trowal12209Avatar border
TS
trowal12209
Speed Test Fast Charging 4 Merek Hp Ternama di Indo, Siapa Paling Cepet Gan?

Hidup di jaman kayak sekarang yang semua serba digital banyak sih yang ngomong kalo semua kudu serba cepet. Sampe-sampe manusianya juga penginnya cepet, apakah ini cuman sebatas hawa nafsu aja atau emang semua udah serba cepet yak? Semuanya ingin serba gampang, pengen segera lulus kuliah, ingin kerja, pengen naik pangkat, ingin cepet sukses, pengen punya ini, punya itu dengan cepet akhirnya ambil jalan pintas emoticon-Cape d.... Tapi kali ini ga ngomongin yang begituan deh mending ngomongin yang pasti-pasti aja tapi bisa cepet, yaitu fitur fast charging yang bikin isi daya baterai hp jadi makin cepet. Ga diragukan lagi deh fitur kek ginian udah pasti berguna bisa mempersingkat waktu tunggu saat nge-charge. Hampir semua pabrikan smartphone udah nerapin teknologi fitur ini, mulai dari Samsung, Huawei, OPPO, Vivo, dan sederet merek lainnya. 
Mengingat orang jaman sekarang juga menuntut maunya kudu cepet, kira-kira merek dan tipe mana nih yang bakal bisa penuhi kebutuhan user gan? Pasti agan sama juga dong dengan kemauan orang jaman sekarang? Kali ini ane udah ngider nih pinjam sana sini buat mau ngebandingin teknologi fast charging dari beberapa merek/tipe hp, sampe akhirnya ane nemu Huawei Nova 3i, Samsung A6, Oppo F9, dan yang terakhir banget baru dapet tadi siang adalah Vivo V11. Keempat hp tersebut sudah punya fitur fast charging yang detailnya berikut gan : 
Samsung Galaxy A6
Samsun A6 memilik baterai berkapasitas 3500 mAh yang dilengkapi dengan teknologi built-in fast charging sehingga pengguna bisa lakukan pengisian baterai dengan lebih cepat selama perangkat tersebut dalam kondisi layar mati atau perangkat dimatikan.
OPPO F9
Smartphone keluaran oppo ini punya baterai sebesar 3500 mAh yang juga dilengkapi dengan teknologi VOOC Fast Charging, teknologi yang merupakan terobosan dari oppo ini punya janji cuman nge-charge 5 menit maka smartphone bisa dipake untuk telpon sampe 2 jam.
Huawei Nova 3i
Smartphone besutan Huawei ini punya baterai berkapasitas 3340 mAh yang juga dapet dukungan fitur pengisian baterai cepat (fast charging) yang bisa mengisi baterai dengan cepat.
Vivo V11
Vivo V11 Pro mengandalkan baterai 3400 mAh yang juga punya teknologi Dual-Engine Fast Charging yang bisa mengisi baterai dari kondisi sekitar 10 persen hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam saja.
 
Siapa Yang Bisa Penuhi Kebutuhan User?
Setelah ngelihat spesifikasi dan bekal baterai dari keempat smartphone (dua hasil pinjam emoticon-Big Grin) maka kira-kira siapa nih yang bisa menuhin kebutuhan pasar dan pengguna jaman sekarang yang maunya kudu serba cepet? Mungkin agan yang sering buru-buru pasti maunya nge-charge paling cepet kan? Makanya nih sekarang sampe lah pada sesi speed test, dimana ane rela ngoprek untuk membuktikan kecepatan empat smartphone tersebut. Percobaan dilakukan bareng-bareng nih gan, dengan mematikan background refresh apps, menurunkan tingkat kecerahan layar, dan mematikan jaringan Internet/WiFi/Bluetooth. 
 
(Foto: set timer selama 5 menit untuk melakukan speed test fast charging Samsung A6, OPPO F9, Huawei Nova 3i, dan Vivo V11) 
Speed Test fast charging keempat smartphone ini dilakukan dengan secara bersamaan, melakukan pengisian daya dalam waktu selama 5 menit menggunakan perangkat (adaptor + kabel ori) bawaan dari keempat smartphone tersebut. 
 

(Foto: Proses speed test fast charging Samsung A6, OPPO F9, Huawei Nova 3i, dan Vivo V11 sedang berjalan)
 
Biar afdol, ane pun pasang timer nih biar fair dengan menggunakan hp temen (pinjeman) yang terlihat pada gambar di atas. Sembari menunggu timer berakhir, ane pun sempetkan untuk Ngudud deh dan sruput kopi yang udah terlanjur dingin . Meskipun ngudud sebatang aja belum habis tapi karena timer menunjukan selesai maka akhirnya ane rela matiin rokok (meskipun sayang sih masih agak panjang dikit emoticon-Malu (S)). Berikut adalah foto hasil charging menggunakan teknologi fast charging dari 4 merek/tipe smartphone yang berbeda namun pada durasi yang sama, yaitu 5 menit. 
 

(Foto: Timer speed test fast charging Samsung A6, OPPO F9, Huawei Nova 3i, dan Vivo V11 telah selesai)
 
Dari speed test yang dilakukan selama 5 menit bisa diperoleh hasil detilnya kayak gini nih gan :
 
Samsung A6 sesaat sebelum speed test baterai pada posisi 10%, dan setelah charging selama 5 menit hasilnya baterai pada posisi akhir 13%. Ini artinya teknologi fast charging pada Samsung A6 memberikan asupan daya sebesar 3% dalam durasi charging selama 5 menit.
 
OPPO F9 sebelum memulai test posisi baterai di 10%, dan setelah charging selama 5 menit mendapat hasil akhir pada posisi baterai 22%. Ini artinya selama 5 menit VOOC fast charging OPPO F9 bisa memberikan asupan daya sebesar 12%.
 

Awal Vivo V11 memulai test di posisi baterai 10%, setelah isi daya selama 5 menit mendapat hasil akhir presentase baterai sebesar 18%. Artinya selama 5 menit teknologi fast charging Vivo V11 menghasilkan asupan daya sebesar 8%.
 

Posisi baterai pada awal charging Huawei Nova 3i pada posisi baterai 10%, setelah charging dalam waktu 5 menit mendapat hasil akhir di posisi baterai 14%. Artinya selama 5 menit Huawei Nova 3i bisa memberikan asupan daya sebesar 4%.

Lalu siapa yang terbaik gan, ane kembaliin lagi ke kaskuser yang bisa menilai sendiri. Karena pada dasarnya semua orang pasti maunya cepet tanpa mau berlama-lama menunggu, karena pekerjaan yang membosankanadalah menunggu.. Apalagi kalo nungguin mantan yang tak pernah ngabarin.. emoticon-Mewek.
 Udah capek gan, setelah ngoprek ini ane pengin buru2 balikin nih smartphoe agar yang punya nggak marah. Tapi hargai TS yang sudah bersusah payah untuk cari pinjaman dan ngoprek yah gan, caranya dengan membantu ts untuk rate thread, share thread, dan tentunya komen dan cendol dari agan sangatlah berarti agar kulkas terisi… emoticon-Shakehand2.
 
Ditunggu ijo-ijonya gan…
emoticon-Blue Guy Cendol (L)

14
15.7K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.