• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gimana sih supaya tulisan Agan dilirik? Ini nih beberapa trik nya

cats19
TS
cats19
Gimana sih supaya tulisan Agan dilirik? Ini nih beberapa trik nya


Jaman sekarang, menulis atau menjadi penulis bukan lagi hal dipandang sebelah mata. Kalo dahulu, mungkin menjadi penulis bukan menjadi pekerjaan yang menjanjikan atau hanya dianggap sebagai hobby. Berbeda dengan saat ini, sudah banyak penulis di berbagai platform mulai dri Blogger, Content Creator, atau bahkan penulis lepas yang menekuni dan serius dalam pekerjaan menulis. Terlepas dari itu Gan, menjadi penulis bukanlah hal yang mudah juga, banyak trik dan hal - hal yang perlu diperhatikan agar tulisan kita gak cuma sekedar 'Tulisan' tetapi dapat menjadi bermanfaat bahkan mungkin menjanjikan secara finansial untuk digeluti secara serius. Nah, disini nih ane bakalan bahas gimana sih supaya tulisan kita bisa dilirik para pembaca bahkan bisa menjadi bermanfaat.





1. Pengaruhi pembaca melalui judul

Gak salah sih kalo pengaruh judul itu berdampak besar bagi tulisan yang kita buat, secara nih ya Gan fungsi dari judul itu adalah cerminan dari semua tulisan. Judul yang kuat, menarik dan bikin penasaran sangat penting untuk membawa pembaca untuk membaca tulisan kita. Dalam penulisan judul juga jangan dengan frasa yang terlalu panjang yah, jangan sampai pembaca aja udah keburu males karena judulnya yg kepanjangan. Judul yang singkat, relevan, dan provokatif justru menarik pembaca buat baca tulisan kita. Tapi, judul jangan di salah gunakan juga ya Gan. Karena jaman sekarang banyak banget tuh tulisan dengan judul yang clickbait dan akhirnya malah bikin pembaca kecewa.




2. Ketahui apa yang dibutuhkan pembaca melalui tulisan kita

Kalo menurut ane sih ya Gan, kebutuhan pembaca tuh bepengaruh sama topik yang kita tulis atau tema dari tulisan kita. Karena tulisan yang baik itu bisa bermanfaat untuk pembacanya.  Misal nih yah, Agan bikin tulisan/artikel dengan judul 'Cafe instagramable dan murah di Bandung' tapi dari tulisan Agan tidak menjelaskan dimana lokasi tepatnya, gimana cara ke lokasi tersebut, apa aja yang ada di Cafe tersebut, bahkan harga makanan/minuman yang katanya ‘Murah’ pun ga disebutkan. Atau misalnya, Agan punya blog yang mengusung tema ‘Travelling Murah ala Backpacker’tapi isi dari blog tersebut Agan gak menjelaskan ittinerary dari setiap perjalanan bahkan biaya yang agan keluarkan dari setiap perjalanan pun gak disebutkan. Nah, dari beberapa contoh tadi aja bisa disimpulkan pembaca bakalan malas buat membaca ‘kembali’ tulisan agan karena apa yang mereka butuhkan dari tulisan tersebut gak bisa mereka dapatkan.




3. Bahas sesuatu yang berbeda dan bisa dibagikan (shareable)

Gak cuma tulisan yang bermanfaat yang dibutuhkan pembaca, karena terkadang pembaca butuh sesuatu yang berbeda dari setiap tulisan yang dibaca. Tulisan yang belum pernah dibahas sebelumnya, atau cerita yang berbeda dari tulisan lainnya, pastinya bakalan dilirik deh sama pembaca. Nah, kalo tulisan yang menarik dengan pembahasan yang berbeda pastinya pembaca akan membagikan tulisan Agan untuk dibaca orang lain kan. Dengan begitu, tulisan Agan pastinya akan dikenal dan bermanfaat bagi banyak orang lain juga.





4. Lakukan riset dan berceritalah

Untuk memenuhi isi tulisan dan fungsi dari tulisan gak salah kok kalo Agan melakukan riset terlebih dahulu. Riset bisa aja dari hal – hal yng kita lakukan sendiri atau dari pengalaman orang lain. Karena dengan melakukan riset melalui orang lain, kita bakalan tau tuh pendapat dari berbagai sudut pandang, jadi isi dari tulisan Agan sendiri ga terkesan ‘Sok tau’ atau memaksakan pendapat Agan sendiri. Untuk penulisan sendiri, tulisan yang mengalir seperti bercerita pasti terkesan lebih menarik daripada tulisan yang monoton dan terkesan dibuat – buat. Dengan bercerita melalui tulisan, tulisan yang Agan hasilkan akan lebih jujur dan apa adanya. Dengan bahasa dan pendekatan yang ‘ringan’ dan nyelipin sedikit humor tentunya lebih menarik dan bikin pembaca cepat mengerti maksud dari tulisan Agan sendiri. Jangan terlalu kaku ya Gan!






5. Jangan lupa, berkomunikasilah dengan pembaca

Komunikasi itu sangat penting, apalagi dalam hubungan eeaaakkkk. Hahaha. Enggak enggak, disini ane ga bahas komunikasi dalam hubungan. Komunikasi yang dimaksud adalah dari tulisan yang Agan buat seperti layaknya berkomunikasi dengan pembaca. Dari tulisan Agan seakan pembaca dibawa kedalam isi tulisan tersebut. Kalo bisa selipin nih Gan kira – kira pertanyaan apa sih yang bakalan ditanyain pembaca setelah baca tulisan Agan dan jangan lupa kasih jawaban yang sesuai dan diinginkan pembaca biar ga bikin bingung nantinya.






6. Buat tulisan yang mengandung jawaban, bukan menimbulkan pertanyaan

Nah, kalo untuk point ini kayanya terkait dengan point – point sebelumnya. Yap! Bener banget, bagi para pembaca tentunya mereka gakmau tuh dibuat bingung sama tulisan yang mereka baca. Karena sesungguhnya dan hakikatnya pembaca ingin menemukan jawaban bukan digantung dengan pertanyaan lainnya, eeeaakkkk (kaya jemuran aja digantung). Oke skip skip. Menurut ane saat ane baca suatu tulisan pastinya ane ingin dapetin informasi atau manfaat bukannya jadi bertanya – tanya di akhir. Jadi penting banget ya Gan isi dari tulisan itu bisa menjelaskan setiap detail dari seluruh isi dan maksud dari tulisan itu sendiri.




7. Buat tulisan yang akan selalu diingat, berkualitas, dan orisinil

Nah, point terakhir yang gak kalah penting nya Gan. Saat tulisan Agan menarik, bermanfaat, gak ngebosenin, dan orisinil itulah letak pentingnya suatu tulisan tersebut layak dan dapat menarik pembaca. Tulisan yang baik pasti akan selalu diingat oleh pembaca. Tulisan berkualitas dan orisinil jadi point penting untuk menarik pembaca agar membaca ‘kembali’ tulisan Agan. Dan yang pasti, tulisan orisinil jauh lebih membanggakan Gan.


Sekian pembahasan dari ane ya Gan, semoga bisa bermanfaat bagi Agan sekalian yang niat untuk menjadi penulis.




Quote:



Quote:



Sumber gambar : Google.com
Sumber tulisan : Pemikiran pribadi


-1
4.6K
52
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.