rodabundar
TS
rodabundar
Samsung Yang Selalu Nanggung, Awas Bisa Digulung Sama Hp China

Halo Agan dan Aganwati di Seluruh Penjuru Kaskus

emoticon-Shakehand2

Pertama-tama sungkem dulu ah sama sesepuh yang ada dijagadraya kaskus tercinta ini, soalnya udah cukup lama nggak ngaskus dan belakangan ini mulai ngaskus lagi meramaikan jagadraya sekalian ngumpulin cendol lagi emoticon-Malu (S). Untuk Mimin dan Momod ijinkan ane aktif lagi Ngaskus, gara-gara ngelihat perkembangan gadget tanah air yang berserakan dengan berbagai merek yang terkadang kalo dipikir-pikir lagi nih ada enaknya sebenernya sih, persaingan panas udah kelihatan dari perang harga dan perang spesifikasi dari hp yang keluar belakangan ini. Mungkin dijaman ane dulu cuma kenal dengan Sony Ericson, Samsung, Blackberry, atau Apple yang dulunya ngiler banget pas jaman-jaman itu. Persaingan makin sengit dengan banyaknya serbuan hp china bikin perang harga seakan tak terhelakan emoticon-Wow. (Ceilehhh... bahasanya agak kaku dikit yah Gan.. biar kayak analis pasar ternama emoticon-Big Grin)



Ibarat kompetisi sepakbola, Samsung masih kokoh di puncak klasemen lewat sederet produk smartphone yang menyita perhatian penggila gadget di dunia, meskipun kabarnya kekohon di klasemen itu sudah mulai terancam oleh keganasan hp china yang menawarkan hp murah dengan segala inovasi dan terkenal ga pelit urusan spek. Tetapi bagi orang seperti agan yang gila brand (brand minded) kalo disuguhi pilihan antara pilih Samsung atau Hp China seperti OPPO, Xiaomi, VIVO, dan kawan-kawannya, pasti agan bakalan pilih Samsung, ya kan? Tapi permainan sudah berubah gan karena nyatanya orang udah pada tak segila dulu akan brand besar, tapi orang sekarang udah pada pinter saat pilih hp dengan ngelihat kebutuhan dan pertimbangan dari segi harga. Gimanapun juga orang Indo ga semuanya tajir kali, bisa dibilang justru market paling besar adalah pasar middle to low yang dirasa jadi pasar menjanjikan buat para vendor hp emoticon-Cool.


Kalau untuk urusan flagship wajib ga bisa memandang sebelah mata deh kalo buat Samsung, lihat aja deh kelas S dan Note series yang melenggang dengan spesifikasi dan fitur gahar yang juga diikuti dengan harga yang mahal pula. Sementara untuk kelas middle dan kelas low entry nya menurut pengamatan pribadi ane sih masih dibilang nanggung banget gan! Nanggung ini bisa kelihatan kalo lihat variable pembandingnya, misalkan Samsung Galaxy A series ataupun Galaxy J series itu bisa ane bilang masih dibekali dengan spek yang nanggung, padahal untuk urusan harga sendiri masih terbilang tinggi (versi gue yah gan..). Kemahalan ??? Ya bisa dibilang menurut ane masih kemahalan, karena kalo ngelihat spek dan harga serbuan hp China yang jor-joran kalo ngasih spek, dan harga yang dibanderol pun relatif murah. Dan menurut ane sih, ini jadi salah satu alasan yang ngebuat market share Samsung yang makin tergerus oleh hp China. Kalo ga percaya agan bisa cek pada harga range tertentu, kemudian bandingan antara spek dan harga dari Samsung dengan Oppo cs.

 

Ternyata analisa dari ane pun sejalan dengan info dari Tabloidpulsa, Faktanya, laporan kinerja vendor smartphone global pada periode April-Juni 2018, menurut data yang dirilis oleh International Data Corporation (IDC) pangsa pasar Samsung berdasarkan pengiriman bertengger di angka 20,9%. Angka tersebut berarti ada penurunan sekitar 2% dimana pada kuartal yang sama tahun lalu mencapai 22,9%. Kuartal ini totalnya ada pengiriman smartphone pada pasar global periode triwulan kedua 2018 itu mengalami penurunan 1,8% dari 384,2 juta unit yang dikirim pada periode yang sama tahun lalu. Tapi, justru beberapa merek asal Tiongkok berhasil mengerek kinerja mereka ke arah yang lebih baik.


Kalau agan sendiri ngelihat peta persaingan dunia persilatan smartphone ini kayak apa gan? Apakah merek besar seperti Samsung & Apple bakalan tergerus oleh hp China, atau mereka malah bisa bangkit dengan inovasi-inovasi baru yang disuguhkan ke penggunanya?

Silahkan komentar dengan reply thread ini, dan jangan lupa kalo berkesan dengan thread ini untuk timpuk cendolnya yah, biar kulkas ane terisi penuh karena udah lama ga ngaskus emoticon-Big Grin.

emoticon-Toast

provocator3301
provocator3301 memberi reputasi
9
30.7K
294
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.7KThread8.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.