londo.046
TS
londo.046
Mari Mengenal Kelakuan Bus di Jalan


Nusantara Balola, andalan jika ke Jogja


Quote:


Sebagai salah satu sarana transportasi umum, bus sebenarnya bisa menjadi salah satu solusi bagi permasalahan kemacetan di jalanan Indonesia. Dengan kapasitas penumpang yang besar, tentu kehadiran bus dapat mengurangi beredarnya kendaraan kecil di jalan, jika banyak orang mau memanfaatkan kehadirannya. Namun sayangnya masih sedikit masyarakat yang mau menggunakan bus sebagai sarana transportasi untuk mobilitas sehari-hari.

Masyarakat tidak bisa disalahkan untuk hal ini, mengapa? Kondisi bus, belum semuanya baik. Mungkin hanya kelas Patas ke atas yang nyaman untuk dikendarai.Belum lagi dengan kelakuan dari bus-bus yang suka seenaknya sendiri di jalan. Balapan, saling berebut penumpang, bahkan tidak sedikit yang berakhir dengan saling baku hantam antar crew. Di sini, saya akan sedikit mengulas soal kelakuan bus di jalanan.

Pertama bus krecil, tuyul (mini) dan bus tiga perempat. Bus ini biasanya mengambil rute jarak pendek. Misalnya, bus rute Semarang-Jepara. Atau bus-bus kota macam jurusan Terboyo-Banyumanik.



Bus tiga perempat


Karakteristik dari bus ini adalah, lama kalau nge-time, pokoknya sebelum penuh pantang berangkat, kecuali kena sundul bus belakangnya. Bus ini hafal dengan kondisi jalur yang dilintasinya. Bahkan lubang jalan ada di mana pun, sopir seolah tahu.Manuver-manuvernya dahsyat cenderung membahayakan. Apalagi jika sedang kejar-kejaran. Saran, jika ketemu bus ini, dahului, atau biarkan dia lari. Jangan berkendara di belakangnya. Hanya sopir dan Tuhan yang tahu, manuver apa yang akan terjadi selanjutnya.

Kedua, bus besar Antar Kota Dalam Provinsi. Rute dari bus ini biasanya sedang, masih dalam satu provinsi dan terbagi dalam beberapa kelas. Ada Ekonomi (boemel), ATB (AC Tarif Biasa) dan Patas.



PO. Taruna, Semarang-Solo


Karakteristiknya cenderung sama dengan bus tuyul dan tifga perempat.Kalau nge-time suka lama. Meskipun ditulis kelasnya PATAS, tapi tetap saja, ada penumpang yang men-stop di pinggir jalan, ya berhenti. Kadang saya bertanya, di mana sisi Patasnya? Kelakuan bus ini di jalan agak sopan, tidak se-ekstrem saudaranya bus tiga perempat. Meski kadang lupa main sein kalau berhenti.

Ketiga, bus besar Antar Kota Antar Provinsi kelas ekonomi. Rutenya sudah agak jauh karena melintas antar provinsi. Bus Magelang-Jogja, tidak masuk ya. Meski lintas provinsi, kan jaraknya dekat. Sebagai contoh, saya ambil rute Semarang-Surabaya.



Sinar Mandiri Mulia, raja pantura.


Kencang!Hanya satu kata yang cocok untuk bus AKAP ekonomi ini. Banyaknya kompetitor, rapatnya jam berangkat antar bus, membuat bus-bus ini berlari seperti dikejar setan. Meskipun kencang, permainan sein mereka yahud kok. Jika anda mau menjadi wing-man untuk mencari celah jalanan, silahkan saja. Tapi jika anda tidak cukup nyali, sebaiknya hindari bus ini. Sama seperti trik menghadapi bus tuyul, dahului dan lari lebih kencang (meski sulit) atau biarkan mereka jauh di depan.

Kempat, bus besar Antar Kota Antar Provinsi kelas Patas ke atas. Ke atas di sini adalah kelas Eksekutif dan Super Eksekutif. Bus dengan kategori ini adalah para pelari jarak jauh.



Jambul Parahiyangan, NS99 Kudus-Bandung


Nyaman? Sudah pasti. Harga memang tidak pernah bohong. Bus di kelas ini dirancang untuk memanjakan kastamernya. Kencang tidak asal kencang, tapi juga nyaman. Jadi perilaku bus ini di jalan pun cenderung sopan, meskipun larinya tidak kalah dengan bus AKAP Ekonomi. Dekat dan mengikuti racing linebus ini tidak masalah kok, asal tetap menjaga jarak aman, dan fokus pada permainan sein sang driver. Bagi yang nyalinya ciut, mending biarkan bus ini lewat. Jangan diajak balapan ya.

Well, itu beberapa karakteristik bus yang sering saya temui saat berada di jalan, Yah kebanyakan memang bus yang jalan di jalur pantura dan jalur tengah Jawa. Yang mau menambahkan, boleh banget om. Ditunggu di kolom komentar. Salam Damai.


Ciao.


Sumber referensi : Pemikiran Sendiri
Sumber Gambar : sini, sini, sini, sini
8
20.6K
211
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.