memindahkannya, pastikan agan rajin menyiramnya ya.



 

Quote:
3. Kol/ Kubis

[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo

source: pixabay.com/ulleo


Kol/ Kubis juga rasanya bukan sayuran langka kan? Ane sih yakin sayuran satu ini juga sering singgah di meja makan gansis semuanya. Tidak berbeda jauh dengan cara menanam ulang sisa sawi, yang perlu agan lakukan adalah memotong kubis dengan menyisakan bonggolnya lalu rendam bonggol tersebut setengah bagiannya dalam wadah air.

Ganti air rendaman setip 2-3 hari sekali dan taruh di tempat sejuk, hindari terkena matahari langsung. Beberapa hari kemudian, tunas-tunas baru akan tumbuh dan kamu bisa panen saat tunasnya sudah kembali utuh seperti saat kamu pertama kali memotong bonggolnya.



 

Quote:
4. Kentang

[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo

source: pixabay.com/Couleur


Kalau sayuran yang satu ini mungkin kamu harus banyak mengorbankan bagiannya, karena perlu hampir setengah bagian kentang agar berhasil. Setelah mendapatkan potongan besar tersebut, pasang tusuk gigi di tengahnya. Tusuk gigi ini berfungsi sebagai penyangga. Penyangga apa? Hmm begini, selanjutnya siapkan wadah (gelas) berisi air lalu masukkan bagian bekas potongan ke air, sementara bagian lainnya tetap kering.

Langkah berikutnya agan perlu mengganti rendaman setiap 2 hari sekali sampai muncul akar dibaian yang terendam. Jika sudah nampak akar sepanjang 10-12 cm, pindahkan kentang tersebut ke dalam pot. Oh iya, jangan langsung menaruhnya di bawah sinar matahari ya, khawatir nantinya akar baru ini malah rusak dan gagal tumbuh.



 

Quote:
5. Bawang Merah

[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo

source: pixabay.com/Hans


Kalau yang ini mungkin lebih cocok disebut bumbu dapur daripada sayuran ya? Tapi berdasarkan pengalaman ibu ane yang sering nyetok banyak tapi ujung”nya banyak yang tumbuh tunas sendiri, akhirnya ane menemukan bahwa tunas ini bisa kita manfaatkan daripada langsung dibuang.


Caranya cukup mudah, gansis cukup memotong bagian akar bawang merah atau bagian yang tumbuh tunas tadi lalu tanam dalam pot. Oh iya jangan memendamnya terlalu dalam ya, cukup sedalam 1.5 sampai 2 ruas jari. Lalu siram dari beri cahaya matahari yang cukup, nantinya si tunas akan tumbuh menjadi bawang merah baru.



 

Quote:
6. Daun Bawang

[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo

source: pixabay.com/Capri23auto


Yang ini juga mungkin lebih cocok disebut bumbu dapur. Biasanya ibu-ibu tuh senang beli banyak bumbu dapur dengan alasan biar gak bolak-balik belanja, padahal sih belum tentu terpakai semua dan berujung pada kering atau busuknya si bumbu dapur tersebut. Sayang sekali kan?

Cara menanam ulang si daun bawah juga tidak sulit. Gansis cukup memotong bagian pangkal (dekat akar) kira-kira 2-3 cm saja. Kemudian tanam bagian itu dalam pot. Pastikan agan menyiramnya setiap hari dengan air yang tidak terlalu banyak, sedikit saja. Untuk yang satu ini agan bisa menaruhnya dibawah sinar matahari saat pagi dan memindahkannya ke tempat sejuk saat matahari mulai terik. Kalau berhasil, waktu tumbuh daun bawang mudanya sih tidak terlalu lama.



 
Nah itu dia beberapa limbah bahan makanan yang bisa kita tanam kembali. Lumayan kan, selain ikut mengurangi limbah dan nantinya bisa dipanen hasilnya, bisa juga irit uang belanja buat para ibu-ibu. Caranya juga tidak sulit kan? Jadi tunggu apalagi gansis, yuk langsung dipraktekan di rumah.

emoticon-Big Kissemoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Peluk


[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo

source: cantik.co.id

 


Quote:
Thread created by Kaskus ID kaniarf

Sumber gambar: Pixabay.com, Cantik.co.id

Diubah oleh kaniarf
4
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 10:14
wah bener juga ya.. dari pada dibuang.. meding ditanam ulang
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 10:21
nais inpoh gan emoticon-Betty
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 10:36
Kepengin mulai tanam-tanam juga, apa daya anak ane yang paling kecil sukanya nyabutin taneman di depan rumah. Pending dulu dah sampai si kecil agak gedean dikit. Setidaknya sampai dia paham kalau nanemnya susah wkakakaka
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 10:38
ane pengen bgt nanem celery-sledri aroma segernya khas bgt emoticon-Jempol
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 10:39
mantap gan ..
berkebun ndiri ya
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 10:39
masih ngekos bingung mau nanem apa emoticon-Shutup (S)
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 10:40
Quote:Original Posted By progenies
Nitip piaraan ane emoticon-Malu yang baru ditanem beberapa hari yang lalu
daun bawang


Pingin wortel juga, tapi ga yakin bisa bagus di dataran rendah kayak tempat ane emoticon-Mewek


Keren ini gan
:nulisah:monggo

Mantaf nich tsnya
:terimakasih
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 11:01
nice infoh gan.....emoticon-Jempol emoticon-Toast
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 11:03
kemaren selada & sawi dah mulai numbuh.. abis digrogotin ma tikus emoticon-Cape deeehh
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 11:14
nanem selada bgusss bgt ...pagi bangun tidur pas mau di siram .ilang di ambil orang sm polibagnya....sedih bgt.
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 11:16
Oke nice info gan emoticon-thumbsup
Diubah oleh cheria021
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 11:34
ane klo py lahan tahan kosong, pengen gan nanam sayuran itu..
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 11:44
Mari makan siang...
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 11:54
jadi pengen nyoba juga
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 12:04
kalo gw nanem cabe,...
soalnya ibu gak suka pedes, jadi cabe bijinya dibuang....trus coba gw tanem

...sebagian berhasil, tapi udah gede kena hama atau apalah, jadi kering daunnya...
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 12:27
ane ada tanem cabe rawit, itu dari biji cabe rawit ane taro dipot.
udah hampir 3 bulan sih tapi masih belom berbunga.
pengen coba wortel sama kentang deh tapi takut gagal.
kalo gak salah dulu pernah coba tanem daun bawang tapi enggak berhasil,
apa yang salah ya emoticon-Cape d...
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 13:07
gak ada waktu gan~~~
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 13:10
bagus ni kadang stok sayur/bumbu istri ane kelamaan sampe numbuh tunas hehehe, tapi kalo wortel ane kasih ke kijang deket rumah ane gan
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 14:20
Quote:Original Posted By kaniarf
ALOHA GAN SIS

WELCOME TO MY THREAD

emoticon-Selamatemoticon-Ultah



Cuap-cuap dulu


[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo

source: pixabay.com/Free-Photos


Gansis suka kegiatan bercocok tanam? Apa yang biasa gansis tanam? Sayur, buah atau tanaman hias? Pasti jawabannya sangat beragam ya, tergantung kesukaan gansis masing-masing. Lalu apa tujuannya? Mungkin mereka yang suka menanam sayuran atau buah-buahan ingin memanfaatkan hasilnya kelak dan mereka yang suka menanam tanaman hias ingin menjalankan kampanyeGo Green atau hanya sekedar hobi. Apapun tujuannya, ane yakin pasti tujuan yang baik, ane sendiri sebagai perempuan dan akrab sama bahan makanan di dapur pastinya lebih senang menanam sayur atau buah yang bisa dimanfaatkan hasil panennya.  


Tak hanya menanam untuk memanfaatkan hasil panennya, menanam sayuran juga bisa mengurangi limbah bahan makanan loh gansis. Kok bisa? Jadi, kita bisa memanfaatkan bagian sayuran yang tidak terpakai dan biasa dibuang sebagai bibit untuk tanaman baru. Penasaran sisa sayuran dan bahan makanan apa yang bisa kita tanam kembali? Lalu bagaimana caranya? Yuk langsung aja cekidot gan~

 



 



 



 



 



 



 
Nah itu dia beberapa limbah bahan makanan yang bisa kita tanam kembali. Lumayan kan, selain ikut mengurangi limbah dan nantinya bisa dipanen hasilnya, bisa juga irit uang belanja buat para ibu-ibu. Caranya juga tidak sulit kan? Jadi tunggu apalagi gansis, yuk langsung dipraktekan di rumah.

emoticon-Big Kissemoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Peluk


[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo

source: cantik.co.id

 




media tanamnya pakai apa ya?
0 0
0
[Event COC] Tips Menanam Sembari Mengurangi Limbah Bahan Makanan #Aslinyalo
24-10-2018 14:22
Di tanem pake konsep aquaponik cocok tuh gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia