Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
6257
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56d97b2d14088d2c108b4568/panduan-ups---part-1
Disclaimer: Sebelum anda membaca panduan ini, perlu diketahui saya bukanlah insiyur elektro atau ahli elektronik yg mengerti 100% tentang UPS. Panduan ini ditujukan kepada orang awam, kalo ada yg terlewatkan adalah semata untuk pertimbangan kesederhanaan dan kemudahan untuk dibaca dan dimengerti dan untuk tujuan fokus pada pembahasan UPS. Panduan ini jauh dari sempurna so please no complaining, ko
Lapor Hansip
04-03-2016 19:10

Panduan UPS

Disclaimer:
Sebelum anda membaca panduan ini, perlu diketahui saya bukanlah insiyur elektro atau ahli elektronik yg mengerti 100% tentang UPS. Panduan ini ditujukan kepada orang awam, kalo ada yg terlewatkan adalah semata untuk pertimbangan kesederhanaan dan kemudahan untuk dibaca dan dimengerti dan untuk tujuan fokus pada pembahasan UPS. Panduan ini jauh dari sempurna so please no complaining, koreksi dengan data valid sangat disarankan.


Pertanyaan seputar ups bisa disampaikan di forum ini, yg bertanya via pm tidak akan direspon...


PRINSIP KERJA UPS


Setiap PC membutuhkan daya listrik. Kalau aliran listrik (main power) terputus, PC akan mati (tidak berfungsi). Fungsi dasar UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah menyediakan suplai listrik SEMENTARA ke beban (PC) tanpa terputus pada saat main power nya tidak bekerja agar seluruh proses dapat dihentikan dengan benar, seluruh data dapat disimpan dengan aman, dan komputer dapat dimatikan dengan benar. Jadi fungsi UPS itu BUKAN agar user tetap dapat bekerja.

UPS memiliki dua sumber daya listrik : Primary Power Source dan Secondary Power Source. Salah satunya berasal dari main power (stop kontak / PLN), satunya dari baterai UPS. Di dalam UPS terdapat Switch yang mengatur sumber daya listrik mana yang digunakan untuk menyediakan suplai listrik ke beban (PC). Jika Primary Power Source tidak berfungsi, Switch akan mengaktifkan Secondary Power Source secara otomatis. Begitu juga sebaliknya jika Primary Power Source sudah kembali berfungsi.

PSU komputer membutuhkan arus listrik AC, sedangkan arus listrik dari baterai adalah DC. Oleh karena itu, di dalam UPS terdapat Inverter yang mengubah arus DC dari baterai menjadi arus AC. Di dalam UPS juga terdapat Rectifier yang mengubah arus AC dari main power menjadi arus DC untuk mengisi baterai pada saat main power bekerja.

Panduan UPS - Part 1

Gambar 1 : Diagram paling simpel dari UPS

Udah pake UPS pas listrik mati kok PC tetep restart? Jangankan pas PLN mati, pas PLN hidup aja PC bisa restart sendiri.

Ada beberapa jenis gangguan suplai daya listrik ke PC antara lain :

1. Noise
Ini kalo tegangan (voltase) naik/turun tapi cuma sedikit (persentasenya kecil). Kalo standar 220 volt, sekitar 200 - 240 volt itu masih bisa dianggap noise. Kalopun selisih banyak, biasanya bertahap (gak langsung drop banget atopun tinggi banget). Noise yang macem begini biasa diatasi pake AVR. Tapi ya itu, AVR pun ada kelasnya. Ada yang cuma model sirkuit harga 50 ribuan, ada yang servo-motor harga 200 ribuan, ada yang ferro-resonant harga 700 ribuan (untuk 500VA semua loh). Ada harga ada rupa lah. PSU yang bagus juga biasanya sanggup ngatasi masalah Noise walopun gak pake AVR di luar PC.

Panduan UPS - Part 1

Gambar 2 : Sinyal AC yang terganggu oleh Noise

2. Blackout
Ini kalo main power (PLN) tidak bekerja. Fungsi dasar UPS untuk mengatasi Blackout. Kalo mau ngetes fungsi UPS yang paling dasar ini ya cabut aja kabel power UPS nya dari stop kontak pas komputernya nyala. Tinggal diliat komputernya mati/restart gak.

3. Brownout / Sag
Ini kalo tegangan (voltase) dari main power turun (drop) dan naik lagi (kembali) dalam waktu yang sangat cepat. Dropnya bisa nyampe separo dari yang seharusnya, dan waktunya hanya sepersekian detik. Kita kadang bisa mendeteksi adanya Brownout ini ketika lampu di ruangan seperti berkedip.

Penyebab Brownout pada umumnya adalah karena ada tambahan beban berat (heavy load) di jaringan listrik, misalnya ada yang nyalain mesin las listrik atau mesin produksi kapasitas besar. Tambahan bebannya itu gak harus di rumah / kantor kita lho, bisa aja tetangga kita yang nyalain mesin trus pengaruh ke listrik kita lewat jaringan PLN.

Brownout ini lebih berpotensi menimbulkan masalah dibanding Blackout. UPS murahan belum tentu bisa ngatasi masalah Brownout ini. Yang harus diingat, kemampuan UPS untuk mengatasi Brownout ini TIDAK BISA dites dengan cara memutus main power ke UPS & menyambungnya kembali walaupun dalam waktu yang sangat singkat. Dulu UPS yang kualitasnya kurang bagus saya colokin ke stavolt, komputernya dinyalain, trus power switch dari stavoltnya di-off & on-kan secepat mungkin, komputer gak mati / restart. Tapi pas lampu di ruangan kedip, komputernya tetep restart juga.

4. Surge & Spike
Kebalikan dari Brownout / Sag, ini kalo tegangan (voltase) dari main power melonjak dan turun lagi (kembali) dalam waktu yang sangat cepat. Naiknya bisa nyampe puluhan kali dari yang seharusnya, dan waktunya hanya sepersekian detik. Jadi kalo tegangan normal listrik kita 220 volt, surge ini bisa bikin jadi 2000 volt atau bahkan 10000 volt.

Penyebab Surge pada umumnya adalah karena ada berhentinya beban berat (heavy load) di jaringan listrik, misalnya pas mesin las listrik atau mesin produksi kapasitas besar dimatiin. Surge juga bisa terjadi ketika main power kembali nyala setelah terjadinya Blackout.

Istilah Spike lebih sering dipake untuk lonjakan tegangan akibat petir (lightning strikes). UPS berkualitas tinggi biasanya juga dilengkapi dengan Surge Protector.

JENIS - JENIS UPS

Pada dasarnya, UPS cuma ada 2 jenis, yaitu OFFLINE dan ONLINE. Perbedaannya adalah pada sumber daya listrik mana yang jadi Primary Power Source, mana yang jadi Secondary Power Source.

Pada UPS jenis OFFLINE, sumber listrik primer adalah stop kontak / PLN, sumber listrik sekunder adalah inverter (dari baterai). Beberapa yang termasuk istilah lain ataupun varian dari OFFLINE UPS ini antara lain : Standby UPS, Ferroresonant-Standby UPS, Line-Interactive UPS, Voltage & Frequency Dependent (VFD) UPS, Voltage Independent (VI) UPS.

Karakteristik penting yang ada pada Offline UPS adalah adanya Switch Time atau Transfer Time, yaitu waktu yang diperlukan oleh Switch untuk pindah dari sumber listrik primer ke sumber listrik sekunder pada saat sumber listrik primer dianggap gagal berfungsi, sehingga ada jeda waktu dimana beban tidak mendapat listrik.

Panduan UPS - Part 1

Gambar 3 : Offline UPS
Garis putus - putus menunjukkan sumber listrik sekunder


Offline UPS generasi sekarang biasanya memiliki Transfer Time kurang dari 4 milidetik (4 ms). Cukupkah Transfer Time segitu? Tergantung PSU nya. Di PSU ada spesifikasi Hold Time atau Holdup Time yang menunjukkan berapa lama PSU masih bekerja sebelum benar - benar mati jika aliran listrik terputus.

Penjelasan soal Hold Time atau Holdup Time bisa dilihat di threadnya Bung Khurios2000 yang udah di-sticky. Yang penting Transfer Time nya UPS harus lebih kecil daripada Hold Time nya PSU. Adanya Transfer Time membuat sebagian orang tidak menganggap Offline UPS sebagai UPS karena tidak benar - benar "uninterruptible".

Sepanjang pengalaman saya, Transfer Time 4 ms biasanya cukup untuk PSU abal-abal sekalipun. Cara membuktikannya ya sama dengan cara membuktikan kemampuan UPS mengatasi Blackout seperti yang sudah dijelaskan di atas.
Pada UPS jenis ONLINE, sumber listrik primer adalah inverter (dari baterai). Inverter bekerja terus - menerus menyediakan listrik dari baterai untuk beban (PC), sedangkan rectifier dari AC ke DC bekerja terus - menerus untuk mengisi baterai. Itu sebabnya juga disebut DOUBLE CONVERSION UPS atau DOUBLE CONVERSION ONLINE UPS. Kalau main power tidak berfungsi, hanya rectifier dari AC ke DC yang berhenti bekerja, sedangkan kerja inverter tidak berubah (tidak ada Transfer Time / Switch Time). UPS jenis ini juga disebut Voltage & Frequency Independent (VFI) UPS karena tegangan dan frekuensi outputnya tidak dipengaruhi oleh input.

Pada Online UPS juga terdapat Switch yang otomatis mengambil aliran listrik dari sumber listrik sekunder (langsung dari PLN) jika inverter / baterai tidak bekerja. Biasanya Switch ini juga bisa difungsikan secara manual (manual bypass) untuk maintenance baterai. Tidak adanya Transfer Time / Switch Time membuat sebagian orang menyebut Online UPS sebagai "True UPS".

Panduan UPS - Part 1

Gambar 4 : Online UPS
Garis putus - putus menunjukkan sumber listrik sekunder



SPESIFIKASI UPS

Kalo milih UPS, ada spesifikasi yang bisa dibaca di box / manual / website nya. Di sini cuma dibahas beberapa spesifikasi yang penting untuk diperhatikan.

1. UPS Type / Topology
Jenis UPS ini yang paling penting. Intinya: ONLINE atau OFFLINE? Biasanya, kualitas inverter di Online UPS secara umum lebih baik daripada di Offline UPS. Hal ini karena diasumsikan inverter di Offline UPS hanya berfungsi kadang - kadang dan dalam waktu yang relatif singkat. Jadi kalo kualitasnya gak persis ama listrik PLN ya dianggap gak terlalu berisiko merusak PC. Beda dengan Online UPS yang inverternya bekerja terus - menerus, jadi kualitas outputnya harus bener - bener bagus.

2. Load Rating (Capacity & Run Time)
Kapasitas UPS tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Mau dipake berapa PC? Total daya berapa Watt? Yang harus diingat, kapasitas UPS (juga perhitungan beban) ini bisa dinyatakan sebagai Apparent Power, bisa juga sebagai True Power.

True Power = Power Factor x Apparent Power

Biasanya Apparent Power dinyatakan dalam satuan VA (Volt-Ampere), sedangkan True Power biasa dinyatakan dalam satuan Watt. Jadi ada UPS yang nulis spec Maximum Load-nya 600VA (480 Watt). Artinya Apparent Power = 600VA, True Power = 480Watt, Power Factor = 0,8. Kalo di spec UPS cuma ada Apparent Power (pake satuan VA), untuk amannya ambil Power Factor (faktor daya) = 0,6.

UPS yang bagus biasanya dia punya tabel / gambar Run Time seperti ini.

Panduan UPS - Part 1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 204 dari 233
Panduan UPS - Part 1
18-10-2018 07:05
gan mau nanya kalo spek gini

I7 8700k
Z390 tomahawk
Corsair mp500 480gb
Corsair 2x16GB 3000mhz
Seagate 2tb
Msi 1070ti gaming
Corsair carbide spec 05
Corsair hx 750w
LG24" 24mp59g
Logitech mk345
Corsair LL120 RGB isi 3
Corsair Hydro Series H100i Pro

minimal UPS nya pakai apa? dan yg rekomen apa? tolong sama harga nya juga ya
kalo boleh juga alasan nya knapa pake ups tersebut, soalnya buat ngejelasin ke temen yg mau beli
Diubah oleh MauReputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Panduan UPS - Part 1
18-10-2018 10:42
Quote:Original Posted By MauReputasi
gan mau nanya kalo spek gini

I7 8700k
Z390 tomahawk
Corsair mp500 480gb
Corsair 2x16GB 3000mhz
Seagate 2tb
Msi 1070ti gaming
Corsair carbide spec 05
Corsair hx 750w
LG24" 24mp59g
Logitech mk345
Corsair LL120 RGB isi 3
Corsair Hydro Series H100i Pro

minimal UPS nya pakai apa? dan yg rekomen apa? tolong sama harga nya juga ya
kalo boleh juga alasan nya knapa pake ups tersebut, soalnya buat ngejelasin ke temen yg mau beli


krn psu sdh apfc, maka perlu ups full sinewave rentang harga untuk watt segitu sekitar 3jt keatas, ane liat2 di toko ijo
Ane jg lg nyari sih tp berhubung liat harga segitu jd urungkan niat and emang jarang mati listrik sih
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
19-10-2018 14:43
gan mau minta pendapat
mending UPS eaton 5E 850q USB atau ICA UPS (CE1200).
kalau dari harga sih selisih 100-200k aja. tapi dari output gedean yg ICA, tapi kok bisa lbh murah dibanding eaton yak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Panduan UPS - Part 1
19-10-2018 19:28
Quote:Original Posted By twaw
Kualitas dan fitur yg membedakan harga dr ups tsb.


Artinya masih bagusa eaton ya gan?
Bisa bantu jelasin ga keunggulannya dimana
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Panduan UPS - Part 1
20-10-2018 00:23
Quote:Original Posted By gigabytexx
Makasih gan buat penjelasannya.

tanda berkedip sesaat pada led indikator ups agan, itu salah satu tanda gangguan listrik, apakah lampu dirumah pernah berkedip sesaat juga bersamaan dengan ups ?

Ane nggak gitu merhatiin gan tapi kayaknya sih lampu nggak ikutan kedip sih ya.... pokoknya tengah2 main tiba2 ups ceklik gt trus bunyi teeeet trus ya udah jalan lg spt biasa. Monitor kadang ikut berkedip kadang nggak, tp jarang banget sih terjadi, klo dipikir2 kayaknya gara2 bbrp hari ini tetangga blakang rumah lagi renovasi jadi dia pake las & bor gitu. Cuma klo sekali terjadi masalah, dia bisa berhari2 kayak gitu... masa ane absen kerja & gak buka PC gara2 itu hehe...

Untuk hitungan kapasitas psu & ups berdasarkan efisiensi ane udah paham gan, tp ya itu sih keliatannya karena pas mati lampu upsnya nggak ngangkat, asumsi saya psu apfc ini ga compatible sama ups yg non pure sinewave ini. Soalnya emang murah & populer, merk prolink pro700 yg harganya cuma skitar 500an.

Mnurut agan pilih Ups yg berkualitas / reputable manufacturer ini biasanya merk apa? Intinya jadi klo misalnya pilih yg simulated sinewave baiknya pilih Ups yg merknya bagus, atau skalian beli yg pure sinewave kan? Cuma mahal banget ya harganya.... apa ane cabut ups aja klo ga ada dana ^^; tapi takut juga klo ada lampu mati lg langsung mak jebret gitu.

Pertanyaan satu lagi, tepatnya minta saran sih agan2..... jadi ceritanya klo Ups prolink yg sekarang klo mau gak dipake, dijual lagi bisa laku brapa % dr harga beli ya? Ane punya 2 biji merk yg sama, yg satu sudah terpakai 2 taun, satunya baru 10 bulan lah. Yang 2 taun itu awal2 dipake bisa ngangkat soalnya ane blum upgrade cpu, stelah upgrade kejadiannya ya gak mau ngangkat itu makanya ane pikir rusak. Tapi stelah dapet pengtahuan ini keliatannya harusnya ternyata gak rusak.... cuma ane ga tau gimana cara ngetesnya ya?
Mayan klo dua2nya bisa dijual buat nambah2 Ups yg baru hehe.


Las dan bor itu termasuk mesin cukup berat loadnya, apalagi kalau sering hidup mati, memang kerap menyebabkan gangguan listrik terutama di perumahan masalahnya disaat hidup pertama kali dan disaat mematikan, tapi tergantung lingkungan juga dan jaringan listrik di lokasi,
sebaiknya pure sinewave aja biar aman, kalau mau non sinewave juga simplenya cari aja merk yang sudah terkenal secara umum dipasaran, tapi ga semua merk terkenal pasti bagus, tergantung kelasnya.sebenarnya ada juga merek terkenal tapi tidak terlalu dikenal secara umum tapi kualitas bagu, tapi biasanya kebanyakan pure sinewave ini.
ngetes apanya gan? ga angkat banyak faktor, bisa aki, daya pc diatas daya ups, kalau ngetes load pakai ammeter yang fiturnya cukup lengkap setidaknya W, A, Hz, PF, KVarh, Kvar, KVa, kalau mau simple cari aja model socket yg penting support 220V/230V, tapi ane lebih prefer ammeter model din rail. dmm juga perlu buat tes aki, dll tapi prefer dmm true rms, dsb.
Quote:Original Posted By twaw
Kantor lama ane lampu sering berkedip dan ane yg rakit pc u sana.
Krn budjet sgt terpaksa. Ane pakai casing dan psu bawaan simbadut tipe "V dan C" ya bukan Simcoll.
Inipun sdh keliatan mewah dkntr dr pd pnya karyawan pribadi.
Tahu gk? Ane deg2an, teori2 yg berputar diotak seolah dipinggirkan smua. Alhasil pc gk pernah restart kok. Umur psu, tanpa stabilizer apalagi ups ada cm 1thn ada yg smp 4 malah ada yg 5thn. Hardisk prnh bbrp kali kena, mb jg prnh ada yg kena cm ada yg kebuckup garansi ada yg gk. Backup aman. Tp jd ribet.
Cm siasatinya ini, ane backup data kerjaan berkala diflashdisk. Lbh ekstrem lg.
Dan klo pakai pribadi ya lbh baik yg aman. Krn pribadi dan kt tahu sbrp urgent kebutuhan kita akan proteksi dan keamanan. Klo gk, hiraukan ini dan teori2 ini dan bisa pakai casing dan psu include sharga 300.000 sdh dpt smua. Kualitas. Ya kita sdh tahu dan paham. Work? Ya bekerja, tp tahu lah konsekuensi smua ini.

sama ane juga seperti itu gan, dilapangan kadang ga seperti teori, kadang harus di akalin, budget tinggi / rendah bukan jaminan sesuai dengan teori, banyak faktornya kalau dalam pekerjaan
Quote:Original Posted By adialas
gan mau minta pendapat
mending UPS eaton 5E 850q USB atau ICA UPS (CE1200).
kalau dari harga sih selisih 100-200k aja. tapi dari output gedean yg ICA, tapi kok bisa lbh murah dibanding eaton yak

eaton 5E itu kelasnya antara entry sampai middle, kualitas ane ga terlalu tahu eaton 5E ini, secara spec biasa, pernah pakai eaton 5L kualitas biasa saja tidak terlalu mencerminkan merk sekelas eaton, menurut ane eaton middle sampai highnya bagus, ica standar kalau seri ini, penerusnya kalau ga salah seri CP atau CN, menurut ane kalau di kelas entry price performance prefer di apc, cyberpower kecuali kualitas voltage output menurut ane lebih bagus ica
Diubah oleh breeze11
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Panduan UPS - Part 1
21-10-2018 00:46
Quote:Original Posted By breeze11
Las dan bor itu termasuk mesin cukup berat loadnya, apalagi kalau sering hidup mati, memang kerap menyebabkan gangguan listrik terutama di perumahan masalahnya disaat hidup pertama kali dan disaat mematikan, tapi tergantung lingkungan juga dan jaringan listrik di lokasi,
sebaiknya pure sinewave aja biar aman, kalau mau non sinewave juga simplenya cari aja merk yang sudah terkenal secara umum dipasaran, tapi ga semua merk terkenal pasti bagus, tergantung kelasnya.sebenarnya ada juga merek terkenal tapi tidak terlalu dikenal secara umum tapi kualitas bagu, tapi biasanya kebanyakan pure sinewave ini.
ngetes apanya gan? ga angkat banyak faktor, bisa aki, daya pc diatas daya ups, kalau ngetes load pakai ammeter yang fiturnya cukup lengkap setidaknya W, A, Hz, PF, KVarh, Kvar, KVa, kalau mau simple cari aja model socket yg penting support 220V/230V, tapi ane lebih prefer ammeter model din rail. dmm juga perlu buat tes aki, dll tapi prefer dmm true rms, dsb.

sama ane juga seperti itu gan, dilapangan kadang ga seperti teori, kadang harus di akalin, budget tinggi / rendah bukan jaminan sesuai dengan teori, banyak faktornya kalau dalam pekerjaan

eaton 5E itu kelasnya antara entry sampai middle, kualitas ane ga terlalu tahu eaton 5E ini, secara spec biasa, pernah pakai eaton 5L kualitas biasa saja tidak terlalu mencerminkan merk sekelas eaton, menurut ane eaton middle sampai highnya bagus, ica standar kalau seri ini, penerusnya kalau ga salah seri CP atau CN, menurut ane kalau di kelas entry price performance prefer di apc, cyberpower kecuali kualitas voltage output menurut ane lebih bagus ica


Makasih banyak suhu
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
21-10-2018 15:55
tolong sangat penecrahan nya suhu.
saya make PSU GAMEMAX 550w GP-550 80+ bronze.
dan UPS APC BX1400UMS.
nah masalah yg saya alami apabila pc nya saya colokin ke UPS,tidak sampe 1 jam lebih pc saya jeglek(mati sendiri)tapi UPS nya gk mati.
tapi kalo gk saya colokin ke UPS. on terus nih pc 1x24 nonstop.
Owh iya di rumah saya voltasenya kadang turun dibawah 200.
tolong solusinya suhu..
Diubah oleh zhouluck
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Panduan UPS - Part 1
22-10-2018 09:37
selamat pagi gan, saya mau tanya.

boleh tolong kasih saran UPS untuk PC dengan spek ini?
pc


kalau soal budget, 1jutaan cukup kah? paling maksimal 2 juta. terima kasih
Diubah oleh omegafrans
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Panduan UPS - Part 1
22-10-2018 17:22
halo gan, mau tanya nih masalah UPS ICA St 623B.
mungkin ada agan yg di sini juga pake sama UPSnya, awal kali charge yg bener di ON'in / kagak yak switchnya ?
Ane cek di buku manual di off in terus ada lampu indikator ijo nyala katanya.. Nah ini ga ada lampu nyala apa" kecuali kalo ane ON kan
ane cek buku manualnya ternyata buat ST 531C, ST 831C, ST 1231C, dan ST1631C yang di mana panel depannya agak beda dengan yg di gambar buku manual..
Sama emang UPS ICA ini noise yak gan ? ane coba barusan nyalain tanpa beban ada noise gitu entah kipas / noise listrik
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Panduan UPS - Part 1
22-10-2018 22:56
gan minta saran UPS buat PC kasir di toko...

spec PC-nya sih standar. PSU 400W, Athlon 200GE, LED 19"
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
23-10-2018 09:04
Quote:Original Posted By twaw
Ane jwb noise aja ya, itu bunyi noise dr mesin. Bukan kipas.

wah emang dari UPSnya yak noise kayak coil whine gitu.. kalo emang ga bisa di ilangin bunyinya rencana ane mo taruh UPSnya di luar kamar gan, nah UPS kalo di kasih colokan terminal gitu gpp kah gan ? kemarin" ane colok lgsung ke inputnya ini rencana ane kasih terminal dulu sama kabel panjang buat di masukin deket meja PC ane dari luar kamar
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Panduan UPS - Part 1
23-10-2018 10:13
Suhu2 yg ada disini ane minta rekomendasi donk ane rencana mau bali UPS untuk backup power 3 unit CCTV (merk Xiomi) dan 1 modem internet...

kira2 rekomendasi UPS yg merk dan harga berapa ya..?, jika berkenan dan mungkin ada yg jualan bisa di infokan ke ane ya lapak nya, dan alasan kenapa pilih UPS yg di rekomendasi kan...

Thanks buat agan2 disini, auto cendol ya bagi yg kasi rekomendasi....

Salam santai...

Panduan UPS - Part 1Panduan UPS - Part 1Panduan UPS - Part 1

Panduan UPS - Part 1 Panduan UPS - Part 1 Panduan UPS - Part 1

Panduan UPS - Part 1 Panduan UPS - Part 1 Panduan UPS - Part 1
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
23-10-2018 18:06
Quote:Original Posted By omegafrans


monitoring softwarenya sih ga bakal kepake juga sih gan, jadi ga masalah emoticon-Big Grin

ok lah saya ambil ini aj kl gitu. thank you gan emoticon-Cendol (S)

monitoring software masih memungkinkan untuk digunakan dengan software alternatif, tapi cocok2an juga sih, tergantung mesin upsnya
Quote:Original Posted By velyshredder
Suhu2 yg ada disini ane minta rekomendasi donk ane rencana mau bali UPS untuk backup power 3 unit CCTV (merk Xiomi) dan 1 modem internet...

kira2 rekomendasi UPS yg merk dan harga berapa ya..?, jika berkenan dan mungkin ada yg jualan bisa di infokan ke ane ya lapak nya, dan alasan kenapa pilih UPS yg di rekomendasi kan...

Thanks buat agan2 disini, auto cendol ya bagi yg kasi rekomendasi....

Salam santai...

Panduan UPS - Part 1Panduan UPS - Part 1Panduan UPS - Part 1

Panduan UPS - Part 1 Panduan UPS - Part 1 Panduan UPS - Part 1

Panduan UPS - Part 1 Panduan UPS - Part 1 Panduan UPS - Part 1

cctv biasanya 24/7 kan, ane lebih prefer type online kalau ini karena ane tidak tahu elektronic lainnya pendukung cctv ini atau hanya dipasangkan ke cctv saja ? kalau ada elektronic lainnya ane ga tau seberapa sensitive. kenapa prefer type online ?
tidak ada hold up time (tidak ada jeda waktu saat listrik utama padam), output tidak dipengaruhi oleh input dan toleransi output +- max 2 % dari nominal voltage biasanya hanya 1 % sih, tidak terlalu membutuhkan stabilizer kecuali untuk menambah perlindungan ups atau, mempertahankan kapasitas ups (tergantung kondisi jaringan listrik), cocok untuk semua jenis elektronic sampai yang sensitive.

ane tidak tahu kegunaan cctv agan ini untuk home atau business (perkantoran), kalau hanya home jawaban ane diatas bisa diabaikan, mungkin ups type offline saja cukup, kapasitas baterai mungkin perlu dipertimbangkan yang lebih besar jika terjadi pemadaman yang cukup lama, atau ups yang mendukung external baterai.

kalau merk prefer apc, cyberpower merk lain juga banyak sebenarnya, mungkin coba cari yang aftersalesnya bagus dan lokasi ga terlalu jauh dari lokasi agan.

Quote:Original Posted By twaw
Ups gk disaranin pakai colokan pembagi apalagi jauh coloknya.
Cm pengalaman praktek lapangan, gk ngaruh byk klo listrik kita stabil (ane tes pakai ups apc tipe bagus ya).
Prnh bbrp kali kjadian pakai ups apc tipe smc/sua. Ini colok ke colokan 3 atau kabel panjang. Mode baterai trs/sering mode baterai. Lgsg colok, masuk pln.

Klo tipe lain, hrs dites langsung krn hasil bisa beda2. Slmt mencoba.

memang benar gan, panjang kabel akan berpengaruh, sedikit nambahin menurut ane memperhitungkan panjang kabel menurut KHA (Kuat Hantar Arus) itu penting juga, memastikan phase (+) ketemu phase (+) walaupun listrik AC bisa dipasang terbalik antara + dan - tapi beberapa elektronic bisa mengalami gangguan jika terbalik bisa secara langsung ataupun jangka panjang, kemungkinan lainnya ups perlu sedikit modif (seharusnya mah tidak),
bahan konduktor kabel, konduktor stopkontak, konduktor steker (colokan) akan berpengaruh. Bahan konduktor yang bagus tembaga, perak.
Diubah oleh breeze11
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Panduan UPS - Part 1
24-10-2018 11:26
Gan ane masih bingung Cara milih ups yang baik Dan benar,
PC ane
i5 4460
Asrok h97m
Ram 16 gb
Gtx 1070

Musti ups kyk gimana biar Aman gan? & Budget nya minimal brp?
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
24-10-2018 15:51
Quote:Original Posted By velyshredder
Thanks gan masukan nya...
Kebutuhan CCTV nya untuk rumah gan, dan ane pakai xiaomi smart cctv, untuk yg skrg ane terpikir pasang mini UPS di masing2 CCTV nya pakai UPS ini
Mini UPS Supreme 2500 mAH

jadi 2 CCTV 1 mini UPS dan ada 1 modem internet yg ane juga pasang mini UPS juga.

ada masukan gan mengenai mini UPS ini..?

spec bagus gan, hanya mungkin perhatikan voltasenya dan A (ampere) sesuaikan dengan CCTV agan (harusnya sudah cocok tapi ga ada salahnya periksa kembali), soalnya adapter ac cctvnya ga digunakan, Karena CCTV, router umumnya menganut DC, jadi bisa DC to DC, ini lebih baik daripada sistem ups AC lebih efisien, karena ups AC harus dikonverter kembali ke DC.
Ini agak mirip dengan sistem power bank, baterai laptop, hanya tinggal kualitasnya output DC, jumlah output yg tersedia jangan dicabang ya, kualitas brandnya saja, banyak produk sejenisnya hanya di Indo belum terlalu umum.
Tambahan : brand supreme salah Satu brand berkualitas dalam kelistrikan terutama kabelnya, hanya ane ga tau apakah supreme mini ups ini satu perusahaan atau kebetulan nama merknya sama
Koreksi ya kalau ada salah
Quote:Original Posted By corniell
Gan ane masih bingung Cara milih ups yang baik Dan benar,
PC ane
i5 4460
Asrok h97m
Ram 16 gb
Gtx 1070

Musti ups kyk gimana biar Aman gan? & Budget nya minimal brp?

Lihat dari spec pilih pure sinewave, setidaknya diatas 1000va, budget bagaimana merk, kualitas, untuk cara milih coba dilihat di post2 sebelum banyak koq gan dibahas
Diubah oleh breeze11
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Panduan UPS - Part 1
24-10-2018 20:27
Quote:Original Posted By zenz90
gan minta saran UPS buat PC kasir di toko...

spec PC-nya sih standar. PSU 400W, Athlon 200GE, LED 19"

Kalau psunya bukan apfc ups kelas entry juga cukup, merk prefer apc, liebert. dulu liebert kelas entry cukup banyak retailer pakai untuk kasir, hanya liebert kurang update aja produknya, merk vektor juga lebih menyasar sektor bisnis, hanya kelas entry vektor ga tau bagus atau ga, kelas highnya mantap
Quote:Original Posted By corniell
500ribu bisa dapet yang kualitas oke gak gan?

Ga salah gan, spec cukup tinggi, ups 500rbu? bingung juga hehe, andai second pure sinewave aja rata2 diatas 500rb itu juga belum sama aki
Diubah oleh breeze11
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Panduan UPS - Part 1
26-10-2018 15:20
Mau tanya gan...
ane punya PC Jadul spek nya
AMD A4-5300
RAM 8GB
Mobo Gygabyte (Lupa tipe)
PSU 500 watt

Kira2 pk UPS APC BX650LI-MS udah cukup ga ya?? apa harus yg diatasnya ?
karena klo ane baca spek UPS nya daya nya 650va/ 325 watt

Thx sebelumnya buat yg bantu jawab
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Panduan UPS - Part 1
26-10-2018 18:17
UPS ICA ST623B kalo PCnya lagi sleep ngabisin watt berapa ya gan?
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
27-10-2018 00:14
Quote:Original Posted By zenz90

PSU nya Enlight 400W gan emoticon-Malu

ada saran tipe brp untuk merk APC/Liebert gan?

ini enlight apfc atau non pfc, atau passive pfc, kalau apfc mending pure sinewave, tapi setau ane enlight hanya sebagian kecil aja type apfc black silver kalau ga salah, untuk liebert saat ini ane belum ada type yang bisa direkomen, type entrynya relative ga update, seri mid high cukup banyak bisnis oriented, paling ke apc, cyberpower atau saran agan twaw bisa diikuti

Quote:Original Posted By twaw
Mnrt ane, byk merk bagus tp gk terkenal.
Misal ups hp, dell.
Tgl bagaimana kreatifnya kita menyiasati/membuat trobosan saja.
1jutaan dpt ups sinus/sinewave tipe kecil.

ane setuju gan

Quote:Original Posted By zenz90

iya gan, ga perlu yg merk "wow" sih... pc ane pake cuma buat jalanin program kasir aja emoticon-Smilie
buat jaga2 klo mati lampu.. jarang sih mati lampu.
ada saran gan yg under 500k?

dibawah 500rbu ? kalau ga salah ada merk cyberpower model mirip stopkontak BU600 hanya 600VA 360watt, tapi harusnya cukup buat cukup asumsi psu bukan apfc, ada juga BU1000, yang herannya ini cyberpower type entry tapi specnya udah mengatakan generator compatible, biasanya hanya mid-high ups yang compatible dengan fitur ini, itu juga masih pilih2 walau mid-high ups, banyak gan retailer menggunakan generator sebagai tambahan, tapi ane lebih prefer saran agan twaw diatas



Quote:Original Posted By sun.gohok
UPS ICA ST623B kalo PCnya lagi sleep ngabisin watt berapa ya gan?

biasanya type ups jenis ini sih kecil, kalau mau cek pakai ammeter gan
Diubah oleh breeze11
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Panduan UPS - Part 1
27-10-2018 12:38
Quote:Original Posted By twaw
Cyberpower speknya
Voltase Keluar on Battery Output Voltage: Simulated Sine Wave at 220/230/240Vac±10%

Klo dikalkulasikan 240v + 10% hasilnya 264v. Kira2 aman gk ya untuk PC khususnya UPS.
Ane sih serem. Dan non sinus ini voltasenya naik turun scr cepat alias gk stabil makanya klo dialat sperti anak tangga.
Klo kita liat sih biasa, tp yg komponen rasakan bs jauh berbeda.

memang benar gan secara teori, cyberpower yang masuk indo saya rasa 230V ga mungkin 240V, beda region bisa beda spec setiap ups umumnya nominal voltage ups brand global 110,230,240V. 230V sebenarnya masih tinggi toleransi 10% +- 207 - 253V cenderung (+) dibanding (-).

Pada dasarnya sama saja ups kelas entry merk brand international lainnya apc, eaton, cyberpower, dkk mereka menganut 230V tergantung region umumnya juga toleransi +-10% dari nominal voltage (V), ups offline kelas mid-high umumnya toleransi 5% beberapa punya fitur adjustable voltage yang bisa membantu, hanya akurasi adjustable voltage kadang ane masih tanda tanya akurasinya berdasarkan pengalaman, cobain deh analisis continue voltage dengan variasi adjustable voltage dalam mode backup dan mode stabilizer aktif, hanya kalau mode stabilizer jika input dari pln bagus biasanya stabilizernya ga aktif (stanby) jadi voltage input pln sama dengan output voltage ups (seperti bypass) .
Ane kalau ga salah pernah post untuk kelas entry untuk voltage output ane prefer ICA kenapa? karena ica umumnya didesign 220V kecuali ups dengan adjustable voltage tapi umumnya bukan kelas entry lagi.

bicara psu komputer kalau brand international nominal voltage umumnya menganut 110V,230V,240V dengan input toleransi range yang lebar, apalagi kalau sudah support Full Range, menurut pendapat ane psu itu tidak terlalu sensitive dalam masalah voltage kecuali masalah compatibility psu jenis apfc dan gelombang non sinus.

Ane malah beberapa kali mengalami masalah jika ups dipasangkan dengan peralatan elektronic selain psu, gelombang sinus ya. permasalahan ada yang panas secara cepat, performance menurun, dkk, karena beberapa elektronic terutama yang khusus memang sensitive dengan voltage. kadang ane berpikir memasangkan stabilizer type servo dengan toleransi voltage yang ketat sebelum ups kenapa ? tujuan agar stabilizer ups type offline tidak bekerja, hanya posisi backup tetap stabilizer tidak membantu walaupun ga pernah ane lakuin sampai saat ini. Belum lagi masalah gangguan harmonik, interferensi,dsb, kadang butuh kombinasi lagi misalnya Power Conditioner, hanya kalau untuk psu menurut ane bisa diabaikan
koreksi kalau ada yang salahemoticon-Angkat Beer

tambahan : nilai 10%, 5% di spec itu biasanya nilai +- terburuknya, real umumnya ga sampai segitu



Diubah oleh breeze11
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 204 dari 233
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia