News
Batal
KATEGORI
link has been copied
198
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bcbf6b860e24b7a1b8b4572/mengapa-cina-jorjoran-bangun-infrastruktur
tirto.id - Xiaolu Guo, bocah perempuan sering terlambat datang ke sekolah. Anak perempuan tujuh tahun itu amat menikmati pemandangan ladang-ladang pertanian yang membentang sepanjang perjalanan dari rumah menuju sekolah. Hamparan bunga berwarna kuning yang bergoyang ditiup angin dan gerombolan kerbau yang berendam diri di sungai membetot perhatiannya. Pemandangan itu ada di desa Wenling, Provinsi
Lapor Hansip
21-10-2018 10:47

Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?

Quote:tirto.id - Xiaolu Guo, bocah perempuan sering terlambat datang ke sekolah. Anak perempuan tujuh tahun itu amat menikmati pemandangan ladang-ladang pertanian yang membentang sepanjang perjalanan dari rumah menuju sekolah. Hamparan bunga berwarna kuning yang bergoyang ditiup angin dan gerombolan kerbau yang berendam diri di sungai membetot perhatiannya.

Pemandangan itu ada di desa Wenling, Provinsi Zhejiang, Cina Selatan. Sebelum tahun 1990-an, kampung halaman Xiaolu Guo seorang novelis dan pembuat film yang kini tinggal di London, Inggris, masih berbentuk lembah pertanian. Dihiasi semak-semak tanaman teh dan hutan bambu yang lebat. Jangankan terowongan yang menembus pegunungan. Rambu lalu lintas pun tak ada di Wenling hingga medio 1970-an sampai 1980-an.

Sekarang desa terpencil itu telah berubah menjadi kota metropolis berukuran sedang yang menampung 1,4 juta jiwa. Seperti ratusan desa lainnya di Cina yang selama 30 tahun terakhir bertransformasi menjadi kota, Wenling dihiasi hutan beton cerminan banyaknya gedung pencakar langit yang baru dibangun. Untuk mencapai kota itu, Xiaolu Guo hanya membutuhkan waktu 4 jam 52 menit menggunakan kereta berkecepatan tinggi dari Shanghai.

Selama 30 tahun terakhir pemerintah Cina secara intensif berinvestasi di bidang infrastruktur. Di sektor transportasi, pembangunan infrastruktur artinya membuka akses ke pasar karena pasar domestik jadi terintegrasi. Biaya produksi, distribusi dan transportasi menjadi turun. Ini memungkinkan Cina untuk bersaing secara lokal maupun internasional. Selain berkontribusi terhadap pertumbuhan, investasi infrastruktur yang dilakukan pemerintah Cina juga berhasil mengurangi angka kemiskinan penduduk dan meningkatkan layanan ekonomi serta perbankan.

“Target belanja infrastruktur telah menjadi bagian dari program pengentasan kemiskinan nasional,” sebut Bank Dunia dalam ringkasan studi kasus berjudul China: Infrastructure, Growth, and Poverty Reduction (PDF).

Banyak cara dilakukan Negeri Tirai Bambu itu membangun infrastruktur. Pada 1984 misalnya, pemerintah pusat meluncurkan program ‘Food-for-Work’ atau ‘Makanan-untuk-Kerja’. Bahan pangan gratis disediakan pemerintah pusat bagi desa miskin yang membangun jalan raya. Sementara pemerintah daerah diharuskan menyediakan dana untuk membayar bahan bangunan dan peralatan lainnya.

Selama tujuh tahun dari 1994-2000, pemerintah Cina menggelontorkan dana 920 juta renminbi untuk membangun jalan raya di 529 kabupaten miskin di 21 provinsi. Di periode itu, 420 ribu km jalan raya dibangun setiap tahun. Pada 2002, total luas jalan raya yang menghubungkan kota-kota baru di Cina mencapai 1.065 juta km persegi. Dekade 2001-2011, investasi infrastruktur di Cina naik sepuluh kali lipat dari $7 miliar menjadi $74 miliar.

Kesenjangan Investasi Infrastruktur

Manfaat sosioekonomi dari pembangunan infrastruktur, terlihat jelas dari pengentasan kemiskinan. Laporan McKinsey Global Institute berjudul Bridging Global Infrastructure Gaps (PDF), memaparkan pembangunan infrastruktur memiliki tingkat pengembalian sosioekonomi sekitar 20 persen. “Dengan kata lain, satu dolar investasi infrastruktur dapat meningkatkan PDB. Setiap 20 sen yang digunakan untuk investasi infrastruktur, dapat meningkatkan produktivitas dalam jangka panjang,” tulis MGI.

Analisis MGI juga menunjukkan, dalam jangka pendek, pembangunan infrastruktur menciptakan lapangan kerja dengan cepat. Peningkatan investasi infrastruktur sebesar satu poin persentase dari PDB dapat menghasilkan tambahan berupa: 3,4 juta pekerjaan langsung dan tidak langsung di India; 1,5 juta di Amerika Serikat; 1,3 juta di Brasil; dan 700 ribu di Indonesia.

“Bahkan investasi infrastruktur dalam jangka panjang, dapat menambah 0,6 persen terhadap pertumbuhan ekonomi global,” sebut analisis MGI (PDF).

MGI mencatat, periode 1992-2013, Cina menghabiskan dana 8,6 persen dari PDB dunia setara $829 miliar hanya untuk infrastruktur. Padahal rata-rata negara hanya menghabiskan dana 3,5 persen dari PDB global. Sedangkan negara berkembang seperti Indonesia, Banglades, Malaysia, Pakistan, Filipina, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam hanya menghabiskan 3,6 persen dari PDB global untuk pembangunan infrastruktur untuk kurun waktu lebih dari 20 tahun. Investasi infrastruktur Cina mengalahkan anggaran belanja infrastruktur Amerika Utara dan Eropa Barat meski sekalipun digabung.

Kesenjangan investasi infrastruktur yang mencolok, terlihat di negara-negara berkembang. Indonesia diperkirakan memiliki selisih 1,3 persen antara belanja dan kebutuhan infrastruktur sepanjang 2016-2030. Lebih tinggi dibanding rata-rata selisih anggaran infrastruktur negara-negara di dunia yang sebesar 0,4 persen atau setara $5,2 triliun.

Di bawah Indonesia mengikuti Afrika Selatan dan Meksiko dengan selisih masing-masing 1,2 persen dan 1,1 persen dari PDB global. India yang dicap sebagai negara dengan infrastruktur buruk memiliki selisih 0,5 persen dari PDB dunia dalam hal realisasi dan estimasi belanja infrastruktur. Hitungan selisih ini turut menghitung nilai tukar mata uang masing-masing negara yang kemudian dibagi dengan PDB dunia secara akumulatif.

American Society of Civil Engineers (ASCE) memperkirakan, jika dalam 10 tahun selisih kebutuhan infrastruktur AS sebesar $2 triliun tidak ditangani, maka akan membebani APBN negeri Paman Sam sebesar $3,9 triliun pada PDB tahun 2025. Kekurangan itu akan memengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat AS. Misalnya saja hilangnya 5,5 miliar jam hilang akibat kemacetan lalu lintas. Selain itu hampir 10 persen dari jembatan yang menghubungkan berbagai negara bagian di AS dan digunakan oleh 56 ribu warga, akan berkurang.

“Masyarakat AS akan segera mengalami volume kepadatan transit di 24 dari 30 bandara besar setidaknya selama sekali dalam sepekan. Kegagalan investasi infrastruktur juga akan berdampak pada keselamatan pribadi warga negara,” tulis Michael S. Burke, Chairman and Chief Executive Office dari AECOM dalam laporan berjudul The Future of Infrastructure

Cina menjadi pemimpin dalam hal surplus antara realisasi dan target belanja infrastruktur. Negara yang yang dipimpin Xi Jinping ini justru menghabiskan dana 3,3 persen lebih banyak dibanding perkiraan belanja infrastruktur. Negara-negara di dunia yang juga menghabiskan dana belanja infrastruktur lebih besar dibanding perkiraan adalah Jepang, Australia dan Qatar dengan masing-masing besaran surplus 1,5 persen, 1,2 persen dan 0,3 persen.

Pembangunan infrastruktur yang masif dilakukan Cina, membuat negara tersebut mengalami percepatan pertumbuhan ekonomi sejak 2011. Alhasil, Cina menyumbang sepertiga dari pertumbuhan ekonomi global. Di tengah ketidakpastian ekonomi global ini, pemerintah Cina tetap berencana investasi secara agresif di seluruh sektor infrastruktur utama. Ini dilakukan untuk mendukung dan mendorong pertumbuhan di masa depan.

Misalnya saja dengan menambah jalur kereta sebanyak 157 persen dari yang sudah ada saat ini menjadi 139 ribu km sampai dengan tahun 2020. Kapasitas terminal kontainer akan ditambah sebanyak 132 persen menjadi 237 juta TEU dan menambah jumlah bandara sebanyak 62 persen menjadi lebih dari 240 bandara selama dua tahun ke depan.

Itu semua dilakukan dalam rangka membuka koridor logistik baru yang akan menghubungkan cluster kota yang baru dan yang sedang berkembang. Feng Yongsheng, seorang peneliti di Akademi Ilmu Sosial Cina, mengatakan kebijakan pembangunan infrastruktur di wilayah yang belum berkembang membantu mengatasi kesenjangan infrastruktur. Stabilisasi investasi menjadi hal penting bagi pertumbuhan ekonomi Cina saat ini. Sebabnya, Cina perlu meluncurkan 165 proyek infrastruktur skala besar yang termasuk dalam rencana lima tahun ke depan secepat mungkin.

Investasi infrastruktur, kata Zeng Kanghua, seorang profesor di Universitas Keuangan dan Ekonomi di Beijing, dapat membantu Cina mengimbangi dampak negatif dari ketegangan perdagangan dengan AS. Sebab, investasi domestik merupakan pendorong utama bagi perekonomian negara. “Perbaikan infrastruktur dapat mendorong lebih banyak perusahaan, baik domestik maupun asing, untuk berinvestasi dan berkembang di daerah yang kurang berkembang, sehingga meningkatkan ekonomi lokal,” kata Zeng seperti dilansir dari Telegraph.



SUMBER

nasbung adalah tipikal PENGKHIANAT NEGARA yang tidak senang melihat indonesia maju serta melihat rakyat miskin mendapat tempat hidup yang lebih layak
karena dengan kemiskinan dan kebodohan lah
jumlah nasbung akan terpelihara

buktinya adalah nasbung dengan segala cara supaya warga miskin untuk menyewa rusun seharga 1,5 jt daripada 300.000
untuk apa? supaya mereka tetap miskin dan jumlah nasbung bisa berkembang pesat emoticon-Embarrassment

namanya "proses" untuk mengejar ketinggalan itu pastilah berat dan butuh perjuangan
dan tentunya juga butuh mental baja untuk mencapainya
mental yang hanya di miliki oleh warga yang memiliki jiwa nasional emoticon-Embarrassment

apakah anda berjiwa nasional, yang ingin melihat negara anda maju di masa yang akan datang dengan pembangunan infrastuktur?

Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?

atau anda berjiwa PENGKHIANAT NEGARA, yang mengakui ISIS sebagai saudara kalian?

Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?

dan pengen melihat masa depan negara menjadi basis negara isis?

Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?

Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?


masa depan negara indonesia ada di tangan kalian
di tangan orang berjiwa nasional

apakah orang berjiwa nasional lebih banyak? atau PENGKHIANAT NEGARA yang mengakui ISIS sebagai saudara yang lebih banyak?
apakah survei guru muslim punya opini intoleran dan radikal tinggi mencapai 50% ++ adalah benar atau tidak?


perjuangan yang sangat mudah, tidak perlu mempertaruhkan nyawa
cukup mengajak orang sebanyak mgkn pada pilpres 2019 untuk melawan kaum yang menganggap ISIS sebagai saudara
apakah diamnya tanda tidak setuju dengan intoleransi?, atau diamnya pertanda diam diam menyetujui kelakuan radikal?
bisa anda buktikan pada pilpres 2019
buktikan dengan tindakan nyata, bukan KATANYA KATANYA dan KATANYA


emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
12
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 6
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 18:52
china kan sblmnya smpe skarang unsur komunisnya ada,

mang indo pake unsur komunis? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

nah btingkah jgn kek komunis, wajar jd dpt cap dituduh komunis emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

kalao bner buat rakyat adil merata, nah klo masuk kantong? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 18:52
Quote:Original Posted By dogvenom88
indonesia bukan cina tong, bandingkan saja devisa negara dan pertumbuhan ekonominya...tidak ada panastaik yg tidak bloon emoticon-Najis (S)


Kemampuan lu mencerna bacaan emang rendah ya?

Poin nya itu di prioritas pembangunan infrastruktur. Cina bisa seperti sekarang karena dulu mereka investasi besar2an di pembangunan infrastruktur nya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 18:56
Quote:Original Posted By plesir


Kemampuan lu mencerna bacaan emang rendah ya?

Poin nya itu di prioritas pembangunan infrastruktur. Cina bisa seperti sekarang karena dulu mereka investasi besar2an di pembangunan infrastruktur nya


china bisa seperti sekarang karena chinak menglen adalah negara komunis otoriter. untuk membuat proyek ambisius dibutuhkan tumbal nyawa jutaaan manusia dan itu terjadi di jaman Mao Zedong. sejarah mencatat Mao Zedong adalah pemimpin terkejam melebihi Joseph Stalin dan Adolf Hitler
0 1
-1
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 19:01
Quote:Original Posted By kaskus.sajalah


SUMBER

nasbung adalah tipikal PENGKHIANAT NEGARA yang tidak senang melihat indonesia maju serta melihat rakyat miskin mendapat tempat hidup yang lebih layak
karena dengan kemiskinan dan kebodohan lah
jumlah nasbung akan terpelihara

buktinya adalah nasbung dengan segala cara supaya warga miskin untuk menyewa rusun seharga 1,5 jt daripada 300.000
untuk apa? supaya mereka tetap miskin dan jumlah nasbung bisa berkembang pesat emoticon-Embarrassment

namanya "proses" untuk mengejar ketinggalan itu pastilah berat dan butuh perjuangan
dan tentunya juga butuh mental baja untuk mencapainya
mental yang hanya di miliki oleh warga yang memiliki jiwa nasional emoticon-Embarrassment

apakah anda berjiwa nasional, yang ingin melihat negara anda maju di masa yang akan datang dengan pembangunan infrastuktur?

Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?

atau anda berjiwa PENGKHIANAT NEGARA, yang mengakui ISIS sebagai saudara kalian?

Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?

dan pengen melihat masa depan negara menjadi basis negara isis?

Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?

Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?


masa depan negara indonesia ada di tangan kalian
di tangan orang berjiwa nasional

apakah orang berjiwa nasional lebih banyak? atau PENGKHIANAT NEGARA yang mengakui ISIS sebagai saudara yang lebih banyak?
apakah survei guru muslim punya opini intoleran dan radikal tinggi mencapai 50% ++ adalah benar atau tidak?


perjuangan yang sangat mudah, tidak perlu mempertaruhkan nyawa
cukup mengajak orang sebanyak mgkn pada pilpres 2019 untuk melawan kaum yang menganggap ISIS sebagai saudara
apakah diamnya tanda tidak setuju dengan intoleransi?, atau diamnya pertanda diam diam menyetujui kelakuan radikal?
bisa anda buktikan pada pilpres 2019
buktikan dengan tindakan nyata, bukan KATANYA KATANYA dan KATANYA


emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia



Nasbungtaik cuma selevel diatas kecoa
emoticon-Recommended Seller
1 0
1
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 19:02
Quote:Original Posted By tiyorahmat
china bisa seperti sekarang karena chinak menglen adalah negara komunis otoriter. untuk membuat proyek ambisius dibutuhkan tumbal nyawa jutaaan manusia dan itu terjadi di jaman Mao Zedong. sejarah mencatat Mao Zedong adalah pemimpin terkejam melebihi Joseph Stalin dan Adolf Hitler


Yoi. Terlepas dari segala kekurangan pemerintah komunis cina, tapi mereka sudah tepat dengan memprioritaskan infrastruktur di masa lalu.

Ini lho poinnya agar sebuah negara maju: INFRASTRUKTUR.

Ga cuma negara komunis seperti cina. Amerika serikat juga sama. Setelah membuka jalur kereta api yg menghubungkan east coast dengan west coast, perekonomian mereka di daerah barat jadi booming.

Korea selatan juga sama.

Jadi jangan asal nyinyir soal infrastruktur.
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 19:04
jokuwi 1 periode sadja
0 1
-1
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 19:12
Masalahnya yg dibangun di indo infrastruktur dg biaya tinggi spt jalan toll.. Itu mau dibangun ribuan km klo yg dibangun jalan toll ga akan menyebabkan pertumbuhan ekonomi.. apalagi pekerja yg digunakan berasal dr luar bukan pekerja lokal.. klo yg dibangun jalan yg tak berbayar baru itu bisa buat pertumbuhan ekonomi.. faktanya pertumbuhan ekonomi skrng sll dibawah target dr pemerintah dan dibawah pemerintah sebelumnya.. emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 19:16
Quote:Original Posted By debuki
Cina duitnya dpt ngutang ga? Kyanya ga,malah dia yg ksh negara lain ngutang


memberi hutang bkn berarti gk berhutang bro
3 5
-2
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 19:21
Karena cina suka membangun.
0 0
0
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 19:25
Karena keuntungan cina udh pasti double klo bangun infra di indonesia.
emoticon-Leh Uga
0 3
-3
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 19:28
Quote:Original Posted By madchick
Asli gua gak ngerti maksud manusia satu ini
Tujuan lo apa emangnya?
Cina jadi sekarang ini karena mereka maksakan infrastruktur waktu itu
Gua nanya kenapa lo ga bandingin keadaan ekonomi ama cadangan devisa indonesia saat cina juga memulai gila2an bangun infrastruktur
Malah ngomong dia jalan2 ke cina


gw gk yakin dia ke cina,palingan dengerin cerita temannya yg uda pernah kecina,,krna klo org yg uda melakukan pasti gk koar2 gitu gan
2 6
-4
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 19:30
Quote:Original Posted By smogal
malaysia itu infrastrukturnya salah satu yg trbaik d dunia lho. tp ga semua rakyatnya pinter2...
gw prnh tinggal d kuching 1 taun punya tetangga orang iban ,sm orang bawean yg jd warga negara sana. itu orang bnyk jg yg gak sekolah bahkan ada yg buta huruf..
tp mereka ngerti budaya antri ,gak nyerobot d jalan raya ,dan buang smpah sembarangan krn sistem sosialnya yg mengharuskan mereka bgitu.
contoh d jakarta sblm komuter KRL d urus sm jonan penumpangnya ga disiplin. KRL dulu kaya tempat sampah dan pengemis. tp skrng stlh d benahi karakter pengguna KRL berubah ... lo klo buang sampah d KRL bs d marahi sm petugas ato penumpang lain.
bukan masalah pendidikan yg bikin orang d siplin tp sistem sosial yg mngharuskan dia bgitu. d singapura kuli2 dr bangladesh aja takut meludah sm buang sampah krn bs d denda ato d penjara. tp klo udh d kampung mereka bs semau mereka kelakuannya


benar sekali gan.
makanya pak jokowi ingin melakukan revolusi mental salah satunya dengan pembangunan infrastruktur sbgai suatu tujuan membentuk peradaban baru indonesia maju.

Klo ngmong sama nasbung emang sulit gan,,mereka taunya pemerintah berhutang utk pembangunan infrastruktur.
Manfaat dri infra itu apa mereka mana peduli,yg penting asal bukan jokowi.
Diubah oleh tokoalshop
5 8
-3
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 19:34
Quote:Original Posted By bernardinusahan
infrastruktur bagus cepat, cuma kalau terlalu cepat, ekonomi susah stabil..


itu sebuah pilihan gan.
klo mau sembuh dengan cepat kita harus mau menelan pil pahit dulu dengan keyakinan besar utk sembuh.
Klo menelan pil pahit itu ditunda2 maka penyakitnya akan semakin kronis,,walaupun bukan jaminan menelan pil pahit pasti sembuh tetapi peluang utk bisa sembuh terbuka lebar dibanding yg tidak ingin menelan pil pahit.
Diubah oleh tokoalshop
4 6
-2
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 19:44
Quote:Original Posted By IkanTenggiri05
maksud ane si wowo gan wkwkwkkw
emoticon-Cape deeehh


Ane kok pengen ngakak ya gan liat komenan nya ente sama agan kaskus.sajalah emoticon-Ngakak
Nyang 1 gagal paham, nyang 1 gagal komen. emoticon-Betty (S)

Peace ya gan? Kagak ada maksud apa apa nih emoticon-Blue Guy Peace
Diubah oleh urutora
1 0
1
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 19:50
Quote:Original Posted By ameliavega
China lebih mudah memprogramkan pembangunan infrastruktur secara masif karena sistem pemeritahannya yang cenderung totaliter mudah mengerakkan sdm dan anggaran. Indonesia bukan totaliter jadi nggak bisa mudah menjalankan program pembangunan infrastruktur yg masif, akibatnya sekarang ini menjadi isu oposisi, hutang, pertumbuhan rendah, lemahnya rupiah dsb.
dilain pihak puluhan tahun pembangunan negara ini terasa sangat lambat tapi tetap menghabisakan anggaran dan menambah hutang setiap tahunnya dan kita tetap saja ketinggalan dari negara tetangga terdekat sekalipun. saat ini kita sedang dipaksa berpuasa kesenangan dan kemudahan ekonomi dengan harapan nanti ke depan ekonomi akan mencari jalan pertumbuhannya didasari kemudahan infrastruktur yg dibangun saat ini. semoga saja.

buat nasbung dan kampret coba renungkan sejenak ya


Bener tapi masalahnya orang indonesia terutama di jawa udah terlalu di nina bobokan subsidi dari jaman orba
emoticon-Leh Uga
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 19:53
Quote:Original Posted By inpoman
Pembangunan massive China juga diimbangi sama pertumbuhan industri lokal & ekspor manufaktur sono, lu lihat saja tahun 80-90 an mainan anak2, sparepart elektronik, dsb sdh dikuasai "made in china"

Lha indo devisa minus terus, industri & ekspor defisit lesu, mau balik modal darimana? yg ada memperkaya kontraktor, oknum2 yg dpt komisi dibaliknya & pencitraan pemerintah saja

Yang intinya indo dalam waktu dekat blm siap pembangunan infrastruktur besar2an, melihat kondisi ekonomi saat ini mending perbaiki dulu, pemerintah dukung & genjot produksi industri & ekspor besar2an.


gimana cara nya klo infrastruktur tdk dibangun tapi mengharapkan industri dalam negeri bsa bergeliat tanpa ada kelancaran mendistribusikan barang produksi keseluruh negeri?
4 6
-2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 19:58
Quote:Original Posted By inpoman
Infrastruktur digenjot doang, terus nanti yg huni demit?

Yg realistis tong, jawa masih banyak lahan industri saja, tapi tetap saja banyak yg gulung tikar kalah bersaing dgn produk luar & banyak pungli, sok2 an merata ke pulau lain

(Ratusan juta hektar di luar Jawa seperti Kalimantan, Papua dsb daripada dicor beton mending buka lahan pertanian & pertenakan saja, supaya bahan pangan ga impor mulu, bahkan kalau surplus bisa ekspor buat devisa)

Ibarat lu maksa bangun mewah besar2 pakai utang, supaya bisa pamer ke tetangga kalau lu sukses, tapi kerjaan buat makan saja pas2an

Mapanin kerjaan dulu tong baru bangun rumah mewah


klo hasil pertanian surplus tapi tdk dapat disalurkan kedaerah lain krna keterbatasan infrastruktur gimana gan?
apa lagi hasil alam itu mudah rusak/busuk,klo pendistribusiannya saja berhari2,berminggu2,berbulan2 yg ujungnya barang rusak otomatis harga pun melonjak naik utk menutupin biaya ongkos yg mahal akibat infra yg tidak memadai.

lu klo mau tau apa guna infra cba lu tanya aja deh ke saudara2 kita diluar pulau jawa.
4 7
-3
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 20:20
Quote:Original Posted By ameliavega
bisa jadi. karena terlalu lama ekonomi hanya berfokus ke tanah jawa sehingga muncul sentimen tersebut. ketika otonomi daerah diterapkan maka muncul eforia raja-raja kecil dan dengan tidak kalah rakusnya mengembat duit negara.


Dari dulu kan emang udah gitu masyarakat disuguhi progam progam begok macem BLT dll
Coba baca baca komeng diatas. malu sendiri gw bacanya emoticon-Wakaka
ada yg ngomong sok pinter "indonesia bukan china komunis otoriter yg secara bertahap buat realisasi ambisinya" lah dulu taon segitu indonesia ngapain aja? bangun sda sdm beserta infrastrukturnya di era yg sama ngapa yg lain terbang kita nyungseb? Tanya mertuanya wowo karna mertuanya wowo juga absoult otoriter itu.. cara dapetin kekuasaan mertuanya wowo asuharto juga bertahap dgn cara licik juga lucunya malah mereka dukung kroni kroni nya si mantan otoriter tadi sekarang ibaratnya hp kudu di factory reset ulang biarpun berat.. mau gak mau suka gak suka ya terima aja salah sendiri sesembahan nasbung ngajarin begok dari awal
emoticon-Wakaka
Diubah oleh revolushit.29
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 20:21
Opini gw cina membangun hal seperti itu tidak lain karena negaranya cukup luas dgn pembangunan infrastruktur di setiap pelosok utk memudahkan bagi masyarakatnya utk melaksanakan aktifitas dan juga utk menarik investor yg mencoba menanamkan modalnya ke negeri tirai bambu itu.
Namun gw beranggapan pekerja yg dilibatkan bekerja disana pembayaran upahnya ada kecendrungan rendah. Mangkanya bnyk yg eksodus bekerja di luar negeri. Dgn harapan mendptkan penghasilan yg lebih baik daripd di negaranya
2 0
2
Mengapa Cina Jorjoran Bangun Infrastruktur?
21-10-2018 20:40
heran ane dg pola pikir sebagian org disini,
jelas infrastuktur itu penting buat ekonomi,
mungkin kalian tidak familiar dg istilah "waktu adalah uang"
pola pikir pemalas dan pengeluh, gak cocok jadi pengusaha, gak cocok jadi warga yg bisa membangun negara,
apakah kalian tipikal pekerja yg suka makan gaji buta?
apakah kalian golongan orang yg gak mau kerja keras tapi minta umr naik terus?
sampai kiamat pun gak bakal maju negara kalo kualitas manusianya macam ini..
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia