junleonAvatar border
TS
junleon
Hawa di Rumah Terasa Panas? Atasi dengan Cara Ini
Hello, what news everybody? Selamat datang, dan selamat membacaemoticon-Blue Guy Peace



Emang akhir-akhir ini, cuaca sedang tidak bagus gan. Entah siang ataupun malam hari, hawa terasa sangat panas sekali, serasa ingin masuk ke dalam kulkas yang dingin yang menyejukkan. Di jawa khususnya, cuaca seperti ini disebabkan karena sedang berada di puncak musim kemarau gan. Eits, tapi jangan mengeluh dan jadi boros listrik karena nyalain banyak kipas buat ngusir gerah ya gan. Agan bisa gunakan tips-tips sederhana berikut untuk menghilangkan hawa panas dalam rumah. Apa saja itu? Cekidot kuy.



Biarkan Pintu Terbuka

Posisikan pintu rumah Agan terbuka sesering mungkin. Hal tersebut penting guna menjaga sirkulasi udara dirumah bisa selalu berganti dengan berkala. Tak hanya Agan akan selalu memperoleh udara segar, ruangan Agan pun akan selalu nampak sejuk serta dingin.



Perbanyak Tanaman Hijau

Tanaman hijau memang berguna sekali untuk mengurangi pemanasan global. Kalau Agan memiliki banyak tanaman hijau yang teduh nan rindang, Agan akan memperoleh ruangan dalam rumahyang sejuk. Agan juga bisa memakai tanaman merambat ataupun tanaman dalam pot untuk dijadikan pengganti pohon yang rindang, kalau tak punya cukup lahan.



Kurangi Penggunaan Elektronik

Minimalisir pemakaian peralatan elektronik yang tak Agan gunakan, sebab peralatan-peralatan tersebut juga akan menyumbang dan mengeluarkan suhu panas ketika digunakan. Lebih baik, matikan peralatan tersebut kalau tak dipakai.



Rubah Arah Kipas Angin

Kalau Agan merubah arah putaran dari kipas angin di ruangan Agan secara berlawanan dengan arah jarum jam di kecepatan maksimum, Agan bisa membuat udara di ruangan tersebut menjadi lebih sejuk serta dingin.



Cat Atap Berwana Putih

Untuk tips yang satu ini dipakai berdasarkan dari pengamatan jika es atau salju, cenderung akan memantulkan sinar ultraviolet kalau dibandingkan laut yang cenderung menyerapnya. Oleh sebab itu, dapat dipahami kenapa banyak negara mencemaskan fenomena melelehnya wilayah daratan es di Kutub Utara serta Selatan.



Basahi Lantai, Bukan Pel

Sudah dijelaskan di judul, hanya membasahi lantai ya gan, bukan di pel dengan cairan pel. Walaupun terlihat biasanya saja, namun tips mendinginkan rumah yang berhawa panas dengan cara ini dapat bermanfaat gan. Basahi lantai seluruh bagian dalam rumah untuk memberikan hawa sejuk. Air bisa menurunkan suhu panas di dalam suatu ruangan.



Pendingin Buatan Sendiri

Eksperimen sekaligus tips sederhana yang terakhir ini bisa Agan coba kalau sudah betul-betul tak tahan dengan hawa panas di rumah atau dalam kamar. Untuk membuat sebuah pendingin udara sendiri, Agan memerlukan gelas yang berisikan es batu, garam, serta tentunya kipas angin meja yang didepannya terdapat gelas berisi es batu dan garam tadi. Anda pun juga bisa memakai 2 botol air mineral yang berisi air yang telah dibekukan lalu dikaitkan di belakang kipas.



Diubah oleh junleon 17-03-2022 08:50
3
22.3K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.