- Beranda
- Kendaraan Roda 4
■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV - Part 3
...
TS
morinoz
■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV - Part 3
(Model 2015)
by: autobild
Spin Activ
by: autobild
Bagi yg ingin berkomunitas (sharing masalah) silakan bergabung di grup diskusi Facebook Chevrolet Spin Indonesia di sini dan di sini
Thread sebelumnya
■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV
■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV - Part 1
■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV - Part 2
Brosur Spesifikasi Spin (CKD Indonesia):
2013 - 2014: find here
Owner Manual temukan linknya di sini, dan Service Manual klik di sini
Spek oli mesin Spin:
Menurut buku owner manual ( ganti maksimal tiap 7500 km atau maksimal 6 sd 8 bulan sekali mana yg lebih dulu tercapai, khusus utk diesel ganti tiap 5000an km dan rutin perawatan flushing / bilas mesin setiap habis 4 kali ganti oli mesin):
Jenis oli Dexos1 atau lebih tinggi dan viskositas SAE 5W 30 untuk mesin Bensin 1,5 L dan 1.2
Jenis oli Dexos2 atau lebih tinggi dan viskositas SAE 5W 30 untuk mesin Bensin 1,2 L dan ( utk Spin Diesel 1.3L penggantian di bawah 5000 km dg bbm Pertadex)
merk oli Dexos1: https://www.gmdexos.com/brands/dexos1/index.html
merk oli Dexos2: https://www.gmdexos.com/brands/dexos2/index.html
Skema perawatan rutin dan jenis oli mesin Spin 1.3 diesel bisa baca di sini menggunakan oli mesin 5w-30 spesifikasi CI-4 atau CJ-4 dan nilai TBN (Total Base Number) minimal 10 ke atas (cth: merk olinya Q8 FT 8700 FE 5W-30 atau Mobil Delvac 1™ LE 5W-30 atau Mobil Delvac 1™ ESP 5W-30 atau Amsoil Max Duty Diesel Signature 5W-30 atau Pertamina Fastron Gold 5w-40 ) spt yg disarankan di page ini ganti setiap 6000 sd 7000 km dg bbm Pertadex atau kalo pakai Dexos 2 musti lebih cepat ganti oli mesinnya tiap maximal tiap 5000km dg bbm Pertadex. Daftar merk oli 5w-30 dexos2 https://www.gmdexos.com/brands/dexos2/index.html Tabel jadwal perawatan dr Chevy bisa baca di sini dan tonton video di bawah, yg penting minimal wajib isi Pertadex (Euro4) atau terbaik Shell V-Power Diesel (Euro5 , pakai spek oli mesin yg tepat dan rutin ganti oli mesin tiap 5000an km sekali serta rutin perawatan engine flush. Baca Tips dan video perawatan Captiva di sini krn perawatannya mirip dg Spin diesel
Utk toko oli di marketplace yg kredibel klik di sini
Langkah2 cara cek kondisi mesin Captiva diesel, Spin diesel utk yg mau beli bekasnya:
- Panaskan mesin sekitar 10 menitan sampai suhu mesin optimal panasnya
- Cabut kawat dipstik oli pengukur ketinggian oli mesin di blok mesin
- Jika setelah dicabut hanya keluar asap saja berarti masalah ringan krn ring pistonnya kotor.
- Jika setelah dicabut keluar asap dan percikan oli maka ada masalah berat di mesin krn linear /' boring sudah ada lekungan (siapkan dana perbaikan di atas 25jt)
Spek oli transmisi Spin:
Utk Spin 1.2 bensin manual dan Spin 1.3 diesel manual pakai oli BOT 303, SAE 70W, API GL-4 atau alternatifnya SAE 75W API GL-4. cek di sini dan di sini utk amannya diganti/dikuras tiap 24 bulan / 30rb km. atau bisa pakai oli resmi transmisi manual GL-4 dr Wuling tipe MTF 75W/90 kemasan biru (liat fotonya di sini) yg bisa dibeli di bengkel resmi Wuling krn bengkel resmi Chevy rata2 hanya sediakan oli GL-5 spt merk Q8 T55
Utk Spin 1.5 bensin manual pakai oli BOT 402, SAE 75W-85, API GL-4. cek di sini atau bisa pakai oli resmi transmisi manual GL-4 dr Wuling tipe MTF 75W/90 kemasan biru (liat fotonya di sini) yg bisa dibeli di bengkel resmi Wuling krn bengkel resmi Chevy rata2 hanya sediakan oli GL-5 spt merk Q8 T55 utk amannya diganti/dikuras tiap 24 bulan / 30rb km
Utk Spin 1.5 matik pakai oli Dexron VI utk amannya dikuras (bukan hanya diganti saja) tiap 36 bulan / 25rb km (dipercepat krn faktor macet) utk daftar merk oli Dexron VI klik link di sini atau gbr di bawah butuh sekitar 11 liter
Spesifikasi Aki standard klik di sini
Ground clearance Spin vs kompetitor
Spin vs Terios, Spin vs Innova, Spin vs ErtigaAvanza, Ertiga, Mobilio, Spin
Perbandingan biaya pemeliharaan LMPV perbulan (2014)
Chevrolet Tawarkan Biaya Kepemilikan Ekonomis
Cek status recall Chevy anda di sini atau di sini atau di sini dg mengetik no rangka di STNK
Jika ada keluhan dg mobilnya bisa lapor Customer Care di sini
Jadwal perawatan berkala cek di sini
Daftar bengkel resmi, non resmi dan toko parts spesialis GM Chevrolet / Opel klik di sini
Spesifikasi mesin (model 2014):
- 1200cc bensin dual VVT-i DOHC (LDC) (discontinued Dec 2014) 5-speed manual LS/LT bertenaga 86 PS @5600 rpm / torsi 115Nm @4000 rpm Ecotec engine, (sama dg yg digunakan oleh Chevy Aveo, Opel Corsa di Eropa)
Compression ratio 10.5 : 1, Dual Overhead Cam, double continuously variable cam phaser intake and exhaust (DCVCP), RON 91-98 fuel type, Low-mass hollow-frame cast iron block, Chain-driven cams, Roller-finger camshaft followers, Variable-flow oil pump, Electronically controlled thermostat, Coil on plug ignition, Hollow cast crankshaft, Fully integrated blow-by system, Torsional vibration damper for better Noise, Vibration, Harshness (NVH) (utk posisi nomor mesin dan rangka klik di sini)
- 1500cc bensin dual VVT-i DOHC (L2B) (discontinued Juni 2015) 5-speed manual LS/LT/LTZ/Activ dan 6-speed matic tiptronic LTZ/Activ bertenaga 106 PS @5800 rpm / torsi 141Nm @4000 rpm S-TEC III engine,
Compression ratio 10.2 : 1, 16-valve SFI order multi-point fuel injection ECU control moduleBlock VGIS variable intake manifoldTube, life-long maintenance-free timing chain drive technology, E-Gas electronicAccelerator, RON 92 fuel type (utk posisi nomor mesin dan rangka klik di sini)
- 1300cc common rail direct injection turbo diesel (LDV) (discontinued Juni 2015) 5-speed manual LS/LT/LTZ/Activ bertenaga 75 PS @4000 rpm / torsi 190 Nm @1750-2500 rpm, (sama dg yg digunakan oleh Chevy Aveo, Opel Corsa di Eropa), 2005 International Engine of the Year winner kategori 1.0 litre to 1.4 litre http://www.ukipme.com/engineoftheyear/archive.php
Compression ratio 16.8 : 1 , Common Rail direct injection, Fixed Geometry Turbocharger (FGT) with intercooler, Dual Overhead Camshafts (DVCVP), Double Continuous Variable Cam Phasing ( DCVCP ), Chain Driven Drivetrain, Hydraulic "mini-lash" adjusters with roller fingers, Integrated exhaust manifold / turbocharger, Electronic Throttle Control, Electronic Controlled Cooling System. Hydraulic Tappets, Cylinder Selective, Adaptive Knock Control, Engine Oil Cooler with Individual Piston Cooling Jets, Individual Coil on Plug High Energy Ignition, Extended Life Coolant, 3 Layer Sheet Metal Cylinder Head Gasket, Chain Driven Drivetrain, Long life (100,000-mile) spark plugs (utk posisi nomor mesin dan rangka klik di sini)
Car platform: GM Gamma II
R&D by GM Brasil (basisnya dari Chevy Cobalt gen-2)
Teknologi mesin: mesin bensin 1.2L oleh GM Opel, mesin bensin 1.5L oleh GM Korea dan mesin turbo diesel 1.3L oleh Fiat multijet / GM small diesel engine (SDE)
Transmisi automatic: GM 6T30 Hydra-Matic 6-speed tiptronic (Spin 1.5 matic): tipe oli yg dipakai: Dexron VI
Six speed front-wheel-drive, electronically controlled, automatic overdrive transaxle with an electronically controlled torque converter clutch.
On-Axis Design
Clutch-to-Clutch Shift Operation
Adaptive Shift Controls
Space-Saving Hyper-Elliptical Torque Converter
IX Gear Pump
Ground and Honed Gears
Unique Input Shaft Bushings
Transmisi manual: GM F17 series 5-speed manual (Spin 1.2, Spin 1.5 dan Spin 1.3 diesel): tipe oli yg dipakai: BOT 303, SAE 70W, API GL-4 atau alternatifnya SAE 75W API GL-4 atau bisa pakai oli resmi transmisi manual GL-4 dr Wuling tipe MTF 75W/90 kemasan biru (liat fotonya di sini) yg bisa dibeli di bengkel resmi Wuling krn bengkel resmi Chevy rata2 hanya sediakan oli GL-5 spt merk Q8 T55
General Motors' F17 5-speed is a robust yet compact five-speed manual transmission for front-wheel drive vehicles with a transversely mounted engine. Its design incorporates the axle differential for easier packaging in smaller vehicles. Premium features include triple-cone synchronizers for first and second gears and a new synchronizer system for a high-quality shift feel. All forward gears are synchronized. All of the forward gears and final drive in the differential are hard-machined for durability.
The F17 uses conventional gear oil and no maintenance is required under normal operating conditions. Fluid changes are recommended for severe duty. A hydraulic clutch eliminates adjustments throughout the lifespan of the transmission.
The F17 manual transmission has a one-piece, aluminum housing with a separate composite bearing plate and integrates the differential within the compact and lightweight housing.
The two-shaft design of the transmission places all of the gears behind one another, with a housing extension that covers the fifth gear set.
The synchromesh system for the gears uses triple-cone synchronizers for first and second gears, for enhanced low-gear engagement that manifests as smoothers and easier launch and shifting characteristics for the driver. All of the F17's forward gears and final drive are hard-machined for greater durability.
Kurva torsi mesin 1.2 bensin
Kurva torsi mesin 1.3 turbo diesel FGT common rail
Pilihan warna dan kode catnya:
Mond Gray Metallic (GXR),
Black Sapphire (GQR)
Very Berry Red Metallic (GWL)
Macaw Blue Metallic (GVD)
Switchblade Silver Metalic (GAN)
Summit White (GAZ)
Spesifikasi ban dan velg:
Ban Standard: GT Radial Champiro Eco 195/65 R15 91H
Spesifikasi velg:
PCD: 4x100
Offset: 39
Center bore: 56.6
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...2c000013/6370/
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...2000005/6370/-
Alternatif ukuran velg & ban lainnya tanpa merubah GC atau rasio speedometer:
https://www.kaskus.co.id/show_post/5...01000003/6194/
Tipe bohlam lampu baca di sini atau cari di buku manual
Akselerasi dan Konsumsi BBM:
- 1.2L bensin MT: 0-100 km/h in 15 seconds
- 1.5L bensin AT: 0-100 km/h in 13.9 seconds
- 1.3L turbo diesel MT: 0-100 km/h in 15.7 seconds & top speed of 155 km/h.
- Konsumsi BBM 1.2L bensin transmisi MT: dalam kota 10,1km/l, tol 13km/l
sumber: AUTO BILD
- Konsumsi BBM 1.5L bensin transmisi 6-speed AT: dalam kota 9,4km/l (average speed 22,3 km/jam), jalan tol 15,7km/l (average speed 84,6 km/jam)
sumber: http://www.autobild.co.id/read/2013/...us-157-kmliter
- Konsumsi BBM 1.3L turbo diesel transmisi MT: dalam kota 13,86km/l, luar kota 20,96km/l
sumber: AUTO BILD test liga irit 2013
Tips cara mengemudi yang bikin irit BBM
Tips agar Mobil Lebih Irit BBM dr vivanews
Drag coefficient claimed: 0.33
Jenis BBM agar mesin lebih awet:
Utk mesin bensin kompresi 10 ke atas secara teknis harusnya pakai BBM non subsidi Ron 92 (Shell Super/Pertamax/Total Performance 92/ BP 92)
Utk mesin turbo diesel common rail Spin 1.3 FGT dirancang utk memenuhi standar emisi euro4 yg BBM solarnya harus berkadar sulfur maksimal 50 ppm dg cetane number minimal 52 shg secara teknis minimal wajib isi Pertadex (Euro4) atau terbaik Shell V-Power Diesel (Euro5). Tapi harus cari SPBU yg cukup banyak pembelinya yg perputaran stoknya cepat agar terhindar dr kualitas Shell V-Power Diesel / Pertadex yg sudah basi krn terlalu lama tersimpan di tangki timbun SPBU krn jarang dibeli orang.
Berikut daftar spesifikasi injection pressure bar dr beberapa mesin turbo diesel GM termasuk Spin 1.3 dan spesifikasi cetane number dan kadar sulfur dari bio solar, dexlite, pertadex (per 2016) yg bisa baca di sini
Kekurangan dan kelebihan Spin dibandingkan dg kompetitor (model 2014):
Kelebihan:
- Transmisi 6-speed automatic tiptronic utk tipe 1500cc bensin LTZ/Activ (lebih irit BBM drpd 4-speed AT dan 5-speed AT) . Tiptronic adalah transmisi otomatis yg dapat dikendalikan seperti transmisi manual (M mode) dg menekan tombol + dan - utk pergantian giginya.
- Ketebalan pelat bodi 0,6 - 0,8 mm, kompetitornya hanya 0,4 - 0,6 mm
- AC double blower tersedia di atap dengan saluran hingga baris ketiga di semua tipe LS/LT/LTZ/Activ
- Tersedia mesin 1300cc turbo diesel common rail with intercooler transmisi 5-speed-manual
Kekurangan:
- Power steering hydraulic lebih berat dan boros BBM tapi kelebihannya feedback steer lebih akurat dan biaya perbaikan jauh lebih murah
- Kursi baris kedua tidak bisa sliding atau tidak bisa digeser maju mundur shg ruang kaki baris ke tiga tidak bisa disesuaikan.
Fitur plus Spin lainnya
1. Mobil ini mengadopsi primary foldable key with immobilizer (tipe LS/LT/LTZ/Activ) and theft deterrent (tipe LT/LTZ/Activ). Artinya bentuk ujung kunci ini bisa dilipat atau tersimpan masuk ke dalam bodi utama kunci, plus dilengkapi immobilizer.
Sistem anti-maling atau theft deterrent kerjanya melibatkan sensor-sensor yg dpt memberi perintah kepada ECU atau komputer pengatur pada mobil, sehingga bisa mencegah maling masuk ke kabin dan menjalankan mobil.
Misalnya, jendela elektrik terkunci, mesin akan mati jika sensor mendapati gerak pengemudi maling mencurigakan.
2. Di tipe LT/LTZ/Activ head unit 2DIN dilengkapi Mobile Phone Provision with Bluetooth. Dengan aplikasi itu memudahkan dan aman dalam menggunakan telepon genggam serta memutar koleksi lagu dari multimedia, baik BlackBerry maupun iPhone.
3. Headlight with Follow Me Home function, merupakan fitur yang bisa memberikan penerangan sementara (30-90 detik), sehingga memberikan kemudahan bagi penumpang memasuki rumah setelah turun dan mematikan mobil.Cara mengaktifkanmya:
1. Matikan mesin
2. Cabut kunci
3. Buka pintu
4. Tarik lampu dim
5. Keluar tutup pintu
6. Kunci pintu pake remote
Setelah waktu yg disetting (30sec,1min,2min) headlight akan mati dengan sendirinya. Cara setting waktunya via audio head unit. Tekan tombol Config. Pilih pake tombol Menu. Petunjuk lengkap baca di user manualnya
Poin plus Spin lainnya:
1. Kabin senyap
2. Kualitas audio bagus
3. Kabin baris ke1 lapang.
4. Mesin halus.
5. Pandangan ke depan pengemudi luas.
6. Handling bagus.
7. Jok kursi tebal kualitas baik.
8. Suara diesel lebih halus.
by: autobild
Spin Activ
by: autobild
Bagi yg ingin berkomunitas (sharing masalah) silakan bergabung di grup diskusi Facebook Chevrolet Spin Indonesia di sini dan di sini
Thread sebelumnya
■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV
■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV - Part 1
■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV - Part 2
Brosur Spesifikasi Spin (CKD Indonesia):
2013 - 2014: find here
Owner Manual temukan linknya di sini, dan Service Manual klik di sini
Spek oli mesin Spin:
Menurut buku owner manual ( ganti maksimal tiap 7500 km atau maksimal 6 sd 8 bulan sekali mana yg lebih dulu tercapai, khusus utk diesel ganti tiap 5000an km dan rutin perawatan flushing / bilas mesin setiap habis 4 kali ganti oli mesin):
Jenis oli Dexos1 atau lebih tinggi dan viskositas SAE 5W 30 untuk mesin Bensin 1,5 L dan 1.2
Jenis oli Dexos2 atau lebih tinggi dan viskositas SAE 5W 30 untuk mesin Bensin 1,2 L dan ( utk Spin Diesel 1.3L penggantian di bawah 5000 km dg bbm Pertadex)
merk oli Dexos1: https://www.gmdexos.com/brands/dexos1/index.html
merk oli Dexos2: https://www.gmdexos.com/brands/dexos2/index.html
Skema perawatan rutin dan jenis oli mesin Spin 1.3 diesel bisa baca di sini menggunakan oli mesin 5w-30 spesifikasi CI-4 atau CJ-4 dan nilai TBN (Total Base Number) minimal 10 ke atas (cth: merk olinya Q8 FT 8700 FE 5W-30 atau Mobil Delvac 1™ LE 5W-30 atau Mobil Delvac 1™ ESP 5W-30 atau Amsoil Max Duty Diesel Signature 5W-30 atau Pertamina Fastron Gold 5w-40 ) spt yg disarankan di page ini ganti setiap 6000 sd 7000 km dg bbm Pertadex atau kalo pakai Dexos 2 musti lebih cepat ganti oli mesinnya tiap maximal tiap 5000km dg bbm Pertadex. Daftar merk oli 5w-30 dexos2 https://www.gmdexos.com/brands/dexos2/index.html Tabel jadwal perawatan dr Chevy bisa baca di sini dan tonton video di bawah, yg penting minimal wajib isi Pertadex (Euro4) atau terbaik Shell V-Power Diesel (Euro5 , pakai spek oli mesin yg tepat dan rutin ganti oli mesin tiap 5000an km sekali serta rutin perawatan engine flush. Baca Tips dan video perawatan Captiva di sini krn perawatannya mirip dg Spin diesel
Utk toko oli di marketplace yg kredibel klik di sini
Langkah2 cara cek kondisi mesin Captiva diesel, Spin diesel utk yg mau beli bekasnya:
- Panaskan mesin sekitar 10 menitan sampai suhu mesin optimal panasnya
- Cabut kawat dipstik oli pengukur ketinggian oli mesin di blok mesin
- Jika setelah dicabut hanya keluar asap saja berarti masalah ringan krn ring pistonnya kotor.
- Jika setelah dicabut keluar asap dan percikan oli maka ada masalah berat di mesin krn linear /' boring sudah ada lekungan (siapkan dana perbaikan di atas 25jt)
Spoiler for video perawatan spin diesel:
Spek oli transmisi Spin:
Utk Spin 1.2 bensin manual dan Spin 1.3 diesel manual pakai oli BOT 303, SAE 70W, API GL-4 atau alternatifnya SAE 75W API GL-4. cek di sini dan di sini utk amannya diganti/dikuras tiap 24 bulan / 30rb km. atau bisa pakai oli resmi transmisi manual GL-4 dr Wuling tipe MTF 75W/90 kemasan biru (liat fotonya di sini) yg bisa dibeli di bengkel resmi Wuling krn bengkel resmi Chevy rata2 hanya sediakan oli GL-5 spt merk Q8 T55
Utk Spin 1.5 bensin manual pakai oli BOT 402, SAE 75W-85, API GL-4. cek di sini atau bisa pakai oli resmi transmisi manual GL-4 dr Wuling tipe MTF 75W/90 kemasan biru (liat fotonya di sini) yg bisa dibeli di bengkel resmi Wuling krn bengkel resmi Chevy rata2 hanya sediakan oli GL-5 spt merk Q8 T55 utk amannya diganti/dikuras tiap 24 bulan / 30rb km
Utk Spin 1.5 matik pakai oli Dexron VI utk amannya dikuras (bukan hanya diganti saja) tiap 36 bulan / 25rb km (dipercepat krn faktor macet) utk daftar merk oli Dexron VI klik link di sini atau gbr di bawah butuh sekitar 11 liter
Spesifikasi Aki standard klik di sini
Spoiler for Tabel Perbandingan spek/fitur Spin vs kompetitor (model 2015)::
Ground clearance Spin vs kompetitor
Spin vs Terios, Spin vs Innova, Spin vs ErtigaAvanza, Ertiga, Mobilio, Spin
Perbandingan biaya pemeliharaan LMPV perbulan (2014)
Chevrolet Tawarkan Biaya Kepemilikan Ekonomis
Cek status recall Chevy anda di sini atau di sini atau di sini dg mengetik no rangka di STNK
Jika ada keluhan dg mobilnya bisa lapor Customer Care di sini
Jadwal perawatan berkala cek di sini
Daftar bengkel resmi, non resmi dan toko parts spesialis GM Chevrolet / Opel klik di sini
Spesifikasi mesin (model 2014):
- 1200cc bensin dual VVT-i DOHC (LDC) (discontinued Dec 2014) 5-speed manual LS/LT bertenaga 86 PS @5600 rpm / torsi 115Nm @4000 rpm Ecotec engine, (sama dg yg digunakan oleh Chevy Aveo, Opel Corsa di Eropa)
Compression ratio 10.5 : 1, Dual Overhead Cam, double continuously variable cam phaser intake and exhaust (DCVCP), RON 91-98 fuel type, Low-mass hollow-frame cast iron block, Chain-driven cams, Roller-finger camshaft followers, Variable-flow oil pump, Electronically controlled thermostat, Coil on plug ignition, Hollow cast crankshaft, Fully integrated blow-by system, Torsional vibration damper for better Noise, Vibration, Harshness (NVH) (utk posisi nomor mesin dan rangka klik di sini)
- 1500cc bensin dual VVT-i DOHC (L2B) (discontinued Juni 2015) 5-speed manual LS/LT/LTZ/Activ dan 6-speed matic tiptronic LTZ/Activ bertenaga 106 PS @5800 rpm / torsi 141Nm @4000 rpm S-TEC III engine,
Compression ratio 10.2 : 1, 16-valve SFI order multi-point fuel injection ECU control moduleBlock VGIS variable intake manifoldTube, life-long maintenance-free timing chain drive technology, E-Gas electronicAccelerator, RON 92 fuel type (utk posisi nomor mesin dan rangka klik di sini)
- 1300cc common rail direct injection turbo diesel (LDV) (discontinued Juni 2015) 5-speed manual LS/LT/LTZ/Activ bertenaga 75 PS @4000 rpm / torsi 190 Nm @1750-2500 rpm, (sama dg yg digunakan oleh Chevy Aveo, Opel Corsa di Eropa), 2005 International Engine of the Year winner kategori 1.0 litre to 1.4 litre http://www.ukipme.com/engineoftheyear/archive.php
Compression ratio 16.8 : 1 , Common Rail direct injection, Fixed Geometry Turbocharger (FGT) with intercooler, Dual Overhead Camshafts (DVCVP), Double Continuous Variable Cam Phasing ( DCVCP ), Chain Driven Drivetrain, Hydraulic "mini-lash" adjusters with roller fingers, Integrated exhaust manifold / turbocharger, Electronic Throttle Control, Electronic Controlled Cooling System. Hydraulic Tappets, Cylinder Selective, Adaptive Knock Control, Engine Oil Cooler with Individual Piston Cooling Jets, Individual Coil on Plug High Energy Ignition, Extended Life Coolant, 3 Layer Sheet Metal Cylinder Head Gasket, Chain Driven Drivetrain, Long life (100,000-mile) spark plugs (utk posisi nomor mesin dan rangka klik di sini)
Car platform: GM Gamma II
R&D by GM Brasil (basisnya dari Chevy Cobalt gen-2)
Teknologi mesin: mesin bensin 1.2L oleh GM Opel, mesin bensin 1.5L oleh GM Korea dan mesin turbo diesel 1.3L oleh Fiat multijet / GM small diesel engine (SDE)
Transmisi automatic: GM 6T30 Hydra-Matic 6-speed tiptronic (Spin 1.5 matic): tipe oli yg dipakai: Dexron VI
Six speed front-wheel-drive, electronically controlled, automatic overdrive transaxle with an electronically controlled torque converter clutch.
On-Axis Design
Clutch-to-Clutch Shift Operation
Adaptive Shift Controls
Space-Saving Hyper-Elliptical Torque Converter
IX Gear Pump
Ground and Honed Gears
Unique Input Shaft Bushings
Transmisi manual: GM F17 series 5-speed manual (Spin 1.2, Spin 1.5 dan Spin 1.3 diesel): tipe oli yg dipakai: BOT 303, SAE 70W, API GL-4 atau alternatifnya SAE 75W API GL-4 atau bisa pakai oli resmi transmisi manual GL-4 dr Wuling tipe MTF 75W/90 kemasan biru (liat fotonya di sini) yg bisa dibeli di bengkel resmi Wuling krn bengkel resmi Chevy rata2 hanya sediakan oli GL-5 spt merk Q8 T55
General Motors' F17 5-speed is a robust yet compact five-speed manual transmission for front-wheel drive vehicles with a transversely mounted engine. Its design incorporates the axle differential for easier packaging in smaller vehicles. Premium features include triple-cone synchronizers for first and second gears and a new synchronizer system for a high-quality shift feel. All forward gears are synchronized. All of the forward gears and final drive in the differential are hard-machined for durability.
The F17 uses conventional gear oil and no maintenance is required under normal operating conditions. Fluid changes are recommended for severe duty. A hydraulic clutch eliminates adjustments throughout the lifespan of the transmission.
The F17 manual transmission has a one-piece, aluminum housing with a separate composite bearing plate and integrates the differential within the compact and lightweight housing.
The two-shaft design of the transmission places all of the gears behind one another, with a housing extension that covers the fifth gear set.
The synchromesh system for the gears uses triple-cone synchronizers for first and second gears, for enhanced low-gear engagement that manifests as smoothers and easier launch and shifting characteristics for the driver. All of the F17's forward gears and final drive are hard-machined for greater durability.
Kurva torsi mesin 1.2 bensin
Kurva torsi mesin 1.3 turbo diesel FGT common rail
Pilihan warna dan kode catnya:
Mond Gray Metallic (GXR),
Black Sapphire (GQR)
Very Berry Red Metallic (GWL)
Macaw Blue Metallic (GVD)
Switchblade Silver Metalic (GAN)
Summit White (GAZ)
Spesifikasi ban dan velg:
Ban Standard: GT Radial Champiro Eco 195/65 R15 91H
Spesifikasi velg:
PCD: 4x100
Offset: 39
Center bore: 56.6
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...2c000013/6370/
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...2000005/6370/-
Alternatif ukuran velg & ban lainnya tanpa merubah GC atau rasio speedometer:
https://www.kaskus.co.id/show_post/5...01000003/6194/
Tipe bohlam lampu baca di sini atau cari di buku manual
Akselerasi dan Konsumsi BBM:
- 1.2L bensin MT: 0-100 km/h in 15 seconds
- 1.5L bensin AT: 0-100 km/h in 13.9 seconds
- 1.3L turbo diesel MT: 0-100 km/h in 15.7 seconds & top speed of 155 km/h.
- Konsumsi BBM 1.2L bensin transmisi MT: dalam kota 10,1km/l, tol 13km/l
sumber: AUTO BILD
- Konsumsi BBM 1.5L bensin transmisi 6-speed AT: dalam kota 9,4km/l (average speed 22,3 km/jam), jalan tol 15,7km/l (average speed 84,6 km/jam)
sumber: http://www.autobild.co.id/read/2013/...us-157-kmliter
- Konsumsi BBM 1.3L turbo diesel transmisi MT: dalam kota 13,86km/l, luar kota 20,96km/l
sumber: AUTO BILD test liga irit 2013
Tips cara mengemudi yang bikin irit BBM
Tips agar Mobil Lebih Irit BBM dr vivanews
Drag coefficient claimed: 0.33
Jenis BBM agar mesin lebih awet:
Utk mesin bensin kompresi 10 ke atas secara teknis harusnya pakai BBM non subsidi Ron 92 (Shell Super/Pertamax/Total Performance 92/ BP 92)
Utk mesin turbo diesel common rail Spin 1.3 FGT dirancang utk memenuhi standar emisi euro4 yg BBM solarnya harus berkadar sulfur maksimal 50 ppm dg cetane number minimal 52 shg secara teknis minimal wajib isi Pertadex (Euro4) atau terbaik Shell V-Power Diesel (Euro5). Tapi harus cari SPBU yg cukup banyak pembelinya yg perputaran stoknya cepat agar terhindar dr kualitas Shell V-Power Diesel / Pertadex yg sudah basi krn terlalu lama tersimpan di tangki timbun SPBU krn jarang dibeli orang.
Berikut daftar spesifikasi injection pressure bar dr beberapa mesin turbo diesel GM termasuk Spin 1.3 dan spesifikasi cetane number dan kadar sulfur dari bio solar, dexlite, pertadex (per 2016) yg bisa baca di sini
Kekurangan dan kelebihan Spin dibandingkan dg kompetitor (model 2014):
Kelebihan:
- Transmisi 6-speed automatic tiptronic utk tipe 1500cc bensin LTZ/Activ (lebih irit BBM drpd 4-speed AT dan 5-speed AT) . Tiptronic adalah transmisi otomatis yg dapat dikendalikan seperti transmisi manual (M mode) dg menekan tombol + dan - utk pergantian giginya.
- Ketebalan pelat bodi 0,6 - 0,8 mm, kompetitornya hanya 0,4 - 0,6 mm
- AC double blower tersedia di atap dengan saluran hingga baris ketiga di semua tipe LS/LT/LTZ/Activ
- Tersedia mesin 1300cc turbo diesel common rail with intercooler transmisi 5-speed-manual
Kekurangan:
- Power steering hydraulic lebih berat dan boros BBM tapi kelebihannya feedback steer lebih akurat dan biaya perbaikan jauh lebih murah
- Kursi baris kedua tidak bisa sliding atau tidak bisa digeser maju mundur shg ruang kaki baris ke tiga tidak bisa disesuaikan.
Fitur plus Spin lainnya
1. Mobil ini mengadopsi primary foldable key with immobilizer (tipe LS/LT/LTZ/Activ) and theft deterrent (tipe LT/LTZ/Activ). Artinya bentuk ujung kunci ini bisa dilipat atau tersimpan masuk ke dalam bodi utama kunci, plus dilengkapi immobilizer.
Sistem anti-maling atau theft deterrent kerjanya melibatkan sensor-sensor yg dpt memberi perintah kepada ECU atau komputer pengatur pada mobil, sehingga bisa mencegah maling masuk ke kabin dan menjalankan mobil.
Misalnya, jendela elektrik terkunci, mesin akan mati jika sensor mendapati gerak pengemudi maling mencurigakan.
2. Di tipe LT/LTZ/Activ head unit 2DIN dilengkapi Mobile Phone Provision with Bluetooth. Dengan aplikasi itu memudahkan dan aman dalam menggunakan telepon genggam serta memutar koleksi lagu dari multimedia, baik BlackBerry maupun iPhone.
3. Headlight with Follow Me Home function, merupakan fitur yang bisa memberikan penerangan sementara (30-90 detik), sehingga memberikan kemudahan bagi penumpang memasuki rumah setelah turun dan mematikan mobil.Cara mengaktifkanmya:
1. Matikan mesin
2. Cabut kunci
3. Buka pintu
4. Tarik lampu dim
5. Keluar tutup pintu
6. Kunci pintu pake remote
Setelah waktu yg disetting (30sec,1min,2min) headlight akan mati dengan sendirinya. Cara setting waktunya via audio head unit. Tekan tombol Config. Pilih pake tombol Menu. Petunjuk lengkap baca di user manualnya
Poin plus Spin lainnya:
1. Kabin senyap
2. Kualitas audio bagus
3. Kabin baris ke1 lapang.
4. Mesin halus.
5. Pandangan ke depan pengemudi luas.
6. Handling bagus.
7. Jok kursi tebal kualitas baik.
8. Suara diesel lebih halus.
Diubah oleh morinoz 05-09-2022 07:50
das.kalasan dan 10 lainnya memberi reputasi
11
398.8K
2.7K
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
25KThread•14.9KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya